Loading

Inilah 6 Cara Menghancurkan Gigi Berlubang secara Alami

Gigi berlubang adalah salah satu jenis kerusakan gigi dan karies yang disebabkan asam yang memecah permukaan keras gigi. Kerusakan gigi ini disebabkan kebiasaan buruk dalam menjaga kesehatan gigi dan sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara. Namun jika lubang sudah terbentuk, maka diperlukan cara menghancurkan gigi berlubang secara alami.

Kerusakan gigi berasal dari kerusakan pada permukaan terluar gigi atau yang biasa disebut email gigi. Kemudian kerusakan tersebut akan mencapai lapisan bagian dalam gigi atau dentin. Pada saat itulah gigi berlubang dan menyebabkan rasa sakit, sehingga perlu dilakukan cara meredakan sakit gigi baik secara medis maupun secara alami.

Cara Alami dan Aman Menghancurkan Gigi Berlubang

Rasa sakit karena gigi berlubang sangat menyiksa dan tak tertahankan. Rasa nyerinya bahkan bisa menjalar hingga ke leher dan kepala. Karena itu, rasa nyeri akibat gigi berlubang harus segera diatasi. Ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan ngilu pada gigi berlubang.

Lubang pada gigi yang terus membesar mampu membuat gigi semakin keropos. Bahkan jika sudah terlalu lama, gigi bisa tersisa hanya bagian bawahnya saja. Untuk itu, gigi berlubang perlu dihancurkan. Selain dengan cara medis, ada cara menghancurkan gigi berlubang secara alami agar rasa sakitnya benar-benar hilang.

1. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah bahan alami yang ampuh untuk merontokkan gigi berlubang tanpa perlu mencabutnya. Kandungan antibakteri pada minyak kelapa juga berkhasiat untuk membunuh bakteri pada gigi berlubang sehingga rasa sakitnya bisa berkurang. Untuk mendapatkan manfaatnya, gunakan minyak kelapa untuk berkumur.

2. Menggunakan Biji Cengkeh

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk merontokkan gigi berlubang adalah biji cengkeh. Biji cengkeh harus disangrai terlebih dahulu sampai berwarna coklat. Kemudian tumbuk biji cengkeh hingga halus. Bubuk biji cengkeh bisa ditaburkan pada gigi yang berlubang. Saat menaburkan, jangan sampai mengenai gigi yang masih utuh.

3. Menggunakan Biji Asam

Biji asam memiliki kandungan yang mampu membuat gigi rapuh. Cara menghancurkan gigi berlubang secara alami dengan biji asam cukup mudah. Biji asam harus disangrai kemudian dihaluskan sampai menjadi bubuk. Bubuk tersebut kemudian dioleskan pada gigi yang berlubang. Khasiat bahan alami juga bisa meredakan ngilu pada gigi.

4. Menggunakan Getah Pohon Jarak

Selain bisa mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang, getah pohon jarak juga mampu menghancurkan gigi berlubang sampai ke akarnya. Manfaat getah pohon jarak ini sudah dipercaya sejak zaman dulu. Orang zaman dulu memanfaatkan getah pohon jarak untuk melepaskan gigi dari akarnya dengan rasa sakit yang tidak terlalu menyiksa.

5. Menggunakan Getah Pohon Kamboja

Jenis pohon lain yang bisa dimanfaatkan getahnya untuk mencabut gigi berlubang adalah pohon kamboja. Cara menghancurkan gigi berlubang secara alami dengan getah pohon kamboja cukup dengan meneteskan getahnya langsung pada gigi. Biarkan selama beberapa menit kemudian kumurlah dengan air hangat.

6. Menggunakan Getah Pohon Widuri

Getah pohon widuri juga dapat dimanfaatkan untuk menghancurkan gigi berlubang secara cepat dan aman. Cukup ambil getahnya untuk langsung diteteskan pada gigi yang berlubang. Agar lebih mudah mengambil getahnya, gunakan kapas. Lakukan cara ini di malam hari lalu berkumurlah dengan air hangat keesokan harinya saat pagi.

Itulah beberapa cara menghancurkan gigi berlubang secara alami dengan bahan yang tersedia di alam. Sebagian besar bahan alami sudah digunakan sejak lama untuk merontokkan gigi berlubang. Dalam memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut, pastikan melakukannya dengan cara yang aman agar tidak menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Inilah 6 Cara Menghancurkan Gigi Berlubang secara Alami