Sangat Menarik, Inilah Kisaran Gaji Event Organizer

Kisaran Gaji Event Organizer

Gaji event organizer menjadi salah satu yang cukup menarik dan banyak diperbincangkan di tengah masyarakat. Ketika ingin bekerja atau melamar pekerjaan, gaji menjadi salah satu hal yang sangat dipertimbangkan. Salah satu profesi yang memiliki gaji cukup lumayan adalah menjadi seorang event organizer.

Banyak orang yang terjun di jenis usaha ini karena memang memiliki gaji yang menarik. Jika Anda juga tertarik untuk membuka jasa event organizer, sebaiknya mengetahui berbagai macam hal mengenai pekerjaan ini termasuk gaji event organizer.

Jika Anda pemilik usaha event organizer, tentu akan mendapatkan pendapatan yang besar apabila sukses dalam menjalani bisnis ini. Akan tetapi jika Anda seorang pegawai yang ikut bergabung dengan jasa ini, tentu saja gajinya disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang dilakukan.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang gaji event organizer, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu tentang apa itu event organizer.

Pengertian Event Organizer

Event organizer merupakan orang-orang yang bekerja untuk kesuksesan sebuah acara, dekorasi dan lain sebagainya. Dengan adanya jasa ini, sebuah acara bisa berjalan sesuai harapan.

Banyak orang yang berpikiran bahwa event organizer hanya jasa yang menangani acara seperti pernikahan saja. Namun sebenarnya ada begitu banyak macam acara yang bisa ditangani oleh event organizer. Beberapa contoh acara yang banyak dikerjakan oleh event organizer antara lain seperti gathering, launching produk, fun games, exhibition, acara olahraga, party planner, bahkan festival budaya.

Dengan adanya jasa ini, Anda tidak perlu merasa kerepotan untuk menyusun konsep acara serta berbagai macam hal termasuk dekorasinya. Jasa ini sangat membantu Anda yang ingin membuat acara dengan konsep yang istimewa.

Semakin profesional event organizer yang bekerja, acara yang di dikelola tentu juga akan semakin menarik. Kesuksesan dari sebuah acara, sangat tergantung bagaimana penyelenggara atau event organizer yang bekerja.

Kisaran Gaji Event Organizer

Pemilik bisnis event organizer, bisa mendapatkan penghasilan atau gaji event organizer mulai dari puluhan juta rupiah bahkan sampai ratusan juta rupiah. Penghasilan kotor sangat tergantung berapa besar acara yang dikelola.

Semakin besar acara yang harus disusun, tentu penghasilan yang didapatkan juga semakin besar. Banyak event organizer yang bisa mencapai penghasilan kotor hingga 500 juta rupiah.

Jika Anda memiliki bisnis ini, maka bisa mendapatkan penghasilan yang sangat menarik. Sedangkan jika Anda bekerja menjadi staf di sebuah event organizer, gaji event organizer yang didapatkan juga cukup lumayan.

Umumnya, gaji staff event organizer adalah sekitar Rp3.000.000. Hal menarik lain jika bekerja menjadi staff event organizer adalah adanya tambahan bonus untuk pekerjaan yang dilakukan. Gaji event organizer tersebut sangat tergantung dengan kebijakan yang dibuat oleh pemilik jasa event organizer.

Namun jika Anda bekerja sebagai freelance di sebuah jasa event organizer, gaji event organizer yang didapatkan biasanya bukan bulanan namun per hari. Dalam satu hari, seorang freelance di event organizer bisa mengantongi uang sekitar Rp250.000 sampai Rp300.000.

Cara Kerja Event Organizer

Jasa event organizer masing-masing memiliki konsep penanganan acara tersendiri. Ada yang sudah memiliki rumusan untuk merancang acara agar dapat berjalan sesuai rencana. Beberapa langkah yang dilakukan oleh event organizer dalam bekerja antara lain:

1. Menentukan Konsep

Hal pertama yang dilakukan untuk membuat acara adalah menentukan terlebih dahulu konsepnya. Konsep akan dibuat menyesuaikan dengan jenis acara tersebut.

Dalam perumusan konsep ini, akan ditentukan beberapa hal mulai dari tema, pengisi acara, tempat, dan lain sebagainya. Event organizer akan berdiskusi dengan klien yang memesan jasa tersebut, agar bisa ditemukan konsep yang tepat.

Konsep acara dibuat sebagus mungkin agar orang yang datang bisa tertarik dan terkesan. Dalam merumuskan konsep, dibutuhkan kerjasama tim agar didapatkan ide yang menarik.

2. Membuat Teknis Acara

Langkah selanjutnya yaitu merancang teknis acara. Langkah ini bertujuan untuk memperhitungkan berbagai macam kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk menyiapkan acara.

Selanjutnya, semua kebutuhan harus segera dipersiapkan mulai dari panggung, penghibur, pencahayaan, transportasi, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang dibutuhkan antara acara satu dengan yang lainnya tentu saja berbeda tergantung jenis acara tersebut. Event organizer harus menuliskan semua kebutuhan dan dibuat checklist agar tidak ada yang terlewatkan.

3. Menyusun Anggaran

Event organizer juga akan melakukan perhitungan tentang anggaran yang dibutuhkan. Langkah ini sangat penting karena tanpa adanya anggaran yang mencukupi, acara yang selenggarakan tentu tidak akan berjalan sesuai keinginan.

Anggaran tersebut biasanya akan dicatat untuk berbagai keperluan mulai dari administrasi, pengisi acara, konsumsi, akomodasi, promosi SDM, sewa lokasi, dekorasi dan lain sebagainya.

Semakin besar acara yang diselenggarakan, anggaran yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Dengan membuat catatan anggaran seperti ini, event organizer bisa memonitor keuangan dengan lebih mudah dan akurat.

4. Membagi Tugas

Jika sudah menyusun acara, selanjutnya tinggal membagi tugas untuk setiap anggota atau tim. Pekerjaan ini memang dibutuhkan kerjasama dari beberapa orang karena banyak sekali yang harus dipersiapkan. Ada yang harus menyewa alat musik, mendekorasi tempat, membeli berbagai perlengkapan, dan lain sebagainya.

Profesionalitas dari setiap pekerja sangatlah dibutuhkan. Dengan begitu, acara akan dapat berjalan lancar dan semuanya tidak ada yang kurang.

5. Mempersiapkan Acara

Persiapan ini dilakukan dengan membuat jadwal acara dan mengadakan persiapan seperti gladi bersih.

Persiapan acara bisa dilakukan jauh-jauh hari tergantung seberapa besar acara yang dibuat. Dengan dilakukan gladi bersih, nantinya bisa di lihat mana yang masih kurang dan mana yang harus diperbaiki.

6. Pelaksanaan Acara

Setelah semua persiapan dilakukan dengan tepat, barulah event organizer akan mulai untuk mempersiapkan pelaksanaan acara. Hal ini menjadi pekerjaan yang paling melelahkan karena event organizer akan terjun langsung untuk menjamin kesuksesan acara.

Event organizer harus mengusahakan agar  acara berjalan tanpa kendala. Penting sekali untuk event organizer mengantisipasi Apabila ternyata ada hal-hal yang tidak diharapkan seperti listrik padam, kecelakaan kerja, dan yang lainnya.

Persiapan seperti ini penting supaya acara tetap bisa berjalan meskipun ada kendala tertentu. Setiap manusia memang tidak bisa mencegah adanya hal buruk, akan tetapi paling tidak kendala-kendala yang seringkali terjadi bisa diminimalisir.

Pekerjaan sebagai event organizer memang cukup melelahkan. Oleh karena itu, gaji event organizer juga cukup tinggi. Pemilik jasa ini, bisa meraup keuntungan besar dalam setiap kali menyelenggarakan acara.

Semakin besar acara yang dipegang, pekerjaan yang dikerjakan juga memiliki tanggung jawab yang semakin besar. Namun gaji event organizer yang didapatkan juga sepadan dengan pekerjaan tersebut.

Jika Anda tertarik untuk bekerja menjadi staff event organizer, maka bisa membuat lamaran pekerjaan pada jasa yang terpercaya. Bekerja menjadi event organizer bukan hanya memberikan Anda keuntungan secara finansial untuk mendapatkan gaji event organizer, namun juga bisa memberi pengalaman menarik sehingga nantinya dapat membuka jasa event organizer sendiri.

Sekarang Anda sudah mengetahui ternyata gaji event organizer yang sangat menarik. Anda bisa menentukan apa ingin membuka jasa event organizer atau menjadi stafnya terlebih dahulu.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like