Mengenal Konstruksi Kapal dan Peranannya

Konstruksi Kapal

Transportasi laut merupakan transportasi terpenting dalam sejarah. Pasalnya, transportasi ini dapat menghubungkan negara satu dengan lainnya yang jaraknya tidak dapat ditempuh dengan transportasi darat. Berbicara mengenai transportasi laut, pasti semua orang mengenal kapal. Berikut ini akan dibahas mengenai konstruksi kapal.

Kapal merupakan salah satu transportasi laut yang mengalami beban muatan juga beban konstruksinya sendiri. Secara umum, konstruksi kapal diartikan sebagai komponen-komponen suatu bangunan yang menyusun atau mendukung bangunan dari kapal tersebut.

Umumnya, konstruksi kapal terdiri dari konstruksi bangunan atas kapal, konstruksi badan kapal, serta konstruksi rumah geladak kapal. Konstruksi badan kapal terdiri dari lunas, geladak, lambung kanan dan lambung kiri.

Konstruksi bangunan atas kapal merupakan konstruksi dari bangunan tambahan yang letaknya berada di bagian atas kapal, memiliki panjang sebagian panjang geladak dan ada yang sepanjang geladak. Konstruksi bangunan atas kapal yang memiliki letak di depan kapan mulai dari tinggi buritan disebut dengan poop deck.

Pada bangunan atas seringkali terdapat rumah geladak kapal. Geladak kapal memiliki ukuran yang lebih kecil daripada lebar lebar geladak kapal. Sebagai contoh adalah navigasi kapal. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa muatan kapal tidak hanya isinya saja,

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan konstruksi kapal? Bagaimana materi konstruksi kapal? Dan apa tujuan konstruksi kapal? Konstruksi kapal adalah suatu proses pembangunan kapal yang bertempat di galangan kapal. Pembangunan tersebut didahului oleh desain yang kemudian dilanjutkan dengan pembangunan.

Pembangunan kapal tersebut didahului dengan peletakan lunas, kemudian konstruksi gading-gading atau rangka, geladak, anjungan, dan kulit kapal. Ketika konstruksi tersebut telah selesai, maka kapal akan diluncurkan ke laut, selanjutkan akan dilakukan finishing pada tahap akhir.

Konstruksi pada kapal memiliki peranan yang sangat penting. Yakni, membuat suatu kapal menjadi lebih kokoh dan kuat dengan berat konstruksi yang seringan-ringannya. Konstruksi yang kuat serta ringan akan memberikan kelebihan yaitu dapat mengangkut muatan yang lebih besar.

Konstruksi pendukung bangunan kapal haruslah dibuat kuat dan kokoh sehingga dapat menahan gaya yang dialami oleh kapal ketika berlayar. Oleh karena itu, kapal dapat berlayar dengan tenang dan nyaman hingga berlabuh di pelabuhan tujuan.

Bagian-Bagian Konstruksi Kapal

Konstruksi Kapal

Bagian-bagian konstruksi kapal adalah lunas, penumpu tengah (center girder), pelat atas, penumpu samping, pelat alas dalam, pelat bilga, wrang. Lunas kapal merupakan bagian dari konstruksi kapal yang memiliki bentuk memanjang di dasar kapal, mulai dari linggi haluan hingga linggi buritan.

Pada lunas, terdapat 3 macam lunas yang sering digunakan pada kapal, yakni lunas batang, lunas pelat rata dan luas kotak. lunas memiliki manfaat, yakni untuk melindungi dasar kapal jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti pergeseran dengan tanah perairan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar bagian-bagian kapal yang sangat menarik untuk diketahui oleh banyak orang.

  • Buritan

Buritan adalah bagian kapal yang terletak di belakang. Pada buritan biasanya terdapat instrumen pengendali kapal. Buritan pada kapal perang banyak digunakan untuk mendarat sebuah helikopter. Terdapat beberapa jenis buritan pada kapal, yakni buritan siku, buritan miring serta buritan sendok.

  • Propeller

Propeller memiliki nama lain yakni baling-baling. Propeller merupakan bagian kapal yang berupa mesin berputar yang berfungsi untuk menjalankan sebuah kapal di atas air. Manfaat lain dari propeller adalah merubah gaya gerak rotasi serta menciptakan gaya gerak dorong.

Terdapat beberapa jenis propeller yang biasanya digunakan untuk kapal laut, yakni propeller biasa, tunnel thrusters, azimuth thrusters, electrical pods, voith schneider propeller serta waterjets. Jenis-jenis tersebut memiliki perbedaan fungsi maupun kegunaannya.

  • Cerobong

Cerobong adalah bagian kapal yang sangat familiar. Anda tentu tidak asing dengan istilah cerobong, pasalnya bagian ini bisa ditemui selain di kapal. Cerobong pada kapal memiliki fungsi sebagai penyalur asap yang memiliki bentuk pipa. Asap tersebut berasal dari pembakaran bahan bakar kapal.

  • Kulit Kapal

Seperti istilah kulit pada umumnya, kulit kapal merupakan bagian terluar dari kapal. Bagian terluar kapal biasanya terbuat dari aluminium, baja, ataupun kayu yang memiliki bentuk plat kemudian disambung hingga membentuk jalur pada badan kapal. Kulit kapal biasa disebut dengan ship shell.

Bagian kapal terluar ini memiliki beberapa fungsi, yakni membuat struktur kapal menjadi membujur, kedap air, serta menahan beban kapal beserta muatannya. Kemudian, pada lajur kulit kapal memuat keterangan yang berisi abjad yang berfungsi sebagai lajur dasar dengan sambungan plat yang berisi angka.

  • Bridge atau Anjungan

Bagian kapal selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah anjungan atau bridge. Bagian ini adalah tempat roda kemudi atau disebut juga dengan ruang komando. Pada bagian ini berisi peralatan navigasi, nahkoda dan kamar radio. Navigasi di sini berfungsi untuk mengetahui posisi kapal.

Anjungan memiliki posisi yang sangat strategis, maksudnya memiliki posisi yang dapat mengetahui pandangan ke berbagai arah.

Sistem-Sistem pada Konstruksi Kapal

Konstruksi Kapal

Konstruksi kapal terdiri dari tiga sistem, yakni sistem konstruksi campuran (mixed framing system), sistem konstruksi melintang (transverse framing system), dan sistem konstruksi memanjang (longitudinal framing system). Suatu konstruksi kapal tergantung pada sisi panjang panel-panel plat pada posisi muka bagian belakang.

Pada dasarnya, sistem dalam konstruksi kapal terdiri dari komponen yang letaknya melintang, memanjang, dan campuran. Sistem konstruksi memanjang merupakan konstruksi yang padanya bekerja beban diterima oleh rangka konstruksi serta diuraikan dalam hubungan kaku melintang kapal dan mendapat pertolongan dari balok memanjang.

Keuntungan yang akan didapatkan dari konstruksi sistem memanjang adalah, akan memperbesar modulus penampang melintang kapal, dan memperbesar kestabilannya. Sedangkan kerugian yang akan diperoleh dari sistem ini adalah, memperbesar jumlah lubang palka, mempersatukan operasi pemuatan dan pembongkaran barang.

Sistem selanjutnya adalah sistem konstruksi melintang. Sistem ini merupakan sistem yang dimana beban yang bekerja pada konstruksi diterima oleh balok-balok yang memanjang, serta pelat kulit dengan pertolongan balok-balok melintang pada kapal. Seperti pada konstruksi sebelumnya, konstruksi melintang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan dari sistem melintang adalah, akan menghasilkan konstruksi yang sederhana, pembangunannya tergolong mudah, dengan adanya gading-gading utama menjadikan kekuatan melintang pada kapal sangat kuat sekali, memperkecil ruang palka.

Sedangkan keburukan dari sistem melintang adalah, adanya balok-balok memanjang yang hanya pelat geladak menjadikan modulus penampang melintang kapal kecil, kecilnya kestabilan pelat kulit, dan sistem konstruksi hanya dipakai pada kapal-kapal yang pendek.

Sistem konstruksi kapal selanjutnya adalah sistem konstruksi campuran atau kombinasi. Sistem konstruksi ini hadir karena melihat kekurangan dari sistem melintang. Sistem campuran ini adalah sistem yang terdiri dari kombinasi sistem memanjang dan sistem melintang.

Nah itulah penjelasan singkat mengenai konstruksi kapal dan peranannya. Konstruksi kapal juga mengandung desain yang menarik. Desain dan konstruksi kapal dari Yacht Sourcing akan memberikan desain terbaik untuk kapal Anda.

Hal tersebut dikarenakan, Yacht Sourcing bekerja dengan beberapa pengrajin Phinisi yang ada di Indonesia. Ingin memiliki kapal yang kokoh, kuat dengan desain menarik? Yuk! Segera hubungi desain dan konstruksi kapal Yacht Sourcing.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.