4 Tips Belajar Komputer dengan Cepat dan Mudah

Tips Belajar Komputer dengan Cepat dan Mudah

Saat ini hampir semua orang bisa mengoperasikan komputer. Kegunaan dari komputer sendiri sangat banyak untuk kehidupan sehari-hari. Baik untuk dunia pendidikan, kesehatan, bisnis dan masih banyak lagi. Bahkan kamu bisa bekerja freelance dari rumah menggunakan komputer. Cara belajar komputer sebenarnya sangatlah mudah. Kamu bisa belajar melalui kursus, belajar komputer online atau bahkan secara otodidak. Nggak percaya? baca artikel ini sampai selesai ya!

Semua tergantung kemampuan biaya serta waktu yang kamu miliki. Komputer sendiri juga ada banyak jenisnya. Salah satunya yaitu PC (Personal Computer) dan Laptop. Untuk cara kerjanya sama, hanya saja memiliki perbedaan pada komponen yang ada di dalamnya.

Cara Belajar Komputer untuk Pemula

Tips Belajar Komputer dengan Cepat dan Mudah

Bagaimana cara belajar komputer advance yang mudah dan cepat untuk seorang pemula? Hal terpenting adalah kamu harus memiliki niat dan tekat yang kuat. Supaya kamu lebih cepat menangkap materi pembelajaran komputer. Selain itu, simak tips tahapan belajar komputer berikut :

1. Membuat tujuan dalam penggunaan komputer

Mengapa kamu harus bisa menggunakan komputer? Mengetahui tujuan dalam belajar komputer akan memudahkan kamu dalam proses belajar. Sebab kamu akan menjadi lebih fokus untuk mendukung tujuan tersebut.

Artikel Terkait:  5 Rekomendasi Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini ini sangat Murah Bahkan Bisa Dibuat Sendiri di Rumah loh Bunda

Apabila kamu ingin belajar komputer supaya bisa memudahkan mengentry data di Microsoft Excel, maka kamu sebaiknya fokus belajar pada Microsoft tersebut. Sedangkan software lainya sekedar mengenal saja. Apabila kamu ingin belajar mengenai desain, maka kamu perlu menguasai software yang lainnya.

2. Mempunyai komputer sendiri

Memiliki komputer sendiri memang tidak diwajibkan. Namun dengan memiliki komputer sendiri tentunya akan memudahkan kamu untuk lebih leluasa saat berlatih komputer setiap saat. Kamu tentu merasa lebih nyaman dalam belajar, serta bisa menginstal software apapun yang kamu butuhkan untuk berlatih. Dengan demikian, kamu akan lebih cepat menguasai ilmu komputer.

3. Berlatih setiap hari

Kamu tidak akan berhasil menguasai komputer, jika tidak mempelajarinya setiap hari. Teruslah melakukan berbagai macam latihan agar kamu bisa cepat mahir menggunakan komputer. Hafalkan berbagai maam instruksi yang ada untuk dapat mengoperasikan komputer tersebut. Semakin kamu rajin dalam berlatih, maka semakin mudah dan cepat kamu menguasai komputer.

4. Mengenal komponen-komponen pada komputer

Selanjutnya kamu juga perlu memperlajari komponen apa saja yang ada pada komputer tersebut. Komponen yang menjadi faktor eksternal pada komputer ada banyak jenisnya, diantaranya ada monitor, processor, harddisk, RAM, Motherboard, Power Supply dan masih banyak lagi.

Monitor merupakan salah satu komponen yang berupa layar komputer. Fungsinya untuk menampilkan tulisan maupun gambar yang telah diproses komputer. Monitor hanyalah bagian pelengkap dari komputernya saja. Monitor tersebut baru bisa bekerja apabila tersambung dengan komputer.Sedangkan untuk dapat menampilkan gambar visual dari data-data komputer, dibutuhkan VGA atau kartu grafis.

Artikel Terkait:  Alasan Mengapa Idiom Be Second To None Tidak Bisa Diartikan Per-Kata

Kemudian processor merupakan salah satu bagian dari komputer yang fungsinya sebagai otak dari komputer. Perintah-perintah yang dijalankan komputer, diproses processor menjadi tampilan visual yang ditampilkan di monitor.

Komponen harddisk adalah tempat penyimpanan data komputer dengan ruang penyimpanan yang besar. Semua data pekerjaan kamu akan tersimpan di dalam harddisk ini. Setiap komputer memiliki ukuran harddisk yang berbeda-beda. Saat ini, ukuran minimal harddisk komputer yaitu 160 GB. Semakin besar kapasitasnya, maka kinerja komputer akan semakin cepat.

Komponen selanjutnya yang tidak kalah penting adalah RAM atau Random Acess Memory. Fungsinya yaitu menyimpan memori pada komputer secara sementara. Sebelum data diprocess pada processor, data tersebut tersimpan pada RAM.

Kemudian Motherboard atau mainboard adalah komponen berbentuk papan yang fungsinya menampung komponen-komponen lain dari suatu komputer. Untuk melihat lebih jelas, kamu bisa sesekali melihat ke dalam komputer kamu.

Nah itu tadi beberapa komponen yang ada pada komputer. Mempelajari komponen-komponen yang ada pada komputer dapat membuat kamu lebih memahami bagaimana cara kerja dari komputer yang sedang kamu pelajari. Selain itu, jangan lupa juga untuk mempelajari bagaimana sistem mengoperasikan komputer sehingga kamu dapat menjalankan berbagai software yang ada di dalamnya. Cara belajar komputer bisa lebih mudah dan cepat jika kamu belajar dengan baik. Selamat mencoba.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.