Klik Indomaret, Solusi Cerdas Kelola Tagihan dan Keuangan Rumah Tangga

Klik Indomaret, Solusi Cerdas Kelola Tagihan dan Keuangan Rumah Tangga

Banyaknya tagihan rumah tangga yang harus dibayarkan setiap bulan membuat kami harus mengatur strategi agar semua tercukupi dan bisa mewujudkan mimpi dan tujuan keuangan kami. 

***

Hampir 1 tahun kami membangun biduk rumah tangga. Masih banyak hal seputar rumah tangga yang masih harus kami pelajari. Ternyata benar kata orang, menikah itu bukan perkara gampang. Menikah adalah ibadah seumur hidup yang tentu nggak akan mudah menjalaninya.

Perubahan status dari “single” menjadi “married” ternyata bukan perkara tulisan di KTP semata. Perubahan gaya hidup sebelum dan setelah menikah terasa sekali sangat berbeda. Setelah menikah, kami harus melakukan semuanya secara mandiri, terutama masalah keuangan keluarga.

Nggak bisa nih sekarang dikit-dikit nyolek orang tua atau saudara. Pun masalah keuangan rumah tangga ternyata bukan tentang uang yang dibutuhkan untuk hidup saat ini aja, tapi juga untuk masa depan keluarga kecil kita.

Serunya Menyandang Status Baru sebagai Manajer Keuangan Rumah Tangga

Klik Indomaret, Solusi Cerdas Kelola Tagihan

Gilakkkk yah! Ternyata kebutuhan setelah berumah tangga itu banyak banget. Terutama bagi kami yang memang punya banyak mimpi yang ingin dicapai bareng-bareng. Punya rumah sendiri, ingin buka bisnis berdua, nyiapin dana darurat, nyiapin dana pendidikan anak, ingin umroh dan masih banyak impian lainnya.

Nggak gampang!

Ya, tak semudah kita membalikkan telapak tangan. Karena kami bukan keluarga sultan, jadi kami harus atur strategi agar semua kebutuhan tercukupi dan juga bisa menabung atau investasi untuk masa depan kami.

Suami mempercayakan pengelolaan keuangan keluarga ke aku. Yap, bukan tanpa alasan sih. Suami memang nggak pinter jaga dan kelola duit. Daripada kacau, suami menyerahkan urusan atur uang keluarga ke aku yang memang udah lebih rapi mengatur keuangan pribadi jauh sebelum kami menikah.

Menduduki jabatan baru sebagai manajer keuangan rumah tangga juga bikin aku mikir keras, tentu suami juga karena kami selalu diskusi kalau masalah duit. Dari sekian banyak kebutuhan keluarga, kami sadar kalau kami harus membuat skala prioritas. Hal terpenting, kami harus bisa membedakan mana nih yang kebutuhan dan mana pula yang keinginan.

KLIK INDOMARET Cara Menentukan Skala Prioritas Keuangan dalam Rumah Tangga

Tagihan Rumah Tangga adalah Pengeluaran Tetap yang Harus Menjadi Skala Prioritas

Saat masih “bujang” memang ada pengeluaran pokok atau tagihan yang harus aku bayarkan. Namun tentu kondisinya sangat beda dengan saat setelah aku kini berumah tangga. Ada beberapa hal yang tadinya nggak masuk ke dalam anggaran rumah tangga, ternyata kini harus jadi prioritas utama.

Jika aku klasifikasikan, ada beberapa tagihan yang selalu masuk prioritas atas yang harus aku dan suami penuhi atau bayarkan terlebih dulu. Dengan kata lain, setiap kali kali gajian, uang kami langsung kami tempatkan untuk bayar tagihan-tagihan dan biaya-biaya ini. Apa aja?

1. Listrik dan Air

Listrik adalah salah satu pos pengeluaran rumah tangga yang aku prioritaskan. Ya nggak heran, listrik dan air jadi kebutuhan pokok di rumah kami, apalagi kami selain kerja di kantor, juga terbiasa kerja di rumah untuk mengerjakan beberapa side job.

Setiap habis gajian, aku memasukan senilai uang pada pos khusus listrik dan air, dan saat waktunya bayar tagihan, aku tinggal pakai uang yang udah aku siapkan tadi. Jadi, uang untuk listrik dan air selalu siap dan nggak akan terganggu kebutuhan lain.

Untuk urusan listrik, kami sih pakai prabayar karena menurut kami lebih mudah aja gitu mengontrol pemakaian listriknya biar lebih hemat juga.

2. Isi E-Money

Pos biaya lain yang juga aku anggarkan setiap bukan adalah isi e-money. Kenapa? Soalnya aku dan suami memang beraktivitas ke kantor pakai mobil, jadi sering keluar masuk toll. Dan nggak hanya itu, untuk keperluan parkir di banyak tempat atau belanja di minimarket juga kami biasa pakai e-money biar lebih praktis.

3. Iuran BPJS

Aku dan suami adalah karyawan swasta di perusahaan yang berbeda. Jadi sebenarnya untuk urusan BPJS kami sudah ikut kantor masing-masing, jadi nggak pakai bayar mandiri.

Namun, orang tua ku bukan karyawan jadi harus iuran BPJS secara mandiri. Karena orang tua ku udah “sepuh” jadi aku yang urus masalah pembayarannya.

4. Pajak Bumi dan Bangunan

Alhamdulillah Aku dan suami baru aja menempati rumah baru di bulan ke 5 pernikahan kami. Sebelum menikah kami memang udah persiapkan dana khusus untuk beli rumah (masih KPR sih). Kami pun memilih untuk mengadakan acara pernikahan dan sederhana biar uangnya bisa untuk rumah kecil kami.

Setelah menempati rumah kecil kami ini, tentu ada kewajiban lain yang mengikuti yaitu bayar pajak bumi dan bangunan ya kan? Nah, biaya pajak ini juga aku alokasikan khusus loh setelah kami gajian.

5. Asuransi

Hal yang nggak kalah penting dan jadi prioritas kami berdua setelah dana darurat kami terkumpul adalah asuransi. Asuransi bagi kami sebagai proteksi terhadap harta atau aset yang dimiliki. Asuransi memang ada banyak macamnya, mulai dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan sebagainya.

Kami sih karena sudah ada BPJS dan masih kami rasa cukup, jadi belum pakai asuransi swasta. Tapi untuk kendaraan, karena kami hampir tiap hari pakai mobil, jadi kami memutuskan untuk pakai asuransi. Biar kalau “naudzubillah” terjadi sesuatu yang nggak diinginkan, tabungan keluarga kecil kami nggak akan banyak terganggu dan tujuan masa depan kami tetep bisa kami raih.

6.  Pajak Kendaraan (Mobil dan Motor)

Selain pajak bumi dan kendaraan, biaya dan tagihan lain yang wajib kami bayar tentunya pajak kendaraan. Kami ada 1 mobil dan 1 motor di rumah. Keduanya jelas ada hitungan pajaknya sendiri. Kami harus menyiapkan uang pajak kendaraan satu tahun sekali. Meski begitu, aku mengalokasikan biaya pajak ini setiap bulan. Jadi kalau udah waktunya bayar pajak yang bisa berjuta-juta itu, uang kami udah siap.

7. Zakat

Zakat nih tabungan akhirat, wajib bagi kita setiap muslim yang memenuhi syarat. Kebetulan dan alhamdulillah aku dan suami dikasih rezeki bisa berpenghasilan dari kantor maupun dari sidejob. Jadi sudah tentu zakat adalah salah satu pengeluaran yang harus kami prioritaskan sebelum kami mengeluarkan biaya-biaya lain yang sifatnya tidak sepenting zakat.

Kami memilih setiap habis gajian langsung menuntaskan kewajiban zakat ini. Kenapa? Takut kelupaan kalau ditunda-tunda, hehe.

Klik Indomaret: Solusi Pintar Atur Tagihan dan Belanja Para Ibu Rumah Tangga

Klik Indomaret Solusi Pintar Atur Tagihan dan Belanja Para Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga yang juga masih kerja 9 to 5 di kantor, aku harus pintar-pintar membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah. Suami alhamdulillah juga tak banyak “sambat” kalau aku butuh bantuan. Namun, suami juga banyak aktivitas baik di kantor atau di rumah, karenanya kita perlu cara cerdas untuk mempermudah hidup dalam berumah tangga.

Urusan atur tagihan, aku punya cara sendiri agar semua bisa terbayar dan terpenuhi sesuai waktunya. Yap, aku pakai aplikasi Klik Indomaret yang memiliki fitur pembayaran produk virtual yang berkaitan dengan urusan rumah tangga mulai dari isi pulsa, bayar listrik dan PDAM, hingga bayar zakat.

Siapa sih yang nggak tau Indomaret? Outlet nya yang selalu ada di sekitar kita serta kemudahan belanja di storenya membuat kita akrab dan selalu menempatkan Indomaret di urutan pertama toko untuk belanja kebutuhan rumah dan kebutuhan sehari-hari.

Kerennya, Indomaret dengan nama besarnya tak henti berinovasi dan terus berusaha mempermudah para pelanggannya. PT. Klik Indomaret Perkasa sebagai pemilik jaringan toko Indomaret yang dipercaya lebih dari 25 tahun oleh konsumennya kini menghadirkan aplikasi Klik Indomaret yang merupakan one stop online store dan menyediakan beragam produk dalam satu genggaman.

Alasan Kami Menggunakan Klik Indomaret?

Bukan tanpa alasan tentunya kami pakai Klik Indomaret untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan rumah tangga. Kalau aku rangkum, berikut ulasannya:

1. Beragam Produk Lifestyle Tersedia

Kamu biasa belanja bulanan apa untuk rumah tangga?

Sabun mandi? Shampoo? Minyak kelapa? Es krim?

Semua ada loh di Klik Indomaret. Nggak hanya itu, kalau charger kamu rusak padahal bateraimu dan mau habis, kamu juga bisa beli charger handphone di Klik Indomaret. Iya, selengkap itu.

Pilihan kategori produk yang tersedia yaitu:

  • Aneka produk virtual (Indomaret Poinku, Pulsa dan paket data, E-Samsat, isi E-Money, Listrik/PLN. Asuransi Mikro, BPJS, Internet dan TV Kabel, Voucher Game, E-Streaming, Gas, Pajak Bumi dan Bangunan, Air/PDAM, Telkom dan Telepon Pasca Bayar, Iuran Pemeliharaan Lingkungan, Asuransi, Multifinance, Pendidikan, Layanan Publik dan juga Zakat)
  • Food (Point Coffee, Fried Chicken, Mister Donut, Bento Set, Lauk Pauk, Pizza, Onigiri, Say Bread, Say Burger, aneka minuman, paper product dan juga Steam Food)
  • Tiket kereta, pesawat dan juga kapal ferry
  • Tiket masuk wahana dan pertunjukan
  • Produk gadget dan elektronik mulai dari handphone, tablet, komputer, aksesoris dan lain sebagainya.
  • Produk fashion wanita, pria, hingga anak dan tas travel.
  • Keperluan ibu dan anak mulai dari mainan, makanan, susu, hingga perlengkapan menyusui
  • Produk segar mulai dari makanan dingin dan beku, es krim, hingga ayam, daging dan seafood.
  • Makanan mulai dari makanan kaleng, makanan instan hingga bahan kue.
  • Minuman mulai dari susu, jus, kopi, hingga minuman tradisional.
  • Kesehatan dan kecantikan mulai dari kosmetik, produk perawatan pria hingga produk kesehatan.
  • Home & Living mulai dari jas hujan, tisu, elpiji, makanan hewan hingga peralatan olahraga.
  • Produk 18+ seperti rokok dan alat kontrasepsi.

2. Permudah Kelola Keuangan Rumah Tangga: Bayar Beragam Tagihan Rumah Tangga dari Satu Aplikasi

Aku adalah orang yang selalu mendahulukan membayar semua tagihan, kewajiban atau hutang dan juga alokasi biaya rutin (fixed cost) di awal. Jadi, setiap habis gajian, aku usahakan untuk mengeluarkan uang untuk hal-hal rutin tadi dulu, karena semua biaya-biaya itu pasti aku keluarkan.

Nah, dengan adanya Klik Indomaret yang mempermudah semua tagihan dan fixed cost rumah tanggaku mulai dari bayar BPJS orang tua, zakat, beli token listrik, bayar air, bayar PBB dan Pajak Kendaraan,  isi pulsaku dan suami, isi e-money dan lain lain bisa aku lakukan secara cepat dan mudah lewat satu aplikasi aja.

KLIK INDOMARET Permudah Kelola Keuangan Rumah Tangga Bayar Beragam Tagihan Rumah Tangga dari Satu Aplikasi

Aku lebih mudah mengatur keuangan keluarga kecilku karena semua kewajiban dan tagihan bisa aku bayar lebih cepat dan tepat waktu. So, aku bisa lebih cepat mengetahui berasa sisa uang rumah tangga yang masih free dan bisa aku alokasikan untuk kebutuhan lain misalnya untuk ditabung, investasi dan lain sebagainya.

3. Pengalaman Berbelanja yang Nyaman

Klik Indomaret mengusung konsep One Stop One Shop, jadi sekali kita masuk ke satu aplikasi ini, kita bisa belanja online untuk banyak kebutuhan sekaligus, layaknya kita lagi belanja masuk mall dan bisa melihat-lihat juga membeli beraneka ragam kebutuhan atau produk.

4. Free Shipping, Cocok untuk si Mager dan si Sibuk

Enaknya kalau belanja online kebutuhan di Klik Indomaret lainnya yaitu kita nggak akan dikenakan biaya kirim alias gratis ongkir jika belanja di Toko Indomaret dengan minimal belanjaan Rp100.000 untuk pembelanjaan reguler dan Rp150.000 untuk pembelanjaan express (di luar pembelian gas LPG tabung gas atau isi ulang 12kg & Bright Gas tabung atau juga isi ulang 5,5kg).

Buat kamu yang suka mager buat belanja kebutuhan rumah atau bayar tagihan ini itu, juga buat kita yang punya seabrek aktivitas setiap hari bisa banget loh alihkan tugas belanja ke Klik Indomaret aja!

5. Proses Pembayaran Mudah

Nggak perlu khawatir bakal dibikin ribet dengan cara pembayaran saat belanja di aplikasi atau pun websitenya, nyatanya belanja di Klik Indomaret gampang banget kok! Sistem pembayarannya pun beragam dan bisa kita pilih mulai dari:

  • i.saku
  • Mandiri Virtual Account
  • BCA Virtual Account
  • Virtual Account Bank lain
  • Uang Elektronik (Link Aja)
  • CIMB Niaga Rekening Ponsel

6. Transaksi Aman

Yang biasanya bikin khawatir kalau belanja dan bayar online tuh biasanya di masalah keamanannya ya kan?

Nah jangan khawatir, di Klik Indomaret menggunakan sistem Secure e-Payment yang bisa memberikan keamanan transaksi online yang akan kita lakukan. Jadi saat akan proses bayar, kita akan diminta verifikasi terlebih dulu.

Selain itu, Klik Indomaret juga bekerjasama dengan bank-bank dan payment gateway terpercaya. Jadi makin aman deh!

7. Banyak Promo

Jangan khawatir, meski belanja online di website atau di aplikasi Klik Indomaret, kita tetep bisa dapat banyak promo loh. Promonya juga , beragam mulai dari diskon atau potongan harga dan juga beli 2 gratis 1 untuk produk tertentu. Untuk promosi ini bisa dicek langsung di aplikasi dan website Klik Indomaret loh, langsung muncul di Home tuh produk apa aja yang ada diskonnya.

So Easy, Begini Cara Beli Produk Virtual di Klik Indomaret

LOMBA KLIK INDOMARET-Mudahnya Beli Beli Produk Virtual di Klik Indomaret

Kalau mau beli produk virtual di Klik Indomaret, caranya gampang banget. Misalnya ini aku kemarin baru aja isi token listrik, caranya gini aja loh:

  • Buka aplikasi Klik Indomaret
  • Login
  • Klik menu Kategori
  • Pilih “Virtual”
  • Pilih produk virtual yang ingin dibeli/dibayar
  • Misal sepertiku yang ingin beli token listrik, maka klik “Listrik (PLN)”
  • Isi nomor meter atau ID Pelanggan
  • Pilih “Bayar”
  • Konfirmasi pesanan dan klik “Lanjut Pembayaran”
  • Pilih metode pembayaran
  • Klik “Bayar Sekarang”
  • Bayar sesuai metode bayar yang kita pilih
  • Done. Klik lihat detail pesanan untuk melihat nomor Stroom atau Token

Gampang kan??

Harapan untuk Klik Indomaret di Masa Depan

So far sebenarnya aku sudah cukup puas dengan apa yang bisa aku dapatkan di Klik Indomaret. Harapanku, semoga kedepannya pilihan metode pembayaran di Klik Indomaret bisa makin lengkap. Untuk uang elektronik terutama, sementara untuk saat ini Klik Indomaret baru menyediakan pilihan pembayaran dengan Link Aja, semoga kedepannya bisa bertambah misalkan dengan OVO, Gopay, Dana, dan lain sebagainya. Karena aku sendiri jujur lebih sering menyimpan uang di OVO dan Gopay sih, hehe.

Lalu harapan kedua, semoga produk yang dihadirkan di Klik Indomaret makin lengkap, misalkan untuk pilihan produk virtual Asuransi, semoga makin banyak penyedia asuransi yang masuk ke Klik Indomaret. Pun juga untuk produk virtual pendidikan ya, semoga makin banyak lembaga pendidikan yang bisa dibayar melalui Klik Indomaret.

Permudah Hidupmu dengan Klik Indomaret

KLIK INDOMARET

Zaman sekarang, apa apa yang bisa dibikin simple kalau bisa ya jangan diribetin deh! Percaya sama aku, hehe.

Kalau ada aplikasi dan website untuk belanja yang lengkap hingga bisa bayar tagihan ini itu seperti Klik Indomaret, maka manfaatkanlah untuk permudah hidupmu!

Aku dan suami udah buktiin betapa manfaat yang bisa kami dapatkan dengan belanja dan bayar tagihan di Klik Indomaret. Terutama untuk ibu rumah tangga yang dapat tugas dari suami untuk kelola keuangan rumah tangga dan mendapat mandat untuk atur bayar tagihan yang seabrek, maka jangan persulit diri dengan metode pembayaran yang rumit. Cukup download dan install Klik Indomaret sekarang juga! atau kamu juga bisa belanja melalui websitenya yaitu www.klikindomaret.com.

Download Klik Indomaret di Playstore
Download Klik Indomaret di App Store

Untuk informasi terupdate seputar promo dan program Klik Indomaret lainnya kamu bisa juga kunjungi sosial media Klik Indomaret dan juga blogklikindomaret.com ya!

Instagram Klik Indomaret
TikTok Klik Indomaret

Selamat berbelanjaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!

 

Referensi:

  • Semua gambardan ilustrasi  milik Rini Novita Sari (celotehdinihari.com), diolah dengan aplikasi Canva.
  • Logo diambil dari website https://blog.klikindomaret.com/
  • Self Experience menggunakan aplikasi Klik Indomaret
  • https://blog.klikindomaret.com/

Disclaimer: Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi dan disertai dengan referensi dari berbagai sumber. Tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis, saya sendiri, Rini Novita Sari

 

0 Shares:
5 comments
  1. ya ampun, bener banget mbaak.. tapi krna kmren device hp belum memenuhi untuk download klik Indomaret jadi blm bener-bener makek aplikasinya. Ini jadi pengen makek lagi dong..

  2. Indomaret termasuk minimarket yang aku suka karena penempatan shelvingnya yang rendah gak terlalu tinggi, jadi view gak sesek gitu. enak dilihatnya. 1produk juga juga lengkap. terus ada ATM nya, bisa ambil uang kapan saja ketika dibutuhkan. beberapa kali juga aku bayar pembayaran ecommerce di indomaret. sampai bayar tagihan asuransi BPJSku juga disana, tapi belum pernah nih pakai aplikasinya. auto nyobain dong. btw, welcome to the married world ya, menakjubkan yaaa, hehehe

  3. Banyak ya yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Bahkan bayar pajak kendaraan juga bisa. Sangat jadi solusi nih buat kita-kita. Pembayarannya pun beragam pilihan.

  4. Klik Indomart memudahkan hidup kita. Apalagi outletnya setia alias setiap tikungan ada. Hahaha. Jadi, enggak perlu khawatir lagi pakai aplikasinya.

  5. Yang penting transaksi aman dan banyak promonya. Bagi yg mager dan Unlimited saldo sangat rekomended klik Indomaret

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like