Tips Jualan Lewat Media Sosial ala William Gozali dan Homecredit #AyoMajuBersama

tips Jualan Lewat Media Sosial-5

Sukses Jualan Lewat Media Sosial – Media sosial menjadi salah satu platform yang banyak digunakan oleh para pengusaha di zaman sekarang ini, lho. Tau gak alesannya apa? Yap! Media sosial ini bisa dipakai gratis dan tentunya memiliki jangkauan yang luas ke masyarakat. Ya modalnya hanya smartphone dan kuota internet aja. Jika kita berjualan secara offline, maka target pasar kita akan kecil, beda halnya jika secara daring menggunakan media sosial maka seluruh dunia akan mengetahui produk kamu itu. Wah, keren bukan?

Aku sendiri pernah punya usaha makanan yang udah kujalankan bertahun tahun. Sayangnya, aku hanya berani jualan saat momen-momen khusus kayak pas ramadhan sampai lebaran. Produk jualanku bisa kalian lihat di akun instagram bisnis ku ini @yoursweetchoco. Jualanku terhitung laku keras bahkan omset yang ku pernah sampai puluhan juta. Tapi balik lagi, jika moment ini habis, aku nggak berani jualan lebih serius.

Dari pengalaman beberapa tahin ini, aku bisa menyimpulkan sedikit sih, moment khusus saat ramadhan, lebaran, natal atau tahun baru memang waktu dimana masyarakat lagi seneng-senengnya jajan, beli produk, belanja dan sebagainya. Jadi usaha atau effort kita sebagai penjual sedikit berkurang karena promosi ala kadarnya juga bisa datangkan pelanggan.

Tapi beda saat aku coba jualan di luar moment khusus ini. pembeliku bisa dihitung dengan jari. Miris lah rasanya, keberanian buat jualan pasti sembunyi lagi karena ilmu bisnis dan pemasaranku masih sangat terbatas.

Tapi gaes, aku punya niat banget buat mulai lagi usaha jajanan ringanku ini. Kalau biasanya marketku hanya wilayah Surabaya dan sekitarnya, kini aku pengen juga bisa jualan lebih luas ke Indonesia bagian lain.

tips Jualan Lewat Media Sosial-3

Nah, beruntunglah aku, kemarin dapat kesempatan buat ikutan FUNTALK #AyoMajuBersama yang diadain sama @homecreditid.  Di acara IG LIVE bertajuk “Makin Menjual Lewat Media Sosial” kali ini, @homecreditid bersama @willgoz sebagai narasumbernya sharing ilmu dan pengalaman gimana caranya memaksimalkan sosmed buat jualan. Materi yang coock banget buat ku saat ini.

Artikel Terkait:  Jasa Sedot WC Surabaya Online 24 Jam Terbaik

tips Jualan Lewat Media Sosial-3

Lalu apa saja sih tips and trick dalam menjual lewat media sosial? Tentunya banyak banget hal yang harus kita kuasai sebelum produk kita benar-benar laku di pasaran. Dan berikut ini akan diberikan beberapa informasi dari hasil live instagram @homecreditid. Penasaran kan apa saja tips nya? Yuk simak informasi berikut ini.

Tips Berjualan di Media Sosial

Dari apa yang aku dengar dan saksikan saat narasumber kece William Gozali memaparkan materi dan pengalamannya, ada beberapa hal atau tips berjualan di media sosial yang bisa aku kutip, misalnya:

  1. Pastikan Produk Bagus atau Worth It di Pasaran

Produk menjadi salah satu bagian terpenting dari kegiatan berbisnis, nah sebelum melakukan penjualan maka pastikan dulu produk yang dihasilkan telah berada di titik terbaiknya.

  1. Gunakan Marketing yang Efisien

Marketing itu apa sih? Marketing bisa disebut sebagai cara kita memasarkan produk yang dijual. Marketing juga harus diperhatikan dengan baik, mulai dari tujuan pasar hingga teknik marketing yang digunakan baik itu menggunakan jasa Influencer, Endorsement, atau E-Commerce.

Artikel Terkait:  10+ Tips Membeli Mobil Bekas yang Murah dan Berkualitas
  1. Lakukan Inovasi yang Make Sense

Pengusaha harus memiliki daya inovasi yang luas, dengan demikian produk yang dihasilkan akan terus bertahan lama dan berkembang. Beda halnya jika produk yang dihasilkan stuck disatu sisi, maka kepuasan pelanggan akan menurun dan produk tersebut tidak akan menjual lagi.

  1. Jangan Keluarkan Banyak Uang untuk Promosi

Hal ini sangat bermanfaat bagi pengusaha yang baru merintis bisnisnya, hal ini karena pengusaha baru harus memperhatikan jenis produknya terlebih dulu sebelum mengeluarkan banyak uang untuk melakukan promosi.

  1. Buat Packaging yang Baik

Packaging memiliki manfaat yang tidak boleh dipandang sebelah mata, dengan adanya package yang baik maka produk akan bertahan lama dan ketika sampai di tangan pelanggan tekstur produk tidak berubah.

Setelah mengetahui apa saja tips berjualan di sosial media, tips berikut ini juga jangan lupa untuk dipelajari.

Tips Menentukan Platform yang Cocok untuk Pemasaran

Nah jadi, udah bisa disimpulakn kalau kak William Gozali emang menyarankan kita untuk fokus yang pertama ke kualitas produk kita dulu. Jika point pertama tadi udah terpenuhi, hal selanjutnya yang harus dipikirkan adalah masalah pemasaran atau promosi nya, caranya:

  1. Lakukan Analisa untuk Mengetahui Target pasar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui target pasar dengan melakukan analisa, karena setiap platform memiliki pengguna yang berbeda-beda dengan jenis kebutuhan yang berbeda pula.

  1. Gunakan Instagram Ads dan Facebook Ads

Bagi kamu yang baru merintis bisnis, usahakan untuk memulai penjualan di kedua platform ini, karena keduanya media promosi online ini terbilang sangat efektif dan biaya yang dibutuhkan juga sangat murah.

  1. Ketahui Influencer Bergerak di Bidang Apa

Setiap Influencer bergerak di bidang yang berbeda, ada yang begerak di bidang makanan, fashion, hingga lifestyle. Nah, sesuaikanlah dengan produk yang kamu pasarkan, tetapi lebih disarankan untuk melakukan endorsement di Lifestyle Vlogger karena mencakup banyak bidang. Pastikan juga untuk memilih Influencer yang kredibel agar produk berhasil dipasarkan.

Artikel Terkait:  3 Tahap Merancang Bisnis Makanan Diet

Sekarang sudah tahu kan bagaimana menentukan platform media sosial dalam menjual produk, lalu berikut ini adalah tips agar Instagram ads yang kita pasang dilirik oleh banyak orang.

Tips Agar Instagram Ads Dilirik Orang

Masalah akan muncul lagi saat berjualan di sosial media dan ingin memanfaatkan Instagram Ads misalnya. Masalahnya adalah, saat kita udah bayar senilai tertentu untuk ads ternyata yang tak mendapatkan perhatian yang sepadan dari pengguna sosmed. Makanya, untuk pakai instagram ads pun, kak William Gozali menyarankan tips seperti berikut:

  1. Buatlah Iklan yang Natural

Iklan yang ditampilkan haruslah natural dan tidak over sealing, karena hal ini akan membuat kesan “dipaksakan” dan penonton tidak akan tertarik.

  1. Visual Bagus

Sebelum melakukan pemasaran di Instagram ads pastikan visual dari iklan kita terlihat bagus dan elegan agar penonton yang melihat iklan tertarik membeli produk kita.

  1. Story Telling Produk yang Baik

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan, yaitu story telling iklan yang akan mendeskripsikan produk dan mengajak pemirsa untuk membeli. Bisa dengan menyelipkan jokes atau konten lucu, dan pastikan story yang disampaikan sesuai dengan karakter produk.

tips Jualan Lewat Media Sosial-5

 

Serius kemari dapat insight yang banyak banget buat ku gimana mulai kembangin bisnis makanan atau jajanan ringanku lagi. Moga bener-bener bisa aku eksekusi satu per satu.

Nah, itulah beberapa informasi yang akan meningkatkan penjualanmu di media sosial, semoga bermanfaat. Dan jangan lupa tuliskan pendapatmu di kolom komentar.

 

 

10 Shares:
31 comments
  1. Tipsnya Chef William memang tepat banget ya Mbak. Analisis target pasar nih yg sering kelupaan. Keasyikan cuma bikin-bikin aja, terus bingung sendiri kenapa engga laku. Duh…masih perlu belajar nih untuk jualan lewat media sosial.
    Btw…aku salfok ama senyum manisnya mb Rini…wkwkwk…

  2. Info tipsnya daei chef William menarik banget ya mbak. Apalagi analisanya tak hanya tth rasa dan packing, bahas juga pemasaran di media social dan influencer bener-bener memaksimalkan ya…

  3. boleh nih acara, mereka menghadirkan nara sumber yang memang pelaku bukan sekedar teori. Maksimalkan media sosial untuk pemasukan bukan hanya ajang pamer.

  4. Aku kemarin juga nonton nih, bermanfaat banget, gemes juga karena kalah cepet waktu ikutan kuis hahaha

  5. Jualan di moment-moment tertentu itu memang biasanya tingkat penjualannya tinggi ya mbak, soalnya target marketnya udah jelas.

    Tapi kan kita butuh duitnya bukan cuma di moment tertentu hehehe…. semoga jualannya bisa dijalankan lagi mbak, sepanjang tahun

  6. Setuju banget dengan tips yang nomor 4, masih merintis kalau dana segarnya udah habis buat promosi jor2an, ntar buat beli bahan2 mentahnya berkurang dong, iya kan

  7. Makasih tips dari Chef William ini,
    Saya jadi kepikiran soal Influencer atau Selebgram.
    Ada beberapa Influencer yang smooth banget mengendorse barang jualan. Niat banget dengan video dan script yang oke. Ada juga yang seadanya.
    Entah, apakah mungkin berbeda tarif atau bagaimana.

    Saya gak tau gimana pengaruh penjualan dengan Selebgram yang naruh di story nya aja dan puluhan barang yang dia endorse. Kalau ngga selektif juga, kalau buat saya sih kepercayaan jadi turun.

  8. Dari tahun lalu pengen nyoba jualan. Tapi belum nemu ide yang unik. Soalnya tiap mau jual sesuatu, pasti ada aja temanku yang udah duluan jual. Ini menarik banget nih kak tipsnya, apalagi di jaman pandemi ini banyak yang nyoba peruntungan jualan online.

  9. Aku tertarik baca iklan jualan yang disajikan dengan story telling yang asyik
    Jadi gak hard selling gitu deh. Rasanya asyik aja menikmati caranya promo yang gak terasa promo

    1. Bisa jadi masukan yang positif buat yang baru merintis usahanya, jadi selain kita harus jeli terhadap target kita nanti nya, gak mesti keluarin banyak uang untuk promosi terlebih lagi masih tergolong baru.
      Ikut Fun Talk bermanfaat banget ya, kita dikasih masukan yang membangun dari ahli nya langsung.

  10. Nah ini penting diketahui bahwa jangan keluar banyak uang untuk promosi saat baru mulai. Setuju banget! Ga masuk akal ‘kan ya kalo belum apa-apa udah jor-joran buat promosi. Anyway, sukses jualannya ya, Rin..

  11. Tips yang bermanfaat mba, memang kalau mau jualan di medsos itu harus lebih kreatif biar menarik banyak perhatian orang dan sebisa mungkin tepat sasaran

  12. Keren sekali tipsnya, Mbak Rien. Dan memang zaman now, media sosial itu sangat berguna. Tidak hanya menjaring pertemanan, tapi juga buat cari job dan promosi jualan. Jadi harus dimanfaatkan dan dimaksimalkan dengan sebaik mungkin. Dan menarik nih satu poin, jangan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk promosi. Nah pas nih, medsos kan gratis, jadi penghematan juga.

  13. Tipsnya bermanfaat dan sangat relevan dgn zaman saat ini. Di era digital, cara berjualan sangat dimudahkan dgn keberadaan platform digital. Tinggal bagaimana kita jeli memanfaatkannya ya

  14. Pengen juga sih jualan di medsos gituu. Tapi bingung juga mau jualan apa ya. Belum-belum aku udah keder duluan. Asli….hihi..Takut gak balik modal lah, takut gak ada yang beli lah. Jadi ya gak mulai-mulai. Eh ini tapi tips nya oke banget ya.

  15. Packaging yang baik dan menarik memang merupakan salah satu daya tarik bagi pembeli. Saya saja suka cerita ke teman-teman kalau dapat produk dengan packaging yang ciamik. Nah ini bisa jadi keuntungan penjual karena promosi tidak saja dilakukan oleh dia sendiri melainkan pembeli juga melalui mulut ke mulut.

  16. sedang berusaha untuk belajar marketing online agar bisa mendapatkan sertifiakt untuk bekerja di perusahaan hehe

  17. Kalau belajar dari pakarnya emang padat gini, ini masih ada IG Livenya nggak Mbak yang disimpen? Insighnta detail gini dalam tulisan. Peran promosi melalui media online skrg ini juga tentunya sangat berpengaruh

  18. Jangan keluar banyak uang untuk promosi. Nah,poin penting banget ini sih. Kadang karena ngarep lekas laku jadi promosi terus sementara kualitas produk jadi terlupa karena kurang ngulik dan ngulik lagi

  19. Ini artikelnya daging semua mbak, cocok buat bacaan aku yg mau bangun bisnis lebih serius dg memanfaatkan sosmed.
    Ga cuma produk yg dipasarkan, cara pemasaran. hingga packaging diperlukan. Ini yg bikin aku greget, dari packaging dan produknya emang worth it, bisa buat konsumen kembali beli produk nih.
    Uhh, makasih sharingnya ya mbak, sayang sekali nggak ikutan livenya

  20. Saat ini pebisnis memang harus melek media informasi supaya jualan makin luas. Teknik promosi media sosial ini penting sekali ya mba…
    Medsos itu adalah temuat yg tepat untuk menawarkan produk maupun jasa. Sedikit membayar ads penting, tapi benar juga kita jangan langsung ngeluarin biaya terlalu besar hanya untuk promosi. Medsos murah meriah kalau untuk ngiklan ya.

  21. Kebetulan aku juga lagi mulai bisnis online di bidang fashion. Overall tips-tipsnya hampir mirip sama yang sedang kulakukan. Hanya bedanya aku blm merambah dunia influencer krn masih skala kecil dan produk bukan produksiku sendiri. Memang bisnis online ini lebih mudah dan daya jangkaunya menakjubkan.

  22. Saya setuju banget dengan tips untuk memastikan bahwa produk harus worth it atau bagus. Ini akan menentukan produk yg dijual bakal bertahan lama di pasar

  23. Jualan di medsos emang gampang gampang susah, tapi memang medsos u\itu media promosi paling efektif untuk pemasaran yg baik. Plus v\banyak kelebihan yg lain klo jualan d medsos

  24. Story telling tentang produk yang biasanya disukai pembaca itu yang soft dan tidak langsung to the point. Mungkin mneceritakan manfaat atau kebaikan zat yang dikandung oleh produk atau tentang hal lainnya baru di akhir eksekusi tentang keterangan produk.

  25. Wah asyik ya bisa ikutan kegiatan Funtalk. Nah, postingannya juga oke nih, tentu tips ini akan bermanfaat dan membantu sekali buat mereka yang buka usaha dengan memafaatkan medsos.

  26. Aku dulu pernah jualan mutiara. Namanya Pearl Art Sumbawa. Masih ingat omset tertinggiku sebulan 40 juta. Langsung untungnya bisa beli laptop. Hehe. Tapi lama-lama capek. Kerad soalnya

  27. Sebenarnya, saya masih penasaran sama FB Ads, ikut satu forum karena pengen banget bisa make FB ads ini. Kayaknya mereka yang jago makenya Omsetnya luar biasa. Mulai dari mana sih ? Hiks..

  28. Tips ini kayaknya berlaku juga untuk ngenalin blogku yang seumur jagung ini ya kak. Hihihi. Penguasaan story telling dan iklan yang natural harus dicoba konsisten untuk dibuat. Soalnya ku angin-anginan kalau mau promo di medsos.

  29. siap untuk dipraketin, mbakku di rumah lagi ku panas-panasin nih biar coba jualan online make semua medsosnya. Sama marketplace sekalian, semoga work yak

  30. Ngga ngeluarin uang banyak buat promo, ini sesuatu yang jarang dipahami pemula. Biasanya, karena merasa ingin segera dapat dikenal publik trs jor2an promo. Padahal, selesai promo kalau ngga ada sesuatu hal lain yg ditawarkan, pembeli ya mandeg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.