Cara Membuat Lamaran Kerja Online yang Menarik

Membuat Lamaran Kerja Online (1)

Cara Membuat Lamaran Kerja Online yang Menarik – Kerja online atau menjadi freelancer online mungkin diidamkan oleh banyak orang. Bisa kerja di mana saja, tidak terikat oleh waktu tetapi mempunyai penghasilan yang cukup untuk kehidupannya. Tetapi lebih banyak yang gagal daripada yang sukses untuk menjadi seorang pekerja online atau sidejober. Hal yang terpenting adalah bagaimana membuat lamaran kerja online yang membuat klien tertarik untuk memberi pekerjaan kepada freelancer tersebut.

Untuk melamar kerja online, bisa mencari lowongan pekerjaan online melalui banyak cara. Cara yang paling umum adalah bergabung dengan situs – situs freelance, baik situs freelance Indonesia maupun situs freelance global.

Cara lain bisa mencari di grup-grup kerja online atau melalui LinkedIn. Untuk lowongan di Linkedin, biasanya perusahaan yang mencari pekerja freelance dengan sistem kerja remote. Ada banyak lowongan seperti ini di LinkedIn. Tetapi bukan posisi perusahaan Indonesia, kebanyakan asing, jadi harus lancar berbahasa Inggris.

Sebelum Memulai Lamaran Kerja Online

Melamar kerja di manapun, melamar di perusahaan seperti biasa atau melamar pekerjaan online, selalu harus menyiapkan diri. Untuk pekerjaan online, yang disiapkan ada yang sama dengan pekerjaan seperti biasanya dan ada juga yang berbeda.

Artikel Terkait:  7 Pertanyaan Wajib Ditanyakan saat Interview oleh Pelamar

Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum melamar kerja online :

  • Keahlian

Pastikan mempunyai keahlian yang bisa dijual untuk pekerjaan online. Tidak semua keahlian mempunyai kesempatan bekerja online. Misalnya keahlian bongkar mesin otomotif, tidak bisa dijadikan pekerjaan online. Kecuali bisa menulis, bisa menjadi pekerja online penulis otomotif.

  • Portofolio

Membuat portofolio untuk bidang pekerjaan desain (termasuk animator), programmer, penulis untuk meningkatkan kepercayaan calon pemberi kerja.

  • Profil LinkedIn

Untuk pekerjaan yang tidak mempunyai portofolio online, bisa dengan membuat profil LinkedIn yang terupdate. Pekerjaan seperti manajer proyek, virtual assistant sangat perlu untuk selalu update LinkedIn.

  • Buat Daftar Riwayat Hidup

Untuk freelancer pemula, daftar riwayat hidup sebaiknya dibuat. Daftar riwayat hidup nantinya dipakai untuk dilampirkan dalam lamaran kerja online. Daftar riwayat hidup cukup dibuat singkat tentang keahlian dan pengalaman saja.

Sebaiknya daftar riwayat hidup dibuat dengan tampilan yang menarik. Banyak template CV gratis di internet, salah satunya template daftar riwayat hidup dari Canva.

Mendaftar di Situs Freelance Online

Membuat Lamaran Kerja Online (1)

Meskipun kerja online tidak harus selalu melalui situs freelance online, tetapi bekerja online melalui situs freelance online adalah yang paling mudah dan aman di antara lainnya.

Peluang kerja di situs freelance online untuk kerja remote jauh lebih besar dibandingkan dengan tempat lain. Karena situs freelance tidak hanya tempat berkumpul freelancer, tetapi juga perusahaan maupun individu yang mencari pekerja freelance.

Artikel Terkait:  4 Cara Mengganti Background Foto CV, Gampang dan Gratis!

Selain itu, lebih aman menggunakan platform freelance daripada menjadi freelance lepas tanpa melalui situs freelance. Freelance dan klien belum mengenal satu sama lain sebelum pekerjaan dimulai. Tidak ada jaminan klien akan membayar pekerjaan yang telah diselesaikan freelance bila tidak ada pihak ketiga sebagai penjamin. Pihak ketiga ini adalah situs-situs freelancer yang memastikan pekerjaan akan dibayar klien bila pekerjaan selesai.

Tidak semua situs freelance, otomatis menerima freelancer yang mendaftar. Sebaiknya dipelajari terlebih dahulu tips-tips tiap platform freelancer.

Tips Melamar Kerja Online

Setelah diterima di situs kerja online, yang pertama harus dilakukan adalah mempelajari cara kerja situs tersebut. Karena setiap platform memiliki cara yang berbeda dalam mencari pekerjaan dari klien. Tanpa mempelajari cara kerja situs freelance akan membawa kegagalan mendapatkan pekerjaan online.

Apabila sudah yakin dengan cara kerja situs freelance yang dituju, mulai mencari pekerjaan online sesuai bidangnya.

Ada situs online dengan cara kerja, seperti Fiverr, freelance yang menawarkan paket jasa yang sudah fix dan klien yang membeli paketnya. Situs freelance dengan cara kerja ini, freelancer tidak perlu membuat lamaran kerja.

Berbeda dengan situs freelance di mana klien yang memposting lowongan pekerjaan yang dibutuhkan. Freelancer perlu membuat lamaran kerja online yang menarik agar calon klien tertarik mempekerjakannya.

Mengajukan lamaran pekerjaan online mempunyai tips yang tidak boleh dan yang harus dilakukan.

Artikel Terkait:  Tak Perlu Minder Kuliah Di Perguruan Tinggi Swasta, Ini Alasannya!

Hal yang sebaiknya tidak dilakukan :

  • Membuat lamaran dengan isi copy paste dari satu lamaran ke lamaran lainnya
  • Tidak mempelajari dengan seksama kebutuhan dan persyaratan yang diajukan oleh klien
  • Membuat lamaran kerja yang berisi deskripsi panjang mengenai keahlian dan pengalaman freelancer.

Sedangkan hal yang harus dilakukan freelancer ketika melamar kerja online :

  • Mempelajari dengan seksama kebutuhan dan persyaratan klien
  • Tidak menunda untuk melamar pekerjaan ketika menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian
  • Jujur dalam membuat lamaran kerja online. Dalam hal ini jujur tentang keahliannya maupun harapan dari freelancer
  • Menjabarkan rencana kerja yang bisa dilakukan freelancer untuk project klien
  • Menyertakan portofolio, daftar riwayat hidup bila diperlukan

Setelah melamar satu pekerjaan, coba lagi untuk melamar pekerjaan remote yang lain. Apabila lama tidak mendapat balasan dari klien, anggap saja gagal memperoleh pekerjaan. Pelajari isi lamaran kerja online-nya dan lakukan perbaikan dari waktu ke waktu agar bisa mendapatkan pekerjaan online.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.