Pengertian Shackle dan Jenis-Jenisnya, Alat Penting Buat Proses Lifting

Shackle

Pengertian Shackle dan Jenis-Jenisnya – Untuk memudahkan proses lifting alias pengangkatan barang, anda tentu tidak bisa menggunakan tangan kosong bukan? Anda tetap membutuhkan alat bantu seperti wire rope. Nah, pada wire rope itulah biasanya terdapat shackle dimana mempunyai peran cukup penting yakni penyambung antara sling serta objek dimana akan diangkat.

Jika dilihat lebih spesifik, maka shackle sendiri merupakan aksesoris alias alat penyambung sling baik pada wire rope, chain hingga webbing yang sering digunakan buat towing, lifting hingga lashing. Bahkan kehadirannya pun sering digunakan buat menyambung rantai buat pagar ataupun sekedar dekorasi. Alat bantu penyambung inilah terbuat dari bahan berupa steel dengan bentuk melengkung seperti huruf U.

Jenis-jenis Shackle Yang Perlu Diketahui

Secara umum, fungsi utama dari shackle alias segel adalah penyambung antara barang dimana akan diangkat menggunakan alat angkatnya layaknya wire rope hingga webbing sling. Penggunaannya sudah sangat luas mulai dari dunia industri, konstruksi, pertambangan bahkan offshire.

Tidak sampai disitu saja, shackle inipun ternyata juga masih dibedakan menjadi beberapa jenis. Salah satunya adalah berdasarkan dengan penguncinya. Nah, apabila anda hendak membelinya, maka sebaiknya ketahui dahulu jenis-jenisnya berikut.

  • Round Pin

Pertama adalah round pin dimana akan menggunakan bentuk pin dengan pengunci di bagian ujungnya. Untuk tipe ini sendiri tidak menggunakan ulir sebagai pengencang. Proses pengaplikasiannya ternyata juga bersifat non permanen.

  • Screw Pin

Shackle tipe screen pin akan menerapkan bentuk pengunci dengan pemutar berupa skrup tetapi tidak menggunakan pengunci. Untuk menggunakannya pun sangat mudah yakni pengguna dapat mengencangkannya hingga batas ulir sehingga tidak mudah untuk lepas. Sama seperti dengan sebelumnya, screw ini pun mempunyai sifat non-permanen.

  • Bolt & Nut Type

Terakhir adalah bolt & nut type yang mempunyai pin dengan bentuk seperti kepala baut. Berbeda dengan sebelumnya, tipe ini mempunyai pengunci baut serta pengunci pada pinnya. Dibandingkan dengan lainnya, jenis ini paling aman digunakan dan banyak diaplikasikan pada offshore.

Cara Memilih Shackle Sesuai Dengan Kebutuhan

Apakah anda hendak memilih segel ini, maka terdapat beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan agar produk tersebut dapat digunakan dengan tepat serta sesuai dengan kebutuhan.

  • Pastikan Pilih Bentuk Sesuai Kebutuhan

Hal paling utama yang harus diperhatikan adalah menentukan bentuk dari shackle terlebih dahulu. Pastikan apabila bentuknya sesuai dengan kebutuhan anda. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, bentuk segel berbeda-beda bahkan terdapat yang dilengkapi dengan pin dan tidak.

Sebagai contohnya apabila anda membutuhkan shackle dimana digunakan buat alat bantu pengangkatan, sebaiknya pilih pin screw atau baut. Sebab tipe ini mempunyai kekuatan cengkraman lebih bagus dan tinggi.

  • Kapasitas Objek Dari Objek

Selain bentuknya, jangan lupa konsumen juga harus melihat kapasitas dari objek yang akan diangkat tersebut. Bukan hanya itu saja, lebar disik dari segel harus lebih lebar dibandingkan dengan wire rope sehingga bisa masuk sekaligus mengaitkannya dengan sempurna.

  • Mengetahui Beban Yang Akan Diangkat

Jangan lupa juga konsumen perlu mengetahui beban dimana akan diangkat tersebut. Jika bebannya cukup besar, maka kami sarankan agar memilih pengait lebih kuat dan pas dengan pilihan segel pin baut. Sebelum menggunakan, cek dahulu apakah pin sudah tersemat dengan sempurna atau belum.

Aksesoris dalam alat bantu lifting inipun memang mempunyai peran yang cukup penting agar pekerjaan bisa selesai lebih optimal. Apabila anda mencari produk shackle, maka asmarines.com bisa menjadi pilihan paling recommended.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like