Tips Mencari Kost yang Aman dan Nyaman di Surabaya, Nggak Lagi Pakai Ribet!

tips mencari kost di surabaya
Daftar isi: hide

Tips Mencari Kost yang Aman dan Nyaman di Surabaya, Anti Ribet-ribet Club!

“Pak, kamarnya masih ada yang kosong?”

“Bu, kamarnya ada yang kamar mandi dalam?”

“Pak, kosnya bisa buat parkir mobil?”

cara mencari kos di surabaya (2)

tips mencari kost di surabaya-3

infografis by : celotehdinihari

Begitulah kira-kira percakapan yang sering ku lakukan dulu via whatsapp. Yap, percakapan yang berkali-kali aku tanyakan ke pemilik kost saat mau pindah kos atau cari kos di sekitaran Surabaya dan Sidoarjo. Pesan yang harus ku ulang-ulang kirim ke personal kontak para pemilik kos yang aku dapatkan dari banyak sumber entah itu temen, papan atau plang kost di pinggir jalan, maupun dari facebook grup terkait dengan informasi kost.

Yaps, aku harus menanyakan hal yang sama berulang-ulang karena kolom atau media promosi yang mereka pakai untuk mempromosikan kost-kost nya nggak menyantumkan informasi detail atau infomasi yang terupdate tentang kamar yang disewakan.

Makan waktu buat chat ke banyak pemilik kos?

Jujur iya, belum lagi pas ada yang nampak cocok via chat, ternyata pas aku survey langsung ke tempat kos nya ternyata sangat amat nggak sesuai atau ada something yang bikin nggak cocok. Belum lagi kalau ketemu bapak atau ibu kost yang pas di chat aja judesnya setengah mati, padahal kan mereka lagi jualan ya. Tapi ada aja yang nggak ramah, hih sebel.

Capek, Iya dong, andai aja Surabaya dan Sidoarjo itu sempit dan jarak antar kost-kost itu deketan. Nah ini masalahnya jarak kost yang katanya available ini kebanyakan jauh satu sama lain.

“Huahhhhh, nyari kost ribet amat sampe bikin emosi sendiri” Batinku. Hiks

Nyari kost-kost an di Surabaya dan Sidoarjo emang sesusah itu gaes. Apalagi kalau yang butuh kamar dan kost an yang nyaman kayak aku gini. Nggak kaget juga sih, jumlah perantau di Surabaya makin lama makin banyak .

Merantau dan Nge-Kost di Surabaya dari 2010

pengalaman merantau di Surabaya

Sebelumnya, FYI aja, aku adalah gadis desa (ceelah gadis, wkwkw) asal Kebumen, Jawa Tengah. Karena kondisi ekonomi keluarga, sejak lulus SMA aku langsung merantau ke Surabaya menyusul kakak perempuanku yang udah merantau duluan sejak 3 tahun sebelumnya. Iya, kita sama-sama merantau buat kerja, bukan buat kuliah. Meski alhamdulillah jalan kita hampir sama yaitu bisa ngumpulin uang selama 2 tahun sampai akhirnya bisa daftar kuliah di salah satu universitas swasta di Surabaya.

Dari 2010 sampai 2017 aku tinggal satu kamar sama kakak perempuanku. Dan 2017 saat aku dapat kerjaan baru di tempat kerja baru yang masih sama-sama di Surabaya, kebetulan kakak ku juga baru diterima kerja di Jakarta. Praktis dari 2017 sampai 2020 ini aku tinggal sendirian.

Oh iya, selama di Surabaya ini aku tinggal nge-kost. Iya sewa kamar kos bulanan. Namanya masih berjuang di kota orang dari nol, pahit manis tinggal di kos an murah udah pernah aku rasain. Bahkan kamar kos yang pertama aku tempati di Surabaya hanya berukuran 3×2 meter untuk berdua. Ya karena sanggupnya bayar yang segitu dulu. Kebayang nggak? Hihi

Alhamdulillah setelah sekain tahun tinggal di Surabaya, kerja, kuliah sambil kerja, sampai kerja full sambil nge freelance sekarang, perekonomian pribadi makin membaik. Jadi bisa pindah kos ke yang lebih nyaman.

Pengalaman Pindah Kos 7 Kali di Surabaya

Agak lucu ya kalau diinget-inget, selama 10 tahun tinggal di Surabaya, aku udah pindah-pindah tempat tidur alias pindah kos sebanyak 7 kali. Haha. Padahal buat pindahan kos itu nggak gampang, mana barang tuh meski pas ditata di kamar nggak kelihatan banyak, tapi pas bongkaran dan pindahan tuh ternyata banyak banget nggak abis-abis, terutama baju. Akhirnya ada kebiasan yang rutin aku lakuin tiap kali pindahan yaitu ngemasin baju lama buat disumbangkan (yang masih layak pakai pastinya).

Sebenernya ada banyak tipe anak kost yang meski pindah kerja atau kondisi apapun yang terjadi, mereka tetep ogah pindah-pindah kost. Biasanya alasan utama karena males pindah-pindahin barang yang banyak jumlahnya atau karena susah cari yang baru.

Yap, emang Ada banyak alasan yang bikin aku pindah-pindah kos an. Aku yakin nggak hanya aku aja yang punya alasan begini yang bikin mereka harus dan pingin pindah tempat istirahat.

1. Nyari kost-an yang lebih nyaman

Sebagai pekerja yang hampir 9 jam berlelah-lelah di tempat kerja tentu pas sampai kost pengen bisa istirahat dengan nyaman biar badan bisa relax lagi ya kan?

Sayangnya hal itu nggak bisa didapatkan jika kamar kost kita kurang nyaman buat ditinggali. Ada beberapa hal yang bisa bikin kost nggak nyaman, misalnya lingkungan yang berisik, bau yang nggak sedap di sekitar kos, atau orang-orangnya yang bikin nggak nyaman. Karenanya, pindah kos jadi pilihan yang tepat sekaligus biar dapet suasana baru ya kan?

2. Pindah tempat kerja, cari kost yang lebih dekat

Sebagai perantau yang tujuannya untuk berkerja di kota perantauan, tentu nggak ada jaminan kita akan terus bekerja di satu tempat. Termasuk aku, selama tinggal di Surabaya terhitung aku udah kerja di 5 perusahaan. Ada yang umur kerjanya hanya beberapa bulan dan lainnya tentu itungan tahun.

Namanya juga anak muda ya kan? Kalau ada kesempatan atau alasan buat pindah kerja yang reasonable ya kenapa enggak. Ada beberapa alasan pula yang menyebabkan aku harus pindah kerja seperti sistem shift yang nggak bisa aku ikutin karena mau kuliah malam, lingkungan kerja yang nggak nyaman, dan adanya kesempatan untuk bekerja di tempat dan salary yang lebih baik.

Pindah kerja membuatku harus cari kos baru lagi pula karena lokasi kerja baru jaraknya terlalu jauh dari kost lama. Kayaknya ini alasan yang biasa dimiliki oleh perantau lain ya? Kalau kalian gimana?

3. Lokasi kurang aman dan atau terlalu jauh

Tahu kan kalau tinggal di kota besar kita harus ekstra hati-hati? Yap, bener, tinggal di kota besar itu berarti resiko atas keamanannya pun makin besar. Kalau pengalamanku dulu saat kos, jalan menuju kost ku pas malam hari itu ngeri banget. Sepi dan pencahayaannya agak minim. Apalagi aku waktu itu masih kuliah dan harus pulang jam 10 malam lebih. Kakak ku sampai sering khawatir kalau sampai setengah 11 malam aku belum sampai kos.

Belum lagi kalau tiba-tiba di lingkungan kos ada isu pencurian atau maling yang mulai meresahkan. Tentu sebagai penghuni kost kita juga akan mulai ngerasa nggak nyaman tinggal disana.

Lokasi kost yang terlalu jauh dari tempat kerja atau kampus juga jadi alasan yang sering muncul saat mau cari kost baru. Bener nggak?

4. Fasilitas terbatas

Setahun lalu aku harus pindah kos karena aku butuh kost-kost an yang bisa parkir mobil atau punya halaman lebih luas. Nah tau sendiri kan Surabaya padatnya kayak apa. Untuk nyari kos begini ternyata susahnya nggak karuan.
Pernah juga loh aku pindah kos karena kost lama nggak ngebolehin aku masak alias nggak boleh ada api-api an di kost nya. Mungkin antisipasi kemungkinan ada kebakaran dan lain lain sih emang.

Sebenernya fasilitas seperti apa yang kita dapat di kost an itu ya tergantung kita yang pilih ya. Kalau nggak sesuai ya jangan nge kost di sana. Sayangnya, ada beberapa alasan yang mengharuskan kita nge kost di kamar dengan fasilitas minim. Misalnya karena emang budget kita yang pas-pas an, atau juga bisa karena waktu yang kita punya untuk cari kost itu terbatas, sehingga saat udah nggak ada pilihan kost lain terpaksa kita tinggal di kost yang fasilitasnya kurang tadi.

Artikel Terkait:  Ketahui Beberapa 4 Kesalahan dalam Memandikan Bayi yang Harus Anda Waspadai

Mencari kos beserta fasilitasnya sebenernya bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Misal kita nggak nyaman mandi di kamar mandi yang terpisah dengan kamar, maka kita harus cari kos dengan kamar mandi dalam. Kalau kita suka masak ketimbang beli makanan di luar, maka baiknya kita cari kos-kos an yang yanag ada dapurnya. Ada loh kost-kost an yang nggak ngebolein kita masak di sana. Perhatiin hal ini ya!

5. Nggak cocok sama ibu kos, upsss!

Mungkin ini terdengar aneh dan lucu ya, tapi kakak ku beneran pernah crash dan tengkar sama ibu kos yang ngawur bikin aturan dan seenak-enaknya tiba-tiba naikin biaya sewa kos tanpa pemberitahuan sebelumnya. Anehnya dalam setahun itu naiknya beberapa kali. Belum lagi biaya-biaya lain yang sering muncul dan nggak sesuai sama perjanjian awal pas kost disana

Yaudah dari pada rame, kakak ku milih mending kita pindah kost aja. Haha. Ada pembaca disini yang pernah tengkar sama bapak atau ibu kost sampai mengharuskan kalian pindah kost dadakan? Wkwkw, cerita dong di kolom komen ya.

6. Penghasilan perbulan nambah jadi bisa cari kost an dengan budget lebih dan kondisi lebih nyaman

Alhamdulillah setelah beberapa tahun merantau dan kerja di Surabaya serta nge kost di kost-kost an yang ala kadarnya, akhirnya pemasukan bulananku mulai bertambah dan udah dirasa cukup untuk beli sesuatu untuk mengapresiasi diri sendiri. Juga bisa dialokasikan untuk cari tempat istirahat, tempat untuk tidur, tempat untuk melepaskan penat dan lelah seusai kerja alias kamar kost yang nyaman meski harganya lebih mahal daripada kost sebelumnya.

Dulu aku ngerasa “eman” kalau pengeluaran gaji lebih besar untuk kamar kos aja, tapi ternyata semakin kesini, usia makin nambah, capek usai kerja makin berasa, belum lagi sepulang kerja aku harus bekerja lagi sebagai blogger dan freelancer. Kebayang kan capeknya. Karena aku ngerasa butuh tempat istirahat yang jauh lebih nyaman, akhirnya aku cari kos lagi deh.

Cerita diatas adalah pengalamanku atau alasanku kenapa sering pindah-pindah kos. Ada pembaca yang punya alasan yang sama nggak?

Selain itu sebenernya masih banyak alasan lain lagi kok buat pindah kost-kost an. Yang pasti alasannya bukan karena iseng semata ya, soalnya pindah kos itu capekkkk banget. Nggak mungkin kan kalau pindah tanpa alasan yang jelas.

Alasan lain yang mungkin menyebabkan pindah kost misalnya:

  • Ada jam malam
  • Masalah teknis tentang listrik atau saluran air
  • Cari tarif lebih murah

Cari Kos yang Sesuai Keinginan Itu Susah, Nggak Semudah Cari Warkop Di Surabaya, Kenapa?

Cari kost-kost an itu nggak segampang cari warkop atau warung kopi ya, wkwkw. Apalagi di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta Bandung dan sebagainya yang jumlah perantau baik itu pekerja atau mahasiswa ada banyak banget jumlahnya. Iya jumlah kost-kost an itu emang banyak, tapi kebutuhannya juga makin meningkat tiap tahun. Apalagi udah jadi budaya kan kalau tiap tahun seusai masa belajar SMA selesai, orang-orang dari banyak kota pada masuk ke kota-kota besar buat merantau.

Yap, aku dah berkali kali pindah kos. Thats why aku bisa bilang cari kost itu nggak gampang gaes. Menurut pengamatan dan pengalamanku cari kost, ada beberapa penyebab bikin cari kost itu sulit seperti jumlah kos yang terbatas, atau jumlah kost banyak tapi udah penuh semua.

Eh pas ada yang kosong ternyata fasilitasnya nggak sesuai, belum lagi pas survey ternyata nggak sesuai dengan yang dipromosikan, atau juga respon pemilik kost yang galak atau nggak ramah saat kita tanya-tanya tentang kost nya. Padahal promosi yang mereka pasang di banyak media promosi online emang nggak lengkap, kan wajar kalau kita tanya-tanya ya.

Tips Mencari Kost yang Mudah dan Pasti Aman Nyaman

Tips Mudah Cari Kost yang Nyaman dan Aman-1

Hmm,, emang ada ada aja keunikan saat cari kost dah ya? Buat para perantau pemula pasti banyak yang dipusingkan dengan aktivitas cari tempat tidur alias kos ini. Nah biar nggak makin bingung, aku sebagai perantau yang berkali-kali cari kos (kok bangga sih mbak? wkwkwk) bakal kasi tips mencari kos yang mudah, aman dan pasti nyaman yang bisa kalian cobak ya.

1. Alokasikan Biaya atau Budget Kost Perbulan

Menjadi perantau berarti siap untuk menjad mandiri. Termasuk masalah finansial ya. Bagi anak kos yang jauh dari orang tua, perkara uang harus selalu jadi pertimbangan pertama. Wajar aja, untuk yang masih kuliah atau nerima uang saku dari orang tua aja udah selayaknya menggunakan uang sakunya dengan bijak, apalagi untuk yang udah kerja dan ngrasain capeknya cari uang sendiri.

Karena itu, untuk menjaga kondisi keuangan atau arus kas keuangan pribadi tetep aman makan uang atau biaya sewa kost wajib dialokasikan. Yap, wajib, karena nggak mungkin kita nggak butuh tempat untuk tidur selama sebulan kan. Karena itu, biaya sewa kos jadi urutan teratas saat kita sedang membuat rencana keuangan pribadi sebulan kedepan.

Pastikan mencari kost dengan biaya sewa yang nggak mencekik keuangan kita. Tentu pengeluaran kita sebulan ke depan nggak hanya untuk kost aja kan. Makanya itung dengan baik ya. Kalau emang setelah menghitung semua biaya hidup sebulan masih ada sisa uang banyak (di luar untuk tabungan) mungkin kamu bisa ambil kost dengan fasilitas lengkap dan tentu dengan harga lebih tinggi pula.

Namun jika pemasukan sebulan masih sama dengan atau hampir seimbang dengan pengeluaran, sebaiknya masukan budget kost yang lebih wajar. Emang butuh tenaga yang jauh kebih ekstra untuk mencari kos dengan harga rendah namun tetep nyaman ditinggali, tapi tetep jangan putus asa dulu ya!

Kita juga bisa menyiasati untuk mengambil kost atau kontrakan yang biasa dibayar setahun sekali. Biasanya jika ditotal dan dibandingkan dengan kost bulanan harganya akan jauh lebih murah. Sayangnya sistem pembayarannya pun di muka. Artinya harus ada pengeluaran besar dulu di awal.

2. Survey Sebelum Deal Transfer ke Pemilik Kost

Saat mendapat informasi ada kost-kost an atau kamar yang available, jangan buru-buru datang atau mendatangi pemilik kost untuk menyatakan “deal” mau sewa. Hal yang wajib dilakukan adalah melakukan survey langung ke kmaar kost nya.

Jangan mau jika ada pemilik kost yang tidak memperbolehkan masuk ke kamar yang disewakan loh ya.

Lebih baik lagi kalau survey dari jauh-jauh hari ya. Pasalnya sekali survey kan nggak jamin bakal dapet yang cocok. Khawatirnya kalau kondisi kita lagi mau pindah kos, tapi kita surveynya mepet hari, nanti pas nggak nemu malah harus perpanjang sebulan lagi di kos an yang lama.

Berlaku juga buat perantau baru baik anak kuliah atau pekerja ya. Enaknya lagi kalau udah survey duluan dan nemu ada yang cocok tapi masa berlaku kost di kost an lama masih ada, kita jadi bisa nyicil pindah-pindahin barang duluan ke kost an yang baru. Ingat ya, kost-kost an itu banyak jumlahnya, tapi yang cari kost-kost an juga nggak kalah banyak. Haha, jangan sampai nggak kebagian kost ya kan??

3. Perhatikan Fasilitas yang Kamu Butuhkan

Memperhatikan fasilitas yang ada di kost yang akan kita tinggali juga penting banget. Pastikan fasilitas yang kamu mau adalah yang kamu butuhkan juga. Ingat juga kalau fasilitas yang makin lengkap biasanya punya biaya sewa yang lebih tinggi pula. Lagi-lagi ini urusannya sama budget kita tadi.

Ngecek fasilitas yang ada di kost bisa kita lakuin saat survey ya. Meski di informasi saat kost di promosikan di berbagai media atau dari hasil chat bersama pemilik kost, tetep jangan putuskan apa-apa terlebih dulu kalau kita belum liat langsung fasilitasnya.

Ada beberapa fasilitas buat menunjang aktivitasku selama di perantauan, misalnya:

  • Parkir yang luas untuk mobil dan motor
  • Dapur dalam
  • Tempat cuci baju / mesin cuci
  • Wastafel
  • Ac
  • Lemari
  • Meja kursi
  • Kasur dsb

Nah kalau kita udah punya banyak barang sendiri seperti kasur, meja, kursi dan lain-lain, jangan ragu juga untuk tanyakan apa bisa sewa kos “kosongan”. Atau kita bisa langsung cari kos “kosongan” aja tanpa perabot. Biasanya akan lebih murah loh harga sewa per bulannya.

4. Pastikan Biaya Tambahan Lain ke Pemilik Kost

Selain biasa sewa bulanan yang nilainya sudah pasti, jangan lupa juga tanyakan secara detail biaya-biaya tambahan yang mungkin muncul. Misalnya biaya atas perabot listrik kayak magic com, tv, laptop, setrika dan lain sebagianya. Apa ada biaya yang harus kita bayar karena bawa barang tersebut atau biaya kos sebulan yang kita bayar udah include biaya itu.

Oh iya ngomong-ngomong masalah listrik, perhatikan juga apakah listrik kamar kita nanti pakai token listrik prabayar atau dengan meteran pasca bayar. Kalau emang pasca bayar, apakah meteran listriknya ada per kamar atau gabungan.

Sedikit info aja nih, kalau meterannya gabungan menurutku agak kurang jelas pembagian biaya listrik per kamarnya karena tergabung dengan kamar lain. Belum lagi kita jadi susah kan mengontrol pemakaian listrik kita. Jadi saranku cari kos yang pembayarannya pakai token listri pra bayar aja ya gaes. Hehe.

5. Cek Kamar Mandi Serta Kondisi Saluran Air dan Kebersihan Airnya

Selain menentukan memilih kos dengan kamar mandi dalam atau luar, bagiku, ngecek air dan kebersihan kamar mandinya wajib dilakukan saat survey ke kost yang akan kita tinggali nantinya. Apalagi jika kamu tinggal atau cari kost di kota-kota besar yang notabene airnya nggak sejernih dan sesegar di desa.

Artikel Terkait:  7 Tips Produktif Bekerja dari Rumah Bagi yang Belum Berpengalaman #WorkFromHome

Jangan kaget juga karena masih banyak kost-kost an di kota yang masih pakai air sumur atau air tanah (pompa) alias bukan air PDAM. Aku juga kaadang heran, padahal air tanah di Surabaya dan Sidoarjo kan nggak kayak air tanah di desa yang masih minim tercemar limbah dan sebagainya ya. Alhasil banyak kost-kost an yang aku survey airnya nggak jernih atau gampang keruh dan mengandung endapan-endapan tanah gitu.

Boro-boro buat dikonsumsi atau dimasak, buat mandi aja aku males dong ya. Bagiku mending ngeluarin sedikit uang tambahan buat cari kost yang pakai saluran air PDAM ketimbang setiap harinya dipusingkan dengan masalah air semata. Toh sepengalamanku uang air buat satu kamar kost itu nggak mahal-mahal banget kok.

Nah, jangan lupa juga pastikan atau tanyakan dulu sama bapak atau ibu kostnya, apakah uang airnya dihitung terpisah atau udah include dalam biaya sewa sebulan yang udah disebut di awal perjanjian ya.

6. Cek Lingkungan Sekitar

Saat survey kost kita nggak cuman ngamatin dalamnya kost nya aja gaes. Lebih baik kamu juga perhatikan lingkungan sekitar. Gimana kondisi jalannya, seberapa lebar jalan atau gang masuk ke kost nya. Kalau kamu bawa mobil, pastikan juga jalannya cukup untuk lewat mobilmu.

Perhatikan juga lingkungan penduduknya. Tau nggak sih salah satu masalah terbesar tinggal di lingkungan kota dengan padat penduduk adalah sampahnya. Kamu bisa amatin kok apa sekitar kost mu tempat pembuangan sampahnya teratur atau sampah banyak menumpuk dan berserakan di mana-mana. Tentu ini bakal berpengaruh ke kenyamanan kamu.

Oh iya masalah lain adalah banjir. Kota-kota besar emang rawan banjir. Tapi nggak semua jalan dan gang rentan banjir kok. Kalau kamu nggak mau dipusingkan sama hal-hal semacam ini kamu bisa tanyain ke orang sekitar kost-kost an mu apakah area sana gampang banjir saat hujan turun atau normal-normal aja. Kalau bisa jangan tanya ke pemilik atau penjaga kost sih. Kamu bisa tanyain sama penduduk atau orang yang buka warung di sana.

Oh iya ngomong-ngomong masalah warung dan urusan perut. Kalau kamu tipe yang nggak dan nggak bisa jauh-jauh dari warung tradisional atau minimarket kamu bisa juga perhatikan jarak warung dan minimarket dari calon kost mu.

7. Cek Pencahayaan dan Sirkulasi Udara

Di perantauan kita bertujuan buat kerja atau kuliah yang pasti akan banyak memakan waktu dan tenaga kita. Karena harus mau nggak mau berlelah-lelah beraktivitas di luar, maka kita harus pikirin juga faktor kesehatan buat badan kita. Selain istirahat yang cukup, penting juga beristirahat di kamar dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Istirahat di kamar kost yang nggak pengap dan pergantian udara nya baik bisa berdampak positif juga buat mood dan kesehatan kita loh. Selain itu kamar juga jadi nggak panas-panas banget. Pasti bakal jauh lebih nyaman deh buat kalian istirahat.

8. Pastikan Ukuran Kamar Sesuai dengan Kebutuhan dan Budget

Ukuran kamar akan ada kaitanyya dengan budget dan tentu juga kenyamanan. Udah pasti kita akan lebih nyaman tinggal di kamar dengan ukuran yang lebih besar ya. Namun begitu, kamar dengan ukuran relative besar biasanya juga punya harga yang lebih mahal. Makanya, harus sesuaian juga dengan budget yang kita miliki.

Enakanya punya kamar yang lumayan besar juga jadi suhu dalam kamar nggak panas atau gerah banget. Apalagi kalau di kamar kita nggak tersedia AC, yak an? Saat survey, bayangkan juga berapa banyak dan besar barang yang akan kamu bawa saat pindahan. Pastikan ukuran kamarnya cukup ya untuk menampung barang-barang kita.

Saran sedikit, sebenernya seberapa besar ukuran kamar itu nyaman enggaknya juga tergantung kita lagi. Penataan barang sangat penting perannya disini. Kamar kost ku juga nggak terlalu besar tapi aku lagi seneng banget desain kamar ala-ala pinterest, biar nyaman di mata dan nyaman di tempati juga ya

9. Cek Sinyal atau Jaringan Internet Kuat atau Lemah

Ini pengalaman yang paling berkesan dan aku inget-inget sepanjang masa sih. Wkkw dulu pernah udah ngerasa cocok banget sama kos-kos annya, udah sampe pindahan barang, eh pas udah hari pertama tinggal disana baru sadar kalau provider kartu smartphone ku sinyalnya lemah banget di sana, huhu. Mana udah pake nomor itu dari lama banget.

Dan lagi emang di kos nya nggak ada fasilitas wifi gratis gitu. Jadilah harus nambah sim card dengan provider telepon lain. Pedih gaes. Mana kan nggak semua provider punya paket internet yang bersahabat buat perantau kayak aku gini, wkwkw apalagi aku nggak bisa jauh dari internet, ya namanya juga blogger, nggak ada internet ya gimana kan, wkwk

Yah, itulah kenapa penting buat kamu cek sinyal provider telepon dan internet mu saat survey kost-kost an. Beruntung kalau di kost ada fasilitas internet atau wifi nya. Kalau enggak? Jangan sampai kamu bikin kesalahan fatal kayak yang pernah aku alamin yaaaa!

10. Manfaatkan Teknologi, Cari Kost Lebih Mudah dari Aplikasi atau Situs Pencarian Kost Terpercaya

Sekarang udah nggak jaman lagi keliling kota buat nyari rumah atau bangunan yang ada plang “TERIMA KOST”. hehew. Iya, selain makan waktu juga bakal banyak nyita tenaga kita. Kalau kalian pernah ngalamin nyari kost dengan cara jadul ini pasti kerasa banget deh capeknya. Belum lagi nyari seharian dan keluar masuk pintu kost-kost an orang nggak njamin kita bakal dapat yang cocok di hari yang sama. Hmmm.

Keberadaan situs dan aplikasi pencarian kost kini tentu sangat amat membantu para perantau baru atau siapapun yang lagi cari kost ya. Bayangkan aja, informasi tentang kost yang masih available bisa dengan mudah kita dapat. Bahkan foto dan kontak pemilik kost nya pun ada di sana. Fasilitas apa aja yang tersedia di kamar kost tersebut juga udah langsung diinformasikan disana. Luar biasa terbantu kan? Bayangkan, aktivitas cek-cek kamar kost, survey, tanya-tanya ke pemilik kost yang tadinya makan waktu sampai harian kini bisa terpangkas jauh lebih singkat. WAW, jauh lebih terbantu kan?

Rekomendasi Aplikasi atau Situs Platform Kost Terpercaya : Solusi Cari Kost Bulanan atau Tahunan dengan Mudah dan Aman

Sebagai perantau yang udah berkali-kali pindah kost karena beberapa kondisi, kali ini aku mau rekomendasikan buat kalian semua beberapa platform pencarian kost yang dijamin recomended buat mempermudah kalian mendapatkan hunian atau kamar kost yang super nyaman dan sesuai budget.

1. KOST REDDOORZ

reddoorz.com

Kebutuhan akan kost emang nggak ada hentinya. Jelas penyebabnya karena semakin banyak perantau yang melancong ke kota-kota besar untuk melangsungkan hidup baik untuk kuliah maupun bekerja makin tinggi pula.

Dan sebuah fakta pula bahwa pencarian hunian bulanan atau kost-kost an ini nggak gampang-gampang banget dilakukan mengingat masih banyak pemilik kost yang belum punya strategi pemasaran kost yang baik sehingga properti kamar kost nya susah ditemuin.

Nah karena kebutuhan-kebutuhan inilah REDDOORZ sebagai situs atau platform yang udah terkenal dan terpercaya yang mampu me-manage banyak hotel, apartemen atau pemesanan kamar lainnya meluncurkan Kost RedDoorz.

Kost RedDoorz adalah layanan penyewaan tempat tinggal, kamat atau kost yang terkelola dengan baik dengan sistem penyewaan yang fleksibel dan memudahkan calon penghuni kamar dengan tetap mengedepankan kualitas dan kenyamanan. Lebih dari 100 properti yang tersebar di lebih dari 14 kota untuk melayani Kost di RedDoorz ini.

Nggak hanya itu, selain Kost RedDoorz ini menghilangkan kerumitan atau ketidaknyamanan dalam mencari dan mendapatkan lingkungan kost yang nyaman dan sebagainya, layanan kamar Kost RedDoorz ini juga menyediakan kamar dengan berbagai fasiilitas yang bisa kita filter dan pilih mulai dari Wifi 24 jam, kamar mandi dalam atau tidak, jasa pembersih kamar, air isi ulang dan lain sebagainya.

Jadi, salah kaprah kalau kamu masih ngira di RedDoorz kita hanya bisa mencari kamar hotel atau penginapan saat liburan aja ya gaes. Faktanya buat perantau yang butuh hunian dan kamar nyaman buat istirahat sehari-hari dan tentu dengan kualitas jempolan bisa juga di platform satu ini.

Cara Mudah Cari Kost Nyaman di Aplikasi RedDoorz

Sumber video: instagram @reddoorz.id

Buat kamu yang mau cari kost di RedDoorz nggak usah takut bakalan kesusahan buat cari dan akses aplikasinya deh. Balik ke tujuan awal RedDoorz bikin layanan Kost tadi, yaitu untuk mempermudah kita semua cari kos di wilayah-wilayah yang kita inginkan. Nah, buat panduan aja (meski tanpa aku tulis ini pasti kalian nggak akan kesusahan akses juga ya) langsung simak ya ini dia cara cari kost di RedDoorz.

Artikel Terkait:  Yummy App, Permudah Anak Kos Masak Apa Aja dan Semaunya
1. Download Aplikasi RedDoorz

Langsung aja download aplikasinya dengan mudah di playstore atau appstore ya gaes.

2. Masuk atau Log in Ke Aplikasi RedDoorz

Bisa login dengan akun facebook atau gmail loh

3. Pilih Menu “RUMAH KOST”

Di bagian atas aplikasi ada menu hotel dan rumah kost, karena kita sedang cari kost jadi langsung klik aja menu Rumah Kost nya ya.

4. Pilih Kota

Pilih kota di mana kost yang kamu cari berada. Karena aku di surabaya, jadi aku pilih kota Surabaya ya.

5. Pilih Waktu Check In dan Jumlah Penghuni

Nah karena kost wajarnya untuk satu bulan, kita bisa langsung pilih range waktu 1 bulan kedepan ya. Oh iya untuk KOST REDDOORZ emang hanya bisa dipesan minimal 1 bulan ya. Kayak yang aku contohin diatas, aku pilih tanggal dari 3 agustus sampai 2 september. Masukan juga jumlah tamu atau penghuni di sampingnya. Kalau kamu sendirian, isi aja 1 tamu.

6. Pilih Kost yang Cocok, Klik Lihat Detail

Nah, di sini akan muncul banyak pilihan kost di RedDoorz beserta harga sewa 1 bulan atau 30 hari dan foto tampilan kostnya. Nah kita bisa cek satu persatu kost yang muncul direkomendasi untuk melihat informasi lebih detail tentang kost tersebut.

Informasi yang disajikan berupa:

  • lokasi atau alamat lengkap kost (bisa di lihat via maps)
  • perkiraan atau estimasi jarak kost dari beberapa titik strategis
  • peralatan atau perabot yang tersedia dalam kamar kost
7. Book Free Visit Kalau Mau Buat Janji untuk Survey Kost

Untuk menghindari kesalahaan atau ketidak puasan saat mau sewa kost di RedDoorz, wajar lah kita ada keinginan untuk survey lokasi. Nah disini juga ada fitur untuk janjian sama pemilik atau penjaga kost. Tinggal klik menu book free visit, pilih hari, tanggal dan jam kapan kita akan survey atau melakukan kunjungan, isi data diri kita (nama, nomor telp dan email) lalu klik selesai deh.

8. Beri Masukan Jika Ada Informasi yang Belum Kamu Temukan

Kayak kemarin aku nemu kamar kost yang bagus pas aku cek di aplikasi, tapi aku masih bingung karena belum tau ukuran kamarnya. Pengen tanya-tanya ke pemilik kostnya tapi belum ada informasi pemiliknya. Jadi aku klik lah di fitur pemberian masukan itu.

9. Pembayaran

If everythings okay, langsung aja pilih:

“PESAN SEKARANG”

Klik pesan sekarang yang ada di bagian bawah aplikasi.

“MEMERIKSA PESANAN”.

Jangan lupa cek detail mulai dari pilihan kamar, harga sampai tanggal pemesanan.

MASUKAN KODE PROMO

Masukan kode promo jika punya. Jika nggak ada, skip aja

“IDENTITAS PENYEWA”

Jika pesen kamar untuk sendiri maka pilih “SAYA SENDIRI” dan kolom ini akan terisi otomatis dengan data kamu di aplikasi RedDoorz. Tapi jika kamu lagi cari kost untuk orang lain maka kamu bisa pilih “ORANG LAIN” dan langsung aja isi data diri orang yang kamu carikan kost.

“KETENTUAN PEMESANAN

Centang pada bagian “saya setuju dengan KETENTUAN PEMESANAN” untuk menandakan kamu data yang kamu isi sesuai dan fix untuk melanjutkan pemesanan kamar kost di RedDoorz.

“BAYAR SEKARANG”

Kalau semua data udah terisi dan kamu siap melakukan pembayaran, langsung aja klik ”BAYAR SEKARANG”. di sana kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan pembayaran mulai dari Bank/transfer atm, Kartu Kredit, Alfamart, Indomaret, Kredivo, Go Pay atau Ovo. Jika udah melakukan pembayaran, tinggal konfirmasi pembayaran aja deh.

Gampang banget kan buat cari dan booking kamar kost via RedDoorz?

2. INFOKOST.ID

infokost.id

Selain Kost RedDoorz, Infokost.id juga salah satu situs atau platform pencarian kost yang bisa kita coba. Infokost ini bisa dibilang cukup kredible karena telah membantu para pencari hunian kost sejak tahun 2007 gaes. Waw. Cukup lama juga ya.

Di infokost juga terdapat banyak pilihan kost di berbagai wilayah yang bisa langsung kita cari di kolom “cari area”. Selain bisa mendapatkan informasi tentang kamar kost yang available dan melakukan pemesana, di info kost kita juga bisa booking dan dapat informasi penginapan lain seperti apartemen dan juga villa.

Di tampilkan pula pada beranda infokost yaitu property yang disewakan dan yang berlokasi stategis atau di keramaian seperti kolom “Dekat Kampus” maupun “Dekat Kantor”.

Setiap kos atau property yang bekerja sama dengan infokost akan dilakukan survey dan diverifikasi oleh tim infokost. Untuk yang udah pernah dikujungi oleh tim maka pada info kost atau propertinya akan tampil informasi centang hijau “sudah dikunjungi”. Sedangkan yang telah diverifikasi oleh tim juga aka mendapat label centang hijau “data terverifikasi”

Untuk menanyakan seputar kamar yang kamu incar. Cukup klik “TANYA KAMAR” pada halaman kost.

Sedangkan untuk pesan kamar di infokost caranya:

  • log in
  • pilih area
  • pilih kost
  • klik pesan
  • masukan tanggal masuk, jumlah penghuni dan durasi booking (misal 1 bulan)
  • klik selanjutnya
  • isi data diri
  • lakukan pembayaran dan konfirmasi pembayaran

3. CARI-KOS.COM

cari-kos.com

Seperti RedDoorz dan juga infokost.id, cari-kos.com juga salah satu platform pencarian sewa kost yang bisa kamu coba. Unit kost yang ditawarkan pun banyak banget jumlahnya dengan harga yang variatif tentunya. Kost di cari-kost.com juga tersebar di banyak kota besar di Indonesia.

Selain menampilkan rekomendasi kost untuk para perantau atau siapaun yang membutuhkan, situs ini juga menyediakan berbagai artikel menarik seputar anak kost maupun tips dekor kamar dan lain sebagainya. Oh iya, dan juga nggak hanya sewa kost aja, melainkan kita bisa juga cari guest house, homestay, apartemen atau pun vila disini.

4. YUKSTAY.COM

yukstay.com

Yukstay.com adalah platform pencarian hunian atau sewa kamar apartemen atau kost apartemen. Kok kost apartemen? Iya, beda dengan 2 platform sebelumnya yang udah aku jelasin, yukstay ini lebih fokus buat jual atau sewain apartemen aja. Tapi, ada dibedain jenis sewa apartemen nya.

Di yukstay ada 2 tipe unit yang ditawarkan yaitu kost di apartemen atau co-living dan juga whole living. Co-living adalah konsep hunian dengan berbnagi apartemen namun tetap dengan kamar yang berbeda. Memilih tipe ini akan lebih murah tentunnya ketimbang memilih whole living. Whole unit adalah konsep sewa apartemen full untuk diri sendiri.

Memfilter kost apartement di Yukstay juga sedikit berbeda karena hanya bisa memfilter berdasarkan tipe unit, harga dan gedungnya.

Targetnya emang beda yang untuk Yukstay ini. Mungkin lebih ke para calon penghuni yang baik secara finansial yang menggunakan fasilitas ini. Wajar aja sih kalau harga hunian di yukstay terbilang lebih mahal ketimbang situs lain. Soalnya kan yang dipasarkan juga apartemen dengan furnished lengkap dan berbagai fasilitas apartemen seperti kolam renang dan gym yang juga bisa dipakai.

Oh iya, sampai saat artikel ini aku buat Yukstay masih hanya menyajikan rekomendasi hunian di sekitaran Surabaya, Jakarta, Depok, Bekasi dan Tangerang aja ya gaes.#342D2D

Jadi Kesimpulannya?

Nyari kost emang nggak gampang, bertahan di kost yang udah di tepatin juga nggak semudah yang dibayangkan. Terlebih karena harus tinggal di kota orang buat mengadu nasib. Ada banyak hal yang bisa terjadi tanpa kita prediksi sebelumnya. Iya, seperti sekian banyak cerita yang aku alami selama sepuluh tahun tinggal di Surabaya dan pindah-pindah kost sebanyak 7 kali.

Yang baru merantau pasti butuh kost, yang udah lama nge kost bisa aja harus nyari kost baru karena berbagai macam alasan. Dulu, harus puyeng puyeng dulu kalau mau cari kost. Harus panas-panasan keliling mantau kanan kiri jalan buat nyari rumah dengan plang “TERIMA KOST” lalu nyatat nomor kontak pemilik kostnya.

Alhamdulillah banget sekarang ada banyak platform pencarian kost yang kredible dan memudahkan kita buat cari bahkan langsung booking kamar kost. Dari sekian banyak platform, jujur aku paling nyaman sama Kost RedDoorz karena ada banyak pilihan kost murah dan nyaman dengan berbagai fasilitas lengkap dan pasti sangat terawat kamarnya.

Dan lagi recommended banget karena hampir semua kost di RedDoorz punya lokasi strategis yang dekat dengan banyak pusat keramaian, perbelanjaan bahkan area hiburan. Maklum, pekerja 8 jam di kantor dan nge-freelance sesampainya di kost bikin idup kadang spaneng dan agak stress, jadi butuh tempat buat refreshing meski nggak harus ke luar kota.

Selain itu juga RedDoorz punya banyak metode pembayaran mulai dari Bank/transfer atm, Kartu Kredit, Alfamart, Indomaret, Kredivo, Go Pay atau Ovo. Anti repot-repot lagi lah yawww..

Nah mudah-mudahan pengalamanku serta berbagai tips mencari kost yang nyaman dan murah yang aku bagikan bisa bermanfaat buat kalian semua yang baca artikel ini ya. Buat dapat segala kemudahan cari hunian atau kamar host kalian bisa langsung kunjungi atau bahkan bertransaksi sewa kost di RedDoorz, atau ketiga situs atau platform pencari kost seperti infokost, yukstay, dan cari-kos, ya. Link nya udah aku kasih di atas jadi kalian bisa langsung klik aja ya..

Semoga semua perantau atau anak kost kayak aku yang ada dimanapun bisa nemu kamar yang nyaman buat istirahat dan untuk mengembalikan mood dan semangat biar bisa lebih fresh lagi esok harinya ya.

Referensi:

  • Cerita pengalaman pribadi
  • Aplikasi dan situs reddoorz.com, infokost.id, yukstay.com, cari-kos.com
  • Gambar/infografis karya pribadi dibuat menggunakan aplikasi dan website canva.com
  • Akun instagram @reddoorzid
  • Youtube channel CELOTEHDINIHARI https://www.youtube.com/watch?v=TsXjXQEk90A&feature=youtu.be
2 Shares:
30 comments
  1. sekarang makin gampang nyari kos, bener mbak dulu kalo nyari kos mesti nanya fasilitas ini itunya, syaratnya apaan aja
    dan malah ada yang harus “kontrak” setaun dulu nggak boleh keluar kosan

  2. Alhamdulillah belum pernah kedapatan ketemu dengan Mami Kos inkonsisten. Tapi kakak gue pernah tuh waktu di JKT kepaksa pindah kos karena mood ibu kos lagi gak baik. Ada suara berisik dikit komplen, air dipake lama-lama, komplain, motor nyimoennya gak rapi komplen, saking sering kena komplen. Jadi pindah deh

  3. Red doorz ternyata ada fitur buat cari kos ya…. baca pengalamanmu aku jadi inget masa-masa kos di Surabaya…

  4. Byuuhh mba Riniii ternyata sempat nomaden yaah, hebat. Hihi. Beda banget sama aku yang anak rumahan. Mulai SD sampai kuliah tempatnya di satu jalan aja di kota Malang wkwkw aduh bosen banget. Pengin ngekos juga ngga mungkin. Suatu saat kalau butuh kos kayaknya harus coba reddoorz nihh. Thanks mbaa ulasannya lengkap bangetttt

    1. Kadang-kadang hidup nomaden memang diperlukan Mba. Biar lebih tahan banting (eh dikata latihan bela diri kan ya) Ahahaha,

  5. Sebagai pemilik kost saya merasa ingin mengedepankan kenyamanan, keamanan, dan semua fasilitas saya yang tanggung namun kadang juga yg bikin sebel itu anak kost paling susah bayarnya dan sebagai pemilik kost harus mengikuti dan bersabar

  6. jadi ingat masa2 jadi mahasiswa dan harus jadi anak kost. kalo aku pribadi, pindah kost tentu saja karena ada kenaikan tarif. maklum, harus peritungan dong hihiii

  7. Jmn now cari kost gampang ya mbak tinggal pake jempol hihi..aplgi berbagai pilihan kost tersedia dan reddoorz emang juara ya sbg aplikasi pencari kost hehe

  8. Mencari tempat kos yang benar-benar nyaman dan terasa betah memang untung-untungan. Sewaktu kuliah di Padang, sangat jarang ada teman yang hanya satu kos dari awal masuk sampai tamat. Dengan adanya RedDoorz akan membantu menincar-incar dari awal. Semoga aplikasi ini tidak hanya mendukung wilayah sekitaran kota-kota besar saja.

  9. aku juga pernah jadi anak rantau dan beberapa kali pindah kost. dan memang, nggak mudah dapat kost yang cocok. ya murah, bersih ibu kost ramah, dekat ke kantor dan aturannya nggak ketat sangat. pernah, sih dapat yg bener-bener cocok. Sayangnya habis itu kostnya mau direnovasi dan ditempati sama kerabatnya sendiri, yaa… pindah lagi, deh

  10. Saya dulu masa kuliah 6 kali pindah kost, makin lama makin jauh dari kampuns Alasannya spy dekat kota dan pengen tau rasanya tinggal di kawasan tsb hehe

  11. wah kereeen sekarang reddorz merambah ke kost-an juga, ya. apalagi jika fasilitasnya lebih oke, pasti mending nge kost di reddoorz aja deh. pernah banget dulu kuliah suka bingung mau nge kost dimana, takutnya enggak bersih tempatnya dll. kalau pakai kost reddoorz begini bisa di cek dulu via online dan gambarnya jelas real, pasti lebih mudah, ya.

  12. Mencari kostan ibarat mencari jodoh jg, cocok cocokan meski g ada yg sempurna yg penting kita sama-sama berjuang.
    Kalau dgr reddorz ini ingetnya sama hotel2 gitu, inovasi buat para pencari kosan yaa. Superb.
    Semoga Kak rini tahun depan ga perlu cari kosan ya, karena akan dibawa jodohnya dalam bahtera rumah tangga 😆.

  13. Terima kasih infonya. Kebetulan saya juga sedang mencari kos untuk adik saya di Surabaya dan informasi ini membantu.
    Saya sendiri juga ngekos, tapi tidak pernah pindah karena gak mau ribet. Selama tahan ya dipertahankan saja.

  14. Waktu zaman kuliah sama kerja di luar kota dulu kenapa gak ada aplikasi macam begini ya, padahal kan baru kemarin-kemarin aja merantaunya. Kemarin. Satu dekade kemarin.

  15. Pantes menang tulisan ini
    aku kalau baca blog ini jadi kebayang yang nulisnya mulu
    dan senyum2 sendiri membayangkan doi bercerita
    pindah kos 7 kali
    apa nggak susah angkat2 barang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.