Mengintip Masa Depan Cryptocurrency dari Manfaatnya

Masa depan cryptocurrency

Masa Depan Cryptocurrency dari Manfaatnya – Istilah uang digital atau cryptocurrency kini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Masa depan cryptocurrency pun diramalkan akan mampu menggantikan sistem perbankan yang sentral. Cryptocurrency adalah sebuah aset digital yang dapat digunakan sebagai alat tukar dengan memanfaatkan kriptografi. Jaminan transaksi finansial hingga verifikasi transfer aset pun bisa dilakukan.

Berbeda dengan bank yang sistemnya tersentral, cryptocurrency menggunakan sistem kontrol desentralisasi. Bahkan Goldman Sachs, salah satu bank di Amerika berencana untuk membuat cryptocurrency sendiri. Bahkan hasil survei deloitte pun menjawab bagaimana banyak orang dan organisasi telah berubah dan meningkatkan investasi dalam cryptocurrency.

Masa Depan Cryptocurrency Dilihat dari Manfaatnya

Awal terbentuknya cryptocurrency dimulai dari Bitcoin lebih dari 10 tahun lalu. Pada saat itu banyak masyarakat yang masih belum paham akan cryptocurrency. Walaupun penggunaan cryptocurrency meningkat, itu hanya terjadi di negara maju saja. Negara yang masih memiliki sistem perbankan tidak matang seperti negara miskin atau berkembang belum banyak menerapkan cryptocurrency.

Ada banyak alasan mengapa masa depan cryptocurrency dianggap mampu menggantikan uang tunai. Tentunya alasan ini bisa dilihat dari segala manfaatnya yang tidak dimiliki uang tunai sebagai berikut:

Artikel Terkait:  Memahami Siklus Akuntansi dalam Perusahaan

1. Cepat dan Mudah

Manfaat yang bisa didapatkan dari perdagangan menggunakan cryptocurrency yang pertama adalah cepat serta mudah. Alat ini diciptakan untuk membuat transaksi jual beli semakin praktis. Tidak ada regulasi yang mengharuskan pengirim uang harus transfer ke luar negeri hanya di jam tertentu atau jam kerja saja.

Biasanya ketika hendak mengirimkan uang ke luar negeri atau pembelian ke negara lain proses transfer memakan waktu yang lama. Belum lagi hanya mendapat layanan pada jam kerja saja. Namun dengan cryptocurrency, siapapun dapat bertransaksi dengan mudah tanpa banyak regulasi.

2. Terjamin Keamanannya

Manfaat selanjutnya adalah soal keamanan yang seringkali tidak didapatkan dari bank. Peretasan seringkali terjadi pada akun bank yang dimiliki, namun dengan menggunakan cryptocurrency siapapun bisa merahasiakan identitas. Jadi privasi akan tetap terjaga keamanannya. Tak ada identitas yang diminta untuk ditunjukan jadi prosesnya pun sangat mudah serta aman.

Pertanyaan apakah bitcoin memiliki masa depan yang baik pun bisa terjawab dari segi keamanannya ini. Tidak ada yang perlu takut soal kerahasiaan identitas serta penipuan.

3. Transaksi tanpa perantara

Seringkali ketika melakukan transaksi ada pihak ketiga yang justru menghabiskan biaya untuk melakukan transaksi. Misalnya saja transfer antar bank ke luar negeri, otomatis ada banyak biaya perantara yang harus dikeluarkan. Hal ini juga terjadi ketika pembeli melakukan transaksi melalui e-commerce seperti eBay. Biaya perantara tentu akan merugikan karena jumlahnya tidak sedikit.

Artikel Terkait:  Rencanakan Masa Depan Anak dengan Tabungan BRI Junio

Nah manfaat cryptocurrency mampu mengatasi hal tersebut. Tidak ada perantara yang akan memberikan biaya tambahan dalam transaksi. Semua hubungan langsung antara pedagang dan pembeli.

4. Tidak ada nilai tukar mata uang

Satu lagi yang merugikan soal uang tunai adalah penerapan nilai tukar mata uang. Nilai tukar ini hanya menguntungkan negara- negara maju yang memiliki nilai tinggi. Sehingga proses transaksi secara internasional pun mengalami sedikit hambatan akibat nilai tukar uang ini. Sedangkan cryptocurrency tidak memiliki nilai tukar mata uang.

5. Memiliki potensi kenaikan

Cryptocurrency memang tidak memiliki nilai tukar mata uang, namun potensi kenaikannya sangat tinggi. Seseorang yang membeli Bitcoin sekarang dengan harga rendah bisa berubah menjadi kaya ketika menjualnya saat kenaikan terjadi. Hal ini bisa disamakan dengan kenaikan harga emas yang fluktuatif. Tak heran jika banyak orang yang ingin melakukan investasi melalui cryptocurrency.

6. Tidak ada pemalsuan uang

Uang fisik memiliki kelemahan besar terhadap pemalsuan dan inilah yang menjadi masalah pelik dan belum ada pemecahannya. Namun untuk cryptocurrency masalah pemalsuan uang dapat terhindar karena adanya sistem blockchain yang tidak bisa membuat mata uang sama digunakan untuk transaksi berbeda.

Kelebihan ini juga mengungguli soal penipuan dengan transaksi melalui kartu debit maupun kartu kredit. Cryptocurrency tidak dapat dipalsukan sehingga siapa saja yang menggunakannya akan merasa aman.

Artikel Terkait:  Lengkap! Ini Dia Job Desk dan Tanggung Jawab Staff Accounting

Masa depan cryptocurrency

Walaupun terdapat kelebihan, namun ada beberapa kelemahan yang juga mempengaruhi masa depan cryptocurrency sebagai berikut ini:

  1. Beberapa negara memiliki regulasi yang melarang penggunaan cryptocurrency, oleh karena itulah melakukan transaksi bisa menjadi sebuah pelanggaran hukum. Masa depan bitcoin di Indonesia juga jadi terhambat karena hukum yang berlaku tidak mengesahkan bitcoin sebagai mata uang, beserta negara berkembang lainnya.
  2. Kenaikan memang bisa terjadi tetapi penurunan juga harus dipertimbangkan karena bisa terjadi dengan sangat cepat. Volatilitas yang tinggi inilah menjadi kekurangan jika ingin berinvestasi menggunakan cryptocurrency jika tidak mahir justru menimbulkan kerugian.
  3. Kunci dompet digital atau wallet key adalah kunci yang berupa password dan pin untuk bisa masuk ke tempat penyimpanan cryptocurrency. Apabila lupa maka bisa menjadi masalah yang sangat besar. Tidak ada akses lain yang bisa menjadi alternatifnya.

Masa depan cryptocurrency hingga kini masih disambut baik di negara-negara maju saja. Disamping itu masih banyak ada ratusan cryptocurrency yang terus bermunculan selain Bitcoin. Perkembangan masih bisa terus terjadi karena cryptocurrency saat ini masih di tahapan awal.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.