Ingin Untung Cepat dan Anti Rugi? Investasi di Obligasi Solusinya

investasi obligasi

Dari sekian banyak instrumen investasi yang ada, obligasi menjadi jenis investasi yang  banyak dilirik para investor pemula maupun berpengalaman. Pertumbuhan uangnya pun bisa dibilang stabil dan sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin rugi tapi tetap ingin mendapatkan keuntungan yang besar.

Kamu akan mendapatkan imbal hasil secara berkala yang nilainya lebih besar dari bunga bank. Jenis investasi satu ini merupakan sebuah investasi yang dilakukan dengan memberikan pinjaman uang kepada pihak tertentu, seperti perusahaan swasta maupun pemerintah. Jika kamu masih belum paham tentang obligasi, sebaiknya simak penjelasan berikut untuk pembahasan selengkapnya.

Obligasi Menjadi Pilihan yang Tepat untuk Mendapatkan Keuntungan Secara Cepat

Instrumen investasi satu ini biasanya juga disebut sebagai surat utang yang memiliki jangka waktu tertentu. Di dalamnya berisi perjanjian dari pihak penerbit Efek yang merupakan sebuah perusahaan swasta atau pemerintah, yang mana pihak tersebut harus membayar imbal hasil pada periode tertentu.

Imbal hasil tersebut disebut dengan istilah kupon dan pihak penerbit Efek akan melunasi pokok hutang pada waktu yang telah ditentukan kepada pembeli surat utang tersebut. Surat utang ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mendapatkan keuntungan dengan cepat tanpa risiko investasi yang tinggi. Supaya lebih yakin lagi, berikut ini keuntungan obligasi yang harus kamu tahu:

  • Mendapatkan Keuntungan yang Berlipat

Mengapa surat utang menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat? Tentu karena keuntungan yang akan kamu dapatkan tidak hanya bersumber dari imbal hasil yang diberikan, tapi juga dari Capital Gain. Kupon atau imbal hasil akan kamu dapatkan secara berkala pada periode tertentu, bisa setiap bulan, per tiga bulan, atau per enam bulan.

Nilai imbal hasil yang diberikan juga lebih tinggi dibandingkan suku bunga Bank Indonesia. Selain itu pertumbuhan dari Capital Gain juga akan membantu kamu mendapatkan keuntungan lebih banyak. Kamu bisa mendapatkan keuntungan tersebut dari selisih harga jual setelah dipotong harga beli pada sebelumnya.

  • Risiko Lebih Rendah

Pergerakan nilai pada instrumen investasi satu ini cenderung lebih stabil dibandingkan saham yang mana fluktuasinya sangat dinamis. Sehingga Investasi pada surat utang lebih rendah risiko dari keuntungan obligasi tersebut membuatnya cocok untuk para pemula ataupun orang-orang yang tidak ingin mengambil risiko kerugian yang tinggi.

  • Bisa untuk Investasi Jangka Panjang

Surat utang sangat cocok dijadikan sebagai tabungan atau investasi dalam jangka panjang karena secara umum jangka waktu temponya cukup lama. Bagi kamu yang ingin menyimpan uang dalam jangka panjang dan ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, membeli surat utang bisa jadi solusi yang tepat. Jadi surat utang kurang sesuai untuk investasi jangka pendek atau untuk menyimpan dana darurat.

Beberapa keuntungan obligasi yang telah kamu pahami di atas, tentunya bisa menjadi alasan yang kuat untuk memilihnya sebagai alat investasi yang tepat dan menguntungkan.

investasi obligasi

Cara Kerja Obligasi yang Patut Dipahami

Di dalam sistemnya terdapat beberapa mekanisme yang bisa dipilih untuk mengeluarkan surat utang. Cara kerja surat utang pada umumnya akan dimulai ketika pemerintah atau sebuah perusahaan memerlukan uang pinjaman untuk menjalankan kegiatannya. Misalnya untuk biayai proyek pembangunan, biaya operasional perusahaan, atau untuk menutup hutang lain yang sudah mendekati waktu jatuh tempo.

Berikut ini beberapa mekanisme yang dilakukan pemerintah atau perusahaan swasta dalam menerbitkan obligasi:

  • Lelang

Pada mekanisme lelang atau auction lembaga keuangan dan bank akan mengajukan penawaran untuk surat utang pemerintah. Imbal hasil akan ditentukan sejak awal penerbitan surat utang sedang untuk harga surat utang akan mengikuti harga pasar.

  • Penjaminan Emisi

Pada mekanisme penjaminan emisi atau underwriting semua surat utang yang dikeluarkan oleh debitur akan dibeli oleh perusahaan sekuritas, perusahaan yang bergerak dalam bidang perbankan. Atau lembaga keuangan lainnya yang telah membuat sindikasi untuk diperjualbelikan kembali kepada masyarakat umum, baik individu maupun perusahaan.

  • Penerbitan Khusus

Pada mekanisme penerbitan khusus atau private placement debitur akan mengeluarkan surat utang akan menjualnya kepada pihak tertentu. Sehingga masyarakat umum tidak dapat membelinya karena tidak diperjualbelikan secara bebas.

Di dalam perjanjian penerbitan surat utang terdapat detail terkait persyaratan pinjaman, jangka waktu, serta ketentuan imbal hasil atau kupon. Nilai pokok pada surat utang secara umum telah ditentukan sejak awal ketika surat utang tersebut ditawarkan. Kamu tidak perlu menunggu hingga jangka waktu tempo obligasi berakhir.

Kamu bisa menjualnya sewaktu-waktu ketika membutuhkan uang tersebut. Namun harganya akan mengikuti perkembangan pasar saat itu, jika harga di pasar sedang naik. Maka kamu akan mendapatkan keuntungan dari Capital Gain.

Untung Cepat dengan Investasi Obligasi di digibank by DBS

Tidak hanya sekedar digital banking biasa, kini kamu bisa menemukan beragam pilihan layanan menarik di aplikasi digibank by DBS. Salah satu layanan investasi yang ditawarkan oleh digibank by DBS adalah investasi obligasi. Sekarang kamu bisa melakukan pembelian surat utang dengan mudah dan praktis melalui aplikasi digibank by DBS.

Membeli surat utang termasuk pilihan yang tepat bagi kamu yang tidak ingin dirugikan oleh fluktuasi harga karena keuntungan yang didapatkan lebih stabil dibandingkan instrumen investasi lain. Selain cocok untuk Investor yang tidak mau menanggung risiko besar, investasi pada surat utang juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pemula. Berikut ini beberapa kelebihan membeli surat utang di aplikasi digibank by DBS:

  • Dapatkan cash reward hingga Rp1 juta
  • Penawaran imbal hasil hingga 4,80 persen per tahun
  • Pembelian bisa dilakukan mulai dari Rp1 juta
  • Keuntungan akan diterima setiap bulan
  • Proses registrasi SID hingga pembelian cukup dilakukan dalam 1 aplikasi

Tunggu apalagi segera daftarkan diri kamu di aplikasi digibank by DBS untuk mulai investasi obligasi dengan mudah dan aman. Kamu bisa memulainya dengan modal kecil cukup Rp1 jutaan saja tanpa perlu menunggu hingga uangmu terkumpul dalam jumlah banyak.

 

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

You May Also Like