Banyak Untungnya! Ini Alasan Mengapa Wajib Belanja Produk Lokal: Bangga Buatan Indonesia

Belanja Produk Lokal

Masih sering membeli barang branded dari luar negeri? Pernahkah kamu mencoba mencari produk sejenis namun produksi dalam negeri? Jika belum, maka inilah saatnya kamu untuk merubah kebiasaan belanja ini.

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa barang yang sama ternyata tersedia juga produk lokalnya. Sering membeli produk lokal akan memupuk rasa bangga buatan Indonesia yang menjadi bentuk kecintaan terhadap negara sendiri.

Jika ada barang lokal yang sama, mengapa harus beli produk luar negeri? Kamu yang masih ragu perlu tahu apa alasan menguntungkan membeli produk lokal.

6 Alasan Belanja Produk Lokal Lebih Menguntungkan

Belanja Produk Lokal

Meningkatkan jumlah UMKM menjadi salah satu tanda bahwa minat masyarakat Indonesia terhadap produk lokal cukup tinggi. Dilansir dari kemenkeu.go.id jumlah UMKM di Indonesia sampai Maret 2021 mencapai 64,2 juta.

Semua UMKM tersebut memiliki kontribusi besar dalam Produk Domestik Bruto senilai 8,5 triliun lebih. Jumlah yang cukup besar tersebut membuktikan bahwa saat ini masyarakat yang cenderung membeli produk lokal meningkat.

Dilihat dari data ini, apa yang menyebabkan masyarakat akhirnya beralih ke produk lokal? Ada beberapa faktor yang sudah pasti menguntungkan di masyarakat. Apa saja alasan tersebut bisa disimak sebagai berikut:

1. Produk dengan Harga Terjangkau dan Berkualitas

Alasan utama yang mendorong masyarakat belanja produk lokal karena harganya yang jauh lebih murah. Harga yang terjangkau untuk seluruh kalangan menjadi faktor besar mengapa produk lokal kini semakin laris dan tidak lupa juga soal kualitasnya.

Para pelaku usaha berupaya untuk menciptakan produk yang berkualitas namun dengan bahan-bahan lokal. Alhasil harga yang dibandrol pun jauh lebih murah. Sebagai contoh produk tas kulit dari brand luar negeri bisa dijual dengan harga belasan juta.

Padahal jika membeli produk tas kulit lokal yang modelnya mirip harganya hanya ratusan ribu saja. Belum lagi tersedia garansi perbaikan seumur hidup untuk tas yang telah dibeli. Hal yang sama belum tentu didapatkan dari produk luar negeri.

2. Banyak Produk Ramah Lingkungan dan Sehat

Kesadaran masyarakat akan kesehatan supaya memperoleh usia yang lebih panjang juga menjadi alasan mengapa produk lokal meningkat penjualannya. Tidak sedikit produk lokal yang diciptakan dari bahan yang ramah lingkungan serta aman.

Apalagi mengingat Indonesia kaya akan bahan baku alam akan lebih mudah memperoleh dan memproduksinya menjadi produk olahan. Contoh salah satu produk adalah piyama anak dan bayi yang terbuat dari bahan natural bamboo cotton.

Produk ini bisa kamu dapatkan langsung di Blibli dengan merk Kalale. Keamanan dari pakaian ini dijamin dengan adanya sertifikasi OEKO-TEX Standar 100 yang aman digunakan bayi.

Tak hanya itu saja, masih banyak produk ramah lingkungan yang bisa kamu temukan. Baik itu pakaian hingga kuliner.

3. Berperan dalam Memperluas Lapangan Pekerjaan

Ketika kamu membeli sebuah produk otomatis kamu berperan besar untuk memberikan pekerjaan bagi masyarakat. Jika hal ini diterapkan dengan rutin belanja produk lokal tentunya lapangan pekerjaan pun semakin meluas.

Operasional usaha bisa terus berjalan dengan baik. Mulai dari penyedia bahan baku, produksinya, distributor dan semua yang terlibat. Ada banyak orang yang berperan di dalam penciptaan produk hingga sampai ke tangan Anda.

Apabila pemikiran yang sama ini dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia, perekonomian pun akan semakin bangkit. Masalah kurangnya lapangan kerja atau menurunnya keterampilan SDM akan teratasi.

4. Membantu Produk Lokal Bersaing dengan Produk Impor

Masuknya produk impor ke Indonesia adalah sesuatu yang juga perlu diwaspadai. Karena jika produk tersebut lebih unggul dengan produk lokal maka bisa mematikan lapangan pekerjaan serta usaha yang dibangun oleh masyarakat.

Anda yang memiliki kebiasaan belanja produk lokal juga turut membantu agar eksistensinya tidak kalah dengan produk impor. Jika sebelumnya produk lokal selalu dianggap berkualitas rendah maka kini tidak lagi.

Karena banyak sekali bukti bahwa produk lokal kualitasnya tak kalah dengan produk impor. Bahkan tidak sedikit juga produk lokal yang cukup mendominasi di pasar ekspor. Artinya produk lokal diminati oleh orang asing, lalu mengapa kita sebagai orang Indonesia tidak melakukannya?

5. Memiliki Karakter yang Jadi Ciri Khas Bangsa

Alasan lainnya mengapa produk lokal kini diminati adalah memiliki karakter khusus yang merupakan ciri khas bangsa. Hal ini tercermin pada produk-produk kerajinan dan makanan khas yang berasal dari Indonesia.

Contohnya saja batik, Indonesia memiliki banyak sekali desain batik dengan makna yang berbeda-beda. Ada juga kain tenun yang hanya akan ditemukan di Indonesia. Justru keberadaan produk ini sudah sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

6. Melestarikan Kebudayaan Bangsa

Berkaitan dengan alasan nomor 5, produk lokal mampu mencerminkan karakter bangsa Indonesia. Hal ini tentu harus dipupuk dengan lebih banyak masyarakat yang dominan belanja produk lokal.

Tujuannya adalah untuk tetap melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia yang kian lama terlupakan tanpa disadari. Misalnya saja produk makanan tradisional seperti aneka kerupuk, jajanan pasar atau aneka sambal.

Aneka makanan tersebut jika tidak banyak peminatnya lama kelamaan akan punah. kamu yang mungkin rindu akan masakan zaman dulu merasa kesulitan untuk bisa merasakannya kembali. Apalagi ingin memasaknya sendiri, tentu sulit menciptakan rasa yang sama.

Beda halnya jika kamu rutin membeli produk makanan lokal tersebut. Jika banyak pembeli maka produksi akan terus berjalan dan hal tersebut tidak akan punah.

Kesadaran akan produk lokal berkualitas, terjangkau dan lebih baik perlu disadari mulai dari sekarang. Tentunya supaya ekonomi terus berkembang dan budaya Indonesia pun tetap bertahan.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.