Coba Jadi Voice Over Talent, Berpenghasilan Hanya dengan Modal Ponsel

Voice over

Voice Over Talent – Alasan terbesar mengapa ponsel sekarang disebut smartphone karena benda tersebut dapat digunakan untuk berbagai hal. Bahkan hanya dengan berbekal ponsel saja, kamu dapat berpenghasilan. Salah satu caranya adalah menjadi pengisi suara. Voice over adalah pekerjaan dengan mengandalkan suara. Pekerjaan ini dapat dilakukan oleh siapapun cukup dengan ponselnya saja. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya lebih lanjut.

Voice Over Bermodal Suara

Orang yang mengisi suara disebut sebagai voice over talent. Suara kamu tidak harus lembut, merdu atau memiliki kriteria tertentu. Namun, harus jelas dan terekam tanpa ada suara lain selain dari suaramu.

Mengisi suara memiliki beragam kebutuhan. Mulai dari suara orang tua, laki-laki, wanita sampai anak-anak. Bahkan, bila ingin dapat pekerjaan lebih banyak, latihlah merubah suara agar dapat dipakai untuk mengisi beragam suara.

Voice Over dari Ponsel

Voice over adalah pekerjaan yang menggunakan ponsel dengan memanfaatkan suara. Ponsel yang digunakan pun bisa berupa merek apa saja. Namun pada umumnya ponsel iphone, xiaomi dan redmi tidak dapat digunakan. Selain ketiga nama ponsel tersebut, ponsel kamu dapat dipakai.

Untuk lebih jelasnya tanyakan pada bagian admin apakah ponsel kamu dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan tersebut. kamu perlu mengunduh aplikasi untuk voice over sesuai dengan permintaan agency.

Cara Mencari Pekerjaan Voice Over

Paling mudah menemukan usaha yang butuh jasa pengisi suara atau voice over dengan melakukan browsing. Cukup mengetikkan kata kunci tersebut maka akan ditemukan beberapa lowongan untuk kebutuhan tersebut. kamu dapat mengisi suara dalam bahasa Indonesia, Inggris bahkan Sunda dan Jawa.

Selain itu, kamu dapat mencari pekerjaan voice over melalui berbagai platform freelance yang kini mudah ditemukan secara online. Lihat opsi kamu dan pelajari tata caranya apakah bisa kamu lakukan. Tiap pekerjaan berbeda-beda dan lebih sering perlu dikerjakan dengan cepat.

Komunikasi Dalam Pekerjaan Voice Over Talent

Karena pekerjaan dilakukan dengan ponsel saja, maka komunikasi pun berjalan dengan menggunakan aplikasi yang dapat diinstal pada ponsel seperti Whatsapp atau LINE. Oleh karena itu, pasanglah media komunikasi tersebut untuk memudahkan informasi, mulai dari tugas, deadline, laporan sampai pembayaran. kamu akan dimasukkan dalam group dan perlu memperhatikan materi yang diberikan karena hampir semua adalah berbentuk tulisan atau pesan pendek.

Teknik Mengisi Suara Voice Over

Voice over

Mengisi suara dengan ponsel memiliki tekniknya tersendiri. Pada awalnya bisa jadi kamu tidak memiliki teknik yang benar sehingga suara yang dikirimkan tidak dapat dipakai. Freelance voice over adalah pekerjaan yang hanya dibayar ketika rekaman suara dapat digunakan. kamu bisa menghabiskan waktu dua jam mengisi suara dan tidak dibayar karena hasil yang tidak berkualitas. Oleh karena itu perhatikan hal-hal berikut saat mengisi suara

  • Isi suara ditempat sepi, bila rumah kamu terlalu berisik mungkin pekerjaan ini tidak cocok untukmu. Memiliki rumah di pinggir jalan atau ada banyak orang dalam rumah dapat mengganggu konsentrasi karena terlalu banyak suara yang kamu tidak dapat kendalikan. Sesuaikan situasi dan kondisi agar nyaman merekam tanpa mengganggu orang lain
  • Waktu. Ada saat-saat tertentu dimana suasana lebih sepi daripada biasanya. Oleh karena itu, sering kali pekerjaan ini dikeluarkan pada sore hari untuk dikerjakan saat malam. Selain itu, suasana pada malam hari cenderung lebih sepi dari pada siang hari atau waktu lainnya.
  • Perhatikan jarak mulut dengan ponsel, posisi terlalu dekat akan membuat suara nafas terdengar jelas dan menyebabkan hasil suara tidak dapat dipakai. kamu perlu memeriksa hasil rekaman berulang-ulang agar yakin tidak ada suara yang mengganggu
  • Tidak sambil mencharge ponsel. Aliran listrik untuk mengisi ponsel dapat terdengar saat pemeriksaan rekaman. Jadi, hindari melakukannya karena pasti terdeteksi saat pemeriksaan.
  • Nafas, untuk menghindari suara nafas masuk dalam rekaman, disarankan untuk menahan nafas saat berbicara
  • Buka mulut. Mulailah mengucapkan kalimat dengan posisi mulut terbuka, sehingga suara kamu membuka mulut tidak masuk dalam rekaman
  • Anti suara berisik. Pada umumnya suara kecil pun dapat masuk ke dalam rekaman. Melakukan pengisian suara dalam selimut atau jaket dapat mengurangi adanya suara latar berisik yang masuk dalam rekaman. Rekaman saat hujan tidak bisa digunakan karena dapat merusak isi dari rekaman.
  • Upload. Hasil rekaman akan di upload langsung melalui aplikasi. Hal ini tidak bisa dilakukan sambil membuka aplikasi lain. Jadi, tunggu keseluruhan proses selesai sebelum kamu buka aplikasi lain. Proses upload biasanya tidak dilakukan sekaligus dan bertahap sesuai dengan jumlah kalimat yang harus dikerjakan.

Bayaran Voice Over

Besar kecilnya bayaran seorang voice over tergantung banyaknya pekerjaan yang diambil. Kebutuhan voice over juga tidak dapat diprediksi. Hal tersebut tergantung materi, film, iklan atau bisnis apa yang membutuhkan jasa kamu.

Semakin lama menggeluti bidang tersebut, maka kamu akan tahu lebih banyak perusahaan yang mencari voice over talent dan tinggal mengombinasikasikan besarnya pekerjaan yang ingin diambil.

Kesulitan Bekerja Sebagai Voice Over

Apa kendala yang mungkin kamu temui dalam melakukan pekerjaan ini? Ada beberapa hal yang perlu dipahami sebelum kamu menggeluti bidang ini.

  • Serius. Kalau tidak menghadapinya sebagai pekerjaan dengan tanggung jawab kamu akan mudah diblacklist. Bidang ini belum memiliki banyak penyedia jasanya, jadi pastikan untuk melakukannya dengan serius. Memberikan terlalu banyak alasan belum menyelesaikan tugas adalah hal sepele yang tidak disukai oleh kebanyakan agency.
  • Teliti. Semua panduan diberikan melalui materi digital dan bisa membingungkan bila tidak teliti dalam membacanya. Walau kamu dapat bertanya, namun berusaha untuk memahami dengan baik dahulu materi yang diberikan adalah poin penting tenaga kamu dapat digunakan lagi untuk project lainnya.
  • Proses rekaman adalah tantangan tersendiri. Sekali dua kali mungkin hasil rekaman kamu tidak dapat dipakai. Namun, dengan banyak bertanya dan berkonsultasi dengan voice over lainnya. kamu akan dapat menemukan setting dan cara rekaman yang pas. kamu bisa mencari tempat sepi dalam rumah, menyesuaikan posisi mulut dan ponsel serta mengatur nafas saat merekam.
  • Hasil. Walau merasa sudah maksimal, hasil rekaman akan diperiksa dengan alat tertentu yang validitasnya tidak bisa diganggu gugat. Bila hasil rekaman tidak bagus, maka tidak ada cara untuk meminta kelonggaran, setengah bayaran dari yang dijanjikan atau cara apapun. Namun, bila kamu dapat melakukannya dengan baik, maka akan lebih mudah untuk project berikutnya.

Jadi, apakah kamu berminat menjadi seorang voice over talent? Pekerjaan tersebut bahkan bisa dilakukan dalam rumah dan hanya berbekal ponsel saja. Voice over adalah pekerjaan yang cocok dijadikan sebagai sampingan namun bisa juga menjadi penghasilan utama. Gunakan lebih banyak waktu untuk mencari pekerjaan voice over dan coba apakah suara kamu cocok dengan pekerjaan tersebut. Dengan berbekal penjelasan di atas, siapa saja dapat mencoba peruntungan mengisi suara.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.