Loading

Pilihan Semen Berkualitas untuk Bangun Rumah Sesuai Budget

Tiap-tiap pasangan muda yang baru saja menikah tentu berharap untuk memiliki hunian sendiri. Sebab, dengan adanya rumah milik sendiri, kehidupan pernikahan bisa lebih mandiri. 

Namun, satu hal yang kerap jadi penghambat terwujudnya harapan ini adalah faktor biaya. Tidak bisa dipungkiri, pembangunan rumah saat ini jelas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Terlebih, tiap-tiap komponen yang dibutuhkan untuk pembangunan terus-menerus mengalami kenaikan harga.

Di sisi lain, biaya jasa tukang bangunan saat ini tidak bisa dikatakan murah. Meski begitu, bukan berarti harapan memiliki rumah sendiri tidak bisa diwujudkan. Pasalnya, jika Anda pintar membuat rancangan, pembangunan rumah sesuai dengan budget yang dimiliki pasti bisa terwujud.

Tips Bangun Rumah Sesuai Budget 

Rumah nyaman, aman dengan penataaan sesuai harapan jelas impian banyak orang. Tidak harus luas, minimalis dan elegan bisa menjadi pilihan menarik. 

Berikut ini adalah beberapa tips membangun rumah dengan budget pas-pasan yang bisa diaplikasikan semua orang. Khususnya, bagi pasangan muda yang ingin segera memiliki rumah sendiri:

1.      Buat RAB (Rencana Anggaran Biaya)

Ketika Anda berniat membangun rumah, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat Rencana Anggaran Biaya atau biasa disebut RAB rumah. Penyusunan rencana mengenai biaya pembangunan rumah ini sangat penting dilakukan guna menghindari adanya kekurangan dana ketika prosesnya dilangsungkan.

Untuk diketahui, pembuatan RAB bisa dilakukan secara sederhana dengan menggunakan buku dan pensil. Selain itu, Anda juga bisa menemukan template Excel yang bisa digunakan untuk kebutuhan pembuatan RAB.

Sebagai informasi, beberapa hal yang wajib masuk dalam pembuatan RAB ini di antaranya, konsep bangunan dan jumlah ruangan. Kemudian, jenis pekerjaan yang pasti dilakukan, material yang dibutuhkan, harga barang, dan lain sebagainya,

2.      Tentukan Desain Bangunan

Jika sudah membuat template RAB-nya, Anda bisa menentukan seperti apa desain bangunan yang ingin dibuat. Sebenarnya ada beberapa rekomendasi desain yang cocok diterapkan pada rumah dengan budget minim.

Di antaranya adalah minimalis modern seperti rumah type 20, rumah tipe 30, dan rumah tipe 36. Jika ingin menghadirkan kesan estetik di dalam rumahnya, Anda dapat menghadirkan suasana rustik dalam ruangan dengan konsep industrial.

Konsep rumah semacam ini membebaskan Anda dari biaya pembelian cat. Di sisi lain, dinding bangunan tanpa cat ini juga dipastikan memiliki look yang unik. 

3.      Pilih Material dengan Kualitas Terbaik Harga Terjangkau

Tips ketiga yang bisa Anda terapkan saat ingin membangun hunian dengan budget minim adalah memilih material paling tepat. Jelasnya, memiliki kualitas baik, tetapi harganya cenderung murah.

Material bangunan yang akan dibeli ini harus dipaparkan secara detail dalam RAB. Anda tidak bisa hanya menyebutkan beberapa bahan untuk bangunan, seperti semen atau batako saja.

Akan tetapi, pembuatan RAB untuk membeli material yang dibutuhkan dalam pembangunan harus dibuat mendetail. Contoh simpelnya seperti berikut ini.

  • Kebutuhan fondasi di antaranya adalah batu, semen, kerikil, batu-bata, pasir, dan lain sebagainya.
  • Kebutuhan dinding di antaranya adalah semen, batako, pasir, kayu, dan lain-lain.
  • Kebutuhan atap di antaranya adalah reng, kaso, genteng, hingga kuda-kuda.
  • Kebutuhan lantai di antaranya adalah semen dan keramik.
  • Kebutuhan plafon di antaranya gypsum, hollow, dan lain sebagainya.

Selain dengan bahan-bahan di atas, material tersebut bisa Anda ganti sesuai kebutuhan. Misalnya, jika ingin membeli material atap yang murah, Anda bisa memilih rangka baja ringan dan atap asbes.

Kemudian untuk lantainya, keramik biasa jelas lebih murah dibandingkan dengan jenis lainnya. Serupa dengan kedua barang tersebut, material lainnya juga bisa diganti guna menyelesaikan dengan budget yang ada. Namun, khusus material semen, sebaiknya Anda memilih produk semen mortar yang jelas berkualitas dan harganya terjangkau.

4.      Pertimbangkan untuk Memilih Jasa Tukang Sistem Borongan

Sebagai informasi, jasa tukang bangunan terdiri dalam dua kategori, yaitu sistem perorangan dan borongan. Di antara keduanya, harga dan layanan setiap tipe juga jelas berbeda.

Contohnya saja, jika Anda memesan jasa perorangan, ongkos yang harus diberikan harus dibayarkan ke tiap-tiap tenaga kerja. Di sisi lain, perlu diketahui juga bahwa nominal yang diberikan untuk gaji perorangan belum termasuk rokok dan makan.

Beda halnya dengan sistem perorangan, jasa tukang bangunan borongan cenderung lebih murah. Pasalnya, Anda tidak harus membelikan makanan, uang kopi, hingga rokok.  

5.      Siapkan Diri untuk Terjun ke Pembangunan Rumah

Terakhir, jika Anda tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk jasa tukang bangunan, tidak ada salahnya melibatkan diri dalam pembangunan. Meskipun memang tidak akan mahir seperti tukang bangunan sebenarnya, bantuan Anda tetap akan mengurangi kebutuhan pembangunan.

Contohnya saja, Anda bisa mengambil pekerjaan memasang batako, keramik, hingga genteng. Selain pekerjaan tersebut, Anda juga bisa membantu di beberapa pekerjaan lain dalam pembangunan rumah sesuai budget.

Pilihan Semen Berkualitas untuk Bangun Rumah Sesuai Budget

Buatku dan suami, memilih semen untuk bangun rumah nggak boleh sembarangan. Karena kalau salah pilih, kedepannya malah bisa bikin biaya rumah tangga membengkak untuk renovasi akibat kualitas semen yang kurang OK. Nah ini beberapa yang biasanya kami pakai untuk rumah:

1. Semen Padang PCC 50 kg

Semen Padang ini adalah salah satu merk semen tertua di Indonesia. Pabrik Semen Padang sendiri terletak di daerah Indarung, Sumatera Barat. Daerah ini memiliki bahan baku semen terbaik di Indonesia.

2. Semen Gresik PCC 50 kg

Selain semen padang, Semen Gresik ini juga bisa jadi salah satu pilihan unggulan. Semen Gresik ini juga telah tersertifikasi ISO 14001, sehingga tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Yang menjadi nilai plus juga adalah karena produk ini juga mementingkan aspek lingkungan dan ramah lingkungan.

3. Semen SCG PCC 50 kg

Semen ini yang paling jadi favorit kami. Semen SCG adalah inovasi terbaru yang diformulasikan secara khusus untuk pekerjaan yang membutuhkan keterampilan. Tak hanya itu, semen SCG PCC ini juga memiliki tekstur yang halus, rendah penyusutan dan memiliki daya rekat yang tinggi.

Rumah Kokoh dengan Semen PCC dari SCG

Dari deretan produk unggulan, Anda bisa membuat rumah lebih kokoh dengan semen PCC dari SCG. Portland Composite atau PCC merupakan terobosan baru semen bangunan yang memiliki daya ikat kuat serta rendah dalam proses penyusutan. Semen jenis ini cocok untuk berbagai pemasangan batu bata, acian dinding, plesteran dan aplikasi beton.

Anda bisa menghemat pengerjaan dan biaya konstruksi karena mampu mencapai tingkat kekeringan pada waktu yang cepat. Kualitas unggul yang ditawarkan membuat tekstur semen terasa lebih halus namun dilengkapi daya rekat kuat.

Itulah informasi seputar tips bangun rumah untuk pasangan muda dengan budget yang tidak terlalu besar. Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan langkah-langkah di atas guna membangun rumah impian?

 

svg

What do you think?

Show comments / Leave a comment

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

svg
Quick Navigation
  • 01

    Pilihan Semen Berkualitas untuk Bangun Rumah Sesuai Budget