5 Langkah Memulai Digital Marketing Untuk Pemula

Langkah Memulai Digital Marketing Untuk Pemula

Semakin canggihnya zaman, teknik pemasaran semakin banyak. Salah satunya yaitu digital marketing. Pemasaran digital ini berfokus pada sektor digital seperti sosial media, website, dan layanan berbasis internet lainnya. Lalu, bagi Anda yang ingin belajar, langkah memulai digital marketing ini bisa dari mengenal pengertian, kelebihan, dan jenisnya

5 Langkah Memulai Digital Marketing

Digital marketing adalah sebuah kegiatan promosi atau pemasaran suatu brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Tujuan dari pemasaran digital sendiri, yaitu untuk menarik lebih banyak konsumen dan calon konsumen secara cepat. Hal ini karena teknologi internet dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Sehingga pemasaran secara digital pun dapat dijadikan pilihan utama oleh perusahaan.

Maka dari itu sekarang ini banyak konten menarik yang beredar di dunia akibat dari perusahaan saling berkompetisi untuk mendapatkan konsumen.

Ada beberapa contoh teknik pemasaran secara digital ini. Contohnya yaitu SEO (Search Engine Optimization), Google Ads, Facebook Ads, email marketing, dan lain-lain.

Setelah mengenal pengertian digital marketing dan beberapa jenisnya, berikut ini 5 langkah memulai digital marketing untuk pemula.

  • Tentukanlah Target Pasar dan Pilihan Produk

Ketika Anda sudah memilih produk untuk dijual, Anda bisa mulai mencari target pasarnya. Misalnya saja jika Anda membuat jasa kursus online pelajaran, maka targetnya bisa jadi siswa SD sampai SMA.

  • Pilih Produk yang Memiliki Solusi Terbaik Untuk Pelanggan

Ketika Anda sudah tahu permasalahan pelanggan, Anda bisa mulai memilih produk yang tepat. Misalnya pelanggan menengah ke bawah yang ingin kursus pelajaran secara murah dan fleksibel bisa Anda tawarkan jasa kursus online pelajaran.

  • Bangunlah Website

Setelah itu, Anda bisa mulai membangun website yang memperkenalkan produk dan perusahaan Anda.

  • Mulailah Membangun Media Sosial

Mulailah membangun sosial media agar produk Anda lebih mudah dikenal banyak orang. Anda juga bisa membuat konten yang mengarah ke edukasi produk.

  • Gunakanlah SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Optimalkan website dan sosial media Anda dengan SEO, SEM, atau Sosial Media Ads agar lebih banyak menjangkau pelanggan.

Kelebihan Digital Marketing

Dari 5 langkah di atas, ada beberapa kelebihan yang bisa didapat melalui pemasaran online ini, yaitu

  • Kecepatan Penyebaran Konten

Internet memiliki teknologi penyebaran yang lebih cepat, bahkan bisa mencapai hitungan detik saja. Sehingga akan lebih cepat untuk menyebarkan konten promosi.

  • Mudah Melakukan Evaluasi

Melalui media online, Anda bisa dapat mengecek hasil kegiatan pemasaran secara langsung. Contohnya dari seberapa banyak video ditonton, berapa orang klik link, seberapa banyak orang komen di postingan, dan lain-lain. Data ini bisa digunakan untuk mengetahui konsumen mana yang cocok untuk produk.

  • Menjangkau Lebih Luas

Karena kecepatan penyebaran konten dari internet tidak terbatas jangkauan geografis, Anda bisa menawarkan brand hingga keseluruh dunia hanya dengan internet saja.

  • Murah dan Efektif

Karena tidak membutuhkan sales marketing di lapangan maupun harus mencetak brosur, pemasaran digital ini memiliki biaya yang lebih murah. Anda bisa menghemat sampai dengan 40% untuk anggaran yang dikeluarkan.

  • Mudah Untuk Membangun Nama Brand

Dengan strategi digital marketing, Anda bisa dengan mudah membangun nama brand melalui internet. Hal ini karena internet lebih mudah untuk menjangkau lebih banyak orang dari dalam hingga luar negeri. Selain itu pembuatan konten yang menarik bisa membuat calon konsumen mudah mengenali brand Anda.

Selain 5 langkah memulai digital marketing di atas, Anda bisa mempelajari digital marketing lebih banyak di marketingdigital.id. Kami merupakan salah satu tempat belajar pemasaran digital untuk pemula, terutama bagi UMKM yang mulai merambah ke arah digital.

Di Marketingdigital.id Anda bisa belajar digital marketing berupa online advertising, sosial media marketing, video marketing, pembuatan webisite, mobile marketing, dan lain-lain. Yuk, tingkatkan skill pemasaran Anda dengan Marketingdigital.id.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like