5 Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan Manufaktur

manfaat sistem erp bagi manufaktur

Dunia bisnis terutama di bagian industri manufaktur masa kini dituntut agar dapat bergerak lebih cepat dan dinamis. Hal itu dikarenakan kompetitor yang kapan saja bisa mengambil peluang bisnis. Tingginya tingkat persaingan membuat para pebisnis harus mempercepat berbagai proses kerja dalam bisnis perusahaan. Dan itu sangat sulit dilakukan tanpa bantuan sistem ERP. Untuk lebih lengkapnya, mari kita simak lebih jelas lagi apa manfaat sistem ERP bagi perusahaan manufaktur.

Sedikit membahas tentang pengertian ERP atau Enterprise Resources Planning, perangkat lunak ini merupakan sistem khusus yang bekerja untuk mengintegrasikan semua fungsi organisasi.

Selain berfungsi untuk mempermudah jalannya bisnis, tujuan ERP juga agar dapat meminimalisir biaya operasional perusahaan serta menyederhanakan seluruh operasi bisnis. Tidak hanya itu, tapi masih banyak manfaat sistem ERP bagi perusahaan yang bisa Anda dapatkan bila menerapkan sistem ini di perusahaan.

Manfaat Sistem ERP Bagi Perusahaan Manufaktur

manfaat sistem erp bagi manufaktur

Memang ada beberapa sistem selain ERP yang bisa digunakan, namun sejauh ini ERP Indonesia tetap menjadi sistem terbaik karena memberikan lebih banyak manfaat daripada sistem lainnya.

Perangkat lunak yang pada dasarnya berfungsi untuk menyederhanakan seluruh operasi perusahaan ini, memiliki berbagai manfaat untuk perusahaan, khususnya bagi perusahaan manufaktur. Karena telah terbukti manfaatnya, saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan ERP.

Artikel Terkait:  5 Tips Sukses Beriklan di Facebook (Facebook Ads) untuk Mempromosikan Bisnis Kamu

1. Memberikan Keamanan dalam Menyimpan Data

Kalau dulunya penyimpanan data dilakukan dalam bentuk format kertas, di sini ERP dapat menyimpan datanya dengan aman di perangkat lunak ERP karena telah berbasis Cloud. Dengan begitu perusahaan bisa mengakses datanya hanya dengan satu sistem.

Mungkin para pemilik bisnis akan berfikir pakai hard disk juga bisa. Ya memang bisa, tapi tidak dapat menjamin keamanan data yang ada di dalamnya, lagipula hard disk ini bisa rusak ataupun hilang. Dengan sistem ERP perusahaan juga bisa memilih siapa saja yang dapat memiliki hak untuk mengakses dan mengelola data yang tersimpan di Cloud ERP.

2. Mempermudah Pengelolaan Inventaris

Sangat penting bagi perusahaan agar memperhatikan jalannya pengelolaan inventaris. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat dengan mudah mengontrol sirkulasi perpindahan stok barang secara menyeluruh. Bahkan sistem ERP dapat mendeteksi produk yang laku dan tidak laku di pasaran.

Dengan begitu proses produksi dapat berjalan dengan lancar serta minim akan hambatan. Dengan pengelolaan inventaris yang baik, perusahaan dapat merencanakan strategi serta inovasi apa yang akan dikembangkan ke depannya.

3. Mempermudah Koneksi Seluruh Divisi Perusahaan

Setiap perusahaan tentu memiliki berbagai divisi yang berbeda-beda dan bekerja di bidangnya masing-masing. Walaupun begitu, semua divisi-divisi tersebut harus tetap terkoneksi satu sama lain agar dapat mengurangi kesalahpahaman. Apabila perusahaan menerapkan sistem ERP ini, maka pembagian kerja dan semua proses pekerjaan akan berjalan dengan baik.

Artikel Terkait:  Harga Sedot Wc Gresik 2020 Terbaru - Paling Murah Nomor 1 di Gresik

4. Mengatur Jadwal Produksi

Terkadang sulit bagi perusahaan untuk mengatur proses produksi agar dapat menghasilkan produk dengan jadwal yang tepat. Karena ketika jadwal proses produksi kurang tepat, maka akan berakibat stok yang beredar di pasaran menjadi tidak seimbang. Di sini ERP menawarkan sistem untuk mengatur jadwal produksi agar tetap sesuai dengan stok yang beredar.

5. Pembuatan Laporan Lebih Akurat

Laporan adalah hal yang sangat wajib dan pasti dibuat oleh sebuah perusahaan. Biasanya laporan dibuat di setiap akhir periode, seperti setiap bulan dan setiap tahun. Pembuatan laporan secara manual membuat seseorang menjadi pusing karena banyak hal yang harus dilibatkan.

Manfaat sistem ERP bagi perusahaan dalam hal ini yaitu mempermudah pembuatan laporan menjadi lebih sederhana tapi tetap akurat. Membuat laporan menggunakan sistem ini akan terhindar dari kesalahan-kesalahan seperti ketika membuat laporan secara manual.

Penjelasan di atas sudah cukup untuk memberitahukan kepada para pelaku usaha manufaktur bahwa seberapa banyak manfaat sistem ERP bagi perusahaan yang bisa diberikan. Namun kelemahan ERP yaitu harganya yang cukup mahal karena biaya untuk proses reengineering yang sangat tinggi.

Tapi itu tidak sebanding dengan manfaat yang diberikan. Rekomendasi software cloud ERP Indonesia terbaik yang paling tepat yang bisa digunakan di perusahaan para pemilik bisnis akan aku tulis di artikel selanjutnya ya. Semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait:  8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Sewa Tempat Usaha, Wajib Dipraktekkan

 

**

Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Jangan lupa ikutin terus dan subscribe blog celotehdinihari.com untuk dapat update artikel terbaru ya.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.