8 Ciri Dari Tipes Ini Wajib Kamu Ketahui Agar Bisa Lebih Waspada

ciri dari tipes 2

Penyakit demam tifoid dikenal masyarakat sebagai penyakit tipes dan menyerang semua usia. Bahkan seseorang shock karena di diagnosa terkena tipes akibat mengabaikan gajalanya. Memang, kebanyakan ciri dari tipes serupa dengan penyakit ringan sehingga diabadikan.

Perlu diketahui, tipes harus ditangani segera agar tidak berakibat fatal. Pasalnya saat terkena tipes, bisa saja terkena penyakit komplikasi dan sulit di sembuhkan. Solusinya adalah memeriksakan diri saat sakit agar mengetahui penyakit yang diderita. Nah di artikel kali ini aku bakal berbagi informasi atau sharing tentang apa aja sih ciri dari penyakit tipes itu.

Ciri-ciri Penyakit Tipes yang Harus Diketahui

ciri dari tipes 2

Sejatinya, tipes terjadi akibat bakteri salmonella typhii yang menyerang saluran pencernaan dan pembuluh darah. Agar penyakit tidak semakin parah harus di tangani segera, berikut ada beberapa ciri dari tipes ciri dari tipes:

1. Demam

Kebanyakan orang menganggap demam menjadi hal wajar karena kelelahan atau kehujanan. Padahal termasuk ciri dari tipes akibat peredangan yang disebabkan bakteri salmonella typhii, umumnya demam akibat demam naik turun walaupun sudah memium obat.

Tatkala kamu mengalami demam naik turun, segeralah meminum obat penurun panas dan memperbanyak minum air putih sampai ciri tipes mulai membaik. Apabila demam tak kunjung sembuh segerlah ke dokter agar penangannya tepat.

Artikel Terkait:  Tahukah Kamu? Berikut 4 Jadwal Terbaik untuk Minum Air Putih

2. Sakit Perut

Perlu diketahui, sakit perut akibat tipes terjadi di perut sebelah kiri. Yap, sakit di bagian perut sbeelah kiri adalah salah satu ciri tipes kambuh. Waspada ya! Alasannya karena terjadi infeksi bakteri di usus halus yang menyebabkan sakit perut, bahkan kebanyakan penderita akan mual dan muntah karena rasa sakit yang ditusuk-tusuk.

Usahakan tidak meminum obat sembarangan saat kamu mengetahui gejala sakit perut adalah tipes. Bisa-bisa ada efek samping jika pengobatannya salah. Lebih baik memeriksakan diri ke dokter agar gejala yang dirasakan cepat hilang, walaupun begitu tetaplah tenang sebagai motivasi diri agar lebih sabar menghadapi tipes terlebih jika ditemukan ciri tipes pada anak atau ciri tipes pada bayi 8 bulan.

3. Badan Tidak Nyaman

Gejala badan tidak enak termasuk gejala yang dirasakan awal si penderita, biasanya penderita mengalami lemah, lesu, nyeri otot dan nyeri di bagian organ lainnya. Bahkan penderita merasakan sangat lelah walaupun tidak melakukan aktivitas, hal tersebut membuat nafsu makan hilang.

Gejala tersebut sangat menyiksa karena aktivitas sehari-hari terbengkalai. Untuk mengurangi gejala tersebut sebaiknya hindari aktivitas berat dan memperbanyak minum hangat, misalnya minum teh hijau, susu hangat atau air madu.

4. Pusing

Pusing memang sakit ringan yang sering melanda, sayangnya pusing termasuk ciri dari tipes sehingga harus diatasi. Pusing terjadi karena adanya infeksi yang mempengaruhi syaraf ke otak yang menghasilkan sakit kepala. Saat sakit kepala menyergap lebih baik beristihat agar pusing hilang, tentunya tetap menjaga asupan makanan dan minuman sehat.

Artikel Terkait:  Kenali 4 Jenis Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

5. Nafsu Makan Menurun

Bakteri salmonella typhii yang menyebar ke organ tubuh membuat penderita mengalami penurunan nafsu makan. Apalagi tipes utamanya menyerang organ pencernaan sehingga perut terasa mual dan muntah, mulut pahit sehingga malas mengkonsumsi makanan atau minuman.

Sejatinya, penderita yang nafsu makannya menurun membuat kesehatan memburuk. Padahal asupan makanan harus terjaga agar daya tahan tubuhnya kuat dan mampu melawan tipes, solusinya adalah mengkonsumsi makanan sedikit demi sedikit. Diusahakan memakan bubur karena mudah di cerna sehingga kerja usus tidak berat.

Selain itu hindarilah makanan pedas dan bersantan ya karena membuat asam lambung naik, alhasil infeksi semakin parah dan sulit di sembuhkan. Walaupun kamu pecinta pedas berusahalah mengontrol pola makan demi kesehatan.

6. Nadi Tampak Lemah

Jangan salah loh, infeksi yang disebabkan bakteri salmonella typhii mempengaruhi kinerja jantung. Alhasil denyut jantung melemah dan membuat penderita mudah lelah karena nutrisi ke seluruh jantung berkurang.

Jika kamu merasakan gejala tersebut sebaiknya berobatlah ke rumah sakit, bahkan disarankan menjalani rawat inap agar dokter dan suster memantau kondisi denyut nadi kamu. Alasannya karena penderita tipes berpotensi syok karena melemahnya seluruh organ tubuh.

7. Lidah Kotor

Umumnya, penderita mengalami lidah kotor yang dicirikan lidah berwarna putih. Hal tersebut karena adanya proses inflamasi dari penyakit tipes dan membuat lidah bagian tengah tampak lebih tebal dari biasanya. Sementara lidah bagian pinggir berwarna merah dan bagian tengah lebih pucat atau putih, saat lidah kotor sebaiknya meminum air hangat sehingga mengurangi sensasi tidak enak di mulut.

Artikel Terkait:  Mengetahui 5 Manfaat Teh Hijau ini Bikin Kamu Makin Semangat Mengonsumsinya

8. Batuk Kering dan Berkeringat

Kamu mengalami batuk kering di sertai keringat? Hal tersebut wajib diwaspadai karena menjadi gejala tipes. Pastinya batuk kering menimbulkan sensasi sakit di tenggorokan maupun di perut, untuk itulah lakukan pengobatan tepat agar gejala cepat mereda.

Sebenarnya ciri dari tipes sangat banyak, ada yang ringan dan berat. Untuk itulah ke 8 gejala diatas dapat dijadikan wawasan agar tidak semakin parah. Saat kamu terserang tipes, pastikan menjaga pola makan dan hidup sehat sehingga tipes dapat diatasi. Meski ciri tipes sudah mulai sembuh, tetep jaga kesehatan dan atur pola makan dengan baik. Dan tentu jangan lupa rutin berkonsultasi dengan dokter karena penangannya tepat.

0 Shares:
1 comment
  1. Gejalanya hampir sama kayak korona ya. Ada demam demamnya. Bojoku pas abis nikah dulu kena gejala tipes. Eh bukan abis deng, nikah kan gak ada abisnya. Maksudnya as baru nikah. Paham kan maksudnya? Nanti kujapri aja kalo gak ngerti.
    Menarik nih, jadi kita bisa berhati hati dan langsung berobat ke dokter kalo punya gejala ini. Ya gak neng?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.