Loading

7 Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga Tanpa Kuras Tabungan 

Takut tabungan terkuras usai liburan bersama keluarga? Anda bisa lho mengikuti tips persiapkan dana liburan keluarga yang efektif agar tidak khawatir lagi soal tabungan. Apalagi di tengah inflasi yang sedang melanda Indonesia di tahun ini, pikiran untuk bisa liburan kerap kali sirna.

Inflasi yang terjadi di Indonesia ditandai dengan naiknya harga BBM sampai dua kali di tahun 2023 ini tentu sangat mengkhawatirkan. Naiknya BBM otomatis mempengaruhi meningkatnya biaya transportasi dan akomodasi saat liburan, benar kan? Selama Anda mempersiapkan dana dengan baik, liburan tetap bisa kok berjalan. Yuk simak tipsnya.

7 Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga yang Efektif

Bukan tidak mungkin Anda melakukan liburan dengan keluarga di tengah masa inflasi saat ini. Liburan mewah pun sangat memungkinkan untuk dilakukan seperti menginap di hotel bintang 5 dan mengunjungi destinasi wisata terkenal atau pergi ke luar negeri.

Menabung secara khusus untuk dana liburan ini perlu dijadikan prioritas supaya tabungan lainnya tidak terganggu. Menghitung keperluan liburan dan strategi untuk menabung pun harus Anda terapkan dengan tepat. Tidak perlu pesimis, Anda bisa mempersiapkannya dengan mengikuti tips persiapkan dana liburan keluarga ini.

  • Menghitung Anggaran yang Diperlukan

Persiapan dana liburan selalu dimulai dengan mengetahui rencana anggaran yang akan dikeluarkan. Tips persiapkan dana liburan keluarga ini merupakan langkah awal yang menyenangkan karena Anda perlu menentukan destinasi liburan dan itinerary-nya.

Sulit bagi Anda untuk menabung tanpa tahu berapa jumlah yang dibutuhkan nanti. Oleh karena itu, cari tahu biaya-biaya yang diperlukan seperti transportasi, akomodasi, sampai biaya untuk masuk ke setiap destinasi wisata.

Tambahkan juga biaya darurat yang pastinya akan sangat diperlukan sehingga Anda bisa merasa nyaman. Biaya darurat ini nominalnya bisa mulai dari 10% penghasilan yang Anda miliki atau lebih tergantung total dana liburan yang sudah Anda hitung.

  • Memotong Biaya Hiburan Bulanan

Usai mengetahui anggaran yang dibutuhkan, tips persiapkan dana liburan keluarga selanjutnya adalah menabung. Sumber dana tentu saja berasal dari penghasilan, namun jika tiap bulannya Anda sudah membagi penghasilan untuk kebutuhan bulanan dari mana dana tersebut bisa didapatkan?

Anda bisa menggunakan biaya hiburan bulanan seperti untuk menonton, berlangganan aplikasi streaming, nongkrong di cafe dan lainnya. Biaya hiburan ini bisa dialihkan menjadi dana tabungan untuk liburan nanti.

Tidak masalah bukan jika Anda mengurangi biaya hiburan ini karena nantinya juga dapat dinikmati bersama keluarga dalam liburan yang panjang. Anda tidak perlu menggunakan biaya hiburan seluruhnya, bisa memangkasnya setengah atau lebih.

  • Memilih Tabungan Khusus Liburan

Sumber dana sudah terselesaikan, tips persiapkan dana liburan keluarga ini mengharuskan Anda untuk cermat dalam mencari jenis tabungan. Anda wajib membuka rekening baru dengan produk tabungan yang tepat.

Cermati apakah bank tersebut menyediakan tabungan khusus liburan, jika iya maka Anda bisa membukanya. Manfaatkan juga fitur autodebet untuk menabung ke rekening tersebut sehingga Anda tidak lupa.

Selain itu pilih juga tabungan yang tidak memiliki biaya admin tinggi. Mengingat Anda hanya akan menabung maka tidak perlu mengaktifkan fitur ATM yang hanya akan menambah biaya admin bulanan.

  • Mencari Penghasilan Tambahan

Seringkali hanya mengandalkan sumber dana dari biaya hiburan yang dipotong tidaklah cukup. Oleh karena itu Anda perlu mencari penghasilan tambahan dan menjadi tips persiapkan dana liburan keluarga yang sangat penting.

Jika mengumpulkan dana dari pengeluaran biaya hiburan Anda mungkin harus bersabar untuk bisa berlibur. Butuh waktu lama jika nominal yang ditabung sangat sedikit, berbeda ketika Anda memiliki penghasilan tambahan. Jumlah uang yang ditabung lebih besar, dana pun terkumpul dengan cepat.

Galilah potensi diri Anda, misalnya bagi Anda yang gemar menulis membuat jasa penulisan bisa jadi sumber penghasilan tambahan. Anda juga bisa berjualan barang-barang tertentu yang menjadi hobi seperti action figure.

Aktivitas mencari penghasilan tambahan ini juga tidak hanya berhenti saat dana liburan Anda terkumpul. Anda bisa melanjutkannya untuk memenuhi kebutuhan bulanan dan mengumpulkan dana liburan di tahun-tahun berikutnya.

  • Mengikuti Arisan

Tips persiapkan dana liburan keluarga yang satu ini seringkali tidak terpikirkan tapi sangat membantu. Anda bisa mengikuti arisan yang diselenggarakan oleh kantor, teman dekat atau keluarga terdekat.

Arisan bisa menjadi strategi untuk mengumpulkan dana dengan lebih cepat selain membuka tabungan khusus liburan. Jika memungkinkan ikuti lebih dari satu arisan dan sesuaikan dengan kemampuan.

Anda bisa menambahkan sumber dana untuk arisan ini dari biaya hiburan atau dari penghasilan tambahan yang diperoleh. Jangan lupa perhitungkan waktu arisan dan sebaiknya minta agar Anda mendapatkan arisan di putaran terakhir.

  • Berhemat

Tidak ada tips persiapkan dana liburan keluarga lainnya yang melewatkan penghematan. Anda wajib berhemat dan menurunkan gaya hidup boros atau berfoya-foya jika ingin liburan terwujud sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Menerapkan gaya hidup yang lebih hemat seperti membawa bekal makanan ke tempat kerja atau mengurangi membeli kopi di cafe bisa menjadi cara tepat. Gaya hidup yang hemat ini bisa membuat Anda mendapatkan dana tambahan dari biaya makan atau kebutuhan pokok lainnya.

Sekarang cobalah untuk melihat kembali pada aktivitas di bulan lalu, seperti apakah gaya hidup Anda? Apakah terdapat gaya hidup boros yang sebaiknya dikurangi? Menerapkan gaya hidup hemat juga baik untuk kehidupan Anda lho di masa depan.

  • Investasi

Tips persiapkan dana liburan keluarga yang terakhir adalah dengan melakukan investasi. Ya, investasi selalu menjadi solusi lain dari menabung untuk mendapatkan uang lebih banyak dan cepat. Suku bunga tabungan bisa mulai dari 0,1%, itupun tergantung saldo yang kamu miliki, berbeda dengan investasi yang bisa lebih tinggi.

Contohnya saja Anda yang memilih investasi reksadana, return rata-rata yang bisa didapatkan bisa mencapai 7% – 9% per tahun. Ada juga deposito yang nilai bunga bisa mencapai 5% – 6% per tahunnya.

Investasi kini bisa dilakukan dengan sangat mudah dengan hadirnya berbagai platform digital. Anda bisa investasi secara online tanpa membuang banyak waktu. Sisihkan penghasilan Anda untuk investasi agar menjadi sumber dana tambahan untuk liburan.

So, tips persiapkan dana liburan keluarga mana saja yang sudah Anda lakukan? Atau belum ada persiapan sama sekali? Jika belum mulailah dengan mencoba menghitung dana yang dibutuhkan.

Anda juga bisa menghitung berapa jumlah dana yang sebaiknya ditabung dan hasil yang didapatkan dengan mudah melalui Calculator.me. Seperti apa caranya, bisa simak langkah lengkapnya.

Menghitung Dana Tabungan Khusus Liburan di Calculator.me

Menghitung dengan tepat tabungan bisa memberikan motivasi untuk menabung lho. Apalagi di tengah masa inflasi pasca pandemi Covid-19 menabung untuk liburan menjadi sulit.

Sulit untuk memperhitungkan secara tepat berapa dana yang bisa Anda dapatkan dengan menabung setiap bulannya dengan waktu tertentu. Adanya inflasi membuat nilai tabungan Anda pun menurun dan dana tak kunjung terkumpul, padahal masa liburan yang ditentukan sudah lewat.

Kini Anda tidak perlu kesulitan karena menghitung dana tabungan untuk liburan bisa dilakukan di Calculator.me. Adanya fitur menghitung tabungan dengan inflasi yang terjadi membuat Anda tahu berapa jumlah uang yang dapat terkumpul secara tepat. Yuk ikuti caranya.

  • Mengakses Halaman Resmi Calculator.me

Anda perlu mengakses halaman resmi Calculator.me, di halaman awal ada banyak pilihan kalkulator. Mulai dari kalkulator pinjaman, pensiun, pendidikan, hipotek dan tentunya tabungan.

Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga-1

Anda bisa klik menu Saving Calculator atau mengakses langsung https://calculator.me/savings/. Pada halaman selanjutnya Anda akan melihat menu kalkulator dan mengisi datanya saja. Penghitungan kalkulator disini menggunakan dollar.

Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga-1

  • Mengisi Data Dana yang Diperlukan

Sudahkah Anda menghitung berapa kebutuhan dana liburan nanti? Jika sudah Anda bisa mengubahnya menjadi nilai dollar. Saat ini nilai 1 dolar adalah Rp15.607 dan bisa dibulatkan menjadi Rp15.600.

Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga-1

Sebagai contoh, jika Anda membutuhkan dana liburan sebesar Rp23.400.000 maka jika diubah menjadi dollar nilainya menjadi 1500 USD. Pada kolom pertama Initial Savings Anda dapat mengisi 1500.

  • Mengisi Data Tabungan

Selanjutnya data tabungan seperti dana yang akan disetorkan, suku bunga, tahun menabung harus Anda isi. Sama seperti sebelumnya semuanya harus diubah dalam nominal dollar.

Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga-1

Pada contoh kali ini, Anda memperkirakan dapat menabung sebanyak Rp1.248.000 yang jika dijadikan dolar menjadi 80 USD. Kemudian pada annual interest rate Anda bisa mengacu pada suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI). Menurut data BI, annual interest rate di Indonesia adalah 5,73%.

  • Mengisi Tahun Menabung dan Inflasi

Data penting lainnya adalah tahun menabung yaitu berapa lama Anda akan menabung untuk mengumpulkan dana liburan. Anda bisa mengisinya dalam angka tahun, baik itu 1 tahun, 2 tahun bahkan lebih.

Terakhir, data yang penting adalah inflasi yang saat ini terjadi di Indonesia. Menurut data inflasi BI, per September 2023 terakhir inflasi yang terjadi adalah 2,28%. Anda bisa mengikuti data dari BI ini sesuai dengan waktu terbaru.

Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga-1

Apabila semua data sudah benar diisi maka Anda tinggal klik saja Calculate untuk mendapatkan hasilnya. Maka akan langsung muncul berapa dana tabungan yang akan Anda dapatkan berdasarkan data tadi dalam jumlah dollar.

Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga-1

Pada perhitungan kali ini jumlahnya adalah 2.460 USD yang jika dirupiahkan menjadi Rp38.367.000. Nominal ini tentu saja lebih tinggi dari target dana liburan yang tadi sudah Anda tetapkan, artinya Anda masih bisa mengurangi nominal dana yang akan ditabung per bulannya.

Sekarang persiapan dana liburan keluarga bisa Anda perhitungkan dengan cepat dan juga tepat mengikuti annual interest rate sampai dengan inflasi. Informasi yang Anda dapatkan bukan hanya jumlah tabungan yang didapatkan tetapi berapa dana yang bisa ditabung per bulan sampai lama waktunya.

Calculator.me dapat memudahkan Anda menghitung bukan hanya soal persiapan dana liburan tetapi juga kebutuhan lainnya. Baik itu pendidikan atau membeli barang dengan harga tinggi yang sudah Anda impikan sejak lama. Tinggal cek saja data inflasi dan annual interest rate terbaru dari BI.

Jadi, sudahkah Anda siap mengikuti seluruh tips persiapkan dana liburan keluarga ini? Jangan lupa untuk menghitung melalui Calculator.me supaya aktivitas menabung jadi lebih ringan.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    7 Tips Persiapkan Dana Liburan Keluarga Tanpa Kuras Tabungan