Raih Sukses Bisnis dengan Digital Invoice Ini, Wajib Coba!

digital invoice

Raih Sukses Bisnis dengan Digital Invoice Ini, Wajib Coba! – Bisnis saat ini menjadi pilihan banyak orang dalam mendapatkan penghasilan. Ada berbagai jenis bisnis yang bisa kamu jadikan pilihan. Kamu tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai sebuah bisnis, bahkan pada beberapa jenis bisnis, kamu bisa memulainya tanpa modal.

Namun ternyata memulai bisnis saja tidaklah cukup, kamu harus bisa membawa bisnis yang kamu bangun meraih kesuksesan. Salah satu kunci kesuksesan bisnis adalah bagaimana kamu mengelola keuangan bisnisnya. Seperti yang diketahui keuangan bisnis tergantung pada pendapatan bisnis.

Kamu tidak akan mendapatkan pendapatan bisnis jika banyak transaksi yang belum dibayar. Oleh karena itu kamu harus mengirimkan invoice agar pelanggan atau konsumen segera menyelesaikan pembayaran.

Buat kamu yang sering berkecimbung di dunia akuntansi pasti sudah tidak asing dengan invoice, namun bagi kamu yang masih awam cukup sulit ketika diminta untuk membuat invoice ini. Untuk itu di sini akan dijelaskan bagaimana cara terbaik membuat invoice. Jadi, pastikan membaca artikel ini hingga selesai!

Pengertian Invoice

digital invoice

Invoice diartikan sebagai daftar barang yang di dalamnya dilengkapi nama, jumlah, dan harga yang dikirimkan oleh penjual kepada pembeli. Invoice dikirimkan untuk melakukan penagihan kepada pembeli yang belum melakukan pembayaran atau kepada pelanggan yang membeli secara kredit.

Artikel Terkait:  Yuk Simak Persyaratan Daftar Merek Dagang di DJKI

Invoice dibuat dalam 3 (tiga) rangkap, yaitu rangkap pertama untuk pembelian yang telah melunasi tagihan, rangkap kedua untuk arsip penjualan, dan rangkap ketiga digunakan untuk laporan keuangan.

Banyak yang sering bingung membedakan invoice ini dengan kuitansi, padahal keduanya merupakan hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada invoice adalah dokumen berisi perhitungan penjualan yang pembayarannya dilakukan kemudian hari, sedangkan kuitansi adalah dokumen yang diberikan penjual kepada pembeli setelah pembayaran dibayar lunas.

Manfaat Invoice untuk Bisnis

invoice untuk bisnis

Invoice merupakan sesuatu yang penting bagi bisnis karena manfaat yang dimilikinya. Apa saja manfaat dari invoice ini?

  1. Invoice bisa dijadikan bukti sah yang di dalamnya bersi kesepakatan kedua belah pihak.
  2. Invoice bisa dijadikan bukti informasi berapa jumlah tagihan yang harus dibayarkan oleh pembeli kepada penjual.
  3. Invoice bisa dijadikan dokumen sah yang akan tercatat di laporan keuangan.
  4. Invoice bisa dijadikan bukti oetentik saat produk yang dipesan oleh pembeli tidak sesuai.
  5. Digunakan untuk memereksi sisa stok produk yang ada di gudang.

Komponen dalam Invoice

Ketika kamu membuat invoice, kamu tentu tidak bisa membuatnya secara asal. Ada komponen-komponen yang harus kamu penuhi dalam pembuatan invoice ini. Apa saja komponen-komponen tersebut?

  1. Nomor urut dari invoice
  2. Purchasing order atau nomor urut dari pesanan
  3. Kode transaksi
  4. Tujuan dilakukan penagihan kepada konsumen atau pelanggan
  5. Identitas penagih, yaitu perusahaan atau lembaga yang mengeluarkan invoice
  6. Daftar barang yang telah dibeli oleh pelanggan atau konsumen
  7. Jumlah pembayaran serta pajak yang harus dibayarkan
  8. Tujuan pembayaran yaitu rekening secara detail dan bank tujuan pengiriman.
Artikel Terkait:  4 Review Rumah Dijual Jogja: Modern dan Eksklusif

Macam-Macam Invoice

Invoice memiliki beberapa macam yang digunakan oleh perusahaan atau bisnis. Namun secara umum ada 3 (tiga) macam invoive yang paling sering digunakan. Berikut 3 (tiga) macam invoice tersebut:

1. Invoice Biasa

Invoice biasa merupakan invoice pertama umum digunakan. Invoice biasa merupakan invoice yang paling sering digunakan dalam transaksi bisnis dan digunakan untuk transaksi pembelian sederhana. Di dalam invoice biasa ini termuat informasi sederhana mengenai transaksi tersebut seperti rincian barang, jumlah, harga, dan total pembayaran.

Contoh invoice biasa pernah aku buat dan share juga di artikel invoice blogger dan influencer di blog ini loh.

2. Invoice Konsuler

Invoice yang sering digunakan kedua adalah invoice konsuler. Invoice ini merupakan invoice yang digunakan untuk transaksi internasional, seperti pada aktivitas ekspor-impor. Invoice konsuler harus mendapatkan izin dari negara yang mengirimkan barang dan juga negara yang menerima invoice tersebut. Izin tersebut didapatkan melalui kedutaan besar negara pengekspor.

3. Invoice Proforma

Terakhir, adalah invoice proforma. Invoice proforma merupakan invoice yang dikirimkan ke pembeli saat barang yang dibeli dikirimkan secara bertahap. Oleh sebab itu, invoice proforma bersifat sementara dan jika barang telah dikirimkan secara keseluruhan, invoice proforma akan diganti dengan invoice biasa.

Bagaimana Cara Membuat Invoice dengan Mudah?

Dari penjelasan yang ada di atas, kamu pasti tahu kan betapa pentingnya invoice ini bagi bisnis. Lalu bagaimana cara membuat invoice ini? Buat kamu yang masih baru di dunia bisnis dan akuntansi pasti belum begitu paham tentang pembuatan invoice ini.

Artikel Terkait:  8 Alasan Sekaligus Keunggulan Menggunakan Jasa Sedot WC Madiun

Tapi jangan khawatir karena ada cara paling mudah untuk membuat invoice ini, yaitu dengan template yang ada di Kledo. Kledo merupakan software akuntansi dimana di dalamnya terdapat fitur untuk membuat invoice dengan sangat mudah.

Kamu hanya perlu memasukan data di sana dan kamu dapat mengunduhnya secara langsung. Tidak hanya itu, beragam template invoice juga disediakan di sana. Jadi, kamu bisa memilih sesuai keinginanmu.

Kesimpulan

Invoice menjadi cara terbaik buat kamu yang bingung melakukan penagihan kepada pelanggan. Ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat invoice ini, mulai dari cara yang sangat mudah sampai cara terumit. Tapi pastikan kamu menggunakan cara termudah, ya!

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.