Wow, Segini Gaji Pegawai Indomaret! 

Gaji Pegawai Indomaret

Semakin besar jaringan minimarket waralaba Indomaret, membuat banyak orang penasaran dengan berapa gaji pegawai Indomaret. Didukung lebih dari 121 ribu karyawan dengan 10 sektor bisnis yang terus berkembang, jaringan minimarket ini menawarkan gaji yang sepadan.

Dengan banyaknya cabang, serta hasil penjualan per tahun yang mampu mencapai angka 49 triliun rupiah, tentu semakin membuat banyak orang penasaran dengan jumlah gaji yang diberikan. Kami telah merangkum gaji karyawan Indomaret mulai dari level terendah sampai tertinggi.

Gaji Pegawai Indomaret Berdasarkan Jabatan atau Posisi

Apabila ada yang bertanya apakah gaji Indomaret UMR? Tentu saja jawabannya iya. Berada di bawah naungan Salim Group, kesejahteraan karyawan sangat diperhatikan. Selain gaji pokok, juga terdapat bonus apabila karyawan mampu memenuhi target.

Gaji pegawai Indomaret berbeda-beda berdasarkan posisi atau jabatannya. Selain itu, lokasi kerja juga memengaruhi jumlah gaji karena perbedaan UMK setempat. Berikut ini, informasi terkait gaji karyawan Indomaret, berdasarkan masing-masing posisinya.

  • Pramuniaga dan Kasir

Posisi atau jabatan karyawan Indomaret yang paling sering kita temui adalah pramuniaga dan juga kasir Indomaret. Hal ini dikarenakan, posisi tersebut yang bersinggungan langsung dengan konsumen.

Gaji pramuniaga Indomaret dan juga kasir  berada di kisaran angka antara 2 juta sampai dengan 4,2 juta rupiah.

Angka tersebut dipengaruhi oleh UMK tempat karyawan tersebut bekerja. Jadi antara pramuniaga dan kasir di satu kota dengan kota lainnya bisa berbeda.

Adapun kewajiban atau tugas dari dua posisi tersebut antara lain:

  • Melayani pembeli, seperti menunjukkan letak barang, menyampaikan promo yang ada, serta memproses transaksi
  • Kasir berkewajiban mengelola administrasi dari arus keluar-masuknya uang dan merekap hasil penjualan di setiap shift 
  • Seorang pramuniaga bertugas menyiapkan promo yang akan dihadirkan, menjaga kebersihan outlet, dan mengecek stok barang di rak penjualan

Dengan tugas-tugas tersebut, gaji yang ditawarkan tentu sepadan. Tidak heran jika untuk posisi yang bisa dibilang terendah ini saja, banyak sekali peminat atau pelamarnya.

Terlebih untuk posisi ini, biasanya latar belakang pendidikan yang dibutuhkan minimal SMA sederajat. Sangat cocok bagi Anda yang tengah mencari pengalaman kerja sekaligus tambahan biaya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

  • Asisten Kepala Toko

Selanjutnya, kita beranjak ke posisi yang berada satu tingkat di atas pramuniaga juga kasir, yakni asisten kepala toko.

Memiliki tanggung jawab yang lebih besar dari kasir maupun pramuniaga, membuat gaji karyawan dengan jabatan ini sedikit lebih tinggi. Adapun tanggung jawab mereka, yaitu:

  • Melakukan koordinasi guna mengatur aktivitas toko
  • Memberikan laporan aktivitas penjualan kepada kepala toko
  • Membawahi atau mengkoordini 1-5 outlet

Dengan tanggung jawab tersebut, asisten kepala toko diberikan reward berupa gaji sebesar 2,7 sampai dengan lima juta rupiah.

  • Kepala Toko

Naik lagi ke posisi atau jabatan yang lebih tinggi, yaitu kepala toko atau head store. Besaran gaji yang mereka terima sebagai kepala toko sekitar 3,2 sampai dengan 6,7 juta rupiah.

Seperti halnya gaji pegawai Indomaret dengan posisi atau jabatan lainnya, besar atau nominal gaji kepala toko Indomaret juga dipengaruhi UMK kota penempatan kerja.

Oleh sebab itu bisa saja terjadi perbedaan jumlah gaji untuk posisi yang sama dengan penempatan kota yang berbeda.

Lantas, apa saja tugas atau kewajiban dari kepala toko? Beberapa kewajiban dari kepala toko diantaranya seperti:

  • Menyusun rencana jangka pendek maupun panjang untuk diaplikasikan pada outlet  yang dibawahi
  • Mengkoordinir segala bentuk aktivitas di dalam outlet atau toko
  • Berkoordinasi dengan manajer di area lokal dan juga depatemen lainnya yang masih berhubungan
  • Melakukan evaluasi terhadap kinerja store crew Indomaret dan juga hasil penjualan dari outlet tersebut
  • Bagian Gudang

Selain sebagai store crew pegawai Indomaret juga ada ditempatkan di bagian gudang. Nah, kira-kira berapa gaji Indomaret bagian gudang?

Bagi mereka yang menjadi staff gudang seperti helper misalnya, menerima gaji kurang lebih  2,2 sampai 3,6 juta rupiah per bulannya.

Sebagian dari Anda mungkin mungkin belum mengetahui tanggung jawab dari helper ini sehingga belum bisa menilai apakah nominal gaji yang diterima sepadan atau tidak.

Adapun tanggung jawab dari seorang helper adalah:

  • Menjaga kebersihan dan kerapian gudang
  • Melakukan cek stok barang, dengan mengawasi keluar masuknya barang dari ataupun ke gudang
  • Menyortir barang di dalam gudang berdasarkan masing-masing kategori juga jenisnya, agar lebih mudah saat dilakukan pengecekan
  • Membantu proses bongkar muat barang dari petugas pengiriman ke toko atau outlet
  • Manajer Produksi

Seperti halnya posisi manajer di perusahaan lain, gaji manajer di Indomaret pun juga cukup tinggi. Bagi level manajer produksi, gaji mereka berada di angka 4,2-6,5 juta rupiah.

Nominal gaji yang cukup menggiurkan, bukan. Memangnya apa, sih tanggung jawab seorang manajer produksi sampai diberi gaji tinggi? Ini dia beberapa diantaranya

  • Menyusun rencana produksi selanjutnya
  • Mengendalikan kualitas hasil produksi agar sesuai standar
  • Melaporkan data terkait proses produksi sebagai bentuk pertanggungjawabkan

Cukup rumit dan berat, ya tanggung jawabnya. Tidak heran jika gaji yang diberikan cukup besar. Bagi level manajerial yang lebih tinggi lagi, bahkan nominal gajinya bisa menyentuh angka 35 juta, fantastis bukan!

Selain gaji pokok, adakah fasilitas lain yang diberikan untuk karyawan Indomaret?

Anda pasti juga penasaran dengan hal itu, maka jawabannya ada fasilitas lainnya. Ada beberapa fasilitas karyawan Indomaret yang diberikan selain dari gaji pokok yang diterima setiap bulan.

Beberapa fasilitas tersebut antara lain seperti tunjangan-tunjangan berikut:

  • Uang lembur (over time) di mana karyawan masih berada dan bekerja di toko ketika jam kerja shiftnya sudah berakhir
  • Tunjangan bagi karyawan yang tetap masuk kerja di hari libur nasional, yang biasa disebut dengan tunjangan toko
  • Tunjangan Hari Raya
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Bonus-bonus lain yang berhubungan dengan target penjualan ataupun kebijakan lain untuk store crew 

Dapat disimpulkan bahwasanya pegawai Indomaret menerima gaji dan juga tunjangan yang layak sesuai dengan UU Cipta Kerja yang berlaku saat ini. Hal ini tidak berlaku hanya untuk crew store saja, tetapi juga pegawai atau karyawan Indomaret yang ada di kantor.

Sebenarnya masih ada banyak posisi atau jabatan karyawan Indomaret dengan gaji berbeda-beda yang belum kami sebutkan di atas. Khususnya mereka yang ditempatkan di kantor.

Namun secara keseluruhan, baik karyawan kantor ataupun toko, semua diberikan gaji pokok sesuai UMK penempatan dan masih ditambah dengan beberapa tunjangan lainnya.

Nah, demikianlah informasi terkait gaji pegawai Indomaret yang dapat kami sampaikan. Apabila Anda saat ini tengah mencari pekerjaan, mungkin bisa mencoba melamar menjadi karyawan Indomaret.

Bagi para fresh graduate, menjadi store crew bisa dijadikan batu loncatan sebelum meniti karir untuk posisi yang lebih baik. Sementara bagi para profesional, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa jabatan di kantor yang sesuai dengan keahlian Anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like