Efisiensi dan Efektivitas Kerja HRD Menggunakan HRIS

HRIS

Kinerja HRD berpengaruh secara langsung kepada kualitas kinerja karyawan. Mengapa demikian? Karena HRD berperan lansgugn dalam pengelolaan SDM. Jika cara pengelolaan SDM berjalan buruk, maka kinerja karyawan juga akan berlangsung tidak optimal. Maka dari itu, banyak perusahaan mulai menggunakan HRIS agar kinerja HRD semakin efektif dan efisien.

Manfaat Menggunakan HRIS

HRIS

Perkembangan industri semakin membuat perusahaan paham benar pentingnya pengelolaan karyawan dengan baik dan benar. Selain membuat kinerja HRD semakin efektif dan efisien, ada manfaat lain dari implementasi HRIS yakni:

  • Mudah Diakses

Bayangkan jika HRD terpaksa harus mengakses data dan informasi karyawan jika di luar kantor karena alasan mendesak, sementara semua data dan informasi karyawan ada di lemari arsip. Sungguh tidak praktis jika HRD harus ke kantor dulu, bukan? Namun, dengan adanya HRIS, HRD dapat mengakses data dan informasi karyawan di mana saja.

  • Kerahasiaan Terjamin

Sudah menjadi rahasia umum jika data dan informasi karyawan rentan mengalami penyalahgunaan serta pencurian data. Tanggung jawab perusahaan adalah menjaga privasi karyawan semaksimal mungkin.

Walau mudah diakses, bukan berarti tingkat keamanan HRIS sangat rendah. Sebaliknya, penggunaan HRIS membuat keamanan dan kerahasiaan data karyawan lebih terjamin dibandingkan pengelolaan manual.

  • Real Time

Biasanya HRD rutin memperbaharui data dan informasi karyawan secara berkala. Jika dilakukan secara manual mengandalkan dokumen kertas, pastinya HRD akan kerepotan untuk mencari data dan informasi karyawan yang perlu diganti dalam tumpukan dokumen.

Lain halnya dengan menggunakan HRIS. HRD bisa langsung mengakses data dan memperbaharuinya dengan mudah. ketika ada suatu data karyawan diperbaharui, data dan informasi akan segera terupdate saat itu juga atau real time. Sehingga kemungkinan redundansi data juga dapat diminimalisir.

  • Cepat dan Akurat

Karyawan sering mengalami kendala selama melakukan proses administrasi karyawan karena banyaknya komponen yang terlibat. Contohnya adalah penggajian, penilaian kinerja, dan sukesi jabatan. Rasanya hampir tidak mungkin HRD dapat menyelesaikan serta melakukan semua hal tersebut secara serentak.

HRIS tentu bisa melakukannya dengan lebih cepat dan akurat dibandingkan cara manual. Semua itu berkat sistem canggih yang otomatis dan mampu memproses semua komponen dengan cepat. Sehingga HRD bisa memproses berbagai tugas administrasi secara cepat dan akurat.

Ada banyak vendor yang menyediakan HRIS sebagai alternatif bagi perusahaan yang belum mampu mengembangkan sistem secara mandiri.

Contohnya adalah LinovHR yang dikenal sebagai vendor Software HRIS Indonesia dengan pengalaman bertahun-tahun dalam membantu pengelolaan SDM perusahaan.

Dari ulasan singkat di atas, tentu pantas saja jika banyak perusahaan mulai menggunakan HRIS. Sebab, implementasi HRIS akan memudahkan kinerja HRD yang akan berdampak pada kualitas kinerja karyawan. Lantas, apakah perusahaan Anda ingin menggunakan HRIS juga?

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.