Fungsi NPWP Terlengkap yang Wajib Diketahui

fungsi NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak atau yang sering kita sebut dengan nama NPWP ini adalah sesuatu yang sering kita dengar namanya. Karena seringnya mendengar sebutan NPWP inilah yang membuat kita penasaran apa itu NPWP? Apa fungsi NPWP? Dan berbagai informasi lainnya. Secara garis besar NPWP adalah angka yang digunakan sebagai kewajiban dalam membayar pajak yang harus dilakukan oleh semua warga negara Indonesia.

Lalu, apa itu NPWP? Kamu nggak harus jadi orang pajak atau belajar pajak di universitas atau tempat les kursus brevet pajak untuk tahu dan paham penggunaan dan fungsi NPWP kok. Justru semua warga Indonesia atau Wajib Pajak harus tahu biar nggak dikit-dikit takut denger istilah NPWP.

NPWP adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang menurut Direktorat Jenderal Pajak adalah sebuah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak yang digunakan sebagai tanda pengenal Wajib Pajak saat melaksanakan hak dan kewajibannya. Ibaratkan sebuah KTP yang dimiliki warga negara sebagai identitas pribadi, maka NPWP pun digunakan sebagai tanda pengenal saat melakukan kewajiban membayar pajak.

Pengertian NPWP yang sudah dilansir dari Direktorat Jenderal Pajak ini juga selaras dengan Pasal 1 Nomor 6 UU Nomor 28 Tahun 2007 yang menyebutkan bahwa NPWP adalah tanda pengenal atau identitas yang secara resmi dikeluarkan oleh Ditjen Pajak kepada Wajib Pajak. NPWP tersebut terdiri atas 15 digit angka unik, digit inilah yang menjadi identitas khusus kamu agar tidak tertukar dengan orang saat membayar pajak.

Nah setelah mengetahui apa itu pengertian NPWP, berikut ini akan kami bahas beberapa informasi tentang fungsi NPWP secara lengkap. Yuk simak informasinya berikut ini.

Fungsi NPWP Terlengkap yang Wajib kamu Ketahui

Fungsi NPWP bagi karyawan sangat penting, dan ternyata selain untuk karyawan peran NPWP bagi warga negara sipil lainnya pun tetap penting. Untuk itu, sebagai warga negara yang taat membayar pajak, alangkah lebih baiknya untuk mengetahui apa saja fungsi NPWP seperti yang akan kami bahas berikut ini.

1. Terhindar dari Sanksi Hukum

Fungsi memiliki NPWP yang pertama ini adalah agar kamu terhindar dari sanksi hukum. Dengan memiliki NPWP berarti kamu sudah menjalankan aturan pemerintah dalam UU KUP. Dan lagi jika kamu tidak memiliki NPWP maka kamu sudah melanggar sanksi yang sudah diatur dalam Undang-Undang Pasal 39.

2. Terhindar dari Kenaikan Tarif Pajak

Dengan memiliki sebuah NPWP, kamu juga tidak akan mendapatkan kenaikan tarif pajak yang dimana kenaikannya bisa mencapai sekitar 20%. Hal ini juga telah diatur dalam Undang-Undang Pasal 21 Ayat 5 Nomor 36 Tahun 2008 yang menyatakan bahwa apabila Wajib Pajak tidak memiliki NPWP maka besarnya tarif pajak bisa lebih tinggi sekitar 20% daripada tarif pada umumnya.

3. Sebagai Kode Unik Pribadi dalam Membayar Pajak

NPWP adalah kumpulan 15 digit angka yang digunakan sebagai identitas kamu ketika membayar pajak. Kode unik ini tentunya berbeda dengan pelanggan yang lain, karena perbedaan inilah yang akan membuat data pajak kamu tidak akan tertukar dengan yang lain. Jadi dengan memiliki NPWP semua data pajak kamu akan aman dan tidak perlu khawatir akan tertukar.

4. Sebagai Dokumen untuk Mengajukan Penurunan Pajak

Karena setiap orang memiliki finansial yang berbeda, maka tidak ada salahnya untuk mengajukan pengurangan pajak. Dalam mengajukan penurunan pajak, kegunaan NPWP sangat dibutuhkan karena dalam proses pengajuan penurunan pembayaran pajak ini, pihak terkait akan meminta NPWP kamu sebagai syarat dalam pengajuannya.

5. Sebagai Dokumen Penting Saat Mengajukan Kredit ke Bank

Fungsi NPWP yang selanjutnya adalah sebagai dokumen penting yang wajib ada saat mengajukan kredit ke bank. Apalagi jika kamu memiliki sebuah bisnis usaha maka kamu akan diminta NPWP sebagai dokumen untuk membuat Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. NPWP ini juga menjadi syarat saat ingin membuat rekening bank.

6. Sebagai Dokumen Penting Saat Membuat Rekening Dana Nasabah

Rekening Dana Nasabah atau RDN ini adalah sebuah rekening atas nama nasabah tertentu yang ditujukan untuk investasi. Untuk membuat sebuah RDN ini dibutuhkan NPWP sebagai syarat utamanya, jadi apabila kamu tidak memiliki NPWP maka kamu tidak akan bisa melanjutkan proses pembuatan rekening RDN tersebut.

Nah itulah 6 fungsi NPWP yang wajib kamu ketahui. Setelah mengetahui apa pengertian dan fungsi NPWP, kita menyadari bahwa perannya sangat penting untuk masyarakat sebagai warga negara yang harus taat kepada aturan dalam membayar pajak. Bagaimana menurut kamu?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.