10 Cara Menulis Artikel di Blogger (Blogspot) untuk Pemula

Panduan-Dasar-Menulis-Artikel-di-Platform-Blogspot-a

Tulisan panduan menulis artikel di platform blogspot ini sebenernya sengaja aku buat untuk para penulis atau kontributor tulisan di blog keduaku yaitu feminim.id yang emang aku setting sebagai media online.

Dan baru aja aku pakai cara invite mereka sebagai author biar nama terang mereka melekat sama artikel yang dibuat. Bisa jadi portofolio mereka juga kan nantinya.

Panduan-Dasar-Menulis-Artikel-di-Platform-Blogspot---feminim

Iya, aku nggak nulis sendiri disana. Kecuali untuk artikel job placement, dan caraku berpenghasilan dari blog ya. Tetu penulisku aku bayar gaes, jangan khawatir. Hihi.

Oiya, di artikel ini aku gak akan bahas masalah cara membuat blog di blogger atau blogspot ya, banyak tutorialnya tuh, lagian bikin blog tinggal buka blogger.com aja kan. Wkkwkwkw gampang, printilannya itu yang ribet.

Agak takut sebenernya nulis artikel cara membuat artikel di blog ini, apalagi sampai aku putuskan untuk publish di blog celotehdinihari. Awalnya mau aku kasih panduan atau cara menulis artikel bentuk ms word atau notepad aja gitu, tapi kok jadinya agak panjang.

Yaudah lah ya, aku post di celotehdinihari.com sekalian. Toh ya emang ada ruang khusus disini untuk bahas seputar blogging. Hehe

Sebenernya buat kita atau buat kalian nih para pembaca yang juga blogger juga, tentu udah paham dan khatam banget kan cara menulis dan publish artikel di platform blogspot itu gimana.

Tapi para penulisku belum tentu, iya mereka udah biasa menulis artikel sih, cuman belum tentu dari mereka terbiasa merawat dan menulis di blog pribadi mereka. Ada sebagian yang pernah bikin blog, tapi ternyata kurang diseriusi. Jadi nggak belajar sampai cara nulis di dashboard blogspot yang benar gimana.

Artikel Terkait:  Suka Duka Menjadi Seorang Blogger – ala @rinie_noe

Nah, makanya, di artikel ini aku sedikit akan kasih panduan cara menulis artikel di platform blogspot. Harapannya sih nanti penulisku lebih paham dan memudahkanku juga untuk mengelola blog kedua adeknya celoteh ini.

Harapan lain yang tentu sering aku sampaikan ke mereka adalah biar mereka latian cara nge blog yang bener. Aku juga berharap someday mereka menyeriusi blog nya biar bisa mendapat penghasilan dari blog kayak aku. Amiiinnnnnn….

Panduan dan Tata Cara Menulis Artikel di Blogger (Blogspot)

Oke, daripada banyak cing cong, yuk langsung bahas beberapa panduan atau pedoman menulis artikel di dashboard blogspot. Berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan.

Panduan-Dasar-Menulis-Artikel-di-Platform-Blogspot-

 

1. Judul

Judul harus mengandung keyword, maksimal 65 karakter. Cek jumlah karakter di http://id.wordcounter360.com/

2. Badan Artikel

Jika menulis artikel di ms.word, maka harus:

  • Copy paste seluruh artikel ke notepad terlebih dahulu, baru dari notepad boleh di copy paste kedashboard blogspot, atau,
  • Copy paste artikel dari ms.word ke dashboard blogspot langsung, lalu CRTL A dan klik menu Tx atau remove formating, lalu rapikan spasi antar paragraf, atau
    Langsung menulis dari dashboard blogspot, bukan di ms.word dahulu.

Kedua cara ini berfungsi untuk mneghapus script html dari ms.word yang bisa merusak tampilan postingan di blog.

3. Gambar

Panduan-Dasar-Menulis-Artikel-di-Platform-Blogspot-3-

  • Letakkan minimal 1 gambar beresolusi bagus
  • Ukuran maksimal 120kb (gambar jangan pecah), kalau size terlalu besar bsia di compress di https://tinyjpg.com/ atau https://compressor.io/compress
  • Setting original size, caranya klik gambar – pilih original size
  • Masukan ALT images, caranya klik gambar – properties – isi TITLE TEXT denga keyword utama – isi ALT TEXT dengan keyword utama/keterangan lain gambar tersebut, klik OK.
Artikel Terkait:  Blog Achievement 2019 and Blog Resolution 2020

Panduan-Dasar-Menulis-Artikel-di-Platform-Blogspot-3-

4. Paragraf

Dalam satu paragraf tak perlu terdiri dari banyak kalimat. Cukup paragraf-paragraf pendek berisi 2-3 kalimat aja. Hal ini untuk mempermudah dan bikin nyaman pengunjung blog yang membaca artikel, nggak gampang bikin mata capek.

5. Keyword

Keyword wajib berada di:

  • Paragraf pertama
  • Paragraf kedua
  • Heading atau H2
  • Paragraf akhir
  • Sisanya disebar bebas tak perlu spamming

6. Heading

Aku nggak hanya mengecek tulisan penulis di feminim.id, aku lagi bantuin si omat juga nih ngelola web nya wacana.id yang juga pakai sistem open contributor berbayar.

Dah yap, masih banyak kontributor yang nggak ngerti apa fungsi per-heading-an di dashboard nya.

Heading adalah salah satu perlengkapan SEO yang emang wajib blogger tahu dan ngerti cara pakainya. Heading ini akan mempermudah google dalam merayapi struktur artikel kita.

Untuk platform blogspot maka per-heading-annya adalah:

  • Judul = cuekin aja nggak perlu diapa-apakan (H1)
  • sub judul = setting sebagai SUBHEADING (H2)
  • point di dalam sub judul (jika ada) = setting sebagai MINOR HEADING (H3)

7. Label

Isi dengan kategori yang tersedia dan sesuai dengan tema artikel yang dipilih misal bahas wanita atau kecantikan, bisa dimasukan ke label “beauty” dan sebagainya.

Permalink adalah URL yang akan muncul di belakang url domain. Panduannya:

  • Jangan terlalu panjang
  • Boleh cukup isi dengan keyword utama
  • Pisahkan tiap kata dengan tanda baca strip ( – )
  • Jangan ada huruf kapital
Artikel Terkait:  Beli Backlink Berkualitas untuk Website Bisnis atau pun Pribadi? Jawalink.com Aja!

9. Search Description

Search description adalah rangkaian kalimat yang akan muncul di serach engine saat artikel kita ditemukan pengunjung. Isi kolom search description dengan cara:

  • Inti pembahasan artikel
  • Berisi maksimal 160 karakter. Cek jumlah karakter di http://id.wordcounter360.com/
  • Masukan keyword utama
  • Masukan minimal 1 link keluar (do follow) ke website atau blog dengan autority yang besar seperti wikipedia dan lain sebagainya
  • Masukan minimal 1 internal link pada anchor text atau keyword yang ada relasinya dengan artikel dalam blog kita.

Untuk di feminim, point ke-10 ini biar aku yang setting, ehehhe.

 

**

Hmm,, point apalagi yang belum kubahas ya. Ntar deh kalau ada tambahan aku update lagi artikelnya.

Btw, feminim.id adalah blog keduaku yang sampai saat ini udah terisi 40-an artikel. Tapi aku belum bisa bener-bener optimasi disana. Alhamdulillahnya udah mulai mendatangkan penghasilan meski belum sebesar celotehdinihari.com ini.

Well, aku mau serius urus blog adek-adek an itu bersama penulisku. Karena itupun, aku butuh tulisan yang gampang dioptimasi nantinya.

Eh sok sok an bikin panduan menulis artikel di blogspot padahal abis ini feminim juga mau migrasi ke wordpress. Wkwkwk yaudah lah ya, semoga ada yang mendapatkan manfaat dari apa yang aku tulis ini. Terimakasih

 

NB: BTW, apa yang udah ter-publish di feminim masih banyak kekurangan karena kita, aku dan penulis masih sama-sama belajar. Aku juga masih usaha nyempetin waktu buat optimasi kesana, huhu, Doakan yaa man teman.

0 Shares:
3 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.