Kisaran Gaji Pegawai Alfamart dan Cara Kerjanya

Kisaran Gaji Pegawai Alfamart

Kisaran gaji pegawai Alfamart seringkali dicari tahu oleh banyak orang, khususnya para pencari kerja. Bekerja di Alfamart juga memiliki peminat yang cukup besar, khususnya bagi para fresh graduate SMA maupun sarjana. Pasalnya gaji pegawai Alfamart terhitung lumayan besar dan menggiurkan.

Umumnya kisaran gaji pegawai Alfamart mengikuti gaji UMK atau UMR yang berlaku di setiap daerah atau kota. Meski begitu, gaji pegawai Alfamart juga beragam sesuai dengan jabatan serta beban kerja yang diberikan. Sebelum bekerja di Alfamart, pastikan Anda sudah memahami posisi yang diinginkan serta gaji yang didaftarkan agar bisa bekerja dengan baik nantinya.

Kisaran Gaji Pegawai Alfamart dan Cara Kerjanya

Alfamart adalah perusahaan belanja ritel yang ada di Indonesia yang mempunyai cabang gerai sangat banyak dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Maka tak heran jika kebutuhan pekerja atau pegawai Alfamart semakin tinggi, dan hal inilah yang menarik minat masyarakat untuk melamar lowongan pekerjaan sebagai karyawan Alfamart. Adapun Berikut ini merupakan informasi kisaran gaji pegawai Alfamart dan cara kerjanya yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Gaji Kasir serta Pramuniaga

Kasir atau pramuniaga Alfamart merupakan salah satu lowongan pekerjaan yang seringkali muncul. Banyak para fresh graduate yang memilih untuk menjadi kasir atau pramuniaga Alfamart. Namun Apakah Anda tahu berapa kisaran gaji kasir Alfamart?

Umumnya, besar gaji kasir Alfamart yaitu sekitar Rp. 2.000.000 sampai Rp. 4.000.000 dan disesuaikan dengan UMK atau UMR yang ada di daerah tersebut. Adapun tugas dari kasir ternyata bukan hanya melayani seorang pembeli Alfamart saja, tetapi ada beberapa tugas dan tanggung jawab lainnya, seperti berikut

  • Melayani pembeli dengan sebaik mungkin
  • Melakukan rekapan uang penjualan untuk setiap shift
  • Mengatur urusan administrasi seperti pemasukan dan pengeluaran keuangan

Adapun berikut ini merupakan peran dan tanggung jawab seorang pramuniaga Alfamart yaitu

  • Menjaga kebersihan toko agar tetap nyaman dan aman untuk dikunjungi
  • Mempersiapkan promo yang sedang dan akan berlangsung untuk ditawarkan ke konsumen
  • Mengecek ketersediaan produk atau stok di setiap etalase
  • Melayani konsumen dengan sebaik mungkin

Tentunya untuk menjalankan tugas-tugas tersebut dengan baik maka para pegawai Alfamart harus memiliki kemampuan yang mumpuni. Para pegawai Alfamart harus memiliki soft skill yang baik, komunikasi yang lancar serta mampu mengoperasikan komputer dengan tepat. Mengingat ketika melakukan transaksi maka kasir harus bisa mengoperasikan komputer untuk pembayaran online dan penjumlahan pembelian

2. Merchandiser

Apakah Anda pernah mendengar atau tahu posisi merchandiser di Alfamart? Merchandiser mungkin merupakan posisi yang masih jarang diketahui oleh banyak orang, namun posisi ini sangat dibutuhkan dan memiliki peran penting serta tugasnya pun cukup krusial.

Adapun untuk kisaran gaji pegawai Alfamart dengan posisi merchandiser yaitu sekitar 2,5 juta rupiah sampai 3,5 juta rupiah setiap bulan. Jika Anda tertarik dengan posisi ini Anda harus mengetahui tugas serta tanggung jawab yang harus dipenuhi:

  • Meletakkan serta merapikan produk di etalase agar lebih tertata dan mudah ditemukan
  • Memberikan layanan yang dibutuhkan oleh menjawab pertanyaan konsumen mengenai ketersediaan produk
  • Bersikap ramah serta santun dalam memberikan layanan terhadap konsumen

Yang perlu Anda ketahui, merchandiser merupakan karyawan tetap yang bekerja di Alfamart, sedangkan pramuniaga kebanyakan sifatnya masih dalam tahap training atau pelatihan.

3. Staf Gudang atau Helper Gudang

Salah satu posisi pekerjaan di Alfamart yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang lainnya yaitu sebagai staff gudang atau Helper gudang. Sesuai dengan namanya posisi ini biasanya bekerja di bagian belakang atau pergudangan.

Adapun secara umum, gaji helper atau staf gudang yaitu sekitar Rp. 2.000.000 sampai Rp. 3.000.000 setiap bulannya. Meskipun begitu, gaji ini juga berbeda-beda dan bisa lebih tinggi sesuai dengan UMK yang berlaku serta sesuai dengan waktu lembur. Adapun tugas dan tanggung jawab yang harus Anda laksanakan saat menjadi staff gudang atau Helper gudang Alfamart yaitu:

  • Melakukan pengecekan produk yang masuk dan keluar
  • Berperan aktif dalam membantu bongkar muat barang yang dikirimkan dari logistik ke Alfamart
  • Menyortir produk atau barang sesuai dengan jenis serta kategorinya
  • Bertanggung jawab terhadap kebersihan gudang
  • Membantu dalam hal administrasi gudang

4. Gaji Asisten Head Alfamart

Agar operasional Alfamart dapat berjalan dengan lancar efektif maka dibutuhkan pemimpin atau head yang mengatur. Dalam hal ini juga terdapat posisi asisten kepala toko Alfamart atau asisten head Alfamart. Kisaran gaji pegawai Alfamart dengan posisi ini yaitu sekitar Rp. 2.000.000 sampai Rp. 3.000.000.

Adapun peran serta tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh asisten kepala toko Alfamart yaitu:

  • Memberikan laporan aktivitas penjualan outlet pada head (kepala toko) Alfamart
  • Menjalankan koordinasi aktivitas yang ada di dalam toko
  • Bertanggung jawab terhadap satu sampai lima outlet Alfamart

Melihat peran dan tanggung jawab yang harus dilakukan, maka disarankan asisten head Alfamart dan head utama bisa bekerja sama dengan baik dan berbagi tugas untuk hasil yang lebih optimal.

5. Gaji Head Alfamart

Adapun tanggung jawab dan peran yang lebih besar dilimpahkan kepada head Alfamart atau kepala toko. Kisaran gaji pegawai Alfamart pada posisi ini pun lebih besar jika dibandingkan hanya menjadi asistennya saja. Umumnya kisaran gaji sebagai head Alfamart yaitu pada rentang 2,5 juta rupiah sampai 3,5 juta rupiah.

Adapun kerjaan serta tanggung jawab yang harus dipenuhi mulai dari

Mengkoordinasikan seluruh karyawan yang ada di outlet Alfamart seperti pramuniaga, kasir hingga asisten Alfamart.

Memastikan koordinasi yang baik dengan manajer pada area lokal maupun departemen lainnya

Membuat perencanaan untuk jangka pendek serta jangka panjang perkembangan outlet.

Melakukan evaluasi terhadap penjualan outlet

Melakukan evaluasi terhadap kinerja seluruh karyawan yang ada pada outlet

7. Inventory Control (IC)

Inventory control atau IC merupakan posisi bekerja di Alfamart yang tugasnya yaitu untuk menangani barang, termasuk data barang serta menghitung stok barang yang ada. Adapun kisaran gaji posisi ini yaitu sekitar 2,6 juta rupiah sampai Rp. 3.000.000

Adapun tugas seorang IC lainnya yaitu mengecek kualitas barang serta memastikan penyimpanan barang dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai kisaran gaji pegawai Alfamart sesuai dengan peran dan tanggung jawab setiap posisi. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan baru bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di Alfamart. Jangan lupa persiapkan CV dan portofolio saat ingin melamar pekerjaan agar bisa diterima dengan baik dan cepat. Saat sudah bekerja di Alfamart, lakukan tugas dan tanggung jawab semaksimal mungkin agar penilaian kerja Anda baik dan lancar.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like