Wajib Kamu Tahu! Ini Dia 7 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Liburan

Ini Dia 7 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Liburan

Sudah kerja capek-capek pastinya kita ingin menikmati hasil kerja kita kan. Setidaknya setahun sekali kita mengalokasikan budget uang pribadi untuk liburan. Buat teman-teman yang masih bingung nih bagaimana perencanaan keuangan untuk mempersiapkan liburan bisa disimak nih tipsnya.

7 Tips Merencanakan Liburan Agar Liburan Menyenangkan

Ini Dia 7 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Liburan

1. Mempersiapkan dan mencari informasi tujuan wisata yang ingin dikunjungi

Mengetahui informasi yang detail mengenai tempat wisata yang ingin dikunjungi sangatlah membantu kita untuk membuat perencanaan perjalanan wisata yang matang. Sering-seringlah membaca hasil review perjalanan orang lain di website sehingga ada gambaran mengenai lokasi wisata yang dituju.

2. Melakukan budgeting dari berangkat hingga pulang

Budgeting ini sangatlah penting karena menyangkut berapa banyak uang yang harus kita siapkan, berapa banyak uang cash yang harus kita pegang di dompet. Membawa uang cash terlalu banyak juga berbahaya karena bisa saja kecopetan. Jadi sebaiknya memperhitungkan uang dan membawa secukupnya.

3. Berburu tiket murah namun terpercaya

Pada bulan-bulan tertentu maskapai penerbangan melakukan promo tiket murah dengan harga yang fantastis. Biasanya harga yang ditawarkan sangat murah ini berangkatnya jauh-jauh hari, misalnya saja di tahun depan. Kadang tiket murah juga dijual pada saat low season.

Harap memperhatikan bahwa untuk membeli paket tur murah harus melihat apakah penjual merupakan agen perjalanan yang dapat dipercaya. Jangan sampai tertipu karena tergiur harga murah dan tidak masuk akal.

4. Mengalokasikan simpanan setiap bulan secara disiplin hingga tiba sampai hari H

Untuk masalah mengalokasikan dana ini kadang kita sering banget ga disiplin. Idealnya dalam perencanaan keuangan untuk biaya hidup maksimal di angka 40-50% dari gaji bulanan. Untuk tabungan dan investasi di angka 15%. Dana darurat bisa disisihkan 10% dari tabungan.

Asuransi di angka 10 %, Dana social bisa di angka 2,5%-10%, nah baru deh dana untuk gaya hidup yang termasuk liburan, nonton, ngopi cantik bisa dianggarkan 10%. Andaikan gaji kamu 7 juta rupiah, bisa sisihkan uang sebesar 700 ribu tiap bulannya.

Uang ini bisa dibagi lagi 400 ribu untuk tabungan jalan-jalan kamu dan 300 ribu sisanya untuk jatah gaya hidup di akhir pekan.

5. Berhemat dengan tinggal di rumah penduduk local melalui website seperti coachsurfing

Apakah kamu pernah mendengar website yang bernama coachsurfing? Web ini merupakan tempat seperti pertukaran rumah tinggal. Jadi misalnya kalau kamu penduduk di Indonesia, kamu bisa menyediakan tempat untuk menginap bagi bule-bule ketika mereka di Jakarta. Demikian pun ketika kamu sedang mengunjungi negara mereka. Penginapan bisa didapatkan dengan mengajukan di web ini.

Berhemat dengan menggunakan aplikasi penginapan murah. Kita bisa mendapatkan kamar yang layak untuk ditinggali dengan harga yang ramah di kantong. Walaupun tidak semewah hotel berbintang, banyak tempat di Airbnb mendapatkan review yang baik.

Umumnya penginapan yang ditawarkan Airbnb ini adalah rumah penduduk local dan apartemen. Kita bisa menikmati suasana yang tidak ditawarkan oleh hotel berbintang.

6. Membeli asuransi perjalanan yang mengcover kecelakaan di perjalanan, keterlambatan pesawat, hingga kehilangan bagasi

Sering disepelekan namun asuransi perjalanan adalah hal yang sangat penting. Bagaimana tidak apabila penerbangan terlambat, tentunya rencana perjalanan kita juga menjadi terlambat. Semua rencana yang sudah disiapkan matang-matang akan buyar. Asuransi perjalanan membantu kita untuk melindungi kita dari resiko-resiko yang tidak kita inginkan. Begitu juga dengan kehilangan atau kerusakan bagasi. Asuransi melindungi kita dari resiko kehilangan.

Demikianlah tips untuk melakukan perencanaan keuangan liburan kamu agar liburan kamu menyenangkan. Selamat berlibur!

 

Author : Inez Dwijayanti

1 Shares:
2 comments
  1. semua unsur diatas hampir semua aku lakukan, hanya saja untuk asuransi nggak selalu aku beli. memang perlu harusnya untuk antisipasi ketika bepergian jauh seperti ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.