Pengertian Pengelasan GTAW serta Kelebihan dan Kekurangannya

Pengelasan GTAW

Pengelasan GTAW ini kebanyakan orang juga menyebutnya dengan las TIG yang mempunyai kepanjangan Tungsten inert gas. Perbedaan yang terjadi hanyalah penyebutannya saja dan biasanya untuk istilah di amerika menggunakan GTAW sedangkan eropa lebih banyak menggunakan kata TIG. Fungsi pengelasan GTAW atau TIG ini tidak jauh beda dengan pengelasan lainnya yaitu digunakan untuk pengelasan aluminum atau bahkan bisa untuk stainless steel yang membutuhkan banyak perlakuan khusus.

Prinsip penggunaan jenis las elektroda ini tak terumpan atau elektroda hanya sebagai sumber busur saja bukan logam pengisi. Untuk logam pengisinya menggunakan bahan tambah yaitu filler metal dan jenis pelindungnya ini hanya gas inert atau berisi gas argon dan helium atau keduanya digabungkan. Untuk informasi lainnya bisa secara lengkap kamu dapatkan dibawah ini, simak penjelasannya.

Pengertian Pengelasan GTAW

Pengelasan GTAW atau gas tungsten arc welding ini adalah proses pengelasan busur listrik yang biasanya menggunakan elektroda yang tidak bertumpu atau tidak ikut mencair. Pada pengelasan GTAW ini fungsi elektroda atau tungsten hanyalah sebagai penghasil busur listrik yang bersentuhan dengan benda kerja dan logam pengisi adalah filler rod. Pengelasan GTAW ini juga biasanya disebut dengan las argon dan dijadikan sebagai gas pelindung yang menggunakan gas argon.

Peralatan Pengelasan GTAW dan fungsinya

Peralatan yang ada di dalam las GTAW ini memiliki berbagai kerangka yang dapat dirinci sesuai dengan fungsinya masing-masing adalah sebagai berikut.

  1. Mesin las GTAW merupakan peralatan utama yang harus ada dan mempunyai dua jenis arus yaitu AC dan DC. Kebanyakan biasanya banyak yang menggunakan mengelas adalah arus DC karena terdapat pula dua jenis polaritas yaitu DCEN dan DCEP. Polaritas pada DCEN ini biasanya digunakan untuk pengelasan yang membutuhkan penetrasi dalam penggunaan root di sambungan V joint.
  2. Welding torch adalah alat yang biasanya digunakan sebagai pegangan yang digunakan pada proses pengelasan. Proses dalam welding torch ini ada di beberapa komponen yaitu pada ceramic cup yang biasanya berfungsi untuk tempat keluarnya gas melindungi. Lalu tempat ini juga sebagai tempat tungsten yang bisa sebagai penghantar arus listrik dan selang gas pelindung.
  3. Tabung gas TIG merupakan alat yang bisa digunakan untuk penyimpanan gas pelindung berguna sebagai proses pengelasan GTAW. Pada proses GTAW atau TIG ini biasanya menggunakan gas pelindung argon yang berisi helium atau argon mix dengan helium. Tetapi pada proses pengelasan tabung gas bisa dibuka dengan regulatronya dengan gas yang akan disalurkan melalui selang kepada welding torch
  4. Tungsten elektroda GTAW ini biasanya ermcama pilihan, pilihan biasanya bisa disesuaikan dengan jenis material yang akan digunakan atau di las. Oleh karena itu tidak boleh sembarangan dalam memilih tungsten agar hasilnya yang di las dapat hasil maksimal dan sesyai dengan standar pengelasan.

Polaritas yang ada di gas tungsten arc welding ini digunakan untuk penetrasi yang ada di polaritas DCEN dan menjadi dangkal. Hal itu karena panas 70% di DCEN berada di basemental dan di elektroda benda kerja sehingga menghasilkan masing-masing 50%. Berikut merupakan peralatan dan masing-masing fungsinya yang bisa kalian amati terlebih dahulu.

Pengaplikasian Pengelasan GTAW

Cara mengaplikasikannya untuk pengelasan GTAW ini adalah pastikan aliran listrik ada dan mesin telah menyala. Lalu selanjutnya sesuaikan aliran gas yang teratur dan aturlah ampere yang sesuai dengan prosedur sebagai pengelasan yang sesuai. Nyalakan switch di welding torch dan bisa disentuhkan sebagai ujung tungsten kepada benda kerja yang ada.

Lalu selanjutnya jika busur telah menyela anda bisa melelehkan benda kerja kemudian dibawa kepada filler metal yang didekatkan dengan busur yang keduanya akan menyala dan meleleh. Untuk Langkah selanjutnya anda bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan cara melakukan ayunan secara konstan dan lebih baik lagi.

Kelebihan Alat las GTAW

Alat las GTAW ini mempunyai beberapa kelebihan yang dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Hasil pengelasan yang tidak memerlukan pembersihan ini karena tidak adanya hasil slag
  2. Aliran gas yang menjadikan daerah sekitar cairan logam ini tidak mengandung udara, sehingga akan mencegah pengotoran yang disebabkan oleh nitrogen dan oksigen yang menyebabkan oksidasi
  3. Lalu hasilnya akan lebih kuat karena bisa menjadi penetrasi yang ada di dalam ketahanan korosi yang sangat tinggi
  4. Hasilnya nanti akan sangat jauh lebih bersih
  5. Proses las yang bisa diamati ini dengan mudah dan tidak menimbulkan banyak asap sehingga akan aman terkendali
  6. Jarang terjadinya deformasi karena sebuah pusat panas yang sangat kecil sekali
  7. Tidak akan menghasilkan spatter atau percikan las yang bisa digunakan jauh lebih bersih

Berikut merupakan kelebihan dari proses pengelasan GTAW atau TIG yang bisa kamu gunakan dengan aman dan lancar.

Kekurangan Pengelasan GTAW atau TIG

Dibalik kelebihannya, terdapat pula kekurangannya dari proses pengelasan GTAW atau TIG dan dijabarkan sebagai berikut:

  1. Efisiensi yang mempengaruhi kecepatan las GTAW yang sangat rendah
  2. Saat proses pengelasan yang ada bisa terjadi burnback tetapi sangat kecil sekali
  3. Dapat pula terjadinya tungsten inclusion yang sangat kecil

Berikut merupakan penjelasan lengkap mengenai Pengelasan GTAW atau TIG dengan disertai penjelasan, fungsi peralatan masing-masing, cara mengaplikasikannya, kelebihan, bahkan hingga kekurangan. Jika Anda ingin belajar tentang pengelasan Anda dapat berkunjung ke website kami Allpro.co.id Semoga bisa membantu!

 

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like