Cara Mengolah Keladi Tikus Yang Benar Untuk Obati Penyakit

Cara Mengolah Keladi Tikus

Keladi tikus adalah sebuah tanaman hias yang ternyata punya banyak manfaat terutama untuk mengobati penyakit. Keladi tikus disukai banyak pecinta tanaman karena indah, tapi disisi lain punya fungsi sebagai obat kanker. Untuk itu kamu perlu tahu cara mengolah keladi tikus dengan benar jika ingin dijadikan sebagai obat.

Mengenal Keladi Tikus

Dikatakan bahwa, olahan keladi tikus ini sangat ampuh sebagai obat alternatif untuk penderita kanker. Namun sebelumnya ada proses pengolahan keladi tikus agar bisa menjadi obat kanker yang efektif dan juga aman.

Keladi tikus sendiri merupakan tanaman dengan daun berwarna hijau dan batangnya berwarna hijau pula. Ada kandungan phenylpropanoid, serebrosida, sterol dan glikosida pada umbi keladi tikus. Nah kandungan ini menjadi antihepatotoksik yang membantu untuk menghambat kerusakan sel hati.

Ciri-ciri keladi tikus sekilas mirip dengan pohon talas. Keunikan pohon keladi tikus ini terletak pada bagian bunganya. Bunga keladi tikus punya Bagian kecil dan panjang dengan warna putih. Ini mengapa orang-orang menyebut pohon keladi ini sebagai keladi tikus karena bunganya mirip ekor hewan tikus.

Pohon keladi tikus memiliki racun pada bagian bunganya. Bahkan ketika ada bersentuhan dengan bunga keladi tikus bisa menyebabkan iritasi seperti gatal. Maka dari itu perlu tahu cara mengolah keladi tikus yang baik dan benar.

Cara Mengolah Keladi Tikus

Cara Mengolah Keladi Tikus

Setelah mengenal apa itu keladi tikus, masuk ke pengolahannya. Berikut ini cara mengolah keladi tikus yang baik dan benar agar bisa kamu konsumsi untuk dijadikan obat.

  • Tahap Persiapan

Pertama sekali yaitu persiapan bahan-bahan untuk pengobatan kanker dengan keladi tikus. kamu bisa cuci bersih bahan yang dibutuhkan yakni daun keladi tikus, umbinya dan juga akar keladi tikus.

Selain itu cuci bersih alat-alat yang digunakan untuk proses pengolahan. Mulai dari lumpang, saringan untuk memisahkan air dan juga ampas keladi tikus serta wadah yang steril.

Kamu juga harus tahu bahwa keladi tikus harus dihilangkan racunnya terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat obat herbal dari keladi tikus direndam terlebih dahulu untuk menghilangkan racunnya. Proses perendaman membutuhkan waktu kurang lebih satu malam.

  • Proses Pengolahan Keladi Tikus

Cara mengolah keladi tikus yaitu dengan memasukkan semua bahan ke dalam lumpang yang sudah dibersihkan sebelumnya. Masukan secara bersamaan daun keladi tikus, umbi dan akarnya.

Setelah itu sebutkan air secukupnya ke dalam lumpang lalu kemudian ditumpuk sampai benar-benar lumat. Setelah bahan-bahan tadi sudah lumat, maka kemudian ambil hasil tumbukan dan diperas. Peras menggunakan saringam yang sudah tersedia dan hasil perasan dimasukkan pada wadah yang sudah disterilkan sebelumnya.

Aturan Saat Konsumsi Keladi Tikus

Air perasan dari pengolahan keladi tikus tadi sudah bisa kamu konsumsi. kamu bisa meminum air tersebut secara langsung. Dengan aturan minum yaitu 3 kali sehari yang porsinya masing-masing 50 gram saja. kamu bisa mengkonsumsi nya pada pagi, siang, sore atau malam dalam waktu yang konsisten.

Sebaiknya mengkonsumsi olahan keladi tikus setengah jam sebelum makan. Namun bagi yang punya riwayat penyakit maag maka bisa meminum ramuan herbal ini setengah jam sesudah makan. Untuk wanita hamil yang masa kandungannya kurang dari 4 bulan, sebaiknya tidak boleh mengkonsumsi ramuan keladi tikus.

Ketika mengkonsumsi air perasan keladi tikus mungkin akan ada efek atau sensasi rasa gatal di tenggorokan. Untuk mengurangi efek tersebut, kamu bisa mencampurkan air perasan dengan madu murni. Porsinya bisa sesuai selera namun sebaiknya jangan berlebihan.

Tetapi bagi yang memiliki riwayat penyakit diabetes, sebaiknya jangan konsumsi madu. Alternatifnya yaitu dengan menelan garam untuk penawar rasa gatal dari air perasan keladi tikus.

Pantangan minum keladi tikus ini adalah tidak boleh disimpan lebih dari 3 jam. Alasannya tentu saja air tersebut akan mudah teroksidasi dan berbahaya jika diminum ketika disimpan dalam jangka waktu yang lama.

Jadi itu tadi cara mengolah keladi tikus yang paling tepat dan aman, sehingga ramuan herbal tersebut bisa dikonsumsi. Pengolahan keladi tikus yang baik dan benar, membuat obat herbal ini lebih efektif manfaatnya.

Bagi kamu yang sedang mencari alternatif lainnya untuk pengolahan keladi tikus sebagai obat herbal, mengunjungi website Herbatani. Karena pada website ini kamu bisa menemukan serba-serbi pengolahan keladi tikus dengan beberapa alternatif pengolahan yang bisa dicoba. Herbatani juga menyediakan informasi menarik lainnya seputar tanaman obat, tanaman herbal, kesehatan dan juga dunia pertanian.

 

 

Sumber :  

https://www.brilio.net/kesehatan/cara-mengolah-keladi-tikus-untuk-obati-kanker-mudah-dan-aman-210318i.html 

https://satujam.com/keladi-tikus/ https://kurio.id/app/articles/60531b5f1f41535ffbd3c767 

https://herbatani.com/

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.