Loading

5 Poin Penting Kepemimpinan yang Harus Diketahui

Menjadi pemimpin yang baik merupakan tugas besar karena banyaknya amanah yang diemban. Jiwa kepemimpinan yang dimiliki akan diuji saat menjalankan tugas. Apakah mampu memimpin dengan baik dan bertanggung jawab atau gagal dalam memimpin?

Ternyata ada beberapa poin penting yang sebaiknya diperhatikan saat menjadi seorang pemimpin. Arti kata menjadi pimpinan dalam hal ini bisa memimpin proyek untuk urusan pekerjaan, memimpin organisasi dan lain sebagainya.

Anda bisa menjadi seorang pemimpin yang baik ketika memahami apa saja yang seharusnya pemimpin lakukan dalam menyelesaikan tugasnya.

5 Poin Kepemimpinan Agar Berhasil Menjalankan Tugas

Penilaian orang lain terhadap bagaimana cara Anda memimpin sangat penting. Dari kacamata luar, Anda bisa melakukan introspeksi apa saja hal yang harus ditingkatkan dalam memimpin.

1. Tidak Berhenti Belajar

Dipilih menjadi seorang pemimpin artinya dipercaya untuk menyelesaikan amanah. Ada kemampuan dalam diri Anda yang orang lain lihat mampu membawa harapan-harapannya menjadi kenyataan. Poin penting menjadi seorang pemimpin adalah tidak berhenti belajar.

Meski seorang pemimpin harus berwawasan luas, Anda tetap bisa belajar dari pengalaman orang lain, belajar dari lingkungan dan hal-hal kecil di sekitar Anda. Dengan begitu, banyak hal baru yang bisa Anda kuasai untuk menjalankan kepemimpinan dengan baik.

2. Pintar Mengelola Emosi

Tak banyak yang mengetahui bahwa pemimpin harus mampu mengelola emosinya dengan baik. Maka dari itu, pemimpin yang baik seringkali memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Tidak hanya harus ahli dalam berbagai bidang tetapi juga mengerti tentang emosi.

Buku “Leaders Eat Last” menyebut bahwa pemimpin bisa mendapatkan rasa hormat yang tinggi apabila ia mampu mengatur ritme emosinya terhadap bawahan. Baik untuk masalah pekerjaan atau untuk kehidupan pribadinya.

3. Pintar Berkomunikasi dan Mendengarkan

Seorang pemimpin yang baik adalah yang mau mendengarkan saran dan kritik orang lain terhadapnya. Anda boleh memiliki ide dan pengalaman yang lebih dibandingkan yang lain.

Tetapi mendengar pendapat orang lain terhadap jalannya kepemimpinan tersebut sangatlah penting. Komunikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah mampu menyampaikan gagasan secara lugas dan mudah dimengerti oleh orang lain.

Jika berbicara (komunikasi) dan mendengarkan sudah dikuasai dengan baik, maka tidak akan ada misunderstanding antara tim dan pemimpin.

4. Mampu Menganalisis dengan Baik

Keputusan dari seorang pemimpin akan berdampak pada banyak hal. Baik diputuskan bersama atau secara individu, pemimpin yang baik harus sudah memikirkan dampak yang muncul dari keputusan tersebut. Resiko yang bisa dihadapi nantinya sudah dapat terprediksi lebih awal.

Kemampuan ini cukup penting. Pemimpin harus memiliki strategi dan seribu cara apabila rencana pertama gagal. Anda bisa menganalisis apakah hal tersebut sudah tepat, bagaimana perkiraan hasilnya nanti dan apa yang harus dilakukan jika tidak sesuai dengan rencana.

5. Percaya Diri

Meski terlihat sederhana, namun faktor percaya diri adalah poin penting dalam yang harus dimiliki seorang pemimpin. Anda percaya bahwa Anda mampu menjalankan tugas dengan baik maka akan menularkan aura positif tersebut kepada siapa saja yang bekerja sama dengan Anda.

Individu atau orang lain yang berada dibawah Anda sebagai seorang pemimpin membutuhkan motivasi dan dukungan. Jika seorang pemimpin tidak bisa percaya pada dirinya sendiri maka sulit menumbuhkan rasa percaya dari orang lain.

Kepemimpinan yang baik akan berjalan beriringan dengan rasa percaya dari orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu wajib hukumnya seorang pemimpin belajar lebih banyak dari lainnya, mau berkomunikasi dan mendengarkan, pintar dalam mengelola emosi dan menganalisis tiap keputusan yang akan diambil.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    5 Poin Penting Kepemimpinan yang Harus Diketahui