7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja yang Lagi Hits

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja yang Lagi Hits

Yogyakarta atau yang biasa dikenal dengan sebutan Jogja, merupakan Daerah Istimewa yang bertempat di Jawa Tengah. Jogja merupakan pusatnya kebudayaan Jawa. Jogja juga memiliki berbagai destinasi populer, Malioboro salah satunya. Namun, sebenarnya ada banyak tempat wisata lainnya di Jogja.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja yang Lagi Hits

Banyak destinasi yang hits karena memang fun dan berbeda dari yang lain. Jika kamu berencana liburan di Jogja, ada banyak tempat wisata baru yang wajib dikunjungi. Penasaran? Langsung aja kita cek tempat-tempat wisata paling keren di Jogja saat ini.

1. Tebing Breksi

Wisata Jogja - Tebing Breksi

(kredit foto: instagram.com/miss_sagitaries/)

Lokasi Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 06.00-21.00
Harga tiket masuk Rp10.000 per orang

Tebing Breksi adalah tebing batu kapur dengan pemandangan yang indah. Selain itu, tempatnya luas dan juga memiliki teater terbuka. Ada tebing-tebingnya yang dilengkapi dengan pahatan relief yang artistik, seperti bergambar hewan dan wayang. Menarik sekali, bukan.

Lokasi Tebing Breksi berada di Jl. Desa Lengkong, RT.02/RW.17, Gn. Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan. Tebing Breksi termasuk dalam kawasan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tebing Breksi juga berdekatan dengan objek wisata Tlatar Seneng dan Tebing Banyunibo.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama sekitar 40 menit. Adapun rute yang tercepat bisa dengan melewati Jl. Laksda Adisucipto dan Jl. Raya Solo – Yogyakarta.

Daya tarik wisata dari Tebing Breksi ini, di antaranya:

  1. Lokasinya berada dekat dari Candi Prambanan.
  2. Terdapat ukiran pewayangan di dinding tebing kapurnya.
  3. Bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi.
  4. Tempatnya unik karena dahulu berupa tambang kapur.
  5. Di lereng tebing terdapat spot foto bersama burung hantu, gratis.

Para wisatawan betah berkunjung ke Tebing Breksi karena tempatnya yang estetis. Terutama, tebing kapurnya yang dikelola sedemikian rupa dengan diberi ukiran. Hal tersebut membuatnya begitu menarik, serta mungkin mengingatkanmu akan objek wisata Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Di samping itu, harga tiket masuk ke Tebing Breksi juga terjangkau. Biaya parkir pun terjangkau, untuk mobil Rp5.000 dan motor Rp2.000. Kemudian, ada fasilitas lengkap, termasuk food court, Jeep wisata, camping ground, kafe, serta penginapan.

Sangat seru liburan kemari bersama keluarga dan teman-teman, juga pacar kamu.

Sekarang, yuk, kita mampir ke Bukit Bintang Jogja.

2. Bukit Bintang Jogja

Wisata Jogja - Bukit Bintang Jogja

(kredit foto: instagram.com/explorejogya/)

Lokasi Area Kebun, Srimulyo, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk Parkir motor Rp2.000

Parkir mobil Rp5.000

Pemandangan dari atas bukit selalu menjadi favorit, siapa saja pasti menyukainya. Kalau kamu juga, maka kamu bisa mampir ke Bukit Bintang Jogja. Dari bukit ini, kamu dapat menyaksikan pemandangan indah, terutama ketika malam, langit terlihat dipenuhi bintang.

Selain itu, kamu dapat melihat pemandangan kota dengan jelas di kejauhan. Apalagi, saat malam tiba, gemerlap lampu-lampu kota menambah keindahan Bukit Bintang.

Lokasi Bukit Bintang Jogja berada di Area Kebun, Srimulyo, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bukit Bintang Jogja berdekatan dengan objek wisata De Mangol dan Taman Bunga Amarilis Gunung Kidul.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 40 menit. Kamu dapat melewati Jl. Wonosari untuk rute yang tercepat.

Daya tarik wisata dari Bukit Bintang Jogja ini, di antaranya:

  1. Bisa melihat pemandangan lampu kota Jogja bertebaran.
  2. Tempat parkir luas, bisa untuk motor dan mobil.
  3. Suasana romantis, cocok dikunjungi bersama pasangan.
  4. Tempatnya asyik untuk menikmati jagung bakar dan minuman hangat.
  5. Ideal untuk menikmati panorama senja hingga matahari terbenam.
  6. Bisa melihat Gunung Merapi yang berdiri kokoh di kejauhan.

Sementara, wisatawan paling betah berkunjung ke Bukit Bintang Jogja karena fasilitasnya lengkap. Ada banyak macam kuliner serta tersedia resto. Ada juga fasilitas toilet dan tersedia wastafel untuk mencuci tangan. Ada pula musala untuk tempat beribadah.

Maka dari itu, seru mampir kemari bersama keluarga dan teman-teman. Oh iya, kalau di Bukit Bintang, udaranya terasa dingin, jadi pastikan kamu pakai jaket, ya.

Nah, untuk selanjutnya, kita meluncur ke wisata alam Ledok Sambi. Yuk.

3. Ledok Sambi

Wisata Jogja - Ledok Sambi

(kredit foto: instagram.com/ledoksambiecopark/)

Lokasi No.KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 09.00-16.30
Harga tiket masuk Harga tiket masuk (HTM): Gratis

Sewa tenda Rp150.000 per malam

Lagi nyari wisata camping yang nyaman dan seru di area Jogja? Ke Ledok Sambi saja. Ledok Sambi merupakan salah satu tempat camping terindah di Jogja favorit para campers. Tempatnya bernuansa desa, serta dilengkapi fasilitas outbound, piknik, dan camping ground.

Kamu dapat menikmati pepohonan hijau serta lahan berumput yang luas. Juga terdapat sungai kecil dengan air dangkal dan ada berbatuan di sungainya. Ledok Sambi juga dikelilingi oleh sawah. Menarik, bukan.

Lokasi Ledok Sambi berada di No.KM. 19, Jl. Kaliurang No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem. Ledok Sambi termasuk dalam wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ledok Sambi juga berdekatan dengan objek wisata Lor Sambi Recreation Park dan Desa Wisata Sambi.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 45 menit. Kamu bisa memilih Jl. Kaliurang untuk rute tercepat.

Nah, Ledok Sambi ini memiliki daya tarik wisata, di antaranya:

  1. Ada fasilitas outbound, wahana flying fox, paintball,
  2. Ada terapi ikan yang bermanfaat untuk kesehatan.
  3. Terdapat sungai yang sangat jernih dan bersih, aman untuk anak-anak.
  4. Tersedia resto yang nyaman dengan menu nikmat.
  5. Disediakan sewa ban dan tikar dengan tarif sekitar Rp10.000.
  6. Ada es krim sundae yang menjadi favorit karena kelezatannya.

Nah, Ledok Sambi membuat banyak wisatawan betah berkunjung karena suasananya yang tenang. Tempatnya sangat masuk ke dalam kampung, tapi mudah diakses dengan dilengkapi petunjuk arah.

Suasana alam yang segar begitu terasa, cocok untuk sekadar nongkrong dan bisa juga untuk healing. Kamu dapat menikmati rekreasi bersama keluarga, terutama anak-anak.

Okay, sekarang, kita wisata alam berikutnya, ya, ada Hutan Pinus Pengger yang populer.

4. Hutan Pinus Pengger

Wisata Jogja - Hutan Pinus Pengger

(kredit foto: instagram.com/rosarositasari/)

Lokasi Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 08.00-21.00
Harga tiket masuk Rp5.000 per orang

Hutan Pinus Pengger merupakan objek wisata di hutan pinus dengan tempat foto unik. Tempat fotonya dibuat dengan menggunakan material alami. Dari hutan pinus ini, juga terlihat pemandangan kota Jogja dan Klaten. Hutan Pinus Pengger segar dengan pohon-pohon pinus tinggi menjulang.

Lokasi Hutan Pinus Pengger berada di Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hutan Pinus Pengger berdekatan dengan objek wisata Outbound Gunung Mungker dan Wisata Alam Watu Amben.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama sekitar 50 menit. Dengan melewati Jl. Pleret – Pathuk, kamu akan melalui rute yang tercepat.

Daya tarik wisata dari Hutan Pinus Pengger ini, di antaranya:

  1. Banyak spot foto unik, khususnya ornamen tangan dengan lima jari.
  2. Ada jasa fotografer dan bisa cetak foto Rp3.000 per file
  3. Udara sejuk dengan banyak pohon pinus yang rindang.
  4. Terlihat pemandangan alam indah dari atas bukit.
  5. Fasilitas umum tersedia, termasuk toilet dan musala.
  6. Ideal untuk dikunjungi bersama pasangan karena bernuansa romantis.
  7. Panorama memukau ketika senja, sekaligus menjadi saat berfoto paling tepat.

Hutan Pinus Pengger selalu membuat wisatawan betah karena tempatnya yang teduh dan asri. Di samping itu, tersedia fasilitas umum serta kuliner yang enak dan terjangkau.

Ada tips buat kamu jika ingin berkunjung, waktu idealnya yaitu saat sore. Pemandangan senja hingga matahari terbenam menjadi panorama yang ikonis dari Hutan Pinus Pengger. Terlihat lampu kota bertaburan ketika malam datang perlahan. Menyenangkan, bukan.

Nah, untuk destinasi berikutnya, ada lagi hutan pinus yang juga sama kerennya. Yuk, intip.

5. Puncak Pinus Becici

Wisata Jogja - Puncak Pinus Becici

(kredit foto: instagram.com/ivansapuetra/)

Lokasi Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 06.00-22.00
Harga tiket masuk Kawasan Hutan Rp3.000 per orang

Jelajah Alam Rp10.000 per orang

Puncak Pinus Becici merupakan kawasan hutan pinus dengan dihiasi dekorasi tempat duduk untuk berfoto. Kamu bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan gunung, lembah, dan kota.

Di samping itu, kawasan wisata ini juga memperbolehkan hewan peliharaan, khususnya anjing, untuk dibawa masuk. Puncak Pinus Becici juga dilengkapi fasilitas toilet, musala, warung makanan, dan kios suvenir. Lengkap, bukan.

Lokasi Puncak Pinus Becici berada di Gunungcilik, RT.07/RW.02, Gn. Cilik, Muntuk, Kecamatan Dlingo. Puncak Pinus Becici masuk dalam kawasan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat wisata ini juga berdekatan dengan objek wisata Bukit Lintang Sewu dan Hutan Pinus Asri.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 50 menit. Kamu bisa memilih rute paling cepat dengan melewati Jl. Pleret – Pathuk.

Sementara, daya tarik wisata dari Puncak Pinus Becici ini, di antaranya:

  1. Suasana asri dengan banyak spot foto bagus.
  2. Hamparan hutan pinus yang luas dengan suasana alami dan hijau.
  3. Udara segar dengan hawa sejuk yang belum tercemar polusi.
  4. Terlihat latar belakang Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.
  5. Pemandangan sunset indah, senja terlihat di puncak gunung.
  6. Ada camping ground untuk berkemah.
  7. Disewakan ayunan dan hammock untuk hiburan.
  8. Bisa untuk lokasi foto pre-wedding maupun model

Wisatawan pasti betah berkunjung ke Puncak Pinus Becici karena tempatnya yang eksotis. Akses ke lokasi pun mudah dijangkau. Pengunjung juga senang mampir di warung kopi di dalam kawasan wisata. Banyak menunya dan cukup murah, total biaya makan per orang rata-rata Rp15.000.

Tunggu apalagi? Yuk, mampir kemari.

6. Agro Wisata Bhumi Merapi

Wisata Jogja - Agro Wisata Bhumi Merapi

(kredit foto: instagram.com/agrowisatabhumimerapi/)

Lokasi Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 09.00-17.00
Harga tiket masuk Rp30.000 per orang

Agro Wisata Bhumi Merapi merupakan taman pertanian sekaligus tempat wisata. Pengunjung dapat memberi makan kelinci dan memerah susu kambing di tempat ini.

Selain itu, tersedia banyak spot foto. Kamu cukup membayar tiket masuk Rp30.000. Dengan tiket tersebut, kamu bisa menggunakan semua spot foto dan berfoto dengan aneka satwa, gratis.

Lokasi Agro Wisata Bhumi Merapi berada di Jl. Kaliurang No.Km.20, Sawungan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem. Tempat wisata ini termasuk dalam area Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Agro Wisata Bhumi Merapi juga berdekatan dengan objek wisata Jeep Merapi_01 dan Ledok Sambi.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama sekitar 45 menit. Pilih Jl. Kaliurang untuk melewati rute yang tercepat.

Daya tarik wisata dari Agro Wisata Bhumi Merapi ini, di antaranya:

  1. Merupakan tempat wisata edukasi hewan, termasuk reptil.
  2. Parkir luas, tersedia fasilitas toilet, musala, toko suvenir, dan resto.
  3. Ada aktivitas seru memberi susu untuk kambing, naik kuda, berfoto, outbound.
  4. Tersedia banyak spot foto termasuk rumah hobbit.
  5. Akses ke lokasi nyaman, tempatnya mudah ditemukan.
  6. Bisa berfoto dengan aneka macam satwa.

Khususnya, banyak wisatawan suka berkunjung ke Agro Wisata Bhumi Merapi karena tempatnya sangat ramah keluarga. Kamu bisa mengajak keluarga, terutama anak-anak, untuk berwisata kemari.

Sangat menyenangkan melihat sekaligus berinteraksi dengan hewan, serta berfoto dengan aneka satwa tersebut. Suasana terasa santai tapi fun, sehingga liburan di Agro Wisata Bhumi Merapi pasti berkesan. Buruan mampir kemari bersama keluarga tercinta sembari jalan-jalan di Jogja.

7. Pantai Indrayanti

Wisata Jogja - Pantai Indrayanti

(kredit foto: instagram.com/deniz_bagaskara/)

Lokasi Ds Tepus, Kec Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam buka Setiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk Rp10.000 per orang

Rekomendasi tempat wisata menarik selanjutnya adalah Pantai Indrayanti. Dilansir dari situs napaktilas.net, sebenarnya nama asli Pantai Indrayanti adalah Pantai Pulang Sawal. Namun, saat pantai ini viral di sosial media, lebih terkenal dengan nama Indrayanti.

Indrayanti sendiri merupakan nama sebuah restoran milik Arif Rahman yang berada di depan Pantai Pulang Sawal. Karena nama Indrayanti lebih mudah melekat di hati masyarakat, maka Pantai Pulang Sawal lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti.

Lokasi Pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Indrayanti berdekatan dengan objek wisata Pantai Sundak dan Pantai Pok Tunggal.

Jika kamu dari kota Yogyakarta, kamu perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam 50 menit. Adapun rute tercepat bisa melalui Jl. Pantai Selatan Jawa.

Nah, Pantai Indrayanti ini memiliki daya tariknya sendiri, di antaranya:

  1. Pemandangannya indah, bisa dilihat dari atas bukit di pantainya.
  2. Terdapat batu-batu di pesisir pantainya yang cantik.
  3. Tersedia gazebo untuk tempat duduk-duduk sambil beristirahat.
  4. Ada jasa fotografer dan kamu bisa meminta file
  5. Suasana pantai yang asyik untuk dinikmati sambil berjalan keliling.

Adapun hal yang paling membuat wisatawan betah berkunjung ke Pantai Indrayanti yaitu pemandangannya saat sunset. Jadi, pengunjung suka datang ketika sore hari, kemudian menghabiskan waktu hingga senja, sambil menanti matahari terbenam.

Di samping itu, ada banyak toilet serta tersedia musala, warung, dan toko suvenir. Selain itu, Pantai Indrayanti terjaga kebersihannya, sehingga pasir putihnya benar-benar memanjakanmu. Terasa seru berjalan di tepi pantai serta berfoto bersama teman-teman dan keluarga.

Yuk, nikmati sore harimu di Pantai Indrayanti.

Demikian rekomendasi tempat wisata terbaik di Jogja yang lagi hits. Seru banget, kan, tempatnya. Kamu bisa kunjungi tempat-tempat yang sesuai untuk tujuan wisata kamu. Mau berlibur dengan keluarga, teman, atau bahkan komunitas kamu, semua bisa.

Ada juga tempat wisata untuk camping serta outbound. Lengkap pokoknya. Kalau baru pertama kali ke Jogja, kira-kira destinasi mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Share di kolom komentar, yuk.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like