Peranan Aplikasi dalam Membantu Digitalisasi Distributor dan Supplier 

Peranan Aplikasi dalam Membantu Digitalisasi Distributor dan Supplier 

Peranan Aplikasi dalam Membantu Digitalisasi Distributor dan Supplier – Sebelum adanya perkembangan teknologi internet yang semakin pesat, untuk memasarkan sebuah bisnis membutuhkan banyak sekali biaya dan tenaga, seperti membagikan brosur ataupun jika mempunyai modal yang besar, bisa mengiklankan produk di radio atau televisi.

Tetapi sekarang, ada begitu banyak platform online yang bisa dimanfaatkan untuk memasarkan bisnis mulai dari iklan ads online, website, sosial media, dan tentunya teknologi informasi seperti aplikasi yang dipakai oleh para pebisnis khususnya para distributor ataupun supplier dalam mengembangkan bisnis mereka untuk lebih efisien dan lebih menghasilkan keuntungan dengan cepat.

Penerapan Teknologi Informasi seperti aplikasi banyak digunakan para pebisnis karena kebutuhan akan efisiensi waktu dan biaya dalam produksi maupun lingkungan kerja. Penerapan teknologi aplikasi dalam lingkungan kerja tentunya akan menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja.

Misalnya penerapan software atau Enterprise Resource Planning (ERP). Penerapan ERP atau software tersebut dapat mempermudah para pebisnis khususnya distributor dan supplier untuk lebih mudah menjalankan bisnis.

Peranan Aplikasi dalam Membantu Digitalisasi Distributor dan Supplier

Peranan Aplikasi dalam Membantu Digitalisasi Distributor dan Supplier 

Berikut beberapa fungsi aplikasi dalam membantu para supplier maupun distributor dalam digitalisasi bisnis yang sedang dijalankan:

1. Memudahkan Komunikasi

Perkembangan teknologi selalu menawarkan kemudahan dalam komunikasi, seperti penggunaan aplikasi seperti messenger atau e-mail. Fungsi ini bisa dirasakan baik oleh karyawan perusahaan, pelanggan atau konsumen, hingga pemasok atau distributor.

2. Sistem Manajemen Data

Teknologi informasi yang berkembang juga memudahkan dalam manajemen data. Arsip bisnis atau perusahaan yang selalu identik dokumen-dokumen dalam bentuk kertas kini berubah menjadi data digital yang tersimpan dalam komputer perusahaan.

Data digital dokumen ini lebih mudah disimpan dan diakses oleh setiap orang, terlepas dari lokasi mereka yang sedang jauh dari tempat bisnis.

Data yang sudah terekam-pun sebagai bahan pertimbangan atau evaluasi nantinya. Selain itu, data digital dinilai lebih ekonomis dan lebih ramah lingkungan karena penggunaan sampah kertas.

3. Memudahkan CRM

Customer Relationship Management (CRM), atau komunikasi antara bisnis dan pelanggan pun berjalan lebih lancar berkat perkembangan teknologi informasi ini.

Kegiatan bisnis dan pelayanan pembeli pun bisa berjalan selama 24 jam karena aktivitas bisnis terus berjalan tanpa mengenal batas ruang dan waktu apabila diperlukan.

Teknologi informasi seperti aplikasi CRM menciptakan beberapa robot atau layanan komunikasi otomatis yang bisa melayani pelanggan secara langsung dengan cepat.

Selain itu, CRM juga bisa menyimpan data kronologis pelanggan sebagai record kegiatan mereka.

4. Sumber Informasi bagi Bisnis

Teknologi menyediakan berbagai informasi yang berharga dan sayang dilewatkan bagi suatu bisnis. Apabila sebuah bisnis atau perusahaan ingin maju, mereka harus aktif mencari segala informasi yang bisa memajukan bisnisnya.

Banyak sekali informasi dan pengetahuan mengenai bisnis di internet, hanya saja pebisnis harus berhati-hati dan tetap memilah informasi yang benar-benar bermanfaat.

Bisa juga pebisnis mendapatkan banyak mitra atau partner untuk bekerja sama yang bisa menguntungkan bisnis mereka masing-masing.

5. Memudahkan Manajemen Sistem Informasi

Terakhir adalah kemudahan dalam manajemen sistem informasi dalam suatu kinerja bisnis. Data yang disimpan bisa digunakan secara efektif dengan menggunakan sistem informasi.

Misalnya, pebisnis bisa memanfaatkan data penjualan, biaya, dan tingkat produktivitas sebagai pertimbangan atau evaluasi untuk meningkatkan keuntungan dari waktu ke waktu. Dengan adanya sistem informasi atau aplikasi, karyawan yang membutuhkannya bisa mendapatkan data tersebut dengan mudah.

Pilihlah aplikasi dan sistem penjualan digital yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan, supaya dapat menjadi aset terbaik untuk pebisnis untuk mengelola distribusi dan perputaran barang secara memadai sehingga akan mendapatkan keuntungan secara maksimal.

LINKZ adalah sebuah aplikasi khusus untuk distributor dan supplier yang menggunakan sistem penjualan digital yang berbasis cloud yang dapat membantu pebisnis untuk mengelola stok barang dan meningkatkan penjualan secara optimal untuk para pebisnis.

Mengelola bisnis memang tidak mudah, tetapi dengan perkembangan digital yang semakin pesat, pebisnis tidak boleh menutup mata dengan digitalisasi. Penting sekali pebisnis menggunakan sistem penjualan digital dan kalau bisa menggunakan aplikasi yang berbasis cloud untuk memudahkan dalam mengontrol dan menjalankan bisnis.

Yuk, tingkatkan penjualan bisnis sekarang dengan daftar dan download LINKZ! Klik disini supaya bisnis lebih maju dan berkembang.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like