Tips Lancar Puasa di Tengah Pandemi Corona yang Dapat Kamu Ikuti

Tips Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Alhamdulillah, Ramadhan telah tiba. Di bulan ini berbagai aktivitas keagamaan akan mendapatkan pahala berkali-kali lipat. Maka tak heran, jika banyak umat muslim berbondong-bondong untuk lebih mendekatkan diri pada Tuhan.

Di Indonesia sendiri ada banyak kegiatan dan acara keagamaan, yang menjadi tradisi kala bulan puasa tiba. Bahkan, kegitaan ini dianggap sebagai tradisi wajib yang pasti ada untuk menyambut bulan suci ini.

Namun di tahun ini, sepertinya akan ada banyak kegiatan keagamaan di luar rumah yang harus ditiadakan sebagai dampak dari wabah COCID-19. Mengingat masih maraknya wabah Corona yang kini belum teratasi. Namun kamu tak perlu khawatir harus melewatkan aktivitas ibadah saat bulan puasa. Karena di bawah ini ada tips lancar berpuasa di tengah pandemi corona atau COVID-19. Dengan begitu, kamu masih tetap bisa beribadah meski hanya di rumah saja.

Tips Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Tips Puasa Ramadhan di Tengah Pandemi Corona

Ada banyak tradisi dan kegiatan religi yang sudah selayaknya kita jalankan di bulan Ramadhan. Maka dari itu, ikutilah beberapa tips puasa Ramadhan berikut ini supaya ibadah puasa tetap lancar meski di tengah pandemi.

1. Sahur dan berbuka dengan makanan nutrisi seimbang

Menahan rasa lapar dan haus seharian, terkadang membuat seseorang kalap atau rakus saat berbuka puasa. Namun kebalikannya, beberapa orang justru sering melewatkan waktu sahur.

Padahal aktivitas buka dan sahur harus tetap dilakukan, demi menjaga kesehatan tubuh. Apalagi dalam kondisi yang rawan terkena virus pandemi ini, tubuh harus selalu sehat dan bugar.

Selain itu, dalam berbuka dan sahur juga harus diperhatikan porsi dan kebutuhan nutrisi yang tepat. Jangan melupakan kelengkapan nutrisi seperti karbohidrat, serat, serta air mineral yang cukup.

Jika perlu, kamu juga dapat mengonsumsi tambahan vitamin ataupun suplemen. Jangan sampai tubuh kamu menjadi kurang sehat dan tidak fit, sehingga mengganggu aktivitas selama puasa.

2. Sahur dan berbuka di rumah

Berbuka puasa dan sahur di rumah bersama keluarga inti, pastinya akan meningkatkan keakraban dan kehangatan dalam keluarga. Terlebih di tengah pandemi seperti ini, kamu haruslah menghindari aktivitas tidak terlalu penting di luar rumah. Contohnya saja bukber atau buka puasa bareng, serta sahur on the road.

3. Melakukan kegiatan keagamaan di rumah

Tagline #dirumahaja bukan berarti kamu bisa melewatkan berbagai acara keagamaan di masjid ataupun tempat lain. Karena tentu saja hal ini akan mengurangi pahala dan keutamaan bulan Ramadhan. Nah, untuk menyiasatinya kamu dapat beribadah di rumah masing-masing.

Misalnya saja untuk kegiatan rutin sholat tarawih berjamaah di masjid. Sementara untuk memaksimalkan pahala saat Nuzulul Qur’an, kamu juga bisa beribadah dan tadarus di rumah. Cara ini dilakukan demi mencegah makin mewabahnya virus corona sesuai aturan sementara pemerintah.

4. Mengikuti pengajian via online

Tips puasa Ramadhan selanjutnya adalah mengikuti pengajian maupun ceramah secara online. Karena dalam kondisi pandemi seperti sekarang, sangat tidak memungkinkan mengumpulkan banyak massa untuk menggelar acara pengajian.

Nah, supaya tidak mengurangi pahala puasa, kamu dapat mengikuti pengajian atau acara kajian secara online. Apalagi saat ini ada banyak media ataupun platform yang bisa kamu gunakan. Misalnya saja lewat televisi, radio, youtube, live stream, dan sebagainya.

5. Membayar zakat melalui layanan khusus

Apakah kamu setiap tahun membayar zakat di masjid atau mushola dekat rumah? Jika ya, sebaiknya kamu mulai merubah kebiasaan tersebut seiring munculnya pandemi di tahun ini. Kamu dapat membayar zakat melalui layanan penjemput zakat yang bisa datang ke rumah. Alternatif lain adalah melakukan transfer layanan zakat lewat perbankan.

Namun bagi kamu tetap memilih layanan zakat di masjid, sebaiknya segeralah mengumpulkan zakat sebelum ramai. Pastikan jika kamu telah mengenakan masker pelindung dan melakukan CTPS atau cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudahnya.

Dan yang terpenting, selalu ikuti aturan social distancing dari pemerintah saat di luar rumah. Cara ini dapat meminimalisir resiko penularan virus corona.

Itulah tadi beberapa tips puasa Ramadhan yang dapat kamu lakukan dalam kondisi pandemi seperti saat ini. Pastikan supaya kamu tetap dapat memaksimalkan ibadah, tanpa harus mengesampingkan kesehatan. Karena jika tubuh tidak fit atau kurang sehat, ibadah di bulan puasa juga akan terganggu. Hal ini juga dapat meningkatkan resiko terpapar virus loh. Maka dari itu, selalu ikuti aturan pemerintah terkait ibadah puasa di tahun ini.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.