Tertarik Berinvestasi? Pahami Jenis-jenis Investasi dan Contohnya! 

Jenis-jenis Investasi dan Contohnya

Sebagian orang masih berpikir bahwasanya investasi hanya diperuntukkan bagi kalangan berduit. Namun, dengan kemudahan yang diberikan minat masyarakat untuk berinvestasi pun makin tinggi. Bagi Anda yang baru ingin menjajal terjun di dunia investasi, harus paham terlebih dahulu tentang jenis-jenis investasi.

Dengan memahami jenisnya, akan lebih mudah menentukan instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan finansial Anda. Berikut ini akan kami berikan sedikit penjelasan mengenai jenis-jenis investasi dan contohnya.

Jenis-jenis Investasi Berdasarkan Rentang Waktu Menghasilkan Keuntungan

Dalam berinvestasi, Anda harus sudah memiliki tujuan terlebih dahulu. Apakah investasi tersebut akan dijadikan sebagai pengaman keuangan di masa mendatang, atau mencapai beberapa target dalam waktu dekat. Setelah menentukan tujuannya, baru Anda bisa memilih jenis investasi berdasarkan rentang waktunya.

Dilihat dari aspek tersebut, ada dua jenis investasi yaitu jangka panjang dan jangka pendek. Di mana investasi jangka panjang memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk bisa menghasilkan return atau keuntungan. Sementara investasi jangka pendek, biasanya di bawah satu tahun sudah bisa memberikan keuntungan.

Nah, bagi pemula atau yang baru ingin mencoba berinvestasi, berikut ini beberapa contoh dari macam-macam investasi jangka pendek maupun jangka panjang yang cukup populer. Anda bisa pahami detail risiko juga kesempatan keuntungannya terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa menentukan jenis-jenis investasi yang akan Anda pilih.

Jenis-jenis Investasi yang Populer dan Cocok untuk Investor Pemula

Jenis-jenis Investasi dan Contohnya

Dari sekian banyak jenis investasi yang ada, berikut ini beberapa yang cocok bagi investor pemula. Selain memberikan keuntungan yang menggiurkan, mudah dijalankan, dan beberapa risikonya terbilang kecil.

1. Emas

Instrumen investasi yang satu ini sudah dikenal sejak dulu kala. Hanya saja, masyarakat jaman dulu lebih suka mengumpulkan emas perhiasan sebagai investasi jangka pendek yang liquid atau mudah dicairkan. Sewaktu-waktu Anda butuh dana, bisa menjual perhiasan emas yang ada.

Namun sekarang, emas batangan atau logam mulia jauh lebih populer. Selain menguntungkan, nilainya juga terus naik tidak seperti emas perhiasan yang bisa terkena potongan saat dijual. Anda juga bisa berinvestasi emas melalui aplikasi dengan sistem tabungan, lho!

Dengan begitu, tidak harus memiliki uang dalam jumlah besar untuk memulai investasi emas. Terlebih lagi, berinvestasi emas melalui aplikasi meminimalisir risiko fisik emas hilang.

2. Reksadana

Selanjutnya ada reksadana, investasi populer terutama di kalangan investor muda dan pemula. Hal itu karena investasi reksadana memberikan banyak pilihan investasi dengan risiko yang berbeda-beda. Sebagaimana kita tahu prinsip investasi, makin tinggi keuntungan makin tinggi juga risikonya.

Namun untuk reksadana, Anda diberikan pilihan jenis-jenis investasi sesuai dengan kemampuan finansial serta tingkat risiko juga keuntungan yang berbeda. Sebagai pemula, Anda bisa memilih reksadana pasar uang misalnya. Risikonya tidak terlalu tinggi, tetapi keuntungannya melebihi deposito tabungan.

3. Cryptocurrency

Mendengar kata cryptocurrency, kebanyakan orang pasti hanya mengingat trading. Padahal, Kemajuan cryptocurrency di Indonesia cukup pesat, terutama dalam hal adopsi dan penggunaan. Ada lebih banyak bisnis yang menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran dan lebih banyak individu yang berinvestasi di dalamnya. Beberapa perusahaan fintech juga telah mengembangkan layanan yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi cryptocurrency dengan mudah.

Pemerintah Indonesia belum mengeluarkan regulasi yang khusus untuk cryptocurrency, namun beberapa badan pemerintah telah memberikan peringatan tentang risiko yang terkait dengan cryptocurrency. Namun demikian, pemerintah juga mengakui potensi teknologi blockchain yang digunakan dalam cryptocurrency dan sedang mengevaluasi cara untuk mengintegrasikan teknologi tersebut dalam berbagai sektor, termasuk keuangan dan keamanan.

Secara keseluruhan, kemajuan cryptocurrency di Indonesia cukup pesat dan menunjukkan potensi yang cukup besar untuk perkembangan di masa depan. Namun tetap perlu diingat bahwa segala bentuk investasi termasuk cryptocurrency memiliki risiko yang harus dipertimbangkan.

Platform Terpercaya untuk Investasi Cryptocurrency

Di Indonesia sendiri sudah ada platform yang memfasilitasi investasi cryptocurrency. Salah satu yang terbaik yaitu Indodax. Adapun layanan yang ditawarkan oleh Indodax antara lain seperti:

  • Melayani pembelian aset kripto dengan cara deposit via seluruh bank lokal yang ada di tanah air. Selain itu, Anda juga bisa menjual aset kripto, dengan cara mengkonversikan ke dalam rupiah secara instan
  • Melayani transaksi selama 24 jam
  • Prosentase penarikan dan juga biaya transaksi mulai 0%

Dengan berbagai layanan di atas, Anda bisa memulai berinvestasi cryptocurrency dengan lebih mudah dan aman. Bagi investor pemula, bisa memperdalam pengetahuan mengenai seluk beluk cryptocurrency bahkan sampai cara mining bitcoin, semua ada di kanal edukasi dari Indodax yaitu Indodax Academy.

Setelah memiliki pengetahuan yang mumpuni, Anda sudah siap menghasilkan keuntungan lewat invesatsi mata uang digital. Jangan lupa untuk bertransaksi aset kripto hanya di Indodax, baik via aplikasi ataupun situs resminya, karena Indodax adalah Indonesian Bitcoin anda Crypto Exchange yang terbaik dan terpercaya.

Itulah sedikit penjelasan tentang jenis-jenis investasi yang bisa Anda coba untuk menghasilkan keuntungan dan aman bagi pemula. Jangan lupa untuk terus menambah pengetahuan terkait investasi, agar bisa meminimalisir risiko rugi.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like