Kenali Apa Itu Programmer, Tugas hingga Jenisnya

Apa Itu Programmer

Kenali Apa Itu Programmer, Tugas hingga Jenisnya – Di era yang serba digital, keahlian digitalisasi masih terus diperlukan. Hal ini juga membuka peluang baru untuk para penggiat teknologi. Seperti halnya profesi sebagai seorang programmer. Lantas apa itu programmer, jenis hingga apa saja tugasnya? Mari ikuti ulasan di bawah ini!

Profesi yang cukup menarik minat kawula muda ini dinilai memiliki visi dan misi yang menjanjikan. Sehingga tidak heran jika banyak orang berlomba untuk mendapatkan gelar sarjana Teknologi Informasi. Pada dasarnya hal ini dianggap lumrah mengingat pekerjaan sebagai programmer memiliki masa depan yang cukup cerah.

Sekilas Mengenai Programmer

Apa Itu Programmer

Sebelum lebih jauh membahas mengenai tugas seorang programmer, hal pertama yang harus diketahui yakni mengenai apa itu programmer? Programmer sendiri didefinisikan sebagai seseorang yang bertugas dalam mengembangkan sebuah aplikasi maupun perangkat lunak.

Profesi ini mencakup berbagai bahasa pemrograman perangkat. Mulai dari membuat, menyusun, menguji hingga memodifikasi perangkat lunak. Secara umum tugas-tugas ini akan dibagi menjadi beberapa tim. Namun tidak jarang semua tugas tersebut dilakukan oleh seorang saja.

Jenis – Jenis Programmer

Setelah mengetahui apa itu programmer, kini mari mengulas mengenai jenis programmer yang ada saat ini. Jika dilihat dari segi jenisnya, memang cukup banyak jenis. Yakni dibedakan dalam tugas yang dikerjakan. Secara ringkas berikut ini beberapa jenis programmer yang dimaksud:

1.  App Developer

Aplikasi semakin dekat dengan para pengguna smartphone. Sehingga tidak heran jika profesi sebagai programmer aplikasi semakin digeluti. Tugas dari seorang app developer sendiri adalah sebagai pembuat aplikasi di ponsel maupun komputer.

2. Web Programmer

Dunia digital kental akan kebutuhan web dan segala yang berhubungan dengan online. Istilah web programmer mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kaum milenial. Hal ini tidak terlepas dari peluang kerja yang banyak menyediakan dan membutuhkan seorang web programmer juga web developer. Banyak perusahaan besar atau startup yang terus memerlukan kinerjanya. Seperti namanya, focus tugas seorang web programmer ialah mengembangkan web atau situs tertentu. Seperti halnya pembuatan website online, layanan service, toko online, media sosial dan masih banyak lainnya.

3. Programmer Embedded System

Lebih jauh mengenai apa itu programmer, Anda akan mengenal dengan jenis profesi yang satu ini. Yakni seorang programmer Embedded System. Secara garis besar, pekerjaan ini memiliki tugas yaitu menulis source code sebuah sistem.

Adapun fungsinya yakni mengontrol segala peralatan elektronik. Banyak perangkat yang mencakup kinerja pekerjaan ini. Seperti pada kamera, ponsel, remote control dan berbagai peralatan elektronik rumah lainnya.

4. Tester Programmer

Tidak jauh berbeda seperti namanya, seorang tester programmer bekerja dan bertanggung jawab sebagai penguji dari sebuah sistem software. Umumnya, pekerjaan utamanya yakni menganalisis perangkat yang mencakup pencarian error code, bug serta masalah lainnya.

Dalam perkembangan teknologi yang semakin melesat. Kemudahan dalam dunia digital tidak hanya berpaku pada teknologi hiburan saja. Lebih luas daripada itu, kini media digital ,juga mencakup pengembangan dalam sistem perbankan.

Bank besar Indonesia seperti BRI juga tidak luput mengolah data dan mempekerjakan seorang programmer. Seperti halnya sistem digital layaknya BRITECH yang kini menjadi salah satu keunggulan yang patut diperhitungkan. Adanya perangkat ini menjadikan kredibilitas Bank BRI menjadi lebih baik.

Sebab, dianggap selalu mengikuti update sistem serta mengiringi perkembangan teknologi yang ada. Setelah mengetahui apa itu programmer, kini tentu sudah ada gambaran mengenai profesi satu ini. Ringkasnya, programmer merupakan seorang arsitek dalam desain sebuah perangkat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like