Hindari Hoax, Ini 4 Tips Memilih Situs Berita Terpercaya

situs berita (2)

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan jaringan internet semakin cepat membuat kamu lebih mudah menemukan berita dan informasi terkini. Banyaknya situs berita yang ada di internet membuat kamu mudah mendapatkan informasi beragam dari sudut pandang banyak orang. Namun perlu diingat, tidak semua situs berita tersebut terpercaya, tak sedikit orang yang termakan hoax.

Hoax atau berita palsu menjadi masalah yang harus dihadapi bersama, jangan sampai semakin banyak berita hoax dan membuat orang lain merasa tertipu. Pasalnya berita hoax menimbulkan banyak masalah, seperti menipu, mengadu domba, menyesatkan, bahkan menimbulkan bahaya lainnya jika percaya berita hoax. Oleh sebab itu, kamu harus pintar memilih situs berita yang tepat dan terpercaya.

4 Tips Memilih Situs Berita Terpercaya

Bagi kamu yang ingin membaca berita dan sharing informasi ke orang lain, tentu kamu harus mengetahui kebenaran atau fakta isi berita tersebut. Untuk menghindari hoax, berikut ini merupakan 5 tips memilih situs berita terpercaya yaitu:

1. Website Terpercaya dan Kredibel

Beberapa orang termakan berita hoax karena tidak memilih situs berita yang terpercaya dan kredibel, padahal banyak situs yang kredibel seperti wartasaranamedia.com. Tentunya ini menjadi PR bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dalam memilih bacaan berita, jangan sampai termakan hoax karena situs palsu. Website berita yang terpercaya memiliki domain sendiri, cukup besar, ternama dan bisa dipercaya.

2. Rajin Baca Artikel

Bagi kamu yang sering membaca artikel pastinya sangat paham membedakan artikel terpercaya dan palsu. Artikel palsu biasanya tidak masuk akal, mustahil dan berlebihan. Artikel palsu dibuat hanya untuk mencari traffic dan sebaran sensasi melalui berita bohong.

Untuk menghindari hoax saat membaca situs berita, kamu bisa membaca artikel lainnya di situs tersebut. Jika berita-berita sebelumnya memberikan fakta dan kebenaran atau bukan hal palsu atau hoax, kemungkinan artikel yang kamu baca tersebut juga fakta. Begitupun sebaliknya, jika situs berita tersebut sering membawakan berita hoax, lebih baik kamu tinggalkan dan jangan mencari berita di situs tersebut lagi.

3. Melakukan Perbandingan

Jika kamu masih ragu akan kebenaran artikel berita yang kamu baca di situs berita, tak ada salahnya kamu mencari artikel lainnya dengan judul atau topik yang sama, lalu melakukan perbandingan. Hal ini akan menambah referensi bacaan Anda, menambah wawasan, mengetahui bobot sudut pandang setiap tulisan yang disajikan, mengetahui permasalahan lebih luas, dan bisa menganalisis kebenaran berita.

4. Artikel Netral atau Alamiah

Saat membaca situs berita yang cukup panas, pilihlah berita yang netral atau alamiah. Artinya, jika menyoroti kesalahan individu atau kelompok tertentu tidak begitu menyudutkan dan mengorek-ngorek kesalahan lainnya, namun fokus terhadap permasalahan yang dibahas. Hal ini bertujuan untuk menghindari terkena adu domba dan perpecahan.

Ada beberapa berita yang menyudutkan salah satu pihak bukan hanya ingin memberikan informasi, tetapi juga menyudutkan dan memprovokasi pembaca untuk ikut dia tidak menyukai individu atau kelompok tertentu. Oleh sebab itu, pilihlah situs berita yang menyajikan artikel yang netral atau alamiah dan fokus terhadap permasalahan yang dibahas.

Itulah 4 tips memilih situs berita terpercaya dan kredibel untuk menghindari hoax yang bisa kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan jauh dari penipuan dan tetap mendapatkan berita yang benar dan fakta.

wartasaranamedia.com merupakan salah satu situs berita yang bisa kamu pilih yang menyajikan beragam informasi bermanfaat sesuai fakta dan kebenaran di lapangan. Jadi lebih pintar lagi memilih situs berita sebelum menyebarkannya ya! – celotehdinihari.com

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.