9 Manfaat Instagram Shopping Untuk Belanja dan Jualan Online

Manfaat Instagram Shopping Untuk Belanja dan Jualan Online – Kalian tentunya sudah tidak asing dengan sosial media Instagram yang disukai semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orangtua. Media sosial ini menggunakan foto dan video sebagai aktivitas sosialnya. Pertama kali hadir pada tahun 2010, kini Instagram berkembang sangat cepat dengan menghadirkan beberapa fitur keren seperti filter, Instagram Story, Instagram Live, IG TV dan banyak fitur keren lainnya.

Semakin berkembangnya dunia digital juga membuat orang semakin berkembang dalam melakukan kegiatan bisnis. Pengguna pun kini telah banyak yang memanfaatkan Instagram sebagai tempat berbisnis. Semakin banyak orang yang memanfaatkan Instagram sebagai sarana jual beli sehingga membuat Instagram semakin berkembang dengan menghadirkan fitur Instagram Shopping.

Kalian sudah pernah dengar belum tentang Instagram Shopping? Instagram Shopping adalah salah satu fitur terbaru pada Instagram yang akan memudahkan kalian sebagai pengguna menemukan produk yang dapat dibeli di Instagram dengan mengakses langsung dari menu navigasi utama Instagram.

Hal tersebut tentunya membuat para pelaku bisnis semakin melirik Instagram sebagai tempat mengembangkan bisnisnya. Manfaat instagram shopping dapat dirasakan tak hanya untuk kalian para pelaku bisnis atau penjual, namun juga kalian para pengguna sebagai pembeli.

Manfaat Instagram Shopping

manfaat Instagram shopping

Yuk kita simak manfaat apa saja yang akan kalian rasakan sebagai pembeli dan penjual:

Target yang Lebih Luas

Seperti yang kita ketahui, Instagram sangat diminati oleh berbagai kalangan usia dan sosial. Berdasarkan catatan Hoot Suite, jumlah pengguna aktif bulanan Instagram mencapai 1 miliar. Jumlah yang cukup fantastis bukan?

Untuk itu dengan berbisnis di Instagram Kalian dapat menyasar target market lebih luas lagi, tak hanya pengguna Indonesia tetapi juga pengguna Instagram di dunia. Kini pun orang-orang beralih menggunakan Instagram untuk menemukan produk yang akan dibeli. Bahkan sekitar 70% orang yang gemar berbelanja telah beralih menggunakan Instagram sebagai tempat untuk mencari produk yang ingin mereka beli. Tentunya hal tersebut membuat kalian dapat menjangkau target pasar yang lebih luas lagi.

Semakin Mudah Menemukan Produk

Jika sebelumnya kalian melakukan pencarian suatu produk dengan memanfaatkan hashtag kini dengan adanya Instagram Shopping akan jauh lebih memudahkan dalam mencari produk.

Fitur Instagram Shopping yang berada pada menu navigasi utama sehingga sangat efisien untuk kalian mencari berbagai toko online yang ada di Instagram. Menggunakan fitur Instagram Shopping ini sama mudahnya dengan menggunakan platform e-commerce.

Instagram Shopping juga membuat produk menjadi lebih mudah ditemukan karena kalian dapat mengklik tag atau label produk yang ada dalam foto untuk mendapatkan detail dan harga produk. Hal ini tentunya akan memberikan manfaat bagi kalian sebagai pembeli maupun penjual di Instagram.

Visual Marketing

Visual marketing adalah penggunaan gambar dan video yang menarik untuk pelanggan mencari tau produk lebih mendalam. Cara ini menjadi salah satu cara untuk marketing era baru. Memanfaatkan visual akan lebih menarik bagi para pengguna.

Adanya Instagram Shopping ini, kalian dapat memaksimalkan visual untuk membuat unggahan yang menarik dan bisa langsung dibeli oleh calon pelanggan. Hal ini tentu saja akan meningkatkan penjualan bagi kalian yang menggunakannya sebagai bisnis.

Untuk kalian para pembeli juga akan dimudahkan dengan visual marketing ini. Kalian dapat lebih mudah melihat detail produk yang ingin dibeli dengan memerhatikan gambar serta video yang diberikan.

Proses Jual Beli Jadi Lebih Sederhana, Cepat, dan Singkat

Seringkali kelemahan berbelanja di Instagram karena proses jual beli menjadi lebih panjang dibandingkan pada e-commerce. Lewat Instagram Shopping ini akan membuat proses jual beli menjadi terasa singkat. Kalian tinggal klik produk yang diinginkan dan langsung melihat harga serta deskripsi produk secara detail.

Pada fitur Instagram Shopping ini juga akan terintergrasi dengan website penjual sehingga dapat dengan mudah melakukan pembelian. Maka dengan begini kalian sebagai penjual maupun pembeli dapat merasakan manfaatnya.

Peningkatan Engagement dan Konversi Penjualan

Salah satu tujuan paling penting dan utama dari penggunaan Instagram Shopping adalah meningkatkan engagement pengguna dan penjual. Bagi kalian yang merupakan seorang pelaku bisnis pastinya sangat mengharapkan ini.

Membuat unggahan di Instagram menjadi unggahan yang dapat dibeli, membantu pengguna mempercepat niatnya untuk membeli secara instan. Misalnya ketika ada pengguna yang tertarik untuk membeli hanya perlu mengklik unggahan foto atau video produk kemudian mereka akan mendapatkan semua detail tentang produk, deskripsi, dan produk relevan lainnya yang akan meningkatkan interaksi.

Memudahkan Calon Pelanggan untuk Berbelanja

Tentunya kalian sebagai pembeli ingin melakukan pembelian dengan praktis. Instagram Shopping ini akan membuat kegiatan belanja jauh lebih praktis. Kalian dapat melihat produk ke dalam foto, video, atau Instagram Story yang diunggah. Kita sebagai pembeli akan dapat mengetahui produk bahkan melakukan transaksi tanpa keluar dari aplikasi Instagram.

Pada Instagram Shopping juga terdapat fitur Collections yang bisa membagi katalog produk ke dalam beberapa kategori. Hal ini tentu saja membuat kalian sebagai calon pembeli lebih mudah untuk melihat-lihat. Lalu ada pula fitur Product Launches yang bisa meningkatkan ketertarikan kalian terhadap produk yang akan segera diluncurkan.

Interaksi Dengan Pelanggan

Kegiatan berbelanja yang menyenangkan tentunya akan membuat para pelanggan akan senang untuk berbelanja lagi dikemudian hari. Pada Instagram, para penjual dan pembeli bisa saling berinteraksi. Tanpa disadari hal ini akan mendorong dan meningkatkan penjualan. Kalian bisa juga menjaga kepuasan pelanggan dengan menjaga hubungan baik.

Promosi lebih mudah dan beragam

Manfaat Instagram Shopping lainnya adalah promosi dapat dilakukan dengan mudah dengan berbagai cara dan format, mulai dari foto, video, hingga live pada Instagram Story. Bahkan kalian sangat bisa mengiklankan produk melalui fitur Shopping Ads ataupun bekerja sama dengan influencer atau selebgram melalui fitur Shopping for Creators.

Saat menggunakan fitur Shopping for Creators, setiap unggahan influencer atau selebgram akan memiliki label ‘Paid partnership with (nama brand)’ sehingga orang-orang akan melihatnya langsung dan mengetahui bahwa produk yang ditampilkan pada foto atau video adalah produk kalian.

Meningkatkan Pengunjung Website

Jika kalian akan mengaktifkan Instagram Shopping sebagai penjual maka nantinya akan terhubung dengan website bisnis kalian. Ketika melihat-lihat di Instagram Shopping maka para calon pembeli akan dapat terhubung dengan website toko online kalian.

Hal itu dapat bermanfaat untuk website kalian karena dapat menaikkan traffic atau jumlah kunjungan pada website toko online.

Jika kalian belum memiliki website toko online sendiri maka kalian dapat dengan mudah membuatnya di TokoTalk. Tokotalk akan menyediakan website gratis untuk kalian.

Setelah membuat website, kalian juga dapat mengaktifkan Instagram Shopping secara lebih mudah. Lewat layanan SIST pada TokoTalk yaitu, Solusi Instagram Shopping TokoTalk (SIST) merupakan layanan yang akan membantu para penjual online membuat dan memiliki Instagram shopping.

Kalian hanya perlu mendaftar secara gratis layanan SIST ini. Apabila kalian mengundang sesama penjual online lainnya, kalian bisa dilayani lebih cepat oleh TokoTalk

Kemudian setelah terpilih, dalam layanan SIST ini akan dibantu oleh Tim TokoTalk untuk setiap langkah-langkah yang diperlukan dalam pembuatan Instagram Shopping. Yuk segera bergabung, semakin cepat bergabung maka semakin cepat untuk kalian merasakan manfaat Instagram Shopping.

 

 

0 Shares:
21 comments
  1. Bener banget dengan IG shopping makin dipermudah aja, tapi aku masih belum berhasil memasang fitur ini di toko onlineku. hiks

  2. Keren banget nih Instagram udh punya fitur shopping. Jadi kita mau berbelanja juga praktis. Bagi penjual juga lebih mudah menjual produknya krn bs lbh enak interaksi dgn followers atau bahkan non-followers. Pengguna Instagram juga banyak. Dengan hashtag yang tepat, tentu akan mudah dlm menemukan produk yang dicari. Pebisnis pun juga diuntungkan. Kereen deh Instagram.

  3. Aq belum pernah nyobain ig shopping mbak, tapi kalo dilihat emang lebih lebih mudah ya soalnya kaalo liat iklan bisa langsung klik

  4. Ini menarik banget dan kayanya bakal ada datanya kan ya. Apa mungkin sekomprehensif Google Analytic data dari Instagram Shopping ini. Well, moga2 aku bisa mulai aja dulu untuk punya small business di tahun 2021 ini. Aamiin. Thx 4 sharing mba Rini, keep blogging <3

  5. Aku punya beberapa akun IG, ternyata nggak semuanya ada fitur IG shopping. Ngebantu banget ada IG shopping, visual produknya memanjakan mata , sukanya lihat produk fashion, jadi betah scroll sambil window shopping

  6. Saya setiap hari buka instagram, tapi baru ngeh ada instagram shopping ini, Mbak hahaha. Soalnya saya kalau pengin beli sesuatu, saya kepoin akun IG-nya langsung, terus saya cek apa ada marketplace-nya. langsung beli dari sana. Ternyata sekarang sudah lebih dimudahkan. Nanti akan saya pelajari instagram shopping ini.

  7. Sudah pernah sih liat fitur shopping di Instagram tersebut, tapi belum pernah menggunakannya. Tapi ke depannya fitur ini bakal banyak yg menggunakan, mengingat user Instagram semakin bertambah jumlahnya

  8. Ternyata banyak juga yaa manfaat Instagram shopping ini. Tapi masih kurang nih mba. Salah satunya adalah buat cuci mata eamak emak jadi healing deh. Terus auto hepigak jadi histeris lahi deh

  9. Kalau jualan yang diposting di instagram terus dibuat menarik visualnya misalnya disematkan gambar yang rapi, infografis yang menarik serta video yang interaktif pasti banyak pengunjung dan peminat pembelinya. Termasuk aku suka kalap kalau liat jualan yang gemesh2 di instagram hehe

  10. bener sih kak, bisa meningkatkan pengunjung website.. karena apabila sering posting atau jualan lalu laku terus hehe siap” deh cuan mengalir

  11. Saya kadang suka kepoin ig shopping. Awalnya cuma mau mainan medsos doang sih. Trus gak sengaja kepencet yg ig shopping akhirnya malah browsing 2 😄😄😄

  12. Scroll Instagram tuh engga kelar-kelar deh. Anehnya, aku tertarik apa gitu, baru dipikiran…eh…udah ada aja lewat ads-nya. Ya klik-klik deh saking udah kepo…Haha…
    Baru tahu lhoh udah semilyar aja penggunanya…

  13. Selain shopping di marketplace, sekarang banyak orang yang memilih shopping di IG. Tentu saja fenomena ini dimanfaatkan oleh para pebisnis online untuk memaksimalkan akun IG-nya.

    Tokotalk itu saudaranya BreadTalk bukan????

  14. Aku belum pernah shopping pakai fitur ini sih. Palingan window shopping aja, so far belum sampai gatel untuk beli sih, wkwk. Tapi keren lah ya instagram semakin banyak fitur-fiturnya, tinggal kita sebagai pengguna yang harus pintar-pintar memanfaatkannya.

  15. Ah rasanya sudah lama saya tidak belanja
    Eh ada Instagram Shopping, saya jadi goyah
    Untungnya duit di rekening masih berusaha untuk mengontrol jadi meskipun belanja tetap harus memilih mana yang butuh atau mana yang sekadar keinginan

  16. Kalo instagram ini cocok juga ga si mba untuk IG pribadi, misalnya mau jualan barang preloved gitu..
    efek barang di rumah kayaknya udah ga beraturan kayaknya maud i jgual aja ni mainan anak2 mba hahahaa

  17. Instagram memang selalu ada fitur baru. Aku belum nyobain Instagram shopping ini. Baru liat2 sekilas. Emang menarik sih, marketing-nya visual banget. Banyak kemudahan dan kelebihannya juga ternyata

  18. Bener nih jangkauan bisa lebih luas dan visual bisa lebih banyak menarik buat checkout, hahaha. Bener deh aku aja suka naksir sama tampilan gambar produk gitu, dan enak juga sih nanti diarahkan ke website kalau mau beli. Apalagi skrg banyak yg online di instagram ya, kesempatan makin luas

  19. Ini nih fitur yang sempat ketukar sama fitur notification ya mbak. Dan ternyata berjualan di Instagram juga lumayan banget omsetnya ya kak. Asal bisa memanfaatkan fitur dengan benar.

  20. Punya Instagram, tapi belum kepikiran untuk buka usaha dan berjualan menggunakan platform yang satu ini. Jadi kepingin coba memulai berbisnis gunakan Instagram deh.

  21. Instagram terus berinovasi ya mba Rin, dan makin ramah untuk pebisnis online maupun pembeli. Mau shopping jadi repot tanya harga karena tinggal klik di gambarnya. Pun penjual, gak repot nerangin harga jadinya, jadi berasa lagi di toko aslinya. Iya juga ya selain proses jual beli jadi lebih ringkas, bisa ningkatin engagement akun bisnisnya juga. Tjakep bener fitur instagram shopping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.