Peralatan Las GMAW dan Aplikasinya di Industri

Pengelasan GMAW

Pengelasan GMAW awal mulanya dikembangkan pada tahun 1940-an. GMAW digunakan untuk pengelasan aluminium dan bahan non-ferrous lainnya. Selain itu, GMAW juga digunakan pada baja. GMAW adalah metode pengelasan yang lebih cepat dibandingkan dengan proses lainnya.

Tingginya biaya gas inert membatasi penggunaannya dalam baja sampai gas aktif seperti karbon dioksida dan campuran argon/karbon dioksida menjadi lebih umum. Hingga kemudian, GMAW menjadi metode pengelasan di industri yang paling umum digunakan karena sifatnya yang cepat, serbaguna dan kemampuannya untuk beradaptasi dengan otomatisasi robot. Seperti yang dilansir dari situs pengelasan.net berikut rangkuman tentang las GMAW.

Pengertian GMAW

GMAW umumnya dikenal sebagai pengelasan Metal Inert Gas (MIG) atau (MAG) Metal Active Gas welding. Busur listrik menghasilkan umpan elektroda yang terus menerus  dilindungi oleh gas, dan diterapkan secara terpisah.

GMAW adalah proses pengelasan yang sangat umum digunakan. GMAW menjadi salah satu proses yang paling banyak digunakan karena peralatan standar relatif murah, waktu pengelasan yang cepat, dan kemudahan penggunaannya.

GMAW adalah proses pengelasan yang fleksibel dan dapat dimodifikasi agar sesuai dengan ketentuan pengelasan. GMAW juga cocok untuk bahan baja dan paduan yang berbeda.

Peralatan GMAW dan Fungsinya

Ada 3 komponen GMAW beserta fungsinya, yaitu :

1. Pengumpan Kawat

Kualitas kawat adalah salah satu elemen terpenting dari proses pengelasan GMAW. Kawat berkualitas buruk memiliki dampak yang lebih besar pada toleransi diameter dan oleh karena itu kawat akan menjadi tidak konsisten.

Nah, karena mesin las menghasilkan amp dan volt yang relatif konstan, jika ‘rasio daya terhadap berat’ terus berfluktuasi di sekitar busur, hasilnya adalah busur yang tidak menentu.

2. Sistem Pelindung Gas

Sistem pelindung gas tidak terlalu rumit. Gas dikirim melalui regulator dan flow control meter di silinder. Kemudian melewati solenoida on / off yang dihidupkan dan dimatikan dengan switcher sehingga bertepatan dengan umpan kawat sehingga gas dikirim.

3. Catu Daya

Catu daya adalah area utama dari setiap mesin GMAW karena mengontrol banyak komponen. Beberapa mesin GMAW dibuat dengan harga tertentu dan memiliki fungsi dasar yang berbeda. Banyak dari mesin GMAW beroperasi pada output ampere maksimum yang rendah.

Aplikasi Pengelasan GMAW

Empat metode utama transfer logam di GMAW adalah globular, hubungan arus pendek, semprotan, dan pulsed-spray. Semua metode dalam GMAW memiliki sifat yang berbeda dan tentu saja, memiliki kelebihan dan keterbatasan.

GMAW seringnya diaplikasikan untuk mengelas bagian logam untuk memperkuat kekuatan sambungan. GMAW cocok untuk berbagai elektroda inti padat dan logam untuk berbagai bahan induk. Prosesnya dapat dimodifikasi dari semi-otomatis ke mekanis, hingga sistem robotik sepenuhnya otomatis.

Berikut adalah aplikasi pengelasan GMAW:

  1. Aluminium
  2. Baja karbon
  3. Paduan tembaga
  4. Magnesium
  5. Paduan nikel
  6. Besi tahan karat
  7. Perunggu silikon
  8. Paduan permukaan berinti logam berbentuk tabung

Kelebihan Metode GMAW

Ada banyak keuntungan untuk memilih metode GMAW karena proses ini salah satu jenis mesin las listrik terbaik. Metode pengelasan ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan pengelasan berkualitas tinggi, dengan harga yang wajar.

Umumnya, biaya per panjang logam las lebih rendah daripada proses las busur terbuka lainnya. Berikut keunggulannya :

1. Biaya Lebih Rendah

GMAW menghasilkan pengelasan berkualitas tinggi dengan kecepatan tinggi. Variasi campuran gas las yang cocok untuk digunakan dengan GMAW memberikan fleksibilitas di seluruh area. Tukang las dapat mengelas secepat yang mereka inginkan, karena GMAW tidak berhenti dengan sendirinya dan pengumpanan elektroda akan bekerja terus menerus.

Kemampuan melakukan pengelasan yang cepat juga meminimalkan kelelahan oleh operator dan meningkatkan busur tepat waktu yang dapat berdampak positif pada hasil pengelasan. Tidak ada pekerjaan yang terlalu besar atau terlalu kecil dan GMAW dapat menggantikan metode penyambungan lainnya seperti riveting, brazing, silver-soldering, atau resistance welding.

2. Lebih Efisiensi

Sistem operasi untuk GMAW jauh lebih efisien untuk tukang las daripada metode lain. Peralatan mudah diatur dan dikendalikan karena peralatan GMAW telah dirancang dengan mempertimbangkan pengendalian. Tukang las hanya harus memperhatikan sudut obor pada material, elektroda lebih ditonjolkna, mengontrol kecepatan perjalanan, dan bentuk las.

3. Lebih Tepat

Jumlah distorsi yang lebih sedikit adalah salah satu manfaat utama bagi tukang las. Ada sedikit terak las dan percikan saat menggunakan kawat padat atau kawat berinti logam, sehingga ketika menggunakan GMAW, maka pembersihan akan lebih cepat dan mudah. Kurangnya terak dan percikan umumnya hanya membuat permukaan lasan lebih halus.

Karakteristik ini memberikan penghematan biaya yang besar karena finishing logam adalah produksi yang mahal. Poin keamanan lainnya dari GMAW adalah menghasilkan lebih sedikit asap dan menghasilkan input panas yang lebih rendah dibandingkan dengan bentuk pengelasan lainnya.

4. Fleksibilitas

Lasan dengan GMAW tidak dibatasi oleh posisi atau material dan bisa digunakan di area apa pun pada material pengukur ringan atau berat. Untuk material yang lebih berat, sudut alur yang lebih sempit dengan permukaan akar yang lebih tebal dapat digunakan dengan GMAW. Alur yang sempit mengurangi jumlah deposit logam pengisi yang diperlukan dan oleh karena itu akan mempersingkat waktu persiapan dan waktu pengelasan.

Kekurangan Metode GMAW

Tentu saja selain ada kelebihan, akan ada kekurangan dari metode GMAW ini, diantaranya :

  1. GMAW kurang portabel dibandingkan metode pengelasan lainnya.
  2. Dengan adanya persyaratan pelindung gas, GMAW biasanya dilakukan di area tertutup atau semi tertutup untuk mencegah gas pelindung tertiup angin.
  3.  Beberapa pengumpan kawat GMAW dapat dilepas dari sumber listrik dan dapat dibawa ke ruang kecil, meskipun senjatanya bisa besar untuk mengakses area las yang ketat.
  4. GMAW menggunakan bahan yang mudah terkontaminasi oleh polutan seperti karat, kotoran, cat, dan partikel debu.
  5. Tindakan kebersihan dan pemeliharaan yang tepat harus diterapkan di lantai bengkel untuk mencegah kontaminasi bahan GMAW.

Pengelasan GMAW adalah bentuk paling populer dari proses pengelasan yang digunakan di seluruh dunia. GMAW memiliki banyak keuntungan untuk digunakan karena murah, cepat, dan mudah diaplikasikan.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like