Online banking: Definisi, Fitur, dan Cara Kerja

Online banking

Online banking merupakan sebuah produk perbankan yang tercipta untuk memudahkan para nasabah ketika ingin bertransaksi. Adanya online banking termasuk mobile Banking bisa memenuhi segala kebutuhan transaksi seorang nasabah hanya dengan perangkat dan koneksi internet.

Sehingga Anda yang dahulunya untuk mengecek saldo maupun transfer harus datang ke ATM terdekat maka sekarang Anda bisa melakukannya menggunakan online banking dan juga Mobile Banking. Dimana untuk bisa mengakses layanan perbankan ini Anda hanya perlu smartphone atau laptop dan jaringan internet yang stabil untuk mulai menggunakannya.

Namun sebelum Anda bisa menggunakannya, tentunya Anda perlu mendaftarkan diri sebagai nasabah bank terkait. Dan tenang saja hampir seluruh bank yang berkembang di Indonesia telah menyediakan layanan online banking maupun Mobile Banking. Agar Anda bisa memaksimalkan penggunaan layanan perbankan tersebut mari terlebih dahulu kita pahami terkait definisi, fitur, dan cara kerja online banking.

Definisi Umum Online banking

Online banking merupakan layanan perbankan ini bisa Anda gunakan apabila Anda terhubung dengan jaringan internet. Teknologi internet yang Anda gunakan bergerak sebagai media yang membantu Anda melakukan transaksi dan memperoleh informasi lain dari website resmi bank yang Anda pakai.

Layanan ini tentunya akan membantu Anda dan meminimalisir keharusan untuk datang ke kantor cabang bank terdekat. Untuk bisa menggunakan online banking para nasabah hanya membutuhkan perangkat komputer desktop, smartphone, laptop, bisa dengan tablet yang terkoneksi internet untuk bisa mengakses layanan perbankan secara online.

Fitur-Fitur yang Ada di Online banking

Online banking

Secara umum online banking mempunyai fitur-fitur yang sangat berguna bagi para nasabahnya. Fitur-fitur tersebut diantaranya adalah:

  • Informasi tabungan/giro
  • Informasi rekening deposito
  • Pengecekan mutasi rekening
  • Kebutuhan transfer uang antar rekening atau antar bank
  • Pembelian pulsa
  • Informasi terkait suku Bunga dan kurs
  • Pembayaran berbagai tagihan seperti internet, telepon, TV Kabel, listrik, air, top up saldo belanja online dan sebagainya.

Fitur-fitur ini tentunya akan kita butuhkan setiap bulannya atau bahkan setiap waktu. Dan apabila kegiatan di atas kalian lakukan secara manual tentunya akan sangat merepotkan. Oleh karena itu apabila Anda belum mempunyai akun online banking atau Mobile Banking segeralah mengurusnya agar Anda bisa bertransaksi perbankan secara mudah dan cepat.

Cara Kerja Online banking

Salah satu cara kerja online banking yang paling umum adalah Anda hanya perlu mengakses website resmi dari bank yang Anda gunakan. Namun sebelum itu pastikan Anda sudah mempunyai user id, password  masuk, kode token atau kode OTP (One Time Password) dan juga koneksi internet. Untuk mengurus kebutuhan registrasi tersebut Anda perlu mendaftar ke bank yang Anda maksud dan mengaktivasinya.

Setelah aktif online banking bisa Anda akses lewat website resmi dari bank yang Anda gunakan dan masukkanlah user id dan password  saat ingin login. Kemudian saat Anda akan melakukan segala transaksi finansial, Anda akan menerima kode OTP yang harus Anda masukkan ke laman website tersebut. Jika Anda telah selesai melakukan transaksi pastikan untuk selalu logout atau keluar dari halaman website tersebut. Hal ini tentunya untuk menghindari segala kemungkinan akun terakses oleh orang lain. Dan sebagai bukti transaksi biasanya Anda akan memperoleh email yang menyatakan bahwa transaksi Anda sudah berhasil.

Bentuk lain dari online banking adalah Mobile Banking. Untuk menggunakan Mobile Banking, Anda harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu. Contoh jika Anda merupakan nasabah PermataBank maka Anda bisa mengunduh PermataMobile X sebagai aplikasi Mobile Banking mereka.

Penggunaan layanan perbankan berbasis aplikasi ini tentunya akan lebih praktis dan lebih kaya fitur apabila kita bandingkan dengan online banking yang berbasis web. Salah satu Mobile Banking yang kita rekomendasikan adalah PermataMobile X yang mempunyai banyak kelebihan dan beraneka ragam fitur.

Mobile Banking PermataMobile X

Selain online banking berbasis web, PermataBank juga mempunyai produk layanan perbankan yang berbasis aplikasi yaitu PermataMobile X. Dimana aplikasi ini mempunyai tawaran ratusan fitur bagi para nasabahnya dan bisa mereka gunakan untuk memenuhi segala kebutuhan mereka. Ada banyak alasan kenapa Mobile Banking ini kami rekomendasikan, diantaranya:

  • Canggih

Keuntungannya apabila Anda menggunakan PermataMobile X adalah Anda bisa menikmati ratusan fitur canggih untuk kebutuhan transaksi finansial. Hal ini tentunya patut untuk tidak dilewatkan oleh nasabah PermataBank, karena dengan begitu hidup mereka akan menjadi lebih mudah dan efisien.

  • Keamanan

Beragam modus kejahatan online banking membuat PermataBank terus menerus berupaya memastikan keamanan akses perbankan nasabahnya. Oleh karena itu dengan menggunakan aplikasi m banking ini maka Anda bisa menggunakan fitur login fingerprint ataupun Face ID. Dua fitur tersebut tentunya akan membuat aplikasi tersebut hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

  • Praktis

Penggunaan Mobile Banking tentunya menawarkan layanan yang sangat praktis. Dari mulai pembukaan rekening baru lewat aplikasi, pengecekan mutasi bisa kapan saja, membayar tagihan kartu kredit dan berbagai tagihan lainnya. Bahkan Anda bisa mengajukan KTA hanya dengan aplikasi tersebut.

Hal-Hal yang Bisa Anda Lakukan di PermataMobile X

Bagi Anda yang belum familiar dengan layanan perbankan, di PermataMobile X Anda akan bisa melakukan berbagai macam transaksi menggunakan ratusan fiturnya. Diantara layanan utama yang bisa kita nikmati adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa melakukan pengecekan mutasi rekening dari bulan ini hingga 12 bulan yang sebelumnya.
  • Berguna bagi Anda apabila ingin membayar berbagai macam tagihan bulanan. Diantaranya tagihan listrik, internet, maupun tagihan telepon.
  • Anda juga bisa melakukan pengisian pulsa, mengisi e-wallet, pengisian token listrik, bahkan untuk membeli voucher game online.
  • Anda bisa membuka rekening tabungan yang baru secara online, pembukaan kartu kredit, dan juga pengajuan KTA. Aktivitas ini bisa kalian lakukan tanpa Anda datang ke kantor cabang dari PermataBank.
  • Anda bisa melakukan berbagai transaksi jual beli dan juga switching untuk transaksi Reksa Dana.
  • Selanjutnya untuk memperluas penggunaan cashless, PermataMobile X juga mempunyai fitur QR Pay yang bisa kalian gunakan untuk membayar di berbagai merchant berlogo QRIS. Yang perlu Anda lakukan hanya scan barcode dan tanpa perlu mengisi e-wallet terlebih dahulu.
  • Dengan aplikasi Mobile Banking ini kalian juga bisa untuk menarik tunai di seluruh gerai indomaret dengan menggunakan fitur Mobile Cash. Caranya adalah masuklah ke Menu lainnya dan pilih Mobile Cash untuk Indomaret. Selanjutnya baru masukkan nomor telepon yang telah terdaftar dan kita akan mendapatkan kode token yang perlu Anda sampaikan ke kasir Indomaret untuk penarikan tunai.
  • Dengan fitur WhatsApp Gift Anda bisa mengirimkan uang tanpa mengetahui nomor rekening penerima karena Anda bisa menggunakan nomor WhatsApp saja untuk keperluan tersebut. Anda juga bisa menyertainya dengan berbagai pilihan kartu ucapan.
  • Anda juga bisa menaikkan limit kredit sementara kartu kredit Anda secara online apabila menggunakan Mobile Banking dari PermataBank.

Keuntungan aktivitas perbankan yang bisa kalian lakukan menggunakan Mobile Banking tersebut bisa Anda mulai dengan download aplikasi PermataMobile X terlebih dahulu di App Store atau Play Store. 

Apapun pilihan online banking Anda, baik itu berbasis web maupun mobile banking pastinya memberi banyak kemudahan untuk aktivitas perbankan Anda. Walaupun begitu, tetap jaga kerahasiaan data pribadi Anda saat menggunakan produk online banking atau mobile banking pilihan Anda.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.