Ini 4 Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya

Lembaga Amil Zakat Terpercaya

Salah satu ibadah dan kewajiban umat muslim yaitu membayar zakat, ini sesuai untuk memenuhi rukun Islam yang ke-4 yaitu zakat. Kini membayar zakat jadi lebih mudah dengan adanya lembaga amil zakat terpercaya. Meskipun begitu dalam pelaksanaannya banyak orang yang merasa khawatir dalam memilih lembaga terpercaya dan amanah untuk menyalurkan zakat mereka. Pasalnya tak sedikit penipuan yang mengatasnamakan ibadah, seperti sedekah atau lainnya.

Hal tersebut tidak salah, pasalnya kita memang harus berhati-hati dalam memilih lembaga amil zakat terpercaya. Laporan keuangan yang tidak transparan dan tidak jelas membuat banyak orang enggan memilih lembaga untuk membayar zakat. Jangan sampai uang atau harta kita jatuh ke orang yang selamat dan tidak amanah.

Tips Memilih Lembaga Amil Zakat Terpercaya

LAZ atau Lembaga Amil Zakat merupakan sebuah lembaga yang berfungsi untuk mengelola zakat non negara. Lembaga ini dibentuk oleh masyarakat untuk mengemban tugas mengumpulkan, mendistribusikan serta mendayagunakan zakat yang diberikan dari masyarakat. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih lembaga amil zakat terpercaya, di antaranya yaitu

Pastikan Anda memilih lembaga amil zakat resmi dan legal atau terdaftar di Kementerian agama. Legalitas ini sangat penting diperhatikan, menandakan bahwa lembaga tersebut sudah terverifikasi sesuai kriteria yang ditetapkan sebagaimana lembaga zakat. Dalam pembentukannya sendiri, ini harus sesuai dengan izin menteri agama atau pejabat lainnya yang ditunjuk sebagai menteri.

Untuk mendapatkan izin sebagai lembaga amil zakat resmi, maka perlu memenuhi syarat seperti:

  • Menjadi ormas Islam yang mendapatkan izin resmi dan legalitas di bidang dakwah, pendidikan dan sosial.
  • Untuk perkumpulan orang perseorangan tokoh umat Islam atau pengurus wilayah yang belum terjangkau oleh LAZ dan BAZNAS cukup dengan menginformasikan kegiatan pengelolaan zakat.

2. Mempunyai Struktur Kelembagaan yang Jelas

Saat memilih lembaga amil zakat terpercaya, pastikan Anda memperhatikan strukturnya terlebih dahulu. Struktur kelembagaan yang tepat dan jelas membantu Anda untuk mengetahui kejelasan berdirinya lembaga tersebut dan kemudahan dalam mengelola lembaga tersebut.

Struktur kelembagaan yang jelas juga membantu Anda mengetahui keefektifitasan organisasi, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan hingga evaluasi. Dengan begitu, Anda bisa meyakini kredibilitas lembaga tersebut.

3. Visi Misi Lembaga Amil Zakat

Tips memilih lembaga amil zakat selanjutnya yaitu dengan visi misinya. Visi misi ini Tentunya menjadi acuan bagi lembaga tersebut untuk melaksanakan, mengimplementasikan atau mewujudkannya. Visi misi ini juga bisa menjadi target yang harus dicapai oleh lembaga tersebut.

4. Memiliki Kejujuran

Saat memilih lembaga amil zakat terpercaya, kejujuran pada pribadi masing-masing dan menjalankan tugas adalah hal yang penting. Jujur bukan hanya masalah uang, tetapi pada setiap administrasi dan pengelolaan yang sangat jelas. Sebuah lembaga harus memberikan kabar pengelolaan dan pendistribusian zakat sesuai dengan sistem pengelolaan yang tepat. Dengan begitu, Muzakki merasakan nyaman dan aman dalam membelanjakan harta yang mereka berikan.

Pasalnya tak sedikit contoh lembaga zakat di lapangan yang menggunakan hak orang lain untuk kepentingan kelompok atau individu. Hal tersebut tentu sangat bertentangan dengan amanat serta menyalahi aturan yang sudah ditetapkan dalam lembaga maupun agama.

Itulah 4 tips memilih lembaga amil zakat terpercaya dan berkualitas yang bisa Anda lakukan untuk membayar zakat lebih aman. Salah satu lembaga yang bisa Anda pilih yaitu https://alhilal.or.id/.

LAZ Al Hilal merupakan lembaga amil zakat terpercaya dan resmi yang sudah berada dibawah izin Kementerian agama. Lembaga ini juga melayani pengelolaan infak, sedekah dan wakaf terpercaya. Beberapa pengelolaan atau pengorganisasian yang sudah berjalan yaitu wakaf asrama untuk yatim piatu, ambulans gratis, borong pedagang dan lainnya. – celotehdinihari.com

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.