SystemEver, Software ERP Manufaktur Pergudangan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda

Software ERP Manufaktur Pergudangan

Software ERP manufaktur pergudangan terbaik membantu bisnis yang sedang berkembang dapat memiliki sistem kerja yang akurat dan juga digital. Dengan pemakaian software ERP kinerja bisa dioptimalkan tanpa mengeluarkan tenaga SDM yang banyak dan waktu lama.

Dengan software terbaik, produktivitas bisa ditingkatkan dan bisnis manufaktur Anda jadi lebih berkembang. Sistem ERP terbukti mampu menyederhanakan operasional, meningkatkan efisiensi serta menghemat anggaran industri manufaktur.

Perusahaan Manufaktur Memakai SystemEver, Software ERP Manufaktur Terbaik

Sistem informasi manajemen dini kian marak penggunaannya karena memberikan berbagai keuntungan. Mulai dari data yang otomatis, analisa yang lebih akurat dan layanan konsumen yang lebih cepat. Usaha manufaktur pergudangan yang berhubungan dengan barang, jumlah, supply dan demand akan sangat terbantu kalau menggunakan software ERP yang handal.

Masalah yang Dihadapi Manajemen Gudang Manufaktur

Mengelola usaha besar perlu membuat manajemen terfokus. Misalkan untuk manajemen gudang manufaktur, apa saja tanggung jawab dan tugasnya. Selain itu, apa saja masalah yang kerap dihadapi oleh bagian tersebut. Dengan demikian bisa dibuat SOP (Standar Operasional Prosedur) atau ketentuan untuk bisa meminimalisirnya.

1. Sistem Stock Barang Yang Buruk

Pebisnis yang menjual produk, harus bisa mengelola keberadaan produk yang dijualnya dengan seksama. Mulai dari pemesanan, pemeriksaan stok barang secara berkala, sistem penyimpanan, distribusi sampai pembukuan.

Kalau tidak ada software ERP manufaktur pergudangan yang terintegrasi dengan bagian lain, maka Usaha akan kerap menemukan komplain pelanggan, keterlambatan pemenuhan order dan semua masalah lain yang berkaitan dengan stok barang.

2. Pemeriksaan Yang Tidak Memiliki Rutinitas

Usaha manufaktur pergudangan menekankan bisnisnya dengan barang ada di gudang. Agar usaha berjalan dengan lancar, maka pemeriksaan perlu dilakukan secara teratur dan bukan hanya ketika ada pesanan saja. Ini adalah hal kecil yang kerap dianggap tidak penting. Sedangkan produk yang tidak layak jual, pencurian atau masalah lainnya sering muncul karena pemantauan yang minim.

3. Pengelolaan Secara Manual

Software ERP manufaktur pergudangan terbaik dapat dipakai untuk menangani manajemen yang masih dilakukan dengan manual. Bayangkan kerugian materi dan moril yang disebabkan karena kesalahan pegawai.

Kalau Anda masih memakai cara tradisional, lakukan peralihan ke sistem digital yang lebih cepat, akurat dan tentu bisa diandalkan. Pemakaian software bisa membuat otomasi yang hampir tidak ada errornya. Tentu saja, Anda memakai sistem komputerisasi yang bisa lebih diandalkan daripada SDM sebaik apapun.

4. Tidak Terintegrasi

Bisnis skala kecil sering berpikiran kalau dengan bentuk usahanya yang masih merintis tidak perlu memakai software pengelolaan pergudangan. Bisnis seperti ini kerap mengandalkan ingatan bagian satu ke bagian lainnya.

Akibatnya, bagian pemasaran kurang cepat mengetahui stok yang ada di gudang. Bagian pengiriman juga bisa terlambat karena tidak terkoordinasi dengan bagian pergudangan.

Kalau Anda memakai software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan sebagai sistem yang tidak terintegrasi maka layanan Anda akan kalah dengan kompetitor lainnya.

5. Penyimpanan Yang Tidak Terorganisir

Masalah manajerial manufaktur pergudangan, khususnya untuk item besar adalah masalah penyimpanan. Seringkali ruang persediaan berantakan dan tidak jelas dimana letak produk yang dijual.

Cobalah untuk menaruh barang menurut suatu kategori, pakai label kalau perlu. Kalau gudang tertata baik tentu akan lebih mudah menemukan item yang diinginkan.

6. Kontrol Kualitas Yang Rendah

Kendala yang bisa mempengaruhi produktivitas pergudangan adalah ketika ada kesalahan dan harus mengulang tugas yang sudah dilakukan. Hal ini terjadi dikarenakan kontrol kualitas yang buruk. Kalau sudah begitu tentu banyak waktu dan tenaga yang terbuang. Itulah pentingnya adanya SOP untuk semua aktivitas dalam pekerjaan.

7. Sumber Daya Manusia Yang Tidak Kompeten

Software ERP manufaktur pergudangan terbaik dapat dipakai untuk menggantikan SDM yang yang belum terlatih atau kekurangan karyawan. Mengharuskan karyawan untuk mengambil banyak tugas juga keras menjadi masalah yang bisa membuat proses distribusi, pengemasan atau pembukuan ada yang salah dan harus diurutkan dari awal untuk menemukan letak masalahnya.

Tips Menerapkan Sistem Manajemen Manufaktur Pergudangan

Software ERP Manufaktur Pergudangan

Perusahaan dengan warehouse baik milik sendiri atau menyewanya perlu melakukan sistem manajemen gudang yang baik. Sistem manajemen gudang sejak awal dapat menata arus masuk manufaktur pergudangan untuk bisnis jangka panjang.

Memilih memakai sebuah sistem dengan pemakaian software ERP dapat adalah keputusan tepat. Langkah selanjutnya adalah menerapkannya. Berikut adalah tips menerapkan sistem manajemen gudang perusahaan agar berfungsi dengan baik:

1. Pengelolaan Data Akurat

Gunakan software ERP manufaktur pergudangan terbaik untuk membuat pendataan yang dapat diandalkan. Keseluruhan kegiatan bisnis akan mengikuti data yang dimiliki.

Jadi, kalau berminat menerapkan sebuah sistem pada pendataan, pastikan terlebih dahulu ada SDM yang menguasai untuk menginput dan membuat pengaturan yang dibutuhkan.

2. Estimasi Persediaan

Elemen penting dalam mengelola bisnis yang mengharuskan adanya penyimpanan barang di gudang adalah perkiraan stok di gudang. Software ERP manufaktur software erp manufaktur pergudangan terbaik bisa melakukan hal tersebut. Pastikan semua SDM yang terlibat dengan bagian penyediaan dapat memakainya.

Jadi, tiap bagian dari usaha, bekerja berdasarkan data yang sama sehingga aktivitas bisa selaras. Sistem juga bisa mencegah berbagai masalah yang bisa mengganggu kelancaran usaha.

3. Pemeriksaan

Cara terbaik untuk menerapkan suatu sistematis adalah memberikan perhatian khusus untuk input data awal dan memungkinkan adanya pemeriksaan. Sistem berjalan dengan otomatis, tapi tetap saja diperlukan adanya pemantauan dari posisi tertentu agar memastikan tidak ada kendala dalam sistem. Dengan demikian, perusahaan bisa berjalan dengan baik dengan mengadopsi sistem yang terpantau.

4. Mengkategorikan Stok

Cara terbaik untuk membangun sistem manajemen gudang adalah memakai Software ERP manufaktur pergudangan terbaik dan memisahkan stok sesuai dengan beberapa kategori. Hal ini memudahkan stok tidak tercampur dan membuat proses pengiriman dan pengemasan jadi lebih lama. Pemisahan stok lama dan baru dan pemisahan lainnya akan memudahkan perhitungan sehingga akan lebih jelas apakah perusahaan sedang merugi atau untung.

5. Penjadwalan

Inti dari pengelolaan pergudangan adalah adanya jadwal yang dibangun untuk membuat suatu sistem. Software hanya dapat berjalan optimal bila data awalnya sudah sistematis. Buat waktu-waktu tertentu untuk melakukan pemeriksaan secara rutin sesuai dengan jadwal usaha agar sinkron.

Alasan Perusahaan Manufaktur Perlu Software ERP Manufaktur

Sistem yang dibentuk melalui software ERP manufaktur memfasilitasi usaha manufaktur dengan informasi akurat dan real-time. Sehingga tiap keputusan bisnis terbaik bisa diciptakan berdasarkan informasi yang dapat diandalkan.

Terdapat berbagai alasan yang menjadikan software ERP pilihan terbaik untuk berbagai jenis usaha, khususnya yang berjalan dalam bidang manufakturing.

Apakah ERP?

ERP adalah  sistem dan software untuk perusahaan industri manufaktur untuk mengelola seluruh kegiatan manajemen secara komprehensif dan terintegrasi.

Hal ini dilakukan secara menyeluruh mulai dari pengelolaan keuangan- akuntansi, pengadaan barang, produksi, pembelian, pengelolaan SDM, ekspor-impor, pergudangan dan lain-lain.

Alasan Memakai Software ERP Manufaktur

Perusahaan manufaktur memerlukan Software ERP manufaktur pergudangan terbaik  sesuai dengan keperluan usahanya. Pabrik yang sedang kesulitan mengelola sistem manajerialnya.

Kalau usaha manufaktur ingin memiliki penjualan yang sehat dalam jangka pendek atau jangka panjang. Sistem ERP tidak diragukan bermanfaat bagi industri manufaktur.

1. Penyimpanan Data Aman

Data dalam bentuk tertulis atau bahkan pada flash disk atau hard disk bukanlah cara aman untuk menyimpan data. Software lebih aman, efektif dan efisien.

Penerapan sistem ERP memungkinkan perusahaan dapat memberikan akses untuk karyawan yang memang bekerja untuk mengelola data di mana saja dan kapan saja.

2. Pengelolaan Inventaris Menyeluruh

Sistem dari software ERP manufaktur pergudagan terbaik membuat perusahaan mudah memantau stok persediaan barang. Tanpa cara manual, produk apa saja yang kurang, lebih atau dipesan klien akan cepat diketahui. Dengan demikian, perusahaan akan mudah menentukan tindakan selanjutnya.

3. Laporan Lengkap dan Akurat

Sistem ERP juga membuat industri manufaktur mendapat data lengkap tentang pergudangan. Bagaimana stok barang, produktivitas sistem, efektivitas serta efisiensi dari memastikan perusahaan berjalan dengan stabil.

4. Optimalkan Tenaga SDM

Karyawan akan bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dan lebih efisien dengan memanfaatkan teknologi digital. Software ERP manufaktur bisa memastikan sistem absen, gaji atau kualitas kontrol kinerja pegawai juga terpantau dengan baik. Kalau dilakukan secara sistematis bukan karena penilaian orang, tentu karyawan akan lebih mudah melakukannya.

5. Sistem Pengontrol Cerdas

Pengendalian mutu yang bersifat melakukan evaluasi bisa ambigu kalau dilakukan oleh karyawan atau atasan sekalipun. Mengintegrasikan software ERP manufaktur pergudangan terbaik yang handal adalah cara tepat untuk memastikan stok bisa dijaga tidak kurang atau lebih. Kalau sistem sudah berjalan, maka hal lain akan berlangsung secara alami.

6. Perakitan Produk

Manfaat dari memakai software ERP Manufakturing terbaik juga akan bisa memastikan proses pencatatan perakitan produk berjalan sesuai tahapan yang benar dan dapat dijalankan tanpa error. Serahkan pada sistem, maka SDM bisa berfokus untuk memberikan produk terbaik untuk dipasarkan.

SystemEver, Software ERP Manufaktur Terbaik Untuk Usaha Manufaktur Anda

Software ERP Manufaktur Pergudangan

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan, Younglimwon Softlab menghadirkan SystemEver Indonesia sebagai sistem untuk membantu pelaku bisnis manufaktur untuk mengelola usahanya dengan memanfaatkan teknologi ERP (Enterprise Resource Planning).

SystemEver menghasilkan software manajemen ERP sesuai kebutuhan pebisnis apapun skala usahanya. Software Cloud ERP SystemEver mencangkup tiga bidang besar :

  • i1 (Account Tax Service) untuk masalah keuangan
  • i5 (Sales/Distribution) untuk bisnis distribusi dan penjualan.
  • i7 (Manufacturing) untuk usaha manufakturing.

SystemEver memudahkan karyawan dalam mengoperasikan Software ERP manufaktur pergudangan terbaik yang dikembangkannya. Sistem yang tersimpan pada cloud ERP dikembangkan untuk bisa terintegrasi dengan excel interface. Cost structurenya jelas sehingga cost analysisnya lebih akurat dalam membantu membuat keputusan penting.

Usaha Manufacturing Anda akan memiliki sistematis pergudangan yang handal karena berbagai alasan.

1. Sistem Terintegrasi

SystemEver memiliki sistem yang terintegrasi antara modal, inventaris, penjualan, stok dan berbagai hal yang berkaitan dengan perusahaan. Ketika data tertentu dibutuhkan untuk kebutuhan usaha, informasi yang terkait bisa dengan mudah diambil.

2. Akurasi

Data yang dihasilkan tidak perlu dipertanyakan keabsahannya karena pasti benar dari awal sampai akhir. Jadi, bila ada kekurangan stok barang atau ada kelebihan, tentu software ERP manufaktur memastikan data tersebut benar dan bisa lebih cepat diambil tindakan jalan keluarnya. Waktu akan bisa dimaksimalkan sehingga tidak ada yang terbuang percuma.

3. Mudah Digunakan

SystemEver memiliki peranan yang sangat mudah untuk dipakai. Walau kemampuannya banyak dan komprehensif, tapi pemakaiannya sangat user-friendly. Pegawai yang awam sekalipun akan mampu mengoperasionalkannya sesuai dengan panduan yang tercantum. Itulah poin paling penting dalam memakai software ERP terbaik industri manufaktur pergudangan.

4. Memastikan Keefisienan Pergudangan

Proses manual yang rentan error bisa diminimalisir dengan pengadopsi SytemEver sebagai Software ERP manufaktur pergudangan terbaik. Otomatiskan usaha akan bisa dijalani sesuai dengan keinginan dengan tingkat akurasi tinggi. Bahkan kalau Anda memiliki banyak gudang dan cabang dimana-mana, pengaturan bisa dipantau secara menyeluruh hanya dengan satu software.

5. Beragam Fitur Bermanfaat

Gunakan SystemEver yang dilengkapi dengan banyak fitur dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing. Sistem Manajemen Pesanan Terpadu (OMS) , Integrasi Kanal Penjualan & ERP, Integrasi Kurir Terakhir, Pengaturan Distribusi, Transparansi Sistem, Onboarding Multi-penjual dan fitur lainnya, akan dapat membantu usaha manufakturing bukan hanya mengelola gudangnya, tapi bisa juga dipakai untuk bagian lain dari perusahaan.

Pengelolaan pergudangan manufaktur akan lebih terkendali dengan memakai software ERP manufaktur terbaik yang terbukti berpengalaman dan handal sebagai suatu sistem. Gunakan software ERP Manufaktur terintegrasi SystemEver dalam membantu bisnis yang sedang berkembang jadi lebih profesional.

Sistem cloud ERP otomatis yang mampu memberikan pengelolaan terbaik untuk mendukung bisnis Anda. Masalah bisa dihindari, penjualan bisa ditingkatkan dan semua SDM yang terlibat bisa terbantu bekerja lebih efektif dan efisien.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.