5 Tips dan Cara Belajar bahasa Korea Secara Efektif

belajar bahasa korea (1)

Tips dan Cara Belajar bahasa Korea Secara Efektif – Dunia Kpop memang sedang berada di puncaknya saat ini. Populernya drama korea dan idol boy band secara global, membuat negeri Ginseng ini dalam sekejap menjadi incaran banyak anak muda untuk berkunjung, entah itu untuk berlibur ataupun belajar. Oleh karena itu, banyak orang yang kemudian tertarik untuk mempelajari bahasa Korea.

Tapi, belajar Hangugeo atau bahasa asli Korea bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Saking sulitnya, beberapa orang bahkan memutuskan untuk berhenti mempelajarinya, putus asa. Walau begitu, jangan menyerah dulu! Karena ada banyak cara belajar bahasa Korea yang mudah dan menyenangkan untuk pemula.

Tips dan Cara Belajar Bahasa Korea

Belajar Membaca dan Menulis

Cara belajar bahasa korea pertama yang bisa dijajal adalah belajar untuk menulis dan membaca terlebih dulu.. Tulislah semua huruf hangeul itu dengan gaya sendiri. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk menghafalnya. Kemudian, mulailah dengan mengaplikasikan huruf tersebut ke dalam nama orang atau kegiatan sehari-hari.

Sedangkan untuk bagian membaca, pelajar bahasa bisa melatihnya dengan menggunakan media lagu. Salah satu genre lagu yang direkomendasikan untuk belajar bahasa Hangugeo adalah ballad. Mulailah dengan menyanyikan sebuah lagu sambil membaca liriknya. Ulangi hal tersebut beberapa kali hingga benar-benar bisa membaca lirik tersebut dengan baik.

Artikel Terkait:  Jurnal Akuntansi : Pengaruh Faktor Fundamental Mikro dan Makro Terhadap Nilai Perusahaan

Latihan Membaca dengan Benar

Pada saat Kita belajar bahasa Korea untuk kali pertama, mungkin cara Kita menyebutkan huruf-huruf hangeul hanya berdasarkan dengan apa yang diajarkan di website tempat Kita belajar. Tapi sebenarnya, sambil melancarkan kemampuan membaca, kamu bisa mendengarkan lagu sambil membaca liriknya dengan keras-keras.

Kemudian, coba untuk mengulang beberapa bagian dari lirik lagu yang digunakan hingga kamu bisa mendengarnya dengan baik dan memahami bagaimana cara si penyanyi mengucapkan lirik tersebut. Jadi setelah itu, kamu akan terlatih untuk menirukan cara baca tersebut.

Apabila trik ini dilakukan secara terus menerus, dalam artian konsisten, pelajar pasti akan mampu menghafalkan semua huruf-huruf korea dengan baik dan benar, dalam tempo yang cepat. Atau, bisa juga dengan mengikuti cara bicara orang-orang yang ada di film korea.

Ketika kamu menonton sebuah film berbahasa Korea, cobalah untuk mem pause beberapa bagian yang kamu kira bisa diikuti. Bukan sekadar cara mereka mengucapkan kata tersebut, namun juga nada bicara yang digunakan.Dengan begini, lama-kelamaan pelajar bahasa pemula bisa terdengar seperti orang korea asli loh.

Hafalkan Kata-kata Bahasa Korea dari Drama

Sebelum memutuskan untuk lanjut belajar membuat kalimat, kamu disarankan untuk menghafalkan kata-kata dalam Hangugeo terlebih dahulu. Cara paling dasar untuk menghafalkannya adalah menggunakan buku belajar.

Bagi pemula yang baru saja ingin mendalami bahasa ini, mungkin akan lebih mudah jika memilih variety show sebagai bahan ajar. Karena biasanya, acara televisi seperti itu memiliki banyak tulisan di layar. Dan kamu bisa dengan mudah menemukan apa yang mereka sebutkan tanpa perlu mencari tulisannya di Google lebih dulu.

Artikel Terkait:  Les Online Sebagai Solusi Belajar Jarak Jauh untuk Murid, Guru dan Orang Tua

Belajar Membuat Kalimat

Cara belajar bahasa Korea seanjutnya yaitu belajar membuat kalimat. Hangugeo memiliki struktur kalimat yang sangat berbeda dengan bahasa lainnya seperti bahasa indonesia atau bahasa inggris. Bahkan, dalam struktur kebahasaannya, Kita harus mampu membedakan mana yang kata kerja, mana yang kata sifat, dan mana yang kata benda.

Tentu, hal ini menjadi tantangan yang cukup sulit untuk ditaklukkan. Mengingat mereka memiliki berbagai macam partikel yang berbeda dan akan membuat pelajar harus menggunakan berbagai macam grammar yang juga berbeda.

Berkomunikasi dan Bertanya

Saat hendak memulai belajar berbahasa Korea, kamu bisa mencoba mencari seseorang yang sekiranya bisa menjawab pertanyaan-pertanyaanmu. Semisal saja teman yang sudah terlebih dahulu belajar bahasa ini. Atau mungkin orang Korea yang memang kamu kenal.

Pada tahap ini, mungkin akan lebih baik jika Kita memiliki guru yang bisa mengajarkan Kita berbahasa Korea dengan baik dan benar, serta sesuai dengan kaidah kebahasaan. Tapi jika memang kamu memiliki keterbatasan yang membuatmu tidak bisa mengikuti les bahasa, kamu cukup mencari orang yang dirasa bisa membantu kamu mempelajari Hangugeo.

Itulah beberapa tips dan cara belajar bahasa Korea secara efektif yang bisa kamu terapkan. Cukup sederhana dan mudah bukan? Dengan metode ini, diharapkan kamu bisa mempelajari bahasa Korea dengan lebih mudah ya. Selamat mencoba!

Artikel Terkait:  5 Manfaat Sertifikat Brevet Pajak Bagi Pekerjaan. Bisa Bikin Naik Gaji??
0 Shares:
15 comments
  1. Wah boleh dicoba nih, kl nonton drakor biasanya ada satu dua kata yang masuk ingatan. Tp abis itu lupa lagi, wkwwk
    Kudu banget sambil dicatat kali ya mbak Rin

  2. nah ini cocok buat mamanya anak anak agar lebih bisa memahami film yang di tontonnya hehe. thx kak infonya cara belajar bahasa korea

  3. Jujurly aku takjub lihat anak-anak Generasi Z yang tergila-gila sama K-Pop dan drakor lalu belajar Bahasa Korea. Aku sendiri udah nyerah deh. Lidah rasanya belibet mengucapkan kata-kata Korea :'(

  4. Saya jadi ingat waktu sempat kerja di sebuah tokoh buku, Mbak Rini. Jadi itu kamus Bahasa Korea banyak sekali dicari banyak orang dari berbagai usia. Dan memang zaman itu sudah booming juga drakor.
    Ini abgus sekali tipsnya, Mbak. termasuk memang efektif saat nonton drakornya. Disimak ucapan tokohnya, lalu dilihat artinya. Tapi harus terjemahan Indonesia. Kalau Melayu kadang bingung hahaha.

  5. Kayaknya Bahasa Korea susah banget ya. Mungkin anak-anak milenial nih yang tertarik K PoP yg pengin belajar Bahasa Korea gini. Emak-emak gini cukup baca sub title Bahasa Indonesia di drakor. Hahaha..
    Meski sudah ditulis step-stepnya tetap aja susah dicerna emak-emak kayak aku

  6. Anak-anak gen Z sekarang ini luar biasa memang semangatnya mempelajari apa yang menjadi bahasa trendy yang gaul menurut pergaulan mereka.

  7. Pastinya pecinta film drakor sangat antusias belajar bahasa korea ya mba,jadi kalau pas nonton film nya tanta subtitle nya gak masalah.
    Kalau menurutku sih point no.5 mba, berkomunikasi langsung lebih efektif biar cepat menguasai. Lebih beruntung lagi kalau ada teman yang bisa berbahasa korea, bisa tanya tanya bagaimana pengucapan nya juga.

  8. Salah satu cara belajar bahasa, katanya ya lewat film atau lagu, ngapalin syairnya ya. Lama-lama jadi bisa yah kalo sering nonton drakor. Mb Rini udah jagoan nih pasti. Aku sih kulineran aja deh…Enak-enak kuliner Korea tuh…

  9. saya kagum dengan mereka yang pandai bahasa korea karena hanya sering nonton drakor
    kadang saya ga percaya lho ada yg bisa hafal dialog drakor gitu
    kalau saya memang agak susah belajar bahasa asing
    saja saya masih perlu belajar sampe sekarang

  10. Aku pas ketemu Hansol di Youtube FanFest di Surabaya tahun lalu seneng banget dengar dia bahasa Korea trus nyambung bahasa Jawa medhok Jawa Timuran, hehe. Lucu emang bahasa Korea ini, kayaknya kok banyak monyong2 gitu. Makasih ya tipsnya, Rin. Belum tergerak banget karena lagi belajar bahasa Mandarin, takut ga fokus hihi. Kasahamida!

  11. Aku taunya cuma annyeong, saranghae, kamsahamnida wkwk. Btw bikin kalimat dalam bahasa Korea itu susah ga ya? Maksudnya struktur kalimatnya gitu.

  12. Ehehe aku udah lama gak nonton drama Korea, dulu-dulu suka dicatetin kata-kata selamat pagi, maaf, dan sekarang udah lupa lagi. Coba ah nanti mau belajar nulis dan baca bahasa yang satu ini lagi. Biar nanti bisa belajar membuat kalimat dan nerapin tipsnya mba Rini yang ke 5, berkomunikasi dan bertanya.

  13. Saya nyerah, dan kayaknya gak bakal belajar bahasa korea haha, susah. Suami dan temen temen juga gak banyak yang suka drakor 😁. Cukup baca subtitle aja dah haha..

  14. Kalau yang sering dan suka nonton Drama Korea ini bakalan membantu banget ya, apalagi kalau udah love into Korea, duuh jadi makin mudah tuh belajarnya 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.