Cara Mempercepat Internet yang Lemot di Smartphone dan Komputer 

Cara Mempercepat Internet

Internet mulai lemot saat kamu sedang streaming atau ingin mengirim email pekerjaan, kamu pasti sangat kesal. Gimana sih cara mempercepat internet biar nggak lemot lagi. Baik menggunakan kuota atau wifi sebenarnya ada cara khusus yang bisa kamu ikuti.

Kamu juga tidak perlu buru-buru menyalahkan perangkat smartphone atau komputer yang saat ini digunakan. Seperti apa cara mengatasi internet lemot yang bisa kamu dilakukan untuk mempercepat?

Cara Mempercepat Internet di Perangkat Smartphone atau Komputer

Cara Mempercepat Internet

Dilansir dari mas dzikry sebenarnya ada penyebab internet lemot di PC atau tidak konek ke wifi. Kemungkinan adapter wifi yang tidak cocok, wifi sudah kadaluarsa atau pengaturan internet di komputer tidak tepat.

Sedangkan jika kamu menggunakan kuota, kecepatan internet ditentukan oleh sinyal ponsel. Nah jika sudah seperti ini cara mempercepat internet berikut ini perlu diikuti.

  • Menghapus Cache

Cache pada ponsel akan menumpuk seiring seringnya penggunaan internet. Jumlahnya yang bertambah banyak ini akan memenuhi memori pada RAM sehingga performa smartphone menurun.

Dampaknya bukan hanya ponsel menjadi lemot tetapi juga ketika browsing atau membuka aplikasi online pun semakin berat. Begitu juga kamu yang menggunakan laptop. Cara mempercepat internet di laptop atau smartphone adalah dengan rutin menghapus cache.

Tak hanya cache saja, sebaiknya kamu juga menghapus history dan penyimpanan cookies. Setidaknya satu bulan sekali menghapus akan membuat internet jadi lancar.

  • Memperbaiki Posisi Antena Router

Kecepatan koneksi internet wifi juga akan menurun ketika posisi router bahkan antenanya berubah. Kamu mungkin tidak sengaja menyenggol sehingga posisi antena pun berubah. Cara mempercepat internet wifi yang selanjutnya adalah perbaiki posisi router dan antenanya.

Antena harus dalam posisi berdiri tegak sehingga bisa memancarkan sinyal dengan lebih baik. Sedangkan posisi router sebaiknya berada di ketinggian yang tidak terhalang dinding atau benda lainnya.

Banyaknya benda yang menghalangi sinyal wifi juga sangat berpengaruh dalam kecepatan wifi. Tidak lupa supaya internet lebih cepat pilih router yang berkualitas baik. Selain kecepatan internet stabil perangkat juga lebih awet.

  • Mengaktifkan Layanan Ad Blocker

Bagi kamu yang menggunakan smartphone, cara mempercepat internet yang mungkin jarang terpikirkan adalah menggunakan aplikasi ad blocker. Tambahan aplikasi ini sangat bermanfaat untuk menambah kecepatan internet.

Iklan yang muncul pada saat kamu menggunakan web browser atau aplikasi akan memperlambat akses internet. Pada akhirnya hanya akan membuat kenyamanan berselancar di dunia maya berkurang. Ditambah lagi juga menghabiskan banyak kuota.

  • Hindari Membuka Tab Terlalu Banyak

Internet menggunakan PC memang sangat nyaman, kamu memiliki layar yang cukup luas dan bebas berselancar. Sehingga kamu pun membuka banyak tab di web browser dalam satu waktu sekaligus.

Padahal cara mempercepat internet di PC yang bisa kamu lakukan justru mengurangi jumlah tab tersebut. Jika ada website yang sudah kamu kunjungi ternyata tidak digunakan kembali sebaiknya tutup saja.

Efeknya sama seperti iklan, selain memperlambat tab tersebut hanya akan mengambil lebih banyak kuota internet.

  • Jangan Lupa Memperbaharui Antivirus

Apakah kamu sudah update antivirus baik di komputer atau smartphone? Antivirus adalah cara mempercepat wifi di laptop dan smartphone yang sampai saat ini cukup efektif. Serangan virus pada saat kamu sedang berselancar bisa terjadi kapan saja.

Perangkat yang terinfeksi tak hanya mengalami masalah keamanan data tetapi juga menurunnya kecepatan internet. Jika kamu tidak ingin internet menjadi lelet sebaiknya segera update antivirus.

  • Pastikan Operator yang Kamu Gunakan Bersinyal Kuat

Syarat paling penting jika kamu ingin mempercepat jaringan adalah sinyal kuat dari provider penyedia internet. Jika kamu menggunakan smartphone maka cek kembali nomor apa yang memiliki sinyal kuat di daerah tersebut.

Tanpa adanya sinyal kuat baik itu 3G, 4G bahkan 5G kamu tidak akan bisa internetan dengan kecepatan yang kencang. Meskipun sudah membeli kuota yang jumlahnya besar untuk satu bulan.

Tidak ada salahnya jika kamu mencoba beberapa operator yang tersedia di Indonesia sebelum memutuskan menggunakan salah satunya.

  • Memeriksa Jumlah Pengguna Wifi

Memasang wifi di rumah tapi internet tetap saja lemot? Bagaimana cara membuatnya lebih cepat? Kamu perlu mengecek kembali berapa jumlah yang memakai internet di rumah.

Bisa saja internet kamu bocor dan diakses oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab. Ketika jumlah pengguna sebuah wifi terlalu banyak atau melebihi kapasitas maka internet sudah pasti akan lemot.

Kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi dari penyedia internet, bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi tambahan pada ponsel. Beberapa aplikasi bahkan memiliki kelebihan untuk memblokir akses yang tidak dikenal.

Selanjutnya kamu harus mengganti password wifi secara berkala demi keamanan penggunaan wifi di rumah.

Mengikuti ketujuh cara mempercepat internet tentunya tidak sulit baik itu di smartphone maupun di laptop. Sehingga kamu pun tidak perlu dongkol lagi karena internet lemot.

0 Shares:
1 comment
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.