Tips Pakai Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis Jasa Kurir

Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis Jasa Kurir

Tips Pakai Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis Jasa Kurir – Saat ini, jasa pengiriman atau ekspedisi semakin lama memang semakin menjamur. Tentu saja kondisi ini memperlihatkan seperti apa besarnya peluang yang diperoleh dari usaha tersebut. Anda dapat mengambil keuntungan dari banyaknya orang yang berbelanja secara online. 

Dengan penggunaan strategi yang tepat serta memilih perusahaan yang bagus, kesempatan untuk memperoleh penghasilan yang besar akan terbuka semakin lebar. Sayangnya, salah satu masalah yang biasanya ditemukan adalah ketersediaan modal.

Seperti yang Anda ketahui, modal untuk membuka bisnis jasa kurir tidak sedikit. Untuk mengatasi masalah modal, sebenarnya Anda dapat mengandalkan pinjaman modal usaha yang sekarang banyak ditawarkan. 

Bila ingin menggunakan pinjaman modal usaha, tentu saja Anda harus mengetahui besarnya modal yang dibutuhkan terlebih dahulu untuk memulai usaha ini. Berikut estimasi modal yang diperlukan untuk membuka bisnis jasa kurir:

1. Biaya investasi

Untuk biaya investasi, berikut beberapa item yang harus disiapkan:

  • Sewa kantor usaha Rp10 juta
  • Alat transportasi seperti mobil dan sepeda motor Rp150 juta
  • Timbangan Rp3 juta
  • Furniture kantor Rp15 juta
  • Perlengkapan dan peralatan kantor Rp3 juta
  • Pembuatan surat izin Rp1 juta

2. Biaya operasional

Selain biaya investasi yang menggunakan pinjaman modal usaha, Anda juga harus memenuhi biaya operasional. Untuk biaya operasional, berikut rinciannya:

  • Upah pegawai sebagai administrasi, tim marketing, sopir, Rp10 juta
  • Biaya internet, air, listrik dan telepon Rp1 juta
  • Biaya tidak terduga Rp2 juta

Jika keseluruhan kebutuhan tersebut dijumlahkan, modal yang harus Anda keluarkan sebesar Rp 195 juta. Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman modal usaha dengan jumlah tersebut sesuai dengan rincian. 

Tips Membuka Bisnis Jasa Kurir

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/dua-tas-kertas-tote-1666067/

Karena seluruh kebutuhan menggunakan pinjaman modal usaha, tentu saja Anda ingin bisnis ini berjalan mulus bukan? Mengingat Anda harus melakukan pembayaran cicilan setiap bulannya. 

Agar bisnis ini dapat berjalan dengan mulus, berikut langkah yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Miliki sarana transportasi yang mumpuni

Ketika menjalankan bisnis jasa kurir, sarana transportasi menjadi salah satu hal yang utama. Dengan menggunakan pinjaman modal usaha, Anda dapat membeli mobil pick up serta sepeda motor. 

Untuk benda-benda berukuran kecil, dapat diantarkan dengan menggunakan sepeda motor. Sepeda motor dapat menembus kemacetan, selain itu biaya bahan bakarnya juga terjangkau. 

  • Lakukan riset tarif

Sebelum menentukan tarif yang berlaku, Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu. Tidak ada salahnya melakukan riset dengan menghubungi layanan kurir yang berada di sekitar. Anda bisa mencari tahu apa saja indikator yang digunakan untuk menentukan tarif. 

Tidak sedikit kurir yang menentukan tarif dengan biaya per mil serta ditambah dengan biaya bensin. Namun, ada juga kurir yang memberikan biaya tetap. Anda bisa meramu tarif berdasarkan pada keausan kendaraan, jarak, serta lalu lintas yang harus dilalui. 

Tarif menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik, jangan sampai bisnis jasa kurir yang Anda miliki sepi karena memiliki tarif yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan jasa kurir yang lain.

  • Menentukan jenis layanan pengiriman

Ada berbagai macam pilihan layanan pengiriman paket. Anda dapat memilih dengan memperhatikan durasi pengiriman, contohnya saja seperti pengiriman di hari yang sama, atau pengiriman dengan jarak waktu 1 hingga 2 hari. 

Usahakan memiliki jenis layanan pengiriman yang cepat, karena sekarang ini pebisnis online lebih memilih menggunakan jasa kirim yang dapat mengirimkan barang dagangannya dengan cepat.

  • Lakukan promosi

Karena menggunakan pinjaman modal usaha, Anda dapat memasukkan kegiatan promosi ke dalam rincian modal. Promosi yang dilakukan bisa beragam seperti menggunakan media internet maupun secara offline. 

Ketika melakukan promosi, Anda bisa mempercayakannya pada agensi periklanan tertentu, sehingga nantinya budget promosi bisa lebih efektif. Selain itu Anda juga bisa lebih fokus pada bisnis.

  • Perhatikan seluruh risiko dengan baik

Ketika menjalankan bisnis, Anda tentu harus siap dengan berbagai risiko yang dapat terjadi contohnya seperti kerusakan kendaraan, kecelakaan lalu lintas serta cuaca buruk. Kendala seperti ini bisa menghambat operasional usaha. 

Siapkan diri dengan rencana cadangan. Contohnya, ketika mengambil pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda meng-anggarkan Rp5 hingga Rp10 juta untuk mengatasi hal-hal yang tidak terduga ini. Dengan menyiapkan sejumlah biaya cadangan, seluruh risiko bisa diperkecil.

Pilihan Pinjaman Modal Untuk Usaha Paling Tepat

Pinjaman Modal Usaha untuk Bisnis Jasa Kurir

Bila sudah yakin menggunakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan, Anda tentu harus memilih tempat yang paling tepat untuk mengajukannya. DBS KTA dari Bank DBS Indonesia menjadi pilihan yang paling tepat. Berikut berbagai keunggulan yang dimiliki DBS KTA, antara lain:

  • Pencairan pinjaman hingga Rp300 juta

DBS KTA dapat mencairkan pinjaman hingga Rp300 juta, sehingga Anda bisa memulai bisnis tanpa cemas memikirkan masalah modal. 

  • Bunga flat mulai 0,88% per bulannya

Biasanya, salah satu masalah yang dihadapi ketika mengajukan pinjaman modal usaha adalah masalah bunga. Namun, DBS KTA memiliki bunga flat mulai dari 0,88%, sehingga Anda bisa mengatur angsuran pinjaman sesuai dengan kemampuan. 

  • Cicilan hingga mencapai 36 bulan

Keunggulan lain yang dimiliki DBS KTA adalah Anda bisa dengan fleksibel memilih jangka waktu cicilan hingga 36 bulan. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah, jangka waktu cicilan akan mempengaruhi besarnya nominal cicilan setiap bulan yang harus Anda bayar, oleh sebab itu perhatikan dengan baik. 

  • Persyaratan mudah

Sebagai calon debitur tentunya tidak ingin dibuat ribet dengan dokumentasi saat proses aplikasi. Jadi sebaiknya pastikan Anda berdomisili di Jabodetabek, Bandung atau Surabaya, menyiapkan fotokopi eKTP dan NPWP, berpenghasilan tetap minimum 15 juta dan menyiapkan fotokopi kartu kredit bank lain dengan limit minimum 20 juta. 

Dengan berbagai keunggulan tersebut, tidak salah menjadikan DBS KTA sebagai pilihan pinjaman modal usaha untuk memulai bisnis jasa kurir ini. Segera ajukan dan wujudkan mimpi Anda memiliki bisnis cemerlang. 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like