Cara Cek Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Usia dan Tinggi 

berat badan ideal wanita sesuai usia

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi idaman bagi setiap orang terutama wanita karena membuat penampilan lebih nyaman dan percaya diri. Berapa berat badan ideal wanita sesuai usia yang perlu diketahui?

Kamu yang saat ini berencana untuk menjalani diet atau justru program menggemukkan badan harus tahu berat badan yang ideal. Untungnya hal ini bisa diketahui dengan menghitungnya sendiri.

Menghitung Berat Badan Ideal Wanita Sesuai Usia dan Tinggi

Bertambahnya usia dan juga tinggi akan sangat berpengaruh terhadap berat badan yang ideal. Hal ini bisa dilihat ketika masih dalam usia anak-anak. Sebagai contoh anak perempuan yang masuk usia 2 tahun dengan tinggi 86 cm bisa memiliki berat badan 12 kg.

Sedangkan anak yang sudah memasuki usia 4 tahun maka tingginya juga akan meningkat menjadi 102 cm. Berat badan 12 kg tentu tidak lagi menjadi ideal, melainkan perlu memiliki berat 15 kg.

Oleh karena itulah berat badan ideal wanita tinggi 160 berusia 60 tahun akan berbeda dengan berat badan ideal wanita tinggi 150 berusia 20 tahun.

Selain usia dan juga tinggi badan, ada pula beberapa faktor yang mempengaruhi seperti kerangka tubuh, kepadatan tulang, persentase lemak tubuh dan jenis kelamin. Hanya saja jika harus menggunakan semua faktor tersebut akan sulit untuk menghitung nya sendiri.

Berat badan ideal wanita sesuai usia, tinggi dan juga jenis kelamin adalah cara yang paling mudah untuk dihitung sendiri. Karena ketiga faktor tersebut dapat diketahui dengan benar. Tinggal bagaimana cara menghitungnya, kamu bisa menerapkan beberapa rumusan ini.

Cara Mudah Menghitung BB Ideal dengan Body Mass Index

berat badan ideal wanita sesuai usia

Kalkulator berat badan ideal wanita yang paling sering digunakan adalah Body Mass Index atau BMI. Hanya saja cara ini kurang efektif digunakan untuk mengukur berat ideal seorang atlet. Alasannya massa otot yang mereka miliki lebih banyak dibandingkan masyarakat umum.

BMI digunakan untuk mengukur berat badan ideal wanita sesuai usia dan juga anak-anak atau remaja. Hanya saja sebelum menghitung kamu perlu tahu status berat badan dari hasil penghitungan BMI berikut ini:

  • Jika hasilnya kurang dari 18,5 maka statusnya kekurangan berat badan.
  • Jika hasilnya 18,5 – 24,9 maka statusnya adalah normal.
  • Jika hasilnya 25 – 29,9 maka statusnya adalah kelebihan berat badan.
  • Jika hasilnya 30 atau lebih maka statusnya adalah obesitas.

Setelah mengetahui hasil perhitungan tersebut, kamu bisa menggunakan rumusan berikut untuk menghitungnya:

BB Ideal = Berat Badan (kg) : [Tinggi Badan (m) X Tinggi Badan (m)]

Sebagai contoh berapakah berat badan ideal wanita tinggi 158 dengan berat 60 kg? Maka cara menghitungnya adalah 60 kg : [1,58 m X 1,58 m] = 24. Apabila dilihat dari hasilnya tersebut maka status yang dimiliki adalah normal.

Setelah melihat status tersebut kini kamu hanya perlu mengatur makan dan olahraga yang seimbang agar berat badan tidak naik atau turun. Angka tersebut bisa digunakan untuk menentukan berat badan ideal wanita sesuai usia berapapun.

Baik itu kamu yang berada di usia 20 atau 30 an bisa menentukannya sesuai kalkulator BMI ini.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal dengan Broca

Selain kalkulator BMI, berat badan ideal wanita sesuai usia dan tinggi bisa juga dihitung melalui rumus Broca. Penghitungan yang dilakukan lebih spesifik karena selain tinggi dan juga berat badan juga disesuaikan dengan jenis kelamin.

Rumus menghitung berat badan wanita dan juga pria berbeda. Hal ini disebabkan karena keduanya memiliki komposisi tubuh berbeda, di mana pria struktur tulang dan otot lebih besar dibandingkan wanita.

Oleh karena itu bagi wanita rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Berat Badan Ideal (kg) = [Tinggi Badan (cm) – 100] – [(Tinggi Badan (cm) – 100 X 15%]

Sebagai contoh seorang wanita dengan usia 24 tahun memiliki tinggi badan 160 cm, berapa berat badan idealnya? Cara menghitungnya adalah [160 cm – 100] – [(160 cm -100 X 15%)] = 60 – 9 = 51 kg.

Maka wanita dengan tinggi 160 cm di usia 24 tahun memerlukan berat badan ideal 51 kg. Penggunaan rumus ini juga bisa tidak terlalu akurat karena juga mempertimbangkan soal usia. Berat badan ideal wanita umur 50 tahun akan berbeda dengan ibu hamil dan wanita di usia 20 an.

Perbedaan komposisi tubuh pun akan terjadi seiringnya usia, di mana lansia biasanya memiliki lemak yang lebih tinggi. Belum lagi massa otot yang dimiliki seperti para atlet. Jadi

berat badan ideal wanita sesuai usia ini perlu diperhatikan sebelum akhirnya kamu diet.

Apabila kamu berencana melakukan diet atau menggemukan badan tanpa memiliki pengalaman, akan lebih baik untuk berkonsultasi langsung dengan dokter. Kamu bisa mendapatkan resep diet yang baik sesuai dengan kondisi tubuh.

Tips Menimbang Berat Badan dengan Benar

berat badan ideal wanita sesuai usia

Mengetahui tinggi dan berat badan ideal sesuai umur sangatlah penting. Jika untuk mengukur tinggi kamu bisa lakukan dengan mudah, berbeda dengan menimbang berat badan.

Seringkali ketika kamu menimbang di rumah dengan di tempat lain hasilnya berbeda. Kamu jadi sulit menentukan berapa berat badan ideal wanita sesuai usia dan juga tinggi karena ketidakakuratan timbangan.

Padahal mengetahui berapa berat badan sangat penting untuk memperkirakan berapa berat badan ideal yang harus dimiliki. Perlu diketahui juga bahwa menimbang badan setiap harinya kebanyakan justru memberikan dampak buruk.

Beberapa orang justru merasakan stress dan juga cemas karena berat badan tak kunjung turun. Supaya program diet dan penghitungan berat badan ideal jadi lebih akurat, kamu bisa mengikuti cara menimbang yang benar berikut ini.

  • Hanya Perlu Menimbang Seminggu Sekali

Kamu mungkin akan mendapat motivasi untuk diet saat melihat angka timbangan menurun. Namun penurunan angka yang drastis ini justru tidak bisa didapatkan setiap hari. Kamu hanya perlu menimbang satu minggu sekali saja.

  • Pilih Timbangan yang Akurat

Cara menimbang yang bagus adalah penggunaan alat timbangan yang akurat. Kamu bisa membelinya langsung dari penyedia layanan kesehatan. Jenis timbangan yang bagus juga timbangan digital yang hasilnya sudah akurat.

  • Timbang Badan Pagi Hari

Waktu menimbang juga menjadi faktor penting. Menimbang sebelum makan atau sesudah berolahraga sebaiknya dihindari. Waktu yang tepat adalah pagi hari di mana makanan sudah diproses dengan baik dan tubuh masih bugar.

  • Menimbang dengan Cara yang Sama

Tips terakhir adalah timbanglah dengan cara dan waktu yang sama. Ketika kamu menimbang dengan pakaian tidur maka lakukan hal yang sama pekan depan. Begitu juga dengan waktu menimbang yaitu di pagi hari.

Setelah mendapatkan angka timbangan yang akurat kamu bisa dengan mudah menghitung kembali berapa berat badan ideal wanita sesuai usia dan juga tinggi yang benar. Kamu pun akan mengetahui berapa kemajuan yang didapatkan setelah melakukan program diet.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.