5 Manfaat Pola Hidup Sehat yang Seringkali Tak Terduga

pola hidup sehat

Menjalani pola hidup sehat tidak hanya terbatas dengan menjaga asupan makanan saja. Pola hidup sehat ini mencakup kebiasaan untuk tetap aktif, menghindari rokok, minum alkohol, dan menghindari pikiran stress (hellosehat). Lantas apa manfaat pola hidup sehat?

Manfaat Pola Hidup Sehat yang Seringkali Tak Terduga

pola hidup sehat
Credit: Freepik

Selain menjaga kesehatan tubuh, ada beberapa manfaat lain yang menarik disimak. Berikut ulasannya.

1. Mencegah Penyakit

Sudah jelas sekali bahwa pola hidup yang sehat pasti akan berdampak positif pada tubuh. Salah satunya adalah efek untuk mencegah serangan penyakit.

Dua studi di tahun 2020 mengatakan bahwa kebiasaan ini dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Bahkan angka tersebut mencapai penurunan sebanyak 25%.

Menurut buku oleh Faisal Lubis Yatim, ternyata pola hidup ini akan sangat bermanfaat di hari tua. Terutama mengingat risiko serangan penyakit jantung koroner, diabetes, hipertensi, osteoporosis, dan arthritis.

Kamu dapat menjaga berat badan, aktif berolahraga, dan konsumsi makanan yang sehat untuk cegah penyakit lainnya.

2. Penghematan Biaya Hidup

Fakta unik ditemukan dari situs  lifehack.org, bahwa ada kesinambungan antara hidup sehat dan juga biaya hidup. Sehingga manfaat pola hidup sehat adalah penghematan biaya hidup yang cukup signifikan.

Alasan hal ini dapat terjadi adalah pengurangan kebutuhan mahal, pemotongan biaya transportasi, biaya kesehatan, hingga biaya pangan bulanan. Kamu bisa memotong budget untuk membeli rokok sebagai upaya hidup lebih sehat.

3. Baik Untuk Lingkungan

Meningkatkan pola hidup sehat dengan menjaga asupan makanan ternyata dapat mengurangi emisi gas rumah kaca sampai 30%. Efek ini akan sangat baik untuk mengurangi angka emisi karbon dunia.

Bahkan sebuah studi tahun 2017 di PNAS, mengatakan bahwa pola makan sehat berdampak positif dengan penurunan 13-25% emisi.

4. Meningkatkan Mood

Manfaat pola hidup sehat juga berkaitan dengan mental. Sebuah studi di BMC Public Health tahun 2018 menemukan peningkatan positive mental health mencapai 6.0% dan penurunan mental health problem dari 13.1% ke 8.5%.

Efek tersebut berkaitan erat dengan pemilihan makanan, aktivitas fisik, pengurangan alkohol, dan peningkatan pola tidur.

5. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Efek dari pola hidup sehat juga dikaitkan dengan peningkatan fungsi kognitif. Dalam artian lain, kamu bisa saja menjadi lebih pintar.

Dalam suatu penelitian lokal oleh Sihombing, ternyata 87,7% siswa dengan pola hidup sehat memiliki performa belajar yang lebih baik.

Tidak hanya itu, penelitian jangka pendek  tahun 2006 yang tersedia di sciencedirect pun mengatakan hal yang sama. Ditemukan korelasi antara kognisi dan metabolisme otak pada lansia yang memiliki masalah memori.

Manfaat pola hidup sehat ini juga direfleksikan dengan pengurangan stress, pola makan sehat, dan mental program.

Jika melihat deretan informasi tersebut, bisa ditarik garis merah bahwa pola hidup sehat bisa memberi dampak positif pada banyak aspek.

Untuk mendukung pola hidup sehat masyarakat, Awal Mula dapat membantu mewujudkannya dengan menyediakan berbagai makanan, minuman, dan bumbu dapur yang terbuat dari bahan organik alami yang menyehatkan.

Semua berasal dari brand lokal dengan kualitas terbaik yang bisa didapatkan melalui platform Curated Healthy Ecommerce awalmula.co.id.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.