Ingin Jual Beli Mobil Bekas dengan Aman dan Nyaman? Pelajari Dulu Tipsnya

jual beli mobil

Jual beli mobil bekas merupakan salah satu peluang bisnis yang menjanjikan di zaman sekarang. Kamu tak hanya bisa melakukan jual beli mobil dengan membuka toko fisik tapi juga dengan mudah mempromosikan produk secara online. Apalagi pemasaran produk secara online bisa menghemat budget yang ada.

Tips Aman Jual Beli Mobil

jual beli mobil

Cerita sedikit, setahun lalu aku beli mobil second tentunya. Tentu memutuskan untuk beli mobil ini nggak aku tempuh dalam waktu sehari dua hari aja gengs.

Selain uang, aku juga menyiapkan mental untuk mengabaikan nyinyiran para netijen. wkkwkw. Setelah pemikiran yang begitu panjang jadilah aku membeli mobil di SEVA mobil bekas. Marketplace yang kata temen dan saudara emang recommended banget.

Yaps, salah satu yang terpenting dari jual beli mobil adalah keamanan dan kepercayaan konsumen pada mobil bekas yang akan dibeli. Lalu apa yang harus dilakukan para penjual mobil agar produknya laku?

1. Kondisi Mobil

Kamu harus perhatikan kondisi mobil yang akan dijual apakah masih terawat atau tidak. Salah satunya adalah kondisi mesin yang sehat. Jika sebuah mobil bekas memiliki catatan buku servis resmi yang cukup lengkap maka ini menjadi salah satu daya jual mengapa konsumen ingin membeli mobil tersebut.

Dibandingkan dengan mobil yang dirawat di bengkel biasa. Atau sebelum mobil kamu promosikan sebaiknya cek kelengkapannya di bengkel dan tentunya melakukan perawatan khusus agar pembeli nantinya tidak kecewa.

2. Pastikan Dokumen Mobil Lengkap

Saat melakukan jual beli mobil sebaiknya pastikan dokumen-dokumen mobil masih lengkap. Mulai dari STNK, BPKB hingga faktur. Hal ini tentu membuat calon pembeli percaya bahwa mobil yang akan dibeli adalah mobil yang aman alias bukan mobil bodong.

Ada tipe calon pembeli yang sangat teliti sehingga menginginkan pengecekan mobil dilakukan di Samsat terdekat. Hal ini tentu sah-sah saja dan jangan sampai kamu menolaknya. Ini juga merupakan salah satu tolak ukur bagi konsumen dan daya jual yang bisa dipertahankan karena mobil teruji keasliannya.

3. Perhatikan Pajak Mobil

Calon pembeli mobil lebih suka jika kondisi pajak mobil temponya masih panjang. Bahkan pembeli cenderung tidak terlalu rewel untuk negosiasi harga jika pajak mobil masih hidup. Beda halnya bila pajak mobil yang sudah mati, biasanya harga kendaraan juga ikut turun karena pembeli membutuhkan dana lainnya untuk mengembalikan legalitas mobil.

Nilai lebih lainnya pada harga mobil adalah apabila pemilik mobil lama membiarkan pajak mobil tetap berjalan atas nama pemilik aslinya sampai dengan jatuh tempo dibanding menyatakan pembeli mobil baru untuk membalik nama STNK. Karena hal ini juga membutuhkan biaya yang cukup besar.

4. Promosikan Pada Media yang Tepat

Tips jual beli mobil berikutnya adalah dengan melakukan promosi yang tepat tidak hanya berpangku pada promosi lewat mulut ke mulut. Kamu bisa melakukan berbagai promosi melalui media sosial, melakukan posting di situs jual beli, dan jika ingin lebih tampak profesional kamu bisa membuat website situs jual beli mobil bekas.

Pada promosi ini sebaiknya kamu menyiapkan foto mobil yang bagus sehingga tampilannya memiliki nilai jual tersendiri. Selain itu kamu juga harus membuat deskripsi mobil selengkap-lengkapnya.

5. Cari Mobil Bekas yang Laku Dipasaran

Kamu juga bisa memilih strategi yaitu dengan menjual stok mobil yang mereknya cukup digandrungi dan sedang banyak dicari orang orang. kamu juga harus pastikan bahwa tahun pembuatan mobil tidak terlalu lama.

Karena biasanya para calon pembeli memiliki banyak pertimbangan untuk membeli mobil yang mesinnya sudah ketinggalan dan desain nya tidak menarik apalagi juga dari sisi kecanggihan.

Pertimbangan untuk menjual mobil bekas yang laku di pasaran ini tentu akan memberikan untung lebih cepat ketimbang kamu menjual mobil yang peminatnya sedikit.

6. Jangan Beli Mobil Dari Makelar

Kamu yang ingin melakukan bisnis jual beli mobil sebaiknya jangan melakukan pembelian pada makelar. Lakukan pembelian mobil dari pemiliknya langsung agar kamu bisa lebih puas memastikan kondisi mobil.

Dengan menemui pemiliknya langsung kamu bisa mengerti kondisi mobil dan menganalisa apa saja permasalahan mobil agar bisa langsung menentukan harga jual mobil bekas.

7. Memasang Harga Sesuai Kondisi Mobil

Ini adalah penting bagi seorang penjual mobil. Meski kamu menginginkan keuntungan cepat dan banyak tapi harusnya penjual mobil menelusuri harga pasar produk yang akan dijual.

Kamu bisa melakukan searching ke situs jual mobil online yang terpercaya bandingkan harga tertinggi dan terendah pada situs-situs tersebut. Lalu kamu bisa mengambil harga rata-ratanya agar kamu memiliki panduan untuk memasang harga mobil.

Selain itu sesuaikan juga harga pasaran mobil dengan kelayakan kondisi mobil. Mobil yang memiliki banyak kekurangan maka kamu tidak bisa menjualnya sama dengan harga pasaran yang berlaku.

8. Bersihkan Mobil

Sebelum mobil kamu panjang sebaiknya pastikan mobil terawat termasuk kebersihannya. kamu harus memastikan bagian eksterior seperti cat body bumper dan kolom tetap bersih mengkilap.

Sementara bagian interiornya jangan sampai kotor terdapat bekas kaki apalagi berbau. Sementara itu kamu juga harus menunjukkan pada pembeli tentang variasi yang digunakan pada mobil. Usahakan aksesoris mobil ini tidak mengganggu fungsi kendaraan dan mudah dilepas pasang.

9. Dampingi Calon Pembeli Saat Test Drive

Sebaiknya kamu tetap mendampingi calon pembeli saat akan melakukan test drive. Bahkan kamu bisa mencoba membawa seorang pendamping lagi ketika melakukan tes ini agar tetap merasa aman.

Bagaimanapun kamu tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, apalagi untuk kondisi terburuk. Waspada harus tetap dilakukan dimana saja pada segala aspek.

10. Tetap Aman Berkendara Selama Terjadi Pandemi Covid-19

Ketika kamu melakukan pembelian mobil di tengah Pandemi Covid-19 pastikan bahwa kamu tetap aman berkendara. Aku pernah baca cara Social Distancing ala Mobil88 untuk para pengendara mobol gaes. Caranya yaitu menyemprotkan desinfektan ke seluruh bagian interior mobil terutama di bagian-bagian yang sering disentuh seperti setir mobil.

Siapkan hand sanitizer khusus di dalam mobil, jangan memasukkan terlalu banyak penumpang di dalam mobil dan tetap pakai masker meski kamu berada di dalam mobil.

Demikian beberapa tips jual beli mobil yang aman dan terpercaya. Tips-tips tersebut diatas bisa kamu aplikasikan ke usaha jual beli mobil yang dijalani apalagi bagi para pemula.

Karena Indonesia ekonomi masyarakatnya adalah golongan menengah ke bawah maka peluang usaha jual beli mobil ini bisa kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Banyak orang lebih mempertimbangkan untuk membeli mobil bekas krena harganya lebih relatif murah dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

**

makasih buat teman-teman yang menyempatkan waktunya untuk mampir dan membaca artikel di celotehdinihari.com, untuk informasi terbaru dan memdapat konten terupdate, silakan klik tombol subscribe ya.

5 Shares:
3 comments
  1. kondisi mobil jadi point utama biasanya, seperti mesin, takutnya udah bayar mahal, setelah pemakaian nggak lama, mesinnya udah rusak. jadi double pengeluaran juga.
    selama ini aku cari info dari mulut ke mulut atau bantuan sodara, tentunya yang dicari yang berkualitas juga setelah cek ricek

  2. Dulu kantor pernah beli mobil second tapi karena kurang paham track record akhirnya mengeluarkan biaya lumayan banyak untuk perbaikan. Bagus mbak tipsnya. Duh, blognya kece banget. Blog terkece yang pernah saya kunjungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.