Loading

6 Cara Memutihkan Ketiak dan Menghilangkan Bau

Ketiak yang gelap dan berbau adalah masalah yang umum dialami oleh banyak orang. Selain membuat penampilan kurang menarik, ketiak hitam dan bau tidak sedap juga bisa menjadi sumber ketidaknyamanan. Namun, ada berbagai cara agar ketiak tidak hitam. Dengan mengetahui cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau alami tentu akan dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Cara Memutihkan Ketiak dan Menghilangkan Bau Secara Alami

Ada beragam cara menarik yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ketiak hitam. Bahan-bahan alami yang ada di sekitar, juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Apabila Anda memiliki masalah ketiak hitam dan bau, berikut ini adalah cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau yang bisa dilakukan:

1. Pembersihan Rutin

Langkah pertama yang penting dalam perawatan ketiak adalah menjaga kebersihannya. Anda perlu mandi secara teratur dan membersihkan ketiak dengan baik. Bau badan yang sangat mengganggu, akan terjadi apabila Anda tidak menjaga kebersihan tubuh.

Ketika mandi, jangan lupa untuk menggunakan sabun lembut yang cocok untuk kulit sensitif. Selain itu, pastikan untuk membersihkan ketiak secara menyeluruh dan kemudian bilas dengan air bersih.

2. Scrub Alami

Salah satu cara memutihkan ketiak hitam dan menghilangkan bau yang juga layak untuk dicoba adalah dengan menggunakan scrub alami. Anda dapat membuat scrub sendiri dengan mencampurkan garam atau gula pasir dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Selanjutnya apabila sudah berhasil membuat scrub alami sendiri, Anda bisa menggosokkan campuran ini dengan lembut ke kulit ketiak selama beberapa menit. Selanjutnya bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Scrub alami membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan ketiak terlihat gelap.

3. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang juga efektif sebagai cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau adalah memanfaatkan lidah buaya. Lidah buaya memiliki sifat pemutih alami dan dapat membantu mengatasi ketiak yang gelap.

Anda dapat mengambil sepotong lidah buaya, kemudian mengambil gelnya, dan mengaplikasikannya pada ketiak Anda. Biarkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini beberapa kali dalam  seminggu untuk hasil yang lebih baik.

4. Pasta Kunyit dan Susu

Cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau berikutnya adalah dengan memanfaatkan kunyit yang dicampur dengan susu. Kunyit adalah bahan alami yang dapat membantu memutihkan ketiak. Caranya yaitu dengan mencampurkan kunyit dengan sedikit susu hingga membentuk pasta.

Apabila pasta sudah selesai dibuat, Anda bisa mengoleskan pasta ini pada ketiak Anda dan biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas. Kunyit mengandung zat pemutih alami yang dapat membantu meratakan warna kulit ketiak.

Bahkan campuran pasta kunyit dan susu ini bukan hanya bagus untuk perawatan kulit ketiak. Banyak juga orang yang memanfaatkan pasta kunyit dan susu sebagai masker untuk bagian tubuh lain seperti kulit wajah, hingga kaki.

5. Penggunaan Deodoran Bebas Alkohol

Apabila sebelumnya Anda sering menggunakan deodoran yang mengandung alkohol, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa deodoran yang mengandung alkohol, justru dapat merusak permukaan kulit ketiak.

Pilihlah deodoran yang tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan kimia keras lainnya. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi dan memperparah masalah ketiak yang gelap. Sebaliknya, cari produk yang dirancang khusus untuk kulit sensitif dan tidak mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

6. Mengkonsumsi Makanan Sehat dan Minum Cukup

Cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau berikutnya yang juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit ketiak adalah makanan yang dikonsumsi. Anda perlu memastikan jika tubuh Anda mendapatkan makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi.

Makanan sehat seperti buah dan sayur, akan sangat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Selain itu, Anda juga perlu untuk mendapatkan hidrasi yang cukup dari air minum. Paling tidak dalam sehari, Anda mengkonsumsi 8 gelas air minum.

Apabila Anda sudah melakukan semua tips dan cara yang telah disebutkan di atas, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan kulit ketiak yang bersih dan tidak bau.

Jika masalah ketiak yang gelap dan berbau tidak membaik setelah mencoba berbagai perawatan alami, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan seorang dermatolog. Mereka dapat membantu dengan memberi saran lebih lanjut dan mungkin merekomendasikan perawatan medis yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Dalam mengatasi masalah ketiak yang gelap dan bau dengan bahan alami memang membutuhkan kesabaran. Hal ini karena bahan alami akan memberikan efek yang lebih lama dibandingkan menggunakan bahan-bahan kimia atau perawatan dokter. Apabila Anda melakukan perawatan secara konsisten tentunya hasil yang didapatkan juga akan lebih baik.

Anda bisa memiliki ketiak yang lebih cerah dan bebas bau dengan mengikuti cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bau yang telah disebutkan di atas. Ingatlah untuk selalu memilih produk yang cocok untuk kulit Anda, dan hindari penggunaan bahan-bahan yang dapat menyebabkan iritasi atau alergi. Dengan perawatan yang benar, Anda akan merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan kulit ketiak yang sehat dan bersih.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    6 Cara Memutihkan Ketiak dan Menghilangkan Bau