Pertama Kali Gajian dari Rajabacklink: Beginilah Pengalamanku!

rajabacklink

Akhirnya bisa nulis artikel dengan tema blogging lagi. Hehe. Mau cerita dikit nih, 2 minggu lalu aku baru aja dapat transferan dari RajaBacklink, Aseekkk. Nah karena itu aku mau sedikit cerita pengalaman bergabung, dapat job dan gajian pertama kali dari RajaBacklink. Yang mau dapat penghasilan dari blog juga, simak baek baek ya.

Buat teman-teman blogger yang udah kenal aku atau sering berkunjung ke blog bahkan chit chat di WA grup pasti udah paham banget kalau aku sering dan senang berbagi informasi seputar cara seorang blogger mendapatkan penghasilan. Terutama di ranah sponsored post.

Khususon lagi tentang informasi website atau marketplace yang bisa dimanfaatkan menjadi perantara yang menghubungkan antara para blogger dengan para advertiser.

Selain sharing melaui pesan whatsapp atau whatsapp grup, aku juga kerap menuliskan pengalaman job-job di beberapa marketplace seperti sosiago, vira.id, blogpartner, atau projects.co.id.

Nah, nggak mau melewatkan satu marketplace ini juga, so, bakal aku tulis pengalaman dapat job sampai gajian di RajaBacklink.com.

Tujuan sharing ku simpel sih, meskipun artinya aku membuka peluang untuk para pesaing atau kompetitor blogger mendapatkan job yang seharusnya bisa aku dapatkan, Tapi aku seneng aja kalau ada orang sampai bisa dapat rejeki dari apa yang kubagikan. Nyatanya, masih banyak blogger yang belum tahu cara memonetize blog nya selain dari adsense. Bener apa bener?

Website seperti vira.id, sosiago atau blog partner memang menjadi salah satu cara dan media blogger mendapatkan penghasilan dari internet. Tapi nggak hanya itu ada juga seperti RajaBacklink yang menawarkan hal yang sama dan pastinya bertujuan untuk menguntungkan para blogger sekaligus advertiser.

Apa sih bedanya RajaBacklink degan marketplace backlink lainnya? Udah daripada banyak cing cong, langsung baca aja. Ada yang masih kurang jelas, tanyakan ke kolom komen aja ya nanti aku jawab.

dapat job blogger dan uang dari rajabacklink

RajaBacklink.com adalah sebuah marketplace jual beli backlink yang fungsinya untuk mempertemukan para blogger dengan client atau advertiser.

Advertiser atau klien ini sedang hunting atau mencari blog dengan performa atau profil yang sesuai untuk diminta melakukan pekerjaan sesuai brief yang diberikan.

Biasanya kamu kan buka marketplace seperti Tokopedia dan shopee untuk berbelanja kebutuhan pokok ataupun sehari-hari. Para klien maupun yang mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk berbelanja, disini mereka berbelanja sebuah atau lebih banyak backlink. Nah blog kitalah yang akan terpajang di  untuk dipilah-pilih.

Artikel Terkait:  Berapa Standar Fee untuk Content Writer? Apa Bedanya dengan Fee Menulis Para Blogger?

Tentu peran blogger disini adalah sebagai mereka-mereka yang siap menjual blog atau website nya. Sedangkan client maupun advertiser adalah mereka-mereka yang ingin blog atau website nya mendapatkan backlink dari kita para blogger. Dibandingkan dengan yang lain seperti vira.id maupun sosiago memang cara kerja di sini sedikit berbeda. Bedanya apa sih. Simak terus karena bakal aku jelasin ya.

dapat job blogger dan uang dari rajabacklink
saat mendaftarkan blog kedua, feminim.id

1. Mendaftarkan Blog

Kalau cara daftarnya aja sih gampang ya, langsung aja deh.

  • Daftar di situs RajaBacklink (langsung klik aja)
  • Setelah daftar tunggu konfirmasi via email, langsung kalian konfirmasi
  • Konfirmasi done, kalian udah bisa login
  • Masukan nomor hp untuk mendapatkan pemberitahuan job dari sms (di tahap ini aku gagal loh, jadi job yang masuk notifnya hanya masuk ke email, but its okay, nggak masalah)
  • Cek di menu sebelah kiri (via dekstop) “Blog Saya” lalu “+ Blog Baru”
  • Isi nama blog, url blog, dan kategori blog (maksimal 5 ya)
  • Tunggu verifikasi blog dari tim RajaBacklink

Nah blog ku yang feminim.id itu baru aja aku daftarin, jadi harganya belum muncul. Nah kalau yang udah diverifikasi dan dinilai atau direview sama tim RajaBacklink nanti akan muncul harga per jobnya di bawah nama blog. Lihat tuh yang celotehdinihari.com gaes.

Bayangkan RajaBacklink adalah toko online atau marketplace, nah blog kita yang telah terdaftar dan keluar datanya berupa DA, PA dan Alexa. Kayak gini tampilannya.

dapat job blogger dan uang dari rajabacklink

Nah si klien ini bisa sortir by kategori blog, DA, PA, Alexa atau google site. Tinggal klien pilih deh blog mana yang kira-kira sesuai sama mereka.

Sampai sini paham ya?

3. Job Bersifat Tertutup

Udah pernah coba cari job di sosiago, vira atau projects.co.id? kalau di marketplace ini kalian tahu kan ada job-job atau task yang muncul di beranda atau halaman task mereka untuk kemudian bisa kita bid atau tawar job nya.

Kita juga dapat notifikasi kalau ada available job yang bisa kita bid via email. Bener kan? Nah model begini yang aku sebut job buka-bukaan alias bersifat terbuka. Semua blogger bisa lihat jobnya dan bahkan harganya.

4. Tak Ada Proses Bid Task atau Bid Job

Nah karena jobnya bersifat tertutup alhasil nggak ada sistem bid task atau tawar job. Job masuk ke kita atas hasil pemilihan atauj sortiran langsung dari klien yang melihat list harga dna profil atau performa blog (DA, PA, Google Site, dan Alexa) kita di etalase RajaBacklink.

5. Notifikasi dan Konfirmasi Job

Kita akan menerima email atau sms jika ada klien atau advertiser yang memilih blog kita untuk melakukan pekerjaan yaitu menulis dan memberikan backlink ke website mereka.

6. Pemotongan Fee atau Biaya Jasa Pihak Ketiga

Semua marketplace backlink baik vira, sosiago, atau projects.co.id pasti memotong biaya jasa karena telah memfasilitasi pertemuan kita (blogger) dengan advertiser dimana kita dan advertiser ini sama-sama diuntungkan kan. Nah karena kita aja diuntungkan, masa mereka nggak ambil untung. Ya nggak mungkin dongs, hehe

dapat job blogger dan uang dari rajabacklink
harga untuk feminim.id dan celotehdinihari.com

 

Nah di RajaBacklink ini juga menerapkan pemotongan fee atau biaya jasanya sendiri dan bersifat terbuka seperti projects.co.id. Fee yang dipotongkan adalah sebesar 30%. Jadi misal blog kita dihargai senilai Rp100.000 maka saat job atau task yang kita dapatkan selesai dan di approve klien, maka uang yang kita terima adalah 70% nya yatu Rp70.000

Artikel Terkait:  Pilih Mana ? Blog Niche Atau Blog Gado-Gado. Apa Ada Hubungannya Dengan Gender?

Nah ini yang paling mengasikan. Hehe. Setiap job yang telah selesai kita kerjakan maka otomatis saldo kita akan terisi senilai 70% dari harga backlink blog kita.

Nah untuk payout atau gajian, RajaBacklink mensyaratkan minimal payout sebesar Rp250.000. sedangkan proses pencairannya sendiri menggunakan system REQUEST PAYOUT seperti system pembayaran di vira.id.

Yap, artinya kamu punya dua opsi yaitu meng-hold saldo meski udah mencapai Rp250.000 atau sesegera mungkin melakukan request payout ketika udah mencapai minimum payout untuk gajian.

  • Log in
  • Klik menu Tarik tunai
  • Klik +Tarik tunai
  • Masukan jumlah atau nominal payout atau pencairan saldo
  • Klik selanjutnya dan lanjutkan transaksi

Untuk pembayarannya sendiri di proses setiap hari SENIN. Baca: DIPROSES ya bukan ditransfer. Bisa jadi proses transfernya selesai hari senin itu atau besoknya.

Kalau pengalaman gajian dari rajacaklink pertama kali aku kemarin:

dapat job blogger dan uang dari rajabacklink

  • Tarik tunai hari jumat, 10/4/2020
  • Di proses hari senin depannya, dapat konfirmasi pembayaran via email tanggal 6/4/2020
  • Uang ditransfer tanggal 7/4/2020

Nah tu dia sekilas pengalaman ku di RajaBacklink mulai dari daftar sampai gajian. Masih ada yang dibingungin nggak sih?

“Masih masih”

Nah, sering kali aku amsih dapat pertanyaan-pertanyaan seputar RajaBacklink ini. Kali ini aku bakal rangkum dalam FAQ berikut:

1. Siapa yang nentuin nominal atau harga blog kita?

= 100% yang nentuin harga kita berapa itu dari tim RajaBacklinknya ya gaes. Jadi yang jadi parameternya adalah DA dan PA. Alexa gimana? Yap, Alexa juga.

2. Kenapa harganya terlalu murah? Bisa minta dinaikan?

= Sering banget blogger yang curhat di grup atau chat pribadi ke aku yang bilang “kok aku dikasih harga murah banget ya di RajaBacklink”

Jadi yang aku amatin sih selain DA PA, si RajaBacklink ini juga review keseluruhan blog mulai dari niche dan isi kontennya ya. Barulah dia kasih harga yang menurut mereka sesuai.

Nah kalau kamu merasa harga yang diberikan tim RajaBacklink terlalu murah, kamu bisa chat admin RajaBacklinknya untuk minta naik harganya. Coba kalian langsung chat aja. Nomor whatsapnya tertera kok di website RajaBacklink.

Aku pernah minta naik harga dan aku sampaikan kalau DA serta Alexaku ada progress sekian, begitu. Nggak lama kok sampai nanti harga kita diubah.

3. Ubah harga sendiri tanpa melalui admin, bisa?

= Bisa kok, ada fitur upgrade blog kita menjadi premium biar bisa ubah-ubah harga semau kita. Entah itu dinaikan atau diturunkan, caranya:
– Log in ke RajaBacklink
– Masuk menu “blog saya”
– Dikolom kategori klik “upgrade listing”
– Bayar “biaya upgrade”

Pengalamanku aku pernah minta turunin harga karena terlalu tinggi pada saat awal pendaftaran dan bikin blog ku nggak laku-laku. Nah tapi kemarin pas DA ku udah melejit lumayan banget aku request untuk dinaikan deh harganya. Eh boleh tuh, ya mungkin karena sesuai ya sama performa nya.

= Yap, salah satu trik agar dapat job dari RajaBacklink mungkin memang dengan menurunkan harga ya. Ya kayak kalau kita belanja di shopee atau tokopedia aja deh. Untuk item yang mau kita beli kan kita selalu sortir tuh berdasarkan harga.

Kalau ada produk dengan kualitas sama tapi harga beda pasti logikanya kita akan pilih yang harganya lebih murah dong? Pasti beberapa advertiser juga berpikiran hal yang sama deh.

Artikel Terkait:  Manfaat Dan Tips Membuat Workspace Pribadi Yang Nyaman di Kamar

Cuman resikonya buat kita para blogger ya gini, jadi nggak tegas sama ratecard. So, balik lagi kepilihan masing-masing blogger aja. Mau nyoba nurunin harga untuk membuka peluang dapat job lebih besar, atau harus bersabar nunggu dan berharap ada klien yang cocok dengan harga yang kita tawarkan.

Sama kayak point nomor 3: by Whatsapp admin atau upgrade listing berbayar

= Yap, hal kayak gini bisa terjadi, jadi tenggang waktu kita konfirmasi mau mengerjakan job itu 3 x 24 jam kan, nah setelah itu deadline kita menyelesaikan jobnya juga 3 x 24 jam. Inget ya, itungannya jam, bukan hari, jadi bisa aja mungkin kamu submit diatas tenggah waktu 3 x 24 jam ini. Makanya submit job kamu gagal.

So, pastiin nggak kelewatan deadline man teman, karena kalau deadline dah lewat kita nggak bisa nego atau minta perpanjangan waktu lagi. Ya, syukur syukur si klien pemberi job milih blog kamu lagi untuk mengerjakan tugas yang sama atau berbeda.

6. Kelewatan mengerjakan job karena tidak melihat notifikasi email atau sms, gimana?

= Aku sendiri pernah mengalami ini, aku nggak tau ya apa eror di email ku aja. Notif email job rajabacklink ini nggak masuk ke primary email, dan nggak muncul notifikasi di handphone ku. Jadi pas aku gak rutin cek dalamannya email, aku kelewatan satu job dan parahnya udah lebih dari 3 x 24 jam aku nggak memberikan konfirmasi bersedia mengerjakan job atau enggak. So? hanguslah job ku.

= Pertanyaan lain yang sering muncul juga nih, hehe. Jangan khawatir, kalau kamu ada saldo di rajabacklink tapi belum sampai minimal payout tapi kamu udah butuh banget uangnya, kamu bisa tetep payout kok.

Caranya, tinggal kamu top up saldo senilai kekuranganmu untuk payout. Misal saldo kamu Rp150.000, nah untuk payout kan harus Rp250.000, maka kamu top up saldo dulu Rp100.000, baru abis itu kamu cairin atau request payment.

= Ini pertanyaan paling sering ditanyakan, aku sendiri bukan termasuk yang rajin dapat kerjaan dari RajaBacklink gaes. Apalagi blog ku yang terdaftar disana juga baru satu.

dapat job blogger dan uang dari rajabacklink
saat artikel ini dipublish, jumlah blog yang terdaftar sebagai mitra rajabacklink berjumlah 5207 blog. wadidawwww

FYI ya, blog yang terdaftar dan masuk ke etalase RajaBacklink itu ribuan. Kebayang kan gimana persaingannya. Kalau aku dan beberapa temen blogger sih menyimpulkan ada beberapa hal yang bisa jadi penyebab kita ngak dikasih-kasih job dari RajaBacklink

  • Harga terlalu mahal (blog dengan performa DA, PA, Alexa sama harganya lebh murah)
  • Jarang posting organik, alias blognya lebih dominan artikel sponsored post
  • Performa blog kurang
  • Niche atau kategori blog kita belum sesuai sama klien yang sedang hunting blog
  • Emang belum jodoh, sabar lagi. hehe

Jadi dari penyebab-penyebab yang mungkin diatas bisa mungkin pakai tips ini agar bisa dilirik klien-nya RajaBacklink:

  • Naikin performa blog, DA, PA, ALEXA, Google Site
  • Turunin harga
  • Masukan kategori yang kemungkinan paling ramai dicari klien
  • Postingan di blog nggak postingan berbayar semua, alias rajib update konten organik
  • Sabar, semua ada waktunya, ehehhee

Dah ah, jadi panjang bener ini artikel. Kiranya itu aja yang bisa aku sharing tentang pengalaman nge job dan gajian dari RajaBacklink. Semangat mencari rejeki man temanku. LOVE

7 Shares:
15 comments
  1. Duh, yang sudah gajian… 🙂
    Sy sih sudah beberapa kali PO.
    Sayangnya rajabacklink belum pernah balas beberapa email yang sy ajukan.

  2. Duh yg udah gajian,,,,saya malah beljm pernah gajian,,,tiap dapet saldo saya beliin backlink wkwkwk,,,

  3. Saya sudah lama sekali menjadi partnernya
    Dan Alhamdulillah, sudah pernah dapat job. Dan sekarang lagi berusaha kenceng, agar bisa gajian tiap bulan

  4. aku baru sekali tok dapat job dari raja. Jadi belum bisa gajian. Eh bisa deng, kalau setelah baca postingan ini berarti kudu top up dulu ya. wkwkkw
    Ciye yang abis gajian, enak dong bisa gajian dari mana mana. Uhuuuuy

  5. Aku belum daftar ke rajabacklink, sepertinya perlu daftar nih biar dapat job, nunggu gajian dari adsense ngga keluar keluar karena masih sedikit saldonya.😂

    Daftarnya gampang ya, semoga saja setelah daftar nanti ada job.😊

  6. Salam kenal. Bagus tulisannya dan sangat informatif. Saya baru tahu ada rajabacklink ini..cuzz ah kepoin webnya

  7. Wah suka banget aku sama sharing nya ini.. penuh kejujuran.. hehehe jadi penasaran pengen coba juga daftar di rajabacklink. Semoga rejekinya disana 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.