Begini Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering, Bersisik, dan Kusam

Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering, Bersisik, dan Kusam

Begini Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering – Banyak orang yang berasumsi bahwa kulit wajah yang kering jauh lebih baik ketimbang kulit berminyak, karena kulit berminyak dianggap rentan menimbulkan jerawat.

Nyatanya, para pemilik kulit kering juga tidak nyaman dengan kondisi kulit kering bersisik karena terlihat kusam.

Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering, Bersisik, dan Kusam

Lantas, bagaimana cara mengatasi kulit wajah kering ini? Berikut tipsnya.

1. Bersihkan Kulit Wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, kamu memang harus rajin membersihkannya. Namun pemilik kulit kering tidak boleh terlalu sering mencuci muka, karena dapat memperparah tingkat kekeringan wajah.

Normalnya, cuci muka sebaiknya dilakukan hanya 1 sampai 2 kali saja dalam sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

Selain itu, pemilihan sabun cuci muka juga penting diperhatikan dan tidak boleh asal pilih. Gunakan sabun cuci muka yang mengandung pelembab dan memiliki kandungan ringan, bisa juga yang bentuknya gel.

Pastikan pula bahwa produk tidak mengandung zat pewangi buatan, pewarna, maupun alkohol karena dapat mengiritasi kulit.

2. Memperhatikan Kebiasaan Mandi

Cara mengatasi kulit wajah kering ternyata juga harus memperhatikan kebiasaan mandi. Meski hal ini terlihat cukup sepele, namun kebiasaan mandi bisa berdampak langsung pada kondisi kulit.

Bahkan banyak orang yang belum memahami dengan baik bagaimana cara mandi yang benar.

Sebab kebiasaan mandi yang salah ini bisa membuat kulit menjadi rusak dan kering, termasuk kulit wajah.

Misalnya saja kamu sering memilih untuk berendam atau mandi dengan air panas, karena air panas bisa membantu kamu lebih santai setelah melewati hari yang sibuk.

Akan tetapi, menggunakan air panas terlalu sering tidak baik untuk kulit.

Air panas bisa menghilangkan minyak alami pada tubuh dan membuatnya menjadi kering. Oleh karena itu, sebaiknya jangan terlalu sering mandi menggunakan air panas.

Jika memang harus menggunakan air panas untuk mandi, maka batasi waktu mandi kamu setidaknya sekitar 5 sampai 10 menit saja.

3. Gunakan Pelembab

Cara Mudah Mengatasi Kulit Wajah Kering, Bersisik, dan Kusam

Kamu juga bisa menggunakan pelembab sebagai cara mengatasi kulit wajah kering. Karena penggunaan pelembab ini bisa membantu meningkatkan retensi air kulit.

Sehingga bisa dikatakan bahwa penggunaan pelembab merupakan cara paling jitu untuk mencegah kulit menjadi kering.

Kamu bahkan perlu menggunakan setiap hari untuk memastikan kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Tidak hanya digunakan pada pagi hari saja sebelum kamu hendak beraktivitas.

Pengaplikasian pelembab juga dapat dilakukan pada malam hari sebelum tidur, bahkan meskipun cuaca panas dan membuat kamu berkeringat, bukan berarti kamu tidak membutuhkan pelembab.

Penggunaan pelembab sendiri diaplikasikan setelah mencuci wajah, agar kandungan dari pelembab bisa lebih meresap pada wajah yang sudah bersih.

Yang mana untuk kulit wajah kering, pelembab dengan kandungan ceramide, lanolin, minyak mineral, gliserin, lactic acid, hyaluronic acid, colloidal oatmeal, dan petrolatum adalah pilihan yang tepat.

Kamu bisa menemukan berbagai kandungan tersebut melalui situs jual beli skincare BeautyHaul yang menyediakan beragam macam produk perawatan kulit dan wajah dari berbagai brand ternama.

4. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kering berikutnya yaitu dengan melakukan eksfoliasi wajah. Eksfoliasi ini merupakan proses pengelupasan sel sel kulit mati di lapisan terluar kulit, yang merupakan penyebab kulit terlihat kering dan kusam.

Sehingga melakukan eksfoliasi setidaknya satu kali dalam seminggu akan membantu membuat kulit tidak kering dan bersisik.

Proses eksfoliasi ini sendiri bisa dilakukan menggunakan bahan kimia maupun alat khusus seperti facial scrub, washcloth, dan cleansing brush. Sedangkan untuk produk skincare yang digunakan untuk proses eksfoliasi bagi kulit kering sebaiknya mengandung senyawa AHA (alpha-hydroxy acid) dan BHA (beta-hydroxy acid).

Sebagai alternatif, kamu juga bisa memilih melakukan eksfoliasi secara alami menggunakan beberapa bahan seperti madu dan oatmeal.

Caranya yaitu cukup campurkan 1 sdm madu dan 2 sdm oat, lalu aduk rata bersama dengan sedikit air.

Gunakan sebagai masker selama kurang lebih 15 sampai 20 menit, kemudian bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk gunakan pelembab setelahnya.

5. Gunakan Tabir Surya

Radiasi sinar UV akibat dari paparan sinar matahari mampu memberikan berbagai risiko kerusakan pada kulit, termasuk membuat kulit menjadi lebih kering dan pecah pecah.

Oleh karena itu, kamu membutuhkan tabir surya atau sunscreen sebagai cara mengatasi kulit wajah kering agar terhindar dari bahaya sinar UV.

SPF atau faktor perlindungan pada sunscreen harus lebih dari 15 atau 30 agar dapat melindungi kulit kamu dengan maksimal.

Di mana sunscreen ini sebaiknya dioleskan setidaknya 15 atau 20 menit sebelum ke luar rumah, agar kandungan tabir surya sudah meresap dan bisa bekerja optimal dalam melindungi kulit.

Selain memperhatikan poin-poin seperti yang telah disebutkan di atas, kamu mungkin juga perlu menyiapkan beberapa hal untuk mengkondisikan ruangan sedemikian rupa agar tidak membuat kulit menjadi kering.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin menggunakan skincare untuk kulit kering agar kulit tubuh tetap lembab dan sehat ternutrisi dengan baik.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.