10 Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Salah Pilih

Membeli Laptop Baru

Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Salah Pilih – Salah satu perangkat yang saat ini menjadi kebutuhan wajib bagi mahasiswa ataupun pebisnis adalah Laptop. Dengan menggunakan laptop pekerjaan yang penting bisa dikerjakan baik dirumah ataupun dimanapun tanpa bingung harus membawa PC yang berat.

Memilih sebuah laptop yang dibutuhkan tentu saja tidak mudah apalagi jika budget yang disiapkan pas-pasan. Untuk itu sebelum membeli, alangkah baiknya memiliki preferensi baik spesifikasi atau kriteria yang diinginkan.

Bagi kamu yang ingin membeli laptop baru yang sesuai dengan kebutuhan, silakan simak tips berikut yang dikutip dari blog tutorialservis.com.

Tips Membeli Laptop Baru

Membeli Laptop Baru (1)

Ada beberapa tips penting sebelum menentukan laptop yang akan kamu beli. Mulai dari ukuran, desain, sistem penyimpanan dan lainnya. Simak selengkapnya di bawah ini.

#1. Ukuran Laptop

Hal yang harus jadi pertimbangan ketika membeli laptop adalah ukuran. Pastikan ukuran yang kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

Laptop saat ini memiliki ukuran yang beragam dari 13, 14, 15 dan 17 inci. Semakin besar ukuran laptop biasanya juga akan menambah beratnya. Pada umumnya laptop yang dijual di pasaran adalah mempunyai ukuran 14 inci.

Namun jika kamu membutuhkan tenaga tinggi seperti untuk desain atau gaming sebaiknya membeli laptop dengan ukuran besar.

#2. Processor

Sebuah laptop akan dipengaruhi oleh processor yang tertanam di dalamnya. Ini adalah otak dari seluruh proses di laptop yang mengatur dan mengerjakan perintah dari penggunanya (user).

Pada umumnya laptop yang beredar di masyarakat menggunakan processor dari Intel dan AMD. Kedua merek processor tersebut sudah tak perlu diragukan kehebatannya. Namun yang menjadi unggulan adalah laptop dengan processor Intel, harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan yang berprocessor AMD.

Untuk Intel memiliki banyak tipe processor mulai yang rendah seperti Intel Pentium hingga yang menengah seperti Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7 hingga yang terbaru adalah Intel core i9.

Setiap tipe processor juga dipengaruhi oleh generasinya. Semakin terbaru generasi processor tentu performanya semakin tinggi dan fitur-fitur yang tersemat di dalamnya juga semakin banyak.

Untuk processor AMD seri tertinggi biasanya yang memakai AMD Ryzen 3, 5 atau 7. Pastikan kamu memilih processor yang sesuai dengan kebutuhan, karena bersifat permanen sebelum membeli laptop harus dipikirkan dengan baik.

#3. Kapasitas RAM

Selain processor, RAM adalah perangkat yang berpengaruh terhadap kinerja laptop. Kapasitas RAM laptop pada umumnya saat ini adalah 4GB, 8GB, 16GB, 32Gb hingga yang 64GB.

Sebaiknya kamu memilih laptop dengan RAM yang besar. Apalagi jika kamu adalah seorang desainer grafis atau gamers, maka membutuhkan RAM yang lebih besar.

Saat ini hampir setiap pembelian laptop sudah terinstal Windows 10. Maka sebaiknya pilihlah laptop yang memiliki RAM minimal 4GB atau diatasnya agar dalam bekerja tidak lambat.

#4. Sistem Penyimpanan Laptop

Dalam sebuah laptop tentu ada media penyimpanan baik hardisk atau SSD. Saat ini kebanyakan laptop sudah menggunakan media penyimpanan yang cepat yaitu SSD Nvme. Ini jauh lebih cepat dibandingkan dengan penyimpanan hardisk.

Namun yang harus diketahui juga adalah, laptop dengan penyimpanan SSD harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang memakai hardisk. Alasanya adalah SSD memberikan kecepatan beberapa kali lipat dari hardisk.

Kembali lagi jika kamu butuh laptop dengan penyimpanan data yang banyak bisa membeli laptop berbasis hardisk. Tetapi jika butuh kecepatan, seperti mendesain atau bermain game silakan pilih yang pakai SSD.

Alternatif lain adalah membeli laptop yang bisa menggabungkan keduanya, yaitu bisa memakai SSD dan hardisk dalam 1 perangkat.

Ada beberapa laptop yang dijual dengan paket penyimpanan SSD dan hardisk, ada pula yang dijual dengan basis SSD saja namun bisa menambahi hardisk pada slot di dalamnya.

#5. Desain Laptop

Apakah sebuah desain penting ketika membeli laptop? Tentu saja bagi sebagian orang ini tidak penting karena pada umumnya laptop hanya berbentuk tipis dan bisa dibuka 90 derajat. Tetapi jika kamu adalah seorang yang kreatif, suka mengeksplorasi desain laptop sangat penting.

Saat ini banyak laptop yang bisa dilipat dari 180 derajat sampai 360 derajat. Ada pula yang bisa dilepas antara layar dan keyboard sehingga dapat dijadikan tablet. Laptop seperti ini lebih dikenal sebagai laptop hybrid atau 2 in 1.

Desain laptop juga ada yang bisa dilipat seperti tower untuk kamu yang suka presentasi, atau ada juga laptop yang memiliki dua layar yang bisa dipakai secara bersamaan dan sendiri-sendiri seperti produk dari Asus.

Apapun pilihan desain yang nantinya kamu ambil pastikan poin pentingnya adalah ketahanan di bagian engsel dan solid casingnya.

#6. Daya Tahan Baterai Laptop

Tips berikutnya yang harus diperhatikan sebelum membeli laptop adalah pertimbangan daya tahan baterai. Ini wajib dipikirkan karena setiap laptop daya tahannya berbeda, apalagi jika sudah beda merk.

Pada umumnya laptop memiliki daya tahan baterai 6-8 jam, namun saat ini dengan adanya project Athena ada laptop yang bisa bertahan hingga 16 jam.

Perlu diperhatikan juga bahwa daya tahan tersebut juga dipengaruhi oleh pemakaian laptop, aplikasi yang dijalankan, jenis processor, koneksi internet dan faktor ruangan.

Tips merawat baterai laptop juga sangat penting untuk dipelajari. Pastikan kamu tidak melakukan charge terus-menerus, meredupkan layar atau mengubah mode malam ketika bekerja di malam hari, mengecas laptop ketika baterai sudah tinggal 20% dan melakukan charge dalam kondisi laptop mati.

#7. Kualitas Layar Laptop

Banyak orang awam yang tidak tahu kualitas layar laptop yang dimiliki. Maka dari itu penting sekali mengetahui jenis layar laptop yang ingin kamu beli. Pelajari resolusi dan sudut pandang layar agar tidak salah beli.

Jika kamu bekerja di bidang desain grafis, jenis panel layar IPS sangat dianjurkan karena memiliki ketajaman dan akurasi warna yang tinggi, sudut pandang layar juga lebih luas. Jangan sampai kamu membeli laptop untuk desain grafis tetapi jenis panel nya masih TN.

#8. Konektivitas

Kebutuhan akses internet saat ini sangatlah penting. Oleh sebab itu, ketika kamu ingin membeli laptop pastikan mencari yang konektivitasnya lengkap seperti adanya WiFi.

Selain itu juga pilihlah laptop yang memiliki port USB minimal 2, port HDMI dan juga port thunderbolt. Semakin lengkap port yang dimiliki sebuah laptop maka akan memudahkan pemiliknya.

Di beberapa brand laptop saat ini mulai mengurangi jumlah konektivitas sebab mereka membuat laptop semakin tipis. Kebanyakan laptop sekarang sudah memakai USB Type-C yang bisa mentransfer data lebih cepat.

#9. Keyboard Laptop

Pernah menemukan desain aksesoris laptop berupa keyboard yang berbeda antara 1 merk laptop dengan merk laptop lainnya? Ini penting bagi kamu yang ingin membeli laptop untuk dipelajari.

Setiap merk laptop memiliki desain keyboard yang berbeda. Usahakan membeli laptop yang keyboardnya nyaman di tangan, karena kenyamanan dalam memakainya akan berpengaruh terhadap kinerja kamu.

Jarak antar tombol di keyboard, responsivitas ketika menekan tombol harus dipastikan baik sebelum memutuskan membeli.

#10. VGA Card

Poin terakhir ini sebetulnya antara penting dan tidak penting. Mengapa begitu? Sebab jika kebutuhan kamu membeli laptop hanya untuk pekerjaan ringan seperti mengetik naskah, artikel dan jenis dokumen excel tidak penting membeli laptop yang mempunyai VGA card.

Namun jika kebutuhan mu adalah mendesain atau untuk main game kehadiran VGA Card cukuplah penting. VGA card akan menjadikan kinerja laptop dalam mendesain lebih cepat, hasilnya juga lebih baik dibandingkan dengan yang memakai VGA standar.

Kesimpulan

Sebelum memutuskan membeli, pastikan poin-poin tips membeli laptop diatas diperhatikan. Selain itu juga sesuaikan dengan budget yang kamu miliki dan semoga mendapatkan laptop terbaik versi kamu.

1 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.