5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal dan Solusi Dapat Dana dalam Waktu Singkat

5 Tips Menghindari Pinjol Ilegal dan Solusi Dapat Dana dalam Waktu Singkat

Berpengalaman mengakses layanan pinjaman online via aplikasi? Sudah jadi rahasia umum bahwa layanan pinjol memiliki kelemahan dari segi penagihan. Baru terlambat sehari saja sudah diteror oleh debt collector bahkan tidak sedikit orang yang mencari cara kabur dari pinjaman online agar tidak diganggu lagi.

Oleh karena itulah berhati-hati dengan iming-iming pinjol lebih baik dilakukan, pasalnya masih banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap memperoleh dana. Bagaimana cara menghindari pinjol dan bagaimana cara Anda bisa mendapatkan pinjaman dana? Simak informasinya.

5 Tips Menghindari Pinjaman Online Ilegal dengan Aman

Pinjaman paling berbahaya adalah pinjaman yang diberikan oleh layanan ilegal. Maraknya aplikasi pinjol membuat pinjol ilegal semakin berkembang. Anda sebagai masyarakat harus lebih berhati-hati karena banyak kerugian yang didapatkan.

Mulai dari bunga yang selangit hingga penagihan yang dilakukan kurang manusiawi atau mengganggu aktivitas. Beberapa tips berikut bisa diikuti untuk menghindari tawaran dari pinjol ilegal tersebut.

1. Kenali Informasi Perusahaan Penyedia Layanan Pinjaman

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menggali informasi akan perusahaan penyedia layanan pinjol tersebut. Cek perusahaan penerbit aplikasi tersebut baik dari jejak rekamnya hingga legalitasnya.

Perusahaan yang bagus harus terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta rekam jejak yang baik. Tidak ada berita penipuan atau bunga yang mencekik dialami oleh nasabah.

2. Jangan Menerima Tawaran dari SMS, Telepon atau Email

Perlu Anda ketahui bahwa pinjol yang bagus tidak pernah memberikan penawaran melalui sms, telepon atau email sebelum Anda menjadi nasabah mereka. Saat ini ada banyak perusahaan pinjol ilegal yang melakukan jemput bola dengan beragam penawaran langsung ke konsumen.

Meskipun tawarannya dana tinggi jangan sampai Anda klik link apalagi menghubungi nomor yang telah disediakan. Potensi penipuan melalui cara ini juga cukup tinggi, bisa jadi data Anda akan diambil juga setelah klik link yang diberikan.

3. Mengecek Syarat, Ketentuan dan Kebijakan yang Berlaku

Setiap pinjol selalu menyediakan syarat, ketentuan dan kebijakan yang berbeda. Anda perlu mengecek informasi ini terlebih dahulu sebelum menyetujui melakukan pinjaman. Jangan pernah tanda tangan sebelum Anda membaca syarat-syarat ini dengan jelas.

Baru jika Anda merasa pinjol tersebut terpercaya bisa mengakses pinjaman dengan limit terkecil. Jangan pinjam langsung jumlah besar karena Anda belum tahu bagaimana sistem penagihan atau layanan yang diberikan.

Cara Membuat Surat Gadai Kendaraan

Solusi supaya mendapatkan dana dalam waktu singkat bisa dilakukan melalui pinjol legal. Pinjol ini sudah terdaftar di OJK jadi tergolong aman untuk dipilih. Namun Anda yang ingin mendapatkan dana cukup besar bisa juga dengan cara menggadaikan kendaraan baik itu motor atau mobil.

Sebagai barang yang diagunkan, maka Anda harus mempersiapkan surat perjanjian gadai kendaraan terlebih dahulu. Banyak contoh surat perjanjian gadai kendaraan yang bisa Anda tiru dan cukup mudah pembuatannya.

Di dalam surat harus tersedia informasi seperti berikut ini.

1. Waktu Dibuatnya Perjanjian

Pada bagian atas dokumen harus memuat informasi hari, tanggal, bulan dan tahun. Informasi ini nantinya akan menjadi penentu lama waktu gadai kendaraan.

2. Informasi Dua Belah Pihak

Ada dua belah pihak yang berurusan dalam surat gadai yaitu pihak pertama yang merupakan pemilik kendaraan dan pihak kedua yang akan meminjamkan uang. Informasi dari kedua pihak harus meliputi nama lengkap, NIK, tempat tanggal lahir, alamat dan juga pekerjaan.

3. Informasi Kendaraan

Detail kendaraan yang hendak digadaikan juga harus ditulis mulai dari jenisnya, warna, plat nomor, merk, tahun produksi dan semua informasi yang ada di STNK serta nomor rangka dan mesin.

4. Pasal Perjanjian

Pada dasarnya surat gadai ini tidak jauh berbeda dengan surat perjanjian jadi harus ada pasal-pasal penting. Mulai dari tanggal pengembalian kendaraan dan uang, nominal yang akan diterima dan syarat-syarat gadai lain yang ingin dimasukkan.

Terakhir adalah tanda tangan kedua belah pihak yang disertai dengan materai agar dokumen ini sah secara hukum dan bisa diminta pertanggungjawaban jika salah satu melanggar.

Surat ini nantinya akan disimpan oleh kedua belah pihak dan akan dikembalikan kembali setelah perjanjian berakhir sesuai tanggal yang sudah ditulis.

Nah mudah bukan untuk mendapatkan dana di saat darurat, selain pinjol legal Anda juga bisa menggadaikan kendaraan. Cara membuat surat gadainya pun cukup mudah.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like